Tuesday 24 April 2018

Penjelasan Tentang Damiana (Turnera diffusa) serta Manfaat dan Efek Sampingnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                                                     Damiana (Turnera diffusa)


Damiana adalah semak kecil dengan daun aromatik yang ditemukan di lereng bukit yang kering, cerah, berbatu di Texas selatan, California Selatan, Meksiko, dan Amerika Tengah. Dua spesies yang digunakan dalam penyembuhan herbal, keduanya disebut sebagai damiana, adalah Turnera aphrodisiaca dan Turnera diffusa.

Damiana adalah tanaman memiliki banyak bunga yang melepaskan bau yang sangat aromatik. Tanaman ini biasanya buat campuran teh, tetapi juga dapat dibuat untuk pemanis. Bau aromatik yang disebabkan oleh tanaman memberikan perasaan "relax" dengan segera. Tanaman ini juga sering dibuat dupa. Dupa mengeluarkan bau yang menyebabkan efek menenangkan juga. Damiana juga biasanya lebih banyak digunakan sebagai campuran rempah-rempah.

Damiana adalah tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, mengompol, depresi, perut gugup, dan sembelit. Namun, lebih banyak digunakan untuk pencegahan dan pengobatan masalah seksual, termasuk meningkatkan dan mempertahankan stamina mental dan fisik (afrodisiak). Tanaman ini umumnya banyak ditemukan di negara-negara bagian Amerika Selatan.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa efek afrodisiak dari herbal ini mungkin karena kandungan alkaloid yang dapat bertindak seperti hormon testosteron laki-laki.

Daun Damiana telah digunakan sebagai afrodisiak dan untuk meningkatkan potensi seksual oleh penduduk asli Meksiko, termasuk orang Indian Maya dan digunakan untuk stimulasi seksual pria dan wanita, peningkatan energi, asma, depresi, impotensi dan masalah menstruasi.

Bagaimana damiana bekerja sebagai afrodisiak saat ini belum diketahui. Namun, banyak yang mengklaim bahwa ketika minum sebagai teh itu memiliki efek santai seperti dosis cannabis.

Tanaman dengan nama latin  turnera diffusa  secara historis  sebagai terapi herbal tradisional untuk tujuan tonik dan pembersihan . Masyarakat adat di Amerika Tengah dan Selatan telah menggunakan daun untuk membuat teh , yang diyakini memiliki efek santai dan afrodisiak. Bahkan “Physicians ‘ Desk Reference for Herbal Medicines , ” mengakui daun damiana sebagai suplemen herbal yang dapat membantu untuk kondisi seperti penurunan libido , bengkak , dan penurunan berat badan .

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Secara historis damiana telah digunakan untuk meringankan kegelisahan, kegugupan, dan depresi ringan, terutama jika gejala ini karena masalah seksual. Ramuan ini juga digunakan sebagai tonik umum untuk meningkatkan kesehatan.

Damiana juga telah digunakan secara tradisional untuk memperbaiki pencernaan dan mengobati sembelit, seperti pada dosis yang lebih besar, diperkirakan memiliki efek pencahar ringan.

Hal ini dikenal di budaya barat daya sebagai tonik seksualitas dan direkomendasikan oleh banyak herbalis. Damiana dapat merangsang saluran pencernaan dan membawa oksigen ke daerah genital. Ini juga meningkatkan tingkat energi yang banyak membantu mengembalikan libido. Pada wanita, Damiana sering mengembalikan kemampuan untuk mencapai orgasme. Damiana digunakan terutama sebagai tonik energi dan afrodisiak untuk pria dan wanita.

Damiana memiliki efek ganda. Ini dapat bekerja dengan cepat untuk merangsang daerah genital dengan memperkaya suplai oksigen. Penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan kebugaran dan kinerja seksual.

Daya dukung libido damiana belum diuji pada manusia, meskipun cairan yang dibuat dari daunnya telah lama digunakan sebagai afrodisiak di Meksiko. Dalam penelitian hewan, ekstrak damiana mempercepat perilaku kawin tikus jantan  yang "lamban secara seksual" atau impoten. Namun, hal itu tidak berpengaruh pada tikus yang sangat kuat secara seksual.

Komposisi kimia damiana sangat kompleks dan semua komponennya belum sepenuhnya teridentifikasi. Namun, yang diketahui adalah minyak volatil 0,5-1%, flavonoid, gonzalitosin, arbutin, tanin dan damianin (zat pahit berwarna coklat). Ini juga mengandung minyak esensial (mengandung cineol, symol, pinene), glikosida sianogen, timol dan jumlah jejak fosfor.

Damiana biasa diolah menjadi suplemen herbal yang dapat tersedia dalam bentuk sebagai berikut: kapsul, bubuk, teh, dan sirup.

Belum ada studi klinis yang valid tentang damiana yang dapat dijadikan dasar untuk rekomendasi dosis, meskipun telah dipelajari dalam kombinasi dengan bahan-bahan pendukung lainnya. Dosis umum yang bisa digunakan untuk pemakaian damiana adalah berbentuk daun sebanyak 2 gram.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Herbal Damiana Diindikasikan Untuk :

Rangsangan seksual, meningkatkan energi, oksigenasi daerah genital, asma, masalah menstruasi. Dispepsia ganas, konstipasi aton, kelesuan dan kelesuan. Secara khusus ditunjukkan pada neurosis kecemasan karena faktor seksual yang dominan.

Manfaat herbal dari tanamam damiama ini disebabkan damiana memiliki susunan kimiawi yang kompleks , senyawa yang diketahui meliputi α – pinene , β – karoten , β – pinene , eucalyptol , tanin dan timol . The damianin senyawa , bahan kimia penting untuk struktur tanaman , telah terbukti untuk menghasilkan efek relaksasi pada sistem saraf pusat . Damiana juga telah terbukti memiliki efek hipoglikemik , mendorong diskusi tentang potensinya untuk terapi diabetes dan penurunan berat badan .

Hal ini diyakini bahwa damiana dapat berfungsi sebagai inhibitor aromatase . Sebuah studi 2008 oleh Sekolah Farmasi di Universitas Mississippi menyelidiki aktivitas anti – aromatase dan estrogenik damiana . Senyawa yang diisolasi dari daun dievaluasi untuk aktivitas aromatase menggunakan alat tes rilis tritiated – air dan untuk aktivitas estrogenik menggunakan uji layar ragi estrogen . Ekstrak Damiana , dan senyawa pinocembrin diekstrak dan acacetin berkurang aktivitas aromatase . Senyawa lainnya , Apigenin 7 – glukosida , Z – echinacin dan pinocembrin menunjukkan aktivitas estrogenik.

Daun damiana digunakan untuk mengobati depresi ringan. Karena sifat stimulan, tanaman ini dapat membantu untuk meringankan stres yang menyebabkan kegelisahan dan depresi.

Daun damiana dapat digunakan untuk mencegah ejakulasi dini dan membantu mengobati impotensi, mengobati masalah saluran kemih, sebagai obat cuci perut.

Damiana mendorong mencret , yang dapat membantu meningkatkan pembersihan internal . Namun, damiana telah memperoleh perhatian yang besar bila digunakan dengan tanaman lain untuk menghasilkan aktivitas thermogeni

Sebuah studi 2001 Denmark mencatat bahwa , bila dikombinasikan dengan guarana dan yerba mate, kombinasi menghasilkan efek termogenik dengan penekanan nafsu makan . Selama rentang waktu 45 hari , peserta kelebihan berat badan diberikan YGD dalam bentuk kapsul sebelum makan utama. Studi menyimpulkan bahwa kombinasi signifikan tertunda pengosongan lambung , mengurangi waktu di mana peserta ” merasa penuh ” dan menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan .

Selain itu , suasana hati meningkatkan efek , dikombinasikan dengan efek penekan nafsu makan , dari damiana dapat menyebabkan peningkatan situasional kondisi yang predikat makan berlebihan , terutama orang-orang yang makan untuk kenyamanan emosional.

Manfaat damiana untuk seksualitas. Secara historis damiana telah digunakan untuk mengurangi kecemasan , kegelisahan , dan depresi ringan , terutama jika gejala ini memiliki komponen seksual . Ramuan ini juga digunakan sebagai tonik umum untuk meningkatkan kesehatan .

Damiana juga telah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan pencernaan dan untuk mengobati sembelit, seperti dalam dosis yang lebih besar diperkirakan memiliki efek pencahar ringan.

Tanaman damiana (Turnera diffusa) secara historis telah digunakan sebagai terapi herbal tradisional untuk tujuan tonik dan pembersihan, dan diyakini  efek santai dan afrodisiak .

Hal ini juga dikenal dalam budaya barat daya sebagai tonik seksualitas dan direkomendasikan oleh banyak herbalists atas . Ini merangsang saluran pencernaan dan membawa oksigen ke area genital . Hal ini juga meningkatkan tingkat energi yang tidak banyak untuk memulihkan libido dan keinginan . Pada wanita , Damiana sering mengembalikan kemampuan untuk mencapai orgasme . Damiana digunakan terutama sebagai tonik energi dan afrodisiak bagi pria dan wanita.

Sementara itu "Physicians ' Desk Reference for Herbal Medicines , " mengakui daun damiana sebagai suplemen herbal yang dapat membantu untuk kondisi seperti penurunan libido dan penurunan berat badan. Manfaat tersebut dikarenakan damiana memiliki kandungan  0,5-1 % minyak atsiri, flavonoid, gonzalitosin, arbutin, tanin dan damianin ( zat pahit coklat ).

Efek Samping
Damiana tampaknya aman saat diminum sesekali sebagai penguat seksual. Ini memiliki sejarah panjang penggunaan obat tradisional dan makanan tanpa konsekuensi berbahaya yang dilaporkan terjadi dalam jumlah sedang.

Diperkirakan bahwa sejumlah besar Damiana yang digunakan secara internal dapat menyebabkan insomnia dan sakit kepala dan dalam beberapa kasus juga terjadi kerusakan hati. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang meneliti efek penggunaan ramuan ini dalam jangka panjang.

Tak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan
Simpan damiana di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan. Anda harus secara teratur mengawasi reaksi hipersensitivitas dan hepatotoksisitas, meningkatnya tingkat ALT, AST, dan bilirubi, buang air besar berdarah, nyeri bagian kanan atas tubuh. Namun, jika hepatotoksisitas terjadi, penggunaan herbal harus dihentikan dan segera konsultasikan ke dokter.

Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan awasi gula darah Anda dengan hati-hati jika Anda memiliki diabetes dan menggunakan damiana.

Penting juga untuk menghentikan penggunan damiana, minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Damiana tidak boleh diberikan kepada anak-anak. Jangan menggunakan produk ini tanpa nasihat medis jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Herbal ini tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan penyakit hati, diabetes, atau hipersensitivitas terhadap ramuan ini.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...