Monday 2 April 2018

Berbagai Manfaat Lemak Bagi Tubuh


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                            Berbagai Manfaat Lemak Bagi Tubuh


Manfaat lemak bagi tubuh sangat vital, tanpa lemak tubuh tidak akan dapat beraktivitas alias lumpuh total. Lemak adalah salah satu zat penting bagian dari makronutrien yang wajib atau pasti dibutuhkan oleh tubuh. Lemak memang sering dihubungan dengan masalah kesehatan yang kurang baik, seperti kelebihan kolesterol, diabetes atau penyakit jantung. Namun pada dasarnya lemak sangat penting untuk tubuh. Lemak menjadi salah satu sumber tenaga sehingga tubuh kita bisa melakukan berbagai aktifitas dengan nyaman. Selain itu lemak juga penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Pada dasarnya jenis lemak yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda untuk tubuh.

Lemak seringkali dianggap sebagai penyebab berbagai masalah bagi kesehatan, seperti kolesterol, diabetes dan penyakit jantung. Akan tetapi pada dasarnya, lemak memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh. Kita selalu membutuhkan lemak dalam jumlah tertentu agar tetap sehat dan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Kita biasanya akan merasa risih jika tubuh kita dihiasi lemak. Karena itu kita akan segera sigap mencari cara untuk mengenyahkan lemak (khususnya di bagian perut) dengan cara apa pun yang ditawarkan. Entah dengan minum teh diet, akupunktur, atau berolahraga. Memiliki massa tubuh yang ramping (otot-otot) akan membantu metabolisme yang tinggi, menjaga tulang tetap kuat, mencegah cidera, dan mengusir penyakit, termasuk osteoporosis, diabetes, artritis, sakit punggung, dan tekanan darah tinggi. Yang lebih penting lagi, tubuh yang ramping jelas lebih enak dilihat. Namun perlu Anda ketahui, menjaga lemak tubuh tetap dalam kadar yang normal juga diperlukan. Lemak tubuh pada dasarnya dibutuhkan agar fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan normal dan sehat.


Lemak
Ada berbagai jenis lemak yang terdapat pada beberapa jenis makanan. Mengetahui jenis lemak berdasarkan sumber makanan ternyata memiliki manfaat yang sangat baik. Dengan latar belakang ini maka kita bisa memilih jenis lemak yang baik untuk tubuh dan lemak yang bisa memberikan kenaikan potensi beberapa jenis penyakit.

Berbagai jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh akan dirubah menjadi sumber kalori. Jika tubuh memiliki asupan lemak yang berlebihan maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, jadi sangat penting untuk memilih jenis lemak yang baik untuk tubuh.

Jenis lemak
Lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh : mentega, susu, minyak kelapa, kapas, minyak kelapa sawit. Biasanya pada makanan yang mengandung susu.

Lemak tidak jenuh. Produk yang mengandung lemak tidak jenuh : minyak zaitun, minyak canola, alpukat, minyak kacang, minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, dan hampir semua jenis kacang – kacangan mengandung minyak jenuh

Lemak trans. Lemak trans hampir sama dengan lemak jenuh, minyak ini mampu meningkatkan kolestrol dalam tubuh.

Lemak dalam tubuh yang dibutuhkan adalah lemak tidak jenuh, karena lemak jenuh dan lemak trans menghasilkan zat – zat yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh.


Manfaat Lemak untuk Tubuh
Meskipun lemak sering dilihat sebagai zat yang bisa meningkatkan beberapa potensi penyakit yang buruk bagi tubuh, ternyata lemak juga menyimpan potensi yang baik. Tubuh kita selalu membutuhkan semua jenis lemak dalam jumlah tertentu agar tubuh tetap sehat dan organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut ini adalah manfaat lemak bagi tubuh.

Lemak sebagai Sumber Energi
Fungsi lemak bagi tubuh manusia yang paling utama adalah untuk sumber energi. Lemak dalam tubuh sangat berperan penting dalam pengurangan fungsi protein sehingga fungsi protein dalam tubuh dapat digunakan untuk memanksimalkan fungsi lain yang mmbutuhkan sumber protein. Selain itu ternyata lemak termasuk kompenen utama dalam meningkatkan energi. Jadi selain karbohidrat, lemakpun dibutuhkan untuk menyeimbangkan proses penambahan energi.

Lemak pada tubuh berperan sebagai cadangan makanan, jadi dia menyimpan beberapa energi yang nantinya akan dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam setiap 1 gram lemak menyediakan sekitar 9 kalori untuk tubuh. lemak yang baik ternyata bermanfaat untuk menjadi sumber energi. Tubuh tidak akan mampu bergerak atau melakukan aktifitas tanpa adanya energi. Bahkan jika kita kekurangan energi maka bisa membuat beberapa jenis penyakit yang menyerang kekebalan lemah mudah muncul. Lemak melindungi kesehatan tubuh dan semua organ tubuh.

Dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi. Ada beberapa cara yang berbeda untuk mengukur kadar lemak tubuh, dan metode yang satu mungkin lebih akurat daripada metode lainnya.

Lemak Sebagai Sumber Pertumbuhan Sel
Tubuh kita terdiri dari banyak sel yang tidak bisa terhitung secara menyeluruh. Setiap jenis sel diperlukan tubuh untuk membentuk tubuh yang sehat. Sel-sel yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Lemak juga penting untuk memberikan perlindungan pada lapisan luar sel atau membrane sel. Jika kita tidak memiliki sel yang sehat maka tubuh dan organ tubuh akan terganggu atau terserang penyakit. Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal. 

Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Meskipun kita rajin fitnes dan tubuh kita kencang, namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin, tidak seperti Madonna yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki.  Lemak memang berfungsi sebagai pensuplay energi, namun selain itu lemak juga membantu protein dalam membentuk sel – sel yang dibutuhkan dalam tubuh.

Lemak Menunjang Fungsi Otak
Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kesehatan otak banyak dipengaruhi oleh sel-sel pembangun yang sehat sehingga bisa mendukung hubungan sel motorik dan sel otak. Lemak membuat sel-sel dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Secara khusus lemak juga membantu tubuh agar bisa berpikir cepat sehingga lemak mempengaruhi kecerdasan otak.

Minyak yang mengandung omega membantu proses pertumbuhan anak sehingga daya pikir otak lebih berkembang.

Membantu Penyerapan Vitamin
Ada berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satu adalah vitamin yang memiliki sifat larut dalam lemak. Jenis vitamin ini adalah seperti vitamin A, D, E dan juga vitamin K. semua vitamin ini memiliki peran yang khusus seperti vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang serta gigi, vitamin E untuk membuat kesehatan kulit dan vitamin K yang berperan untuk menunjang proses pembekuan darah. Tanpa lemak maka tubuh tidak akan bisa menyerap vitamin tersebut yang dihasilkan dari luar tubuh atau didapatkan dari makanan.

Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

Menunjang Produksi Hormon
Hormon diperlukan oleh tubuh untuk mengatur sistem kerja organ tubuh dan sistem respon untuk tubuh. lemak memiliki peran untuk menjaga produksi hormon sehingga menbantu menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan lemak dapat menurunkan produksi hormon sehingga tubuh menjadi tidak mudah berkembang atau perkembangan tubuh tidak sesuai dengan usia.

Lemak Membantu Kesehatan Kulit
Lemak juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Orang yang mengalami kekurangan lemak akan terlihat dengan tanda-tanda kulit yang bersisik dan kusam. Bahkan lemak juga bisa menjadi indikator pelindung terhadap perubahan cuaca.

Penangkal Penyakit Alzeimer
Pada dasarnya, usia bertambah menyebabkan Alzheimer pada tubuh akan mudah muncul sehingga kesehatan pada tubuh juga akan terganggu.

Lemak Mendukung Kesehatan Organ Tubuh
Lemak adalah salah satu zat penting untuk melindung kesehatan beberapa organ tubuh seperti ginjal, hati, jantung dan usus. Lemak akan melindungi beberapa organ tubuh tersebut agar tidak mudah terluka atau sedera. Lemak juga akan digunakan oleh organ tubuh untuk memberikan perlindungan khusus dan persediaan energi.

Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. 

Lemak adalah mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat bertanding. 

Kurang lebih 45% dari unsur organ tubuh adalah lemak, sehingga lemak dibutuhkan untuk melindungi organ tubuh kita, lemak yang normal akan membantu dalam proses perlindungan. Misalnya saja melindungi kulit dari sinar Uv. Dapat kita bayangkan jika tubuh kita kekurangan lemak.

Lemak di gunakan tubuh untuk melindungi organ vital seperti lambung dan juga jantung, atau lemak dipercaya dapat memberi pelumas pada organ vital tersebut, sehingga mempermudah gerak organ- organ vital tersebut.

Pemberi Rasa Kenyang
Lemak disini juga berfungsi sebagai pemberi rasa kenyang, itu sebabnya jika kita makan makanan yang berlemak. dalam artian lemak sehat, lambung kita akan meraskan lebih mudah kenyang. karena lemak memperlambat proses asam lambung, hingga makanan akan terus tersimpan di lambung. jadi tidak mudah lapar.

Mengontrol Berat Badan
Banyak orang yang berpikir bahwa lemak hanya akan meningkatkan berat badan. Namun ternyata lemak juga berfungsi untuk membantu tubuh dalam mendapatkan berat badan ideal. Hal ini dipengaruhi oleh pikiran kita sendiri bahwa ketika tubuh terlalu sering menerima lemak jahat, maka tubuh akan memberikan reaksi khusus seperti kesehatan yang kurang baik. Setelah itu maka tubuh hanya membutuhkan lemak sehat dari ikan atau beberapa jenis biji-bijian. Dengan cara ini maka kita bisa mengontrol berat badan dari lemak.

Penghemat Protein
lemak disini membantu tubuh untuk menyaring apa yang diperlukan oleh tubuh. tanpa adanya lemak tubuh bisa saja protein protein terbuang untuk hal yang tak penting. jadi lemak disini akan membantu  menghentikan protein atau menjaga protein agar protein hanya digunakan untuk hal hal yang dibutuhkan saja. sehingga hal ini juga akan mempengaruhi kerja otak, jika protein dapat di jaga dengan maksimal, maka kondisi otak akan menjadi lebih baik, selain itu dengan adanya protein yang cukup otak akan lebih mudah di gunakan untuk berfikir dan mencerna apa- apa yang ada di luar sana.

Mengurangi Potensi Penyakit
Salah satu jenis lemak yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar tidak terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan stroke adalah jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini banyak ditemukan dalam beberapa jenis kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat dan biji-bijian. Lemak ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, melindungi penyakit pembekuan darah dan mendukung perkembangan fungsi otak.

Membantu Buang Air Besar (BAB)
Kandungan lemak tidak jenuh yang cukup dapat membantu memperlancar proses pembuangan zat – zat sisa makanan melalui usus. Ibaratkan saja, sebuah pipa jika diberikan minyak pada pipa tersebut, secara otomatis barang-barang yang di lewatkan melalui pipa tersebut akan lebih mudah meluncur dari pada di lewatkan di pipa yang tidak ada minyaknya.

Lemak Meningkatkan Kesuburan
Lemak ternyata juga memiliki peran untuk membantu menjaga kesuburan. Wanita atau remaja yang masuk dalam usia subur bisa mendapatkan sikulus menstruasi yang lebih teratur daripada wanita yang mengalami masalah kekurangan lemak. Dengan cara ini maka tubuh juga bisa mencukupi kebutuhan lemak dan menjadi sumber nutrisi yang penting.

Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi. 

Namun setiap orang membutuhkan kadar lemak yang berbeda dari yang lain, sehingga akan lebih baik jika kita mengetahui kadar lemak yang sehat dalam range persentase tertentu. Jika Anda sudah berhenti menstruasi, atau jika Anda mudah terkena flu atau kelelahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah kadar lemak tubuh Anda berada pada tingkat yang sehat.


Cara Mengatur Asupan Lemak untuk Tubuh
Walaupun manfaat lemak bagi tubuh cukup vital, namun sebaiknya kita mengatur kadarnya, karena jika berlebihan bisa berbahaya. Seperti yang kita ketahui maka ada lemak yang bisa menyehatkan tubuh dan ada jenis lemak yang bisa menimbulkan potensi penyakit. Tidak semua jenis lemak harus dihindari karena jika kekurangan lemak yang baik juga bisa meningkatkan penyakit. Berikut ini beberapa tips untuk membantu memenuhi kebutuhan lemka bagi tubuh.

Pahami jenis lemak pada makanan yang akan dikonsumsi. Dalam setiap jenis makanan ada beberapa label nutrisi. Anda bisa membaca jumlah dan jenis lemak yang terkandung dalam makanan tersebut.

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan lemak dari daging dan jika perlu konsumsi daging seminimal mungkin.

Sering konsumsi beberapa jenis lemak yang terdapat pada ikan seperti ikan salmon, ikan kod, ikan sardenm ikan tuna dan ikan makarel.

Hindari memakai jenis minyak dari tanaman seperti minyak sawit dan gunakan minyak zaitun atau minyak canola.

Konsumsi jenis susu yang mengandung lemak dalam jumlah rendah atau susu rendah lemak.

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak nabati atau minyak sawit.

Dampak Dari Kekurangan Asupan Lemak
Penyakit jantung. Penyakit ini timbul akibat kurangnya lemak baik atau bisa disebut penyakit ini karena kekurangan HDL. lemak yang seharusnya membantu pembuluh darah mengalirkan lemak, namun dia tidak mampu berfungsi secara maksimal, karenan zat yang dibutuhkan kurang mencukupi. hingga mengakibatatkan sebagaian dari sel jantung mati.

Stroke. sama halnya dengan penyebab penyakit jantung, stroke disebabkan karena tidak mampunya pembuluh darah mengalirkan darah yang mengandung iksigen ke otak, hingga otak tidak mampu merespon dengan baik apa yang diperintahkan dari luar, itu sebabnya menjadi stroke.

Leukimia. dengan kecukupan lemak dalam tubuh mampu membantu sel darah merah dan sel darah putih dapat bekerja secara normal. hingga semuanya saling mencukupi satu sama lainnya. jadi lemak memanglah sangat berfungsi untuk membantu keseimbangan sel darah.

Kanker payudara. kanker payudara yang dialami oleh sebagian wanita ini disebabkan karena hormon yang tidak seimbang di dalam reproduksinya, keseimbangan hormon di bantu oleh lemak tubuh yang sehat.

Mudah kelelahan. selain sebagai penyeimbang tubuh, lemak juga memiliki fungsi sebagai penyimpan sumber makanan, dan lemak juga menghasilkan energi.

Sudah kita ulas bersama tentang manfaat lemak, bahaya bila lemak tidak ada dalam tubuh, dan juga jenis jenis lemak itu sendiri. Tetapi seperti yang kita ketahui saat ini banyak makanan – makanan yang justru mengandung lemak jenuh yang membuat tubuh kita tidak sehat, dan menyebabkan kegemukan. untuk itu kita juga perlu mengerti apa saja makanan alami yang mengandung banyak lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Makanan yang mengandung lemak
lemak tidak jenuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak nabati dan lemak hewaani, adapun makanan yang mengandung keduanya adalah.

Dari nabati: buah alpukat, kacang kenari, kacang kedelai, kacang macadamia, tumbuhan laut, mentega shea, minyak salvia, biji anggur, camalina oil, minyak kelapa.

Sedangkan yang berasal dari hewani adalah: minyak ikan laut, daging, minyak ikan, telur,susu.

Lemak memang membantu tubuh agar memiliki kesehatan yang baik dan melindungi tubuh dari berbagai jenis gangguan penyakit. Tapi lemak juga bisa menyebabkan gangguan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat yang paling baik dari lemak sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dan hindari lemak yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Demikianlah beberapa pembahasan tentang lemak tubuh. jadi jangan anggap sepele lemak tubuh, karena tubuh kita memang membutuhkan banyak lemak. selain itu kita juga harus memperhatikan dalam mengkonsumsi lemak, jangan asal konsumsi, tapi konsumsilah yang mengandung lemak tidak jenuh.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...