Sunday 22 April 2018

Kandungan Gizi Kedelai Hijau serta Manfaatnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
               Kandungan Gizi Kedelai Hijau serta Manfaatnya


Jika bicara tentang makanan berbahan kedelai, Anda mungkin tidak akan bisa melepaskan nama tahu dan tempe ke dalamnya. Kedelai putih memang merupakan salah satu biji-bijian yang kaya nutrisi dan bahkan susu sari kedelai bisa menjadi sumber protein nabati tak kalah dengan susu sapi.

Namun bagaimana dengan edamame atau kedelai hijau? Seperti dilansir dari stylecraze.com, selain kaya protein seperti umumnya biji kedelai, ada beberapa manfaat tak terduga yang bisa didapat dengan mengonsumsi kedelai hijau atau edamame.

Yang membedakan edamame dengan kacang kedelai yang lain adalah bijinya yang lebih besar, teksturnya yang lebih halus dan rasanya yang lebih manis dari kacang kedelai biasa. Edamame ini dapat kita gunakan sebagai makanan camilan yang sehat, karena edamame mempunyai beberapa kandungan tertentu yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Ada banyak sekali manfaat dari makanan yang kita konsumsi, karena dalam makanan terdapat berbagai zat penting yang dapat memberikan tenaga, pertumbuhan, vitamin, mineral, dan khasiat obat untuk mengobati serta menyembuhkan penyakit.    

Kedelai hijau sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet, karena Kedelai hijau mengandung serat yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi Kedelai hijau dapat membuat perut kita terasa kenyang lebih lama.
        
Kandungan nutrisi dalam setiap makanan adalah berbeda-beda, tergantung jenis, warna, dan cara memasaknya.

Sering kita dengar istilah makanan bergizi, yang secara umum diartikan sebagai makanan bermanfaat. Jadi gizi dalam makanan adalah hal yang penting bagi kita.

Gizi berasal dari bahasa arab yaitu dari kata “al gizai” yang artinya adalah makanan dan manfaatnya untuk kesehatan. Atau juga diartikan sebagai sari makanan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Karena masih banyak orang yang tidak mengerti tentang gizi dan kandungannya, sehingga banyak ditemukan orang yang menderita kekurangan gizi.

Informasi Gizi dan Nutrisi dari Kedelai, hijau, dimasak, direbus, ditiriskan, tanpa garam, atau dalam bahasa inggris disebut Soybeans, green, cooked, boiled, drained, without salt: (nilai per 100 gram)


Kandungan Umum:
Energi yang dihasilkan: 141 kcal (kilo kalori)
Air: 68.60 gram
Protein: 12.35 gram
Lemak (lipid): 6.40 gram
Karbohidrat: 11.05 gram
Serat: 4.2 gram

Mineral yang Dikandung:
Kalsium / Calsium (Ca): 145 mg (mili gram)
Besi / Ferrum (Fe): 2.50 mg
Magnesium (Mg): 60 mg
Fosfor / Phosphorus (P): 158 mg
Potassium / Kalium, K: 539 mg
Sodium / Natrium (Na): 14 mg
Seng / Zinc (Zn): 0.91 mg

Vitamin yang Dikandung:
Vitamin C, jumlah asam askorbat: 17.0 mg
Thiamin: 0.260 mg
Riboflavin: 0.155 mg
Niacin: 1.250 mg
Vitamin B6: 0.060 mg
Asam Folat, DFE: 111 µg
Vitamin B12: 0.00 µg
Vitamin A: 156 IU
Vitamin E (alfa-tokoferol): 1.00 mg
Vitamin D (D2 + D3): 0.0 µg
Vitamin D: 0 IU

Lemak yang Dikandung:
Asam lemak, jumlah jenuh: 0.740 gram
Asam lemak, jumlah monounsaturated: 1.209 gram
Asam lemak, jumlah tak jenuh ganda: 3.011 gram
Kolesterol: 0 mg

Kafein yang Dikandung: 0 mg

Informasi dan data di atas adalah disarikan dari USDA yaitu Agricultural Research Service, United States Department of Agriculture.


Berbicara tentang manfaat kacang kedelai yang satu ini sangat menyenangkan. Dengan banyak kandungan yang terdapat didalamnya, buah yang satu ini dapat digunakan untuk memerangi beberapa penyakit.

Beberapa Manfaat Kedelai Hijau:

Memperbaiki kepadatan tulang dan kekuatan otot
Sudah umum jika kedelai kaya dengan protein dan kalsium, tidak terkecuali dengan edamame. Kedelai hijau ini juga sangat baik menutrisi tulang sehingga bisa menjaga kepadatannya dan mencegah osteoporosis. Bahkan juga sangat baik membentuk otot.

Menjaga kesehatan jantung
Karena kedelai/edamame hijau kaya protein, edamame juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Ini karena adanya isoflavon di dalam edamame yang membantu menjaga kadar kolesterol dan menguatkan otot jantung.

isoflavon yang terdiri atas genistein, daidzein dan glicitein juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah penyakit jantung,

Mencegah kanker
Dengan kadar antioksidannya yang tinggi, kedelai hijau dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh, selain itu, antioksidan yang terdapat didalamnya dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Bahkan edamame yang dikonsumsi secara rutin bisa menghindarkan Anda dari kanker payudara dan untuk pria, bisa menghindarkan dari kanker prostat. Ini karena kandungan isoflavon yang mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Menjaga tubuh awet muda
Makan kedelai hijau/edamame yang kaya antioksidan juga bisa menghindarkan Anda dari penuaan dini. Antioksidan bukan hanya membantu memperbaiki sel yang rusak, namun juga membantu membuang racun dari dalam tubuh. Antioksidan juga meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh lebih kebal penyakit.

Dengan manfaatnya yang segudang tadi, maka tak ada salahnya kita mencoba makanan yang satu ini. Kedelai hijau sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari anak–anak hingga orang dewasa.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...