Friday 6 April 2018

Berbagai Manfaat Tumbuhan Lumut Untuk Herbal


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
            Berbagai Manfaat Tumbuhan Lumut Untuk Herbal


Indonesia merupakan Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati tertinggi di dunia setelah Brazil. Banyak keanekaragaman hayati Indonesia belum diketahui potensinya, akan tetapi telah mengalami kepunahan. Salah satu keanekaragaman hayati yang belum banyak digali potensinya adalah tumbuhan lumut. Tumbuhan lumut yang terdapat di Indonesia mencapai 1500 spesies, tetapi belum banyak penelitian yang mengkaji potensi tumbuhan lumut Indonesia.

Manfaat lumut sebagai obat alami dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif. Lumut yang merupakan tanaman berwarna hijau yang dapat kita jumpai di batang pohon ini sering kita anggap sebagai parasit tersebut ternyata memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan dalam pengobatan.Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati tertinggi di dunia setelah brazil. Banyak sekali dari keanekaragaman hayati diindonesia yang masih banyak yang belum diketahui manfaat dan potensi yang dimiliki.


Salah satu keanekaragaman hayati yang baru diketahui baru-baru ini adalah tumbuhan lumut. Sebagai tumbuhan tingkat rendah, lumut memiliki fungsi yang tidak kalah penting dibanding tumbuhan lain. Beberapa jenis bryophyta selain berfungsi sebagai tumbuhan perintis, juga bermanfaat untuk pengobatan dan bernilai estetis sebagai tanaman hias.

Untuk mengenal manfaat tumbuhan lumut lebih jauh dapat dilihat dari potensi yang dikandungnya, diantaranya ekstrak lumut dapat digunakan sebagai antikanker, antibakteri, antifungi, antifidan(tidak dimakan oleh serangga), mengobati darah tinggi, epilepsi, sebagai antiseptik, penyakit kulit, mengobati luka bakar, luka sayatan, mengobati penyakit jantung, menumbuhkan rambut, menghilangkan racun akibat gigitan ular, sebagai pendegradasi logam berat yang banyak terkandung dalam tanah pertanian.


Tumbuhan lumut yang sudah dikenal manfaatnya sebagai obat-obatan terbagi atas dua golongan yaitu lumut hati dan lumut daun. Beberapa tumbuhan lumut tersebut antara lain:

Marchantia polymorpha dikenal juga dengan lumut hati, jenis tersebut dapat digunakan sebagai obat hepatitis, menghilangkan racun akibat gigitan ular.

Conocephalum conicum, juga termasuk lumut hati, berfungsi sebagai antibakteri, antifungi, mengobati luka bakar dan luka luar.

Frullania tamarisci, merupakan lumut hati yang dapat digunakan sebagai obat antiseptik.

Fissidens japonicum, merupakan lumut daun, dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut.

Rhodobryum giganteum, merupakan jenis lumut daun yang dapat mengobati tekanan darah tinggi dan sebagai sedatif atau obat bius.

Cratoneuron filicinum, termasuk lumut daun yang mengandung senyawa untuk mengobati penyakit jantung.

Haplocladium catillatum, merupakan lumut daun, yang berguna untuk mengobati mengobati pneumonia.

Keanekaragaman tumbuhan lumut yang terdapat di Indonesia yang memiliki potensi sebagai obat-obatan belum banyak dilakukan penelitian mengenai kandungan kimianya, maka dari itu diperlukan kerjasama antara peneliti dan industri obatan-obatan untuk melakukan kajian ilmiahnya. Hal tersebut dapat membuka peluang ekonomi yang besar bagi industri obat-obatan yang membutuhkan bahan baku alami sebagai bahan dasar untuk pembuatan obat-obatan dan keanekaragaman tumbuhan lumut itu sendiri dapat dipertahankan.

Manfaat lumut sebagai obat dari jenis sphagnum atau lumut rawa juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Species dari jenis ini dapat kita temui di curug cibeureum, taman nasional gunung gede pangrango, yang ternyata sering digunakan sebagai obat penyakit kulit dan mata.

Menurut Eka AP Iskandar Msc, Seorang peneliti lumut di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), juga mengatakan dalam penggunaan lumut untuk pengobatan gangguan fungsi hati harus dikaji terlebih dahulu termasuk efek yang ditimbulkan , karena masih berkaitan antara pengobatan kuno dengan mitos-mitos yang ada.

Ekstract lumut dapat juga digunakan untuk anti kanker, antibakteri, antifungi, antifidan, obat darah tinggi, epilepsi, sebagai anti septik, penyakit kulit, obat luka bakar, luka sayatan, pengobatan penyakit jantung, menumbuhkan rambut, menghilangkan racun dari gigitan ular, dan juga sebagai logam berat yang terkandung dalam tanah pertanian.



Manfaat lumut bagi kehidupan manusia sangat besar. Suatu penelitian yang menyangkut kegunaan dan manfaat lumut (Bryophyta)  diseluruh dunia telah dilakukan. Berdasarkan data yang ada, lumut dapat digunakan sebagai bahan untuk hiasan rumah tangga, obat-obatan, bahan untuk ilmu pengetahuan dan sebagai indikator biologi untuk mengetahui degradasi lingkungan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...