Saturday 28 April 2018

Manfaat Kandungan Air (Aqua) dalam Kosmetik - Mengenal Zat Kimia Kosmetik


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                         Kandungan Air (Aqua) dalam Kosmetik 


Pasti sudah banyak yang mengetahui zat-zat kimia berbahaya yang mungkin ada dalam produk kosmetik. Akan tetapi, terkadang masih ada kesulitan dalam mengenalinya ketika kita membaca komposisi yang tertera pada label produk. Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja zat tersebut, nama lain zat itu, macam bentuk, bahaya dan guna zat tersebut.

Kosmetika yang digunakan untuk perawatan kulit harus berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, mempertahankan kondisi kulit agar tetap baik dan mampu mencegah timbulnya kelainan pada kulit akibat proses usia, pengaruh lingkungan dan sinar matahari. Kosmetika menurut penggunaannya dibagi menjadi kosmetika untuk memelihara, merawat dan mempertahankan kulit, serta kosmetika untuk mempercantik wajah yang dikenal dengan kosmetika tata rias.

Biasakanlah untuk selalu membaca komposisi dari setiap produk kosmetik yang kamu beli. Produsen yang baik akan menuliskan komposisi (ingredients) dengan huruf yang tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu rapat. Walau begitu, tetap saja ada yang menuliskannya dengan huruf yang kurang jelas. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk tetap membacanya.

Aqua yang akan dibahas bukanlah air mineral,  Ya Aqua adalah nama Latin dari air. kemudian, kenapa semua produk kosmetik sering menuliskan nama Aqua dan bukan water atau air. Perlu diketahui bahwa bahan dasar  yang biasa digunakan dalam kosmetika adalah lemak, air, alkohol dan serbuk. Bahan dasar aktif yang sering ditambahkan ke dalam kosmetika antara lain vitamin, hormon ekstrak tumbuh-tumbuhan dan hewan, asam alpha hidroksil (AHA), merkuri, tretinoin, hidrokinon, dan hidrogen peroksida. Manfaat preparat tropikal yang mengandung bahan-bahan aktif adalah bahan aktif tersebut dapat diabsorpsikan oleh kulit, tidak mudah teroksidasi, berhasiat pada kulit, dan pemberian secara oral atau dengan cara lain tidak mungkin dilakukan.

Air dapat diserap oleh kulit, tetapi daya penetrasi (daya serap) air dan bahan-bahan yang larut dalam air lebih rendah dibandingkan dengan lemak dan bahan-bahan yang larut dalam lemak. Daya penetrasi bahan-bahan yang larut dalam air, tergantung pada kandungan air (water content) stratum corneum, oleh sebab itu air bukan bahan dasar yang baik untuk mengantar bahan aktif masuk ke dalam kulit. Air banyak digunakan dalam preparat pembersih, karena air mudah digunakan, dapat melunakkan stratum corneum dan dapat membersihkan kotoran yang larut dalam air.

Di dunia perkosmetikan juga berlaku aturan yang namanya INCI yaitu kepanjangan dari International Nomenclature of Cosmetic Ingredients, dimana sistem ini mengharuskan seluruh produk yang mengandung lilin (wax), minyak (oil), pigments, kimiawi (chemical) dan bahan-bahan lain yang mengandung sabun serta kosmetik diwajibkan menggunakan bahasa Latin atau bahasa Inggris.

Jadi misalkanl sebuah produk tidak menggunakan bahasa Latin/Inggris untuk produk-produk yang terkandung dalam INCI tersebut, maka produk tersebut tidak bisa di jual ke negara lain, produk tersebut harus menterjemahkannya kedalam bahasa lainnya, seperti "Air/water/ dll/".

Sehingga bagi kalian yang membeli produk dan komposisi, cara pemakaian dan efek sampingnya di tulis dalam berbagai bahasa.

Penjelasan serta manfaat Aqua untuk produk kosmetik
Aqua adalah komposisi pembentuk utama di hampir seluruh produk kosmetik di dunia. Fungsi utamanya yakni sebagai pelarut. Fakta ilmiah menunjukkan bahwa cosmetik yang lolos uji lab harus terbukti bebas dari Toxin, pollutants dan juga mikroba. Normalnnya air seperti ini yang digunakan di jenis distilled water, purified water dan juga Aqua. Jadi jika produk cosmetic Anda mengandung Aqua, maka bisa dipastikan bebas racun dan mudah diserap kulit.

Tapi sayangnya, di Indonesia banyak cosmetik yang berkomposisi Aqua tapi belum mengantongi sertifikat ISO 22716. Apa itu ISO 22716?

ISO 22716 adalah sertifikat pengolahan air sebagai bahan kosmetik yang dikeluarkan oleh lembaga internasional. Jadi uji lab nya bukan dari ITB, tapi dari internasional, walaupun tidak dipungkiri bahwa uji lab ITB terbaik di Indonesia.

Berdasarkan fakta PDAM-nya Amerika bekerjasama dengan Environmental Protection Agency (EPA) telah mengantongi sertifikat ISO 22716 sejak dulu, makanya jangan kaget kalau mreka minum air langsung dari keran, dan banyak sekali keran air minum yang tersedia di tempat umum.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...