Sunday 15 April 2018

Penjelasan Tentang Hyaluronidase serta Kegunaannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
       Penjelasan Tentang Hyaluronidase serta Kegunaannya


Hyaluronidase adalah obat berupa protein yang dirancang secara genetik. Hyaluronidase berguna untuk membantu menyerap obat-obatan yang disuntikkan lainnya. Hyaluronidase juga berguna untuk membantu memperlihatkan pewarna kontras dalam tubuh dengan lebih jelas lagi pada jenis x-ray atau scan tertentu.

Hyaluronidase pertama kali dikenalkan oleh Karl Meyer (1934) sebagai enzim yang mendegradasi hyaluronan. Hyaluronidase adalah kelompok dari enzim yang aktif pada pH asam dan netral. Berdasarkan spesifitasnya hyaluronidase dibagi menjadi dua kelompok, yaitu hyaluronidase yang non-spesifik dan yang spesifik mendegradasi hyaluronan. Hyaluronidase pada mamalia mendegradasi (non-spesifik) hyaluronan, kondroitin dan polisakarida lainnya. Jenis hyaluronidase yang spesifik mendegradasi hyaluronan banyak ditemukan pada mikroorganisme seperti bakteri Streptomyces dan lintah Hirudo medicinalis (Linker et al., 1960). Enzim hyaluronidase dengan spesifitas mendegradasi hyaluronan mempunyai kegunaan yang sangat besar dalam ilmu pengetahuan dan kesehatan.

Hyaluronidase pertama kali diisolasi dari mikroorganisme, kemudian enzim ini diperoleh juga dari testis mamalia (Meyer, 1971). Aktivitas hyaluronidase juga ditemukan pada bisa ular, sengat lebah, kalajengking, laba-laba dan lainnya. Enzim ini berfungsi sebagai “spreading factor” melalui degradasi hyaluronan sehingga memudahkan penyebaran zat-zat bisa lainnya (Poh et al., 1992). Degaradasi hyaluronan oleh hyaluronidase terjadi pada ikatan glikosidik β-N-asetilheksosamin-[1,4] maupun ikatan β-glukuronat-[1,3]-N-asetilglukosamin.

Berdasarkan mekanisme degradasi dan hasil reaksinya, Meyer (1971) membagi hyaluronidase ke dalam tiga golongan utama.

Pertama, hyaluronidase mamalia (E.C. 3.2.1.35) atau hyaluronidase testis. Enzim ini merupakan endo-β-N-asetilheksosaminidase dengan tetrasakarida dan heksasakarida sebagai produk akhir utama, mempunyai aktivitas hidrolitik dan transglikosidase serta dapat mendegradasi hyaluronan dan kondroitin sulfat (CS) terutama C4-S dan C6-S menjadi dermatan sulfat (DS). Enzim ini terdapat pada spermatozoa mamalia, berudu, bisa ular, sengat lebah dan jaringan binatang lainnya (Kreil, 1995).

Kedua, hyaluronidase bakteri (E.C. 4.2.99.1) yang dikenal juga sebagai hyaluronat liase. Enzim ini merupakan endo-β-N-asetilheksosaminidase yang bekerja dengan reaksi eliminasi β dengan produk akhir disakarida yang mengandung residu glukosil dengan ikatan rangkap pada C4 dan C5. Enzim ini telah diisolasi dari Streptococci, Staphylococci dan bakteri penyebab sifilis, Treptonema pallindum serta Clostridium perfringens dimana enzim ini merupakan faktor virulensi.

Ketiga, hyaluronidase lintah (E.C. 3.2.1.36) yang merupakan endo-β-glukuronidase, mendegradasi hyaluronan dengan produk akhir tetrasakarida (produk utama) dan heksasakarida. Enzim ini diisolasi dari lintah Hirudo medicinalis dan spesifik untuk substrat hyaluronan (Linker et al., 1960).

Hyaluronidase digunakan dalam bidang kesehatan untuk membantu penyebaran zat anastesi dan antibiotic serta sebagai inhibitor angiogenesis dalam pengobatan kanker (Farr et al., 1997). Hyaluronidase menghambat pergerakan dan penyebaran sel kanker melalui aktifitas enzim mendegradasi hyaluronan. Hyaluronidase tidak hanya mengubah lingkungan untuk membatasi pergerakan sel, namun juga mematikan machinery intrinsic cell yang menyebabkan pergerakan sel.

Aturan pakai Hyaluronidase
Obat ini secara umum disuntikkan di bawah kulit. Penyedia layanan kesehatan akan memberikan suntikan ini.

Cara menyimpan Hyaluronidase
Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Efek Samping
Dapatkan pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal sulit bernapas pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk nyeri, gatal-gatal, merah, atau bengkak pada daerah suntikan obat.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan
Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter Anda tentang daftar obat Anda saat ini, produk toko (contoh, vitamin, suplemen herbal, dll.), alergi, penyakit yang sudah ada, dan kondisi kesehatan saat ini (contoh, kehamilan, operasi yang akan datang, dll.). Beberapa kondisi kesehatan dapat membuat Anda kebal pada efek samping obat. Konsumsi seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau ikuti petunjuk yang tercetak dalam brosur produk. Dosis berdasarkan kondisi Anda. Katakan pada dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk.

Yang harus diketahui sebelum menggunakan Hyaluronidase:
Anda dilarang menerima obat ini apabila alergi. Dokter mungkin melakukan tes kulit untuk melihat apakah Anda alergi hyaluronidase sebelum Anda menerima obat.

Apakah Hyaluronidase aman untuk ibu hamil atau menyusui?
Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (A= Tidak berisiko, B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C= Mungkin berisiko, D= Ada bukti positif dari risiko, X= Kontraindikasi, N= Tidak diketahui)

Tidak ada penelitian memadai pada wanita untuk menentukan risiko bayi jika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan kemungkinan manfaat melawan risiko sebelum menggunakan obat ini selagi menyusui.

Interaksi
Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Hyaluronidase?
Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisikan semua kemungkinan interaksi obat-obatan. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) serta beritahu dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Sebelum menerima hyaluronidase, beritahu dokter jika Anda menggunakan obat-obatan berikut:
Furosemide (Lasix)
Phenytoin (Dilantin)
Obat penenang atau cemas (macam Valium, Xanax, Tranxene)
Aspirin atau salicylates
Cortisone atau ACTH (Corticotropin)
Estrogen atau
Antihistamine (macam obat flu atau alergi).

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hyaluronidase?
Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan Hyaluronidase
Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain. Adanya gangguan medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan hyaluronidase. Pastikan Anda memberitahu dokter bila Anda mengalami gangguan medis lainnya.

Overdosis
Yang harus dilakukan pada saat keadaan gawat darurat atau overdosis:

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...