Friday 6 April 2018

Berbagai Manfaat Buah Pinang Bagi Tubuh


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                           Berbagai Manfaat Buah Pinang Bagi Tubuh


Pinang atau jambe adalah salah satu kelengkapan dalam menyirih di kalangan orang-orang tua. Selain itu, masyarakat Indonesia memanfaatkan tanaman ini sebagai obat alami untuk menguatkan gusi, gigi, dan mengobati penyakit cacingan.

Belakangan, pinang diketahui berkhasiat meningkatkan gairah. Di Jepang, bahkan tanaman ini dibudidayakan untuk dijadikan bahan baku industri obat. Biji buah tanaman ini digunakan sebagai campuran kapur sirih yang membuat mulut dan gigi berwarna kemerahan. Pinang juga penting peranannya dalam upacara adat perkawinan Sunda.

“Untuk acara ngeuyeuk seureuh sebelum acara perkawinan. Ini harus selalu ada karena bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perkawinan,” kata Prof H Unus Suriawiria, pakar bioteknologi dan agroindustri dari Institut Teknologi Bandung yang  juga warga asli Sunda.

Pinang di Sumatera disebut juga pineng, pineung, oinang, batang mayang, batang bangkah, batang pinang, pining dan boni. Di Jawa disebut jambe, penang dan wohan, sedangkan di Kalimantan sebagai gahat, gehat, kahat, taan, pinang, sementara di Nusatenggara disebut buah jambe, bia, winu, pua, wenji, keu, ua, ehu, glok, wua dan tidale. Di sulawesi dinamakan mamaan, nyangan, luhuto, luuguto, poko rapo, alosi dan mamongo, di Maluku sebagai bua, hua, soi, hualo, hual, soin dan palm. Di Irian disebut kamcu, hakawi, wesu, sabu, sawu, ropum, mauwes, wueh prau dan yor.

Bentuk dari buah pinang memang mirip dengan buah kelapa, tetapi ukuran buah pinang lebih kecil. Sama hal nya dengan buah kelapa, buah pinang juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, sehingga buah berwarna hijau ini begitu populer dan digemari oleh banyak masyarakat di Indonesia. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah pinang juga dapat dijadikan sebagai keperluan dalam membuat sirih. Pohon buah pinang sendiri cukup tinggi sama seperti pohon buah kelapa, ketinggiannya bisa mencapai 30 meter batangnya berbentuk langsing dan lurus ke atas.

Daunnya berada di atas pangkal batang mirip dengan pohon kelapa namun menjadi beda tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa dan memiliki daun yang berbeda dari kelapa tentunya. Selain itu pohon ini juga mempunyai buah. Buah pindah tumbuh  mirip dengan kelapa buah ini akan muncul di atas pohon dengan akar-akar mirip dengan buah kelapa namun ukuran buah pinang lebih kecil dari buah kelapa. Pohon ini dapat tumbuh di lingkungan tropis.

Contohnya Pohon ini sangat terkenal jika pada tanggal 17 Agustus yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia biasanya masyarakat mengambil batang pohon untuk di jadikan sarana untuk lomba yaitu panjat pinang yaitu perlombaan yang menggunakan batang pohon Pinang yang dilumuri oleh oli dan kemudian orang-orang berupaya untuk memanjat pinang yang licin tersebut untuk mengambil hadiah di atas pucuk batang tersebut.

Tidak ada aturan panjat pinang harus pak pinang atau tidak beberapa orang memilih menggunakan bambu sebagai ganti pinang, namun penggunaan bambu sangat riskkan karena batang bambu pasti terdapat ruas ruas dan itu bisa mengakibatka luka bagi para peserta panjat pinang, pilihan batang pinang lebih baik karena batangnya tidak ada ruas dan mulus. Pinang juga sering di gunakan oleh masyarakat sebagai talang caranya hilangkan bagian tengah pinang dan letakkan tempat yang sesuai jadilah talang air yang terbuat dari pinang.
Pohon pinang yang bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga tidak membuat buahnya tidak berguna begitu saja. Buah pohon ini mengandung cukup banyak vitamin dan juga mineral. Pinang adalah buah yang tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga sehat untuk tubuh.

Indonesia sebagai negara yang termasuk memiliki pohon pinang banyak menjadikan pohon ini sebagai salah satu bahan ekspor dengan tujuan tepat seperti India,Pakistan Bangladesh dan Nepal. Pinang yang di ekspor tersebut biasanya dalam kondisi kering bisa berbentuk biji yang utuh ataupun Ping yang sudah di belah. Di dalam negeri sendiri pinang sendiri juga di oleh sebagai bahan dasar pembuatan makanan ringan semacam permen. Buah pinang jika masak berwarna kemerahan atau kuning, warna hijau buah pinang berarti belum masak. Bentuk buahnya sendiri oval seperti telur atau kelapa tapi berukuran kecil. Selain Indonesia sebagai negara pengirim buah pinang ini negara lain seperi Malaysia dan Thailand juga  menjual ke negara lain.

Selain menjadi obat pohon pinang sendiri di tanam untuk di jadikan pohon hias. Tentu menjadi pohon hias dengan ukuran yang besar biasanya di tanam secara sejajar lurus di halaman karena pohon ini termasuk pohon yang kuat untuk tumbuh dan tumbuhan ini juga dapat di manfaatkan dari batang hingga buahnya menjadi tidak sia-sia jika menanam pohon pinang di jadikan sebagai pohon hias di halaman rumah maupun di dalam rumah. Selain menjadi hiasan pelepah atau daun pinang yang sudah tua biasanya akan jatuh dan kering pelepah tersebut dapat digunakan untuk sebagai alas duduk atau mainan anak-anak dengan cara duduk di pelepah tersebut kemudian menarik tangkai daun agar bisa bergerak. Pelepah ini juga dapat di gunakan sebagai bahan dasar berbagai anyaman kesenian namun harus di olah terlebih dahulu.

Dalam kehidupan sehari-hari, selain untuk menyirih, pinang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk menguatkan gigi dan gusi. Caranya dengan mengunyah irisan biji buah pinang. Menurut Prof Unus, kebiasaan ini juga diterapkan masyarakat pedalaman di India, Pakistan, Nepal, Hongkong, dan Taiwan.

Di India, Sri Lanka, dan Pakistan, buah pinang adalah suguhan makanan kecil yang cukup diminati. “Buah pinang di negara-negara itu diiris kecil-kecil dan disangrai. Setelah itu dikemas dalam kantong plastik atau kaleng seperti halnya kacang yang dikemas dalam plastik di Indonesia,” kata Prof Unus.

Industri makanan dan tekstil juga mulai melirik pinang. Sebab, sari biji pinang yang berwarna merah anggur berpotensi sebagai pewarna kain dan makanan.

“Penggunaan warna merah yang berasal dari biji ini sekarang sangat dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan badan-badan kesehatan lainnya. Sebab, warna merah buatan bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker,” lanjutnya.

Sementara itu, menurut Endah Lasmadiwati, ahli tanaman obat dari Taman Sringanis Bogor, pinang mempunyai beberapa sifat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Di antaranya bersifat anthelmintica yang berguna meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir.
Sifat meluruhkan cacing ini sudah lama digunakan nenek moyang kita untuk menyembuhkan penyakit cacingan di pedesaan. Di samping itu, pinang juga bersifat merangsang (stimulansia), menghentikan perdarahan (haermostatica), dan antisifilis.


Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Pinang
Di dalam buah pinang mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan juga mineral penting. Buah pinang tidak hanya enak dikonsumsi tetapi juga sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit, karena di dalam buah pinang juga mengandung senyawa guracine, arecolidine, guvacoline, arecaidine dan masih banyak lagi kandungan senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah pinang mengandung arekolin, arekaidin, guvasin, guvakolin, isoguvasin, gula, resin. Khasiat buah pinang antara lain untuk memperkecil pupil mata, obat cacing, obat luka, peluruh dahak/obat batuk, peluruh haid, peluruh liur, pengelat. Daun pinang berkhasiat untuk penambah nafsu makan, sementara sabutnya untuk peluruh air seni dan pencahar.

Biji pinang mengandung 0,3-0,6% alkaloid, seperti Arekolin (C8H13NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine. Selain itu juga mengandung red tanin 15%, lemak 14% (palmitic, oleic, stearic, caproic, caprylic, lauric, myristic acid), kanji dan resin. Biji segar mengandung kira-kira 50% lebih banyak alkaloid, dibandingkan biji yang telah diproses.


Beragam Manfaat Buah Pinang
Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat pinang, Dibawah ini adalah rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah pinang dengan mengkonsumsinya secara teratur, diantaranya yaitu :

Mengobati Sakit Pinggang
Ketika sakit pinggang menyerang, maka untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan buah pinang. Cara mengobati sakit pinggang dengan buah pinang sangat mudah, anda hanya perlu merebus buah pinang sebanyak 2 biji dan rebus dengan 2 gelas air bersih. agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menambahkan gula aren dan juga kunyit utuh secukupnya saja. tunggu sampai air mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja, lalu angkat dan saring airnya, tunggu sampai air rebusan hangat dan siap untuk diminum.

Selain dapat dijadikan ramuan obat untuk diminum, cara mengatasi sakit pinggang juga bisa dilakukan dengan cara dibuat balur. Caranya yaitu, haluskan buah pinang secukupnya dan balurkan pada bagian pinggang yang terasa sakit secara rutin setiap akan tidur.

Khasiat pinang yaitu sebagai obat sakit pinggang. Bagi Anda yang sering bekerja di depan laptop atau bahkan bekerja dengan pekerjaan berat, rasa nyeri di pinggang pasti akan sering dirasakan. Konsumsilah buah ini untuk meredakan rasa nyerinya.

Menguatkan tulang
Tulang Anda juga dapat diperkuat dengan cara yang alami, yaitu mengonsumsi buah pinang. Buah ini akan dengan bertahap memperkuat struktur tulang Anda sehingga bisa mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Obat Kumur Alami
Jika biasanya anda sering menggunakan obat kumur berbahan kimia yang biasa anda beli di apotik atau swalayan, maka segera ganti obat kumur anda dengan obat kumur alami yang terbuat dari bahan alami buah pinang. Khasiat buah pinang untuk obat kumur ini cukup ampuh untuk membersihkan mulut, membersihkan gigi, menguatkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

Cara membuatnya sangat mudah, anda hanya tinggal merebus dua buah pinang, dua lembar daun sirih dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Jangan lupa tambahkan sedikit garam, lalu biarkan air mendidih dan angkat. Setelah itu, biarkan air rebusan buah pinang ini cukup hangat dan saring. Gunakan air rebusan buah pinang tersebut sebagai obat kumur selagi hangat.

Mengatasi mulut kering
Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering hal ini di sebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

Mengatasi Difteri
Salah satu manfaat pinang berikutnya yaitu bisa mengatasi penyakit difteri. Kandungan nutrisi dalam buah ini mampu menjadi kandungan yang baik untuk mengobati penyakit difteri, sehingga tubuh Anda akan kembali pulih dan sehat.

Obat Cacing Alami
Penyakit cacingan dapat menyerang siapa saja, tetapi biasanya penyakit cacingan sering menyerang anak-anak. Anak yang terkena cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga dapat menyebabkan tubuhnya kurus dan kurang bertenaga. Untuk mengobati cacingan, anda bisa memanfaatkan buah pinang.

Caranya yaitu, siapkan seperempat buah pinang, setengah ruas jari temulawak dan setengan ruas kunyit. Lalu rebus dengan dua gelas air bersih hingga mendidih dan airnya hanya tersisa satu gelas saja. Setelah itu, saring airnya dan biarkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum air rebusan buah pinang tersebut 2-3 kali sehari sampai penyakit cacingan sembuh.

Penyakit cacingan disebabkan oleh cacing kotor yang masuk ke dalam pencernaan tubuh. Khasiat pinang untuk penyakit ini dapat mematikan cacing kotor tersebut dan membersihkan pencernaan Anda. Minumlah jus buah ini dengan teratur saat Anda menderita penyakit cacingan.

Obat Mata Rabun
Mencegah mata menjadi rabun dan tidak dapat melihat dengan jelas bisa diatasi dengan buah ini. Khasiat pinang untuk mata dengan kandungan vitamin A dapat mengurangi potensi Anda dalam mengidap penyakit rabun mata, baik itu jauh ataupun dekat.

Menguatkan Gigi dan Gusi
Orang tua dulu yang memiliki kebiasaan menyirih biasanya memiliki gigi dan gusi yang kuat, mereka sangat jarang sekali mengalami sakit gigi dan masalah mulut lainnya. Hal ini disebabkan, dengan mengunyah buah pinang dan daun siri secara rutin setiap hari dapat membantu memperkuat gigi. Caranya yaitu, iris buah pinang, lalu bungkus dengan daun sirih dan kunyah di dalam mulut selama beberapa lama. Usahakan agar semua gigi berkesempatan untuk mengunyahnya.

Buah pinang mengandung kalsium, yaitu salah satu kandungan gizi yang baik untuk menyehatkan gigi. Gigi paling mudah terkena kotoran yang dapat merusaknya karena gigi bekerja mengunyah berbagai macam makanan yang Anda konsumsi.

Mencegah Pendarahan
Pendarahan yang disebabkan oleh adanya luka, kudis atau mimisan dapat dengan mudah kita atasi dengan menggunakan buah pinang. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu minum air rebusan buah pinang secara teratur sampai luka kering. Selain itu, buah pinang juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati luka dengan cara menempelkan buah pinang yang telah dihaluskan pada bagian tubuh yang terdapat luka. Setiap beberapa jam, pastikan anda menggantinya dengan yang baru dan lakukan terusa sampai luka kering dan sembuh.

 Manfaat pinang sebagai pencegah keluarnya darah yang berlebihan saat terluka. Buah ini akan dengan perlahan menghentikan darah yang keluar, sehingga Anda tidak akan kehabisan darah ketika terluka. Darah yang terlalu banyak keluar bisa menjadi serius ketika tubuh Anda tidak bisa mengendalikannya.

Mengecilkan Rahim
Sehabis melahirkan, maka perut dan rahim yang membesar tidak akan langsung kembali ke bentuk semula. Untuk mengecilkan rahim, anda bisa melakukan cara alami dengan menggunakan buah pinang. Caranya yaitu, siapkan satu buah pinang dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, seduh buah pinang yang telah dihaluskan dengan air panas dan biarkan sampai airnya menjadi hangat. Agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menambahkan sedikit madu dan minum secara rutin setiap hari selama masa nipas.

Bagi Anda yang telah melahirkan, buah pinang bisa dijadikan ramuan alami untuk mengecilkan rahim pasca melahirkan. Kecilnya rahim akan bermanfaat bagi wanita yang ingin tubuhnya kembali langsing setelah melahirkan.

Mengencangkan Vagina
Menurut Dian gantini seorang Herbalife mengatakan bahwa buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini di katakan jika sangat baik untuk pemulihan vagina setelah proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

Meningkatkan Gairah
Bagi kaum pria dewasa, ada cara alami yang sangat ampuh dan aman untuk meningkatkan gairah anda dalam melakukan hubungan intim bersama dengan pasangan. Carnaya yaitu, anda cukup mengkonsumsi buah pinang secara teratur. Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan satu buah pinang muda dan haluskan. Rebus dengan segelas air hingga mendidih, lalu saring dan biarkan hingga cukup hangat untuk di minum. Minum air rebusan buah pinang tersebut secara rutin dan teratur minimal 1 kali sehari.

Buah pinang mampu meningkatkan vitalitas pria maupun wanita. Buah ini cocok untuk dikonsumsi untuk pasangan suami istri yang ingin membuat rumah tangganya menjadi harmonis dan sedang memprogram ingin mempunyai momongan.

Pinang ternyata juga dapat meningkat kemampuan atau keperkasaan pria. Selain itu dapat menstimulasi hormon untuk meningkatkan gairah seks karena pinang terdapat sebuah senyawa yang dapat meningkatkan kinerja jantung membuat hal ini mungkin terjadi. Namun harus di cermati menkonsumsi pinang harus di batasi karena berbahaya bagi tubuh jika terlalu berlebihan.

Menurut Prof Unus, "Dalam biji buah pinang terkandung zat yang bermanfaat sebagai obat peningkat gairah."
Ia mengutip penelitian di Jepang dan Taiwan bahwa sebuah biji pinang memiliki khasiat setara dengan lima bungkus obat peningkat gairah yang terbuat dari senyawa sintetik. “Seperti penambah gairah pria yang banyak diiklankan itu, lho,” ujarnya.

Khasiat penambah gairah ini bukan sekadar omong kosong belaka karena menurutnya di dalam sebuah pinang terkandung arekolin. Senyawa arekolin ini bersifat kholinergik, yang berguna mengatasi senyawa asetil kholin yang banyak beredar di dalam tubuh. Asetil kholin ini bila terlalu banyak dapat menyebabkan seseorang cepat merasa lelah dan kurang sehat. Sebaliknya, sifat kholinergik pinang bermanfaat menjadikan tubuh sehat, bugar, dan penuh semangat.

Menghilangkan Jerawat
Caranya yaitu, haluskan buah pinang secukupnya dengan cara diparut. Setelah itu, rebus dengan setengah gelas air sampai mendidih. Lalu saring dan biarkan hingga air rebusannya hangat, lalu celupkan kapas dan oleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi dengan jerawat secara merata, kemudian biarkan selama semalaman. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

Obat Kudis
Khasiat pinang sebagai obat luar ternyata bisa digunakan sebagai obat kudis. Anda bisa menggunakan buah ini sebagai buah alami yang tidak akan memberikan efek samping bagi kulit seperti pada obat kimia lainnya.

Obat Borok
Penyakit borok dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Tanda-tandanya ialah si penderita selalu demam dan lukanya berbau tak enak. Untuk mengobatinya coba saja reseo berikut: Sebutir buah pinang tua ditumbuk sampai halus. Jika telah halus ditaburkan ke borok. Disamping itu penderita dianjurkan makan sayur bewarna hijau.

Mengatasi Kulit Berminyak
Selain dapat menghilangkan kulit wajah yang berjerawat, cara diatas juga dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Dengan dilakukan secara rutin dan teratur, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih fresh dan terhindar dari berbagai masalah kulit yang dipicu oleh produksi minyak berlebih seperti kulit wajah kusam, kulit berjerawat dan komedo.

Mencerahkan Kulit Wajah Kusam
Bagi anda yang bermasalah dengan kulit wajah kusam, maka jangan ragu untuk melakukan perawatan kecantikan secara alami. anda bisa melakukan perawatan kulit wajah anda dengan cara yang sama dengan cara menghilangkan jerawat.

Mencegah Tanda Penuaan Dini
Kandungan zat yang terdapat pada buah pinang ini juga terbukti efektif untuk memantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit wajah seperti muncul garis-garis halus, flek hitam, kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, lakukan perawatan kecantikan akan kulit wajah ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.


Efek Samping
Namun perlu di ingat mengkonsumsi buah pinang harus segera di hentikan jika penyakit yang di derita sudah sembuh. Karena di percaya buah ini mempunyai racun di dalamnya. Konsumsi berlebihan akan berbahaya pada tubuh  di percaya kandungan tersebut dapat membuat manusia mengidap kanker. Selain hal itu kegiatan menyirih yang menggunakan buah pinang di dalamnya jika berlebihan akan menimbulkan anemia terhadap pelaku tersebut, oleh karena itu kegiatan nyirih harus di jauhi oleh ibu hamil. Selain itu efek sampingnya antara lain memperburuk kondisi orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi atau rendah dan membuat detak jantung tidak beraturan. Kandungan arekaina dan arekolina inilah yang membuat pinang mempunyai racun di dalamnya dan kedua senyawa ini sangat akditif. Oleh karena itu jika penyakit yang di idap harus sudah hilang harus langsung berhenti mengkonsumsi Pinang tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...