Sunday 29 July 2018

Berbagai ragam Jenis Lipstik Beserta Fungsinya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                 Berbagai ragam Jenis Lipstik Beserta Fungsinya



Merias wajah merupakan kegemaran cewek yang sering dilakukan sehari-hari. Alat makeup yang tak bisa dilupakan yaitu lipstik yang memiliki berbagai manfaat. Pada Artikel kali ini Admin ingin membagi pengetahuan tentang Lipstik. Lebih tepatnya tentang jenis lipstik. Agar kita paham dan bisa memilih jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan bibir kamu.

Bagi wanita, kosmetik yang satu ini tentu sering ada di tas. Karena lipstik ini bisa dikatakan sebagai salah satu Kosmetik “Wajib”, yang dimiliki wanita.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat riasan wajah semata, lipstik juga memberikan manfaat lainnya seperti menyegarkan bibir, menambah kepercayaan diri, menyamarkan kekurangan pada bibir, meningkatkan mood, dan agar bisa tampil beda.

Lipstik merupakan kosmetik yang memiiki jenis yang banyak. Setiap jenis memiliki fungsi dan cara pakainya masing-masing. Maka gunakanlah jenis lipstik sesuai dengan kebutuhan dan karakter yang ingin kamu tampilkan pada wajah kamu.


Banyaknya jenis lipstik yang ditawarkan oleh brand-brand makeup membuat para wanita memiliki keleluasaan untuk berkreasi yang sesuai dengan trend kecantikan terkini. Hal itu berlaku terutama bagi wanita yang menekuni dunia makeup profesional, memilih jenis lipstik tentu saja tidak sembarangan dan hanya memilih yang terbaik.

Berbagai macam lipstik yang beredar di toko-toko kosmetik mungkin saja membuat kamu bingung memilih lipstik yang paling cocok. Untuk memilih lipstik yang sesuai, kamu perlu mengenali aneka macam lipstik beserta kegunaannya. Jika sudah mengetahui macam-macam lipstik dan fungsinya, pertimbangan lainnya yaitu memilih brand make up yang recommended, serta memahami kelebihan dan kelemahan jenis lipstik tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa jenis lipstik yang beredar dipasaran, diantaranya yaitu:

Stik
Jenis Lipstik Stik ini memiliki karakter tidak mengkilap dan sedikit lembab. Lipstik Stik ini, memiliki fungsi untuk memberikan warna bibir dan juga untuk membuat wajah tampak cerah dan cemerlang.

Cara pakai Lipstik Jenis Stik ini sangat mudah. Oleskan langsung stik nya pada bibir. Sebaiknya lakukan dua kali. Pertama oleskan lalu hapus dengan tisu. Setelah itu, oleskan kembali.

Dengan Cara ini mampu membuat warna bertahan lebih lama.

Sheer lipstick
Lipstik bertekstur sheer tidak memiliki pigmentasi yang kuat. Jika dipulaskan, warnanya tak akan menutupi seluruh warna bibir alami, melainkan hanya menambah sedikit rona. Lipstik jenis ini biasanya memiliki kandungan moisturizer yang tinggi sehingga tepat untuk menjaga kelembapan bibir, layaknya lip balm. Gunakan sebelum lipstik matte favorit Anda atau tak perlu tambahkan apapun untuk everyday look yang natural.

Kandungan pelembab yang tinggi pada sheer lipstick membuat bibir terasa lebih segar seperti pemakaian lip balm. Sheer lipstick tidak memiliki pigmentasi yang kuat, bersifat lengket, dan mudah hilang sehingga kamu harus mengaplikasikannya berkali-kali. Dengan warna yang tipis dan transparan, sheer lipstick membuat bibir terlihat lebih berkilau dan sesuai dipakai untuk sehari-hari.

Sheer lipstick memiliki tekstur yang lembut dan dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir. Mengandung bahan pelembap yang tinggi, lipstik ini tak ubahnya seperti produk lip balm.

Karena  lipstik jenis ini tidak mempunyai daya pigmentasi yang kuat. Ketika diaplikasikan pada bibir, warna sheer lipstick tidak dapat menutupi keseluruhan warna bibir alami, melainkan hanya menyamarkan dan menambah sedikit rona.

Jika Anda ingin penampilan sempurna dengan sheer lipstick, cobalah mengkreasikan make-up ala wanita Korea yang pada umumnya menyukai tampilan cerah bercahaya daripada matte. Anda juga bisa mengaplikasikan sheer lipstick sebelum menggunakan lipstik matte. Apabila Anda tidak ingin memakai lipstik matte, tidak perlu menambahkan apa pun pada penggunaan sheer lipstick untuk menciptakan kesan yang natural.

Lipstick jenis ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai make-up natural karena warna yang dihasilkan pun sangat ringan. Untuk mendapatkan warna yang cerah namun tetap memberi efek lembab dan berkilau, penggunaan lipstick ini bisa kamu kombinasikan dengan lipstick jenis lain seperti matte lipstick.

Palet
Biasanya lipstik jenis ini memiliki beberapa warna dalam satu wadah. Bentuk fisiknya, biasanya berupa krim padat atau balm. Lipstik jenis ini memiliki fungsi untuk melembabkan bibir.

Dan Cara pakainya Oleskan Pada bibir dengan menggunakan Kuas.

Palette lipstick menjadi pilihan para wanita karena sangat praktis dengan banyaknya variasi pilihan warna dalam satu tempat. Harga palette lipstick relatif murah jika dibandingkan membeli lipstik per warna.

Satin lipstick
Seperti sheer lipstick, satin lipstick juga mempunyai tekstur yang lembap dan tidak memberikan full coverage. Warna yang dimiliki bisa saja tampak pekat, namun ketika dipulaskan di bibir akan terasa lembut dan tipis, memberi sedikit kilau dan tidak tahan lama. Jika ingin tampil maksimal dengan lipstik bertekstur satin, ciptakan makeup bergaya Korea. Wanita Korea umumnya menyukai tampilan yang sedikit bercahaya daripada matte.

Satin lipstick memberi efek polesan yang hampir mirip dengan matte lipstick dan memiliki kandungan pelembab yang lebih tinggi dan memberi kesan mengkilap seperti sheer liptick. Perlu dioleskan berkali-kali agar warnanya lebih keluar. Hasil yang dipereoleh dari penggunaan satin lipstick yaitu warna bibir akan tampak lebih kuat namun memberi efek yang berkilau.

Lipstik satin cocok untuk Anda yang punya masalah dengan bibir kering dan mudah pecah-pecah. Pasalnya, lipstik jenis ini dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir Anda, serta membuatnya tampak berkilau dan glossy. Karena mengandung banyak pelembap di dalamnya, lipstik satin biasanya terlihat lebih gelap di kemasan daripada saat dioleskan di bibir.

Lipstik satin juga mengandung bahan minyak yang tinggi. Kandungan minyak inilah yang membuatnya mudah terhapus jika bersentuhan dengan objek seperti makanan dan minuman. Untuk mengatasi hal tersebut, rajin-rajinlah mengoleskan kembali lipstik satin setelah Anda selesai makan, atau ketika lipstiknya mulai terhapus.

Pen lip
Bentuk dari jenis lipstik pen lip ini sedikit unik. Yaitu, berbentuk seperti pensil. Oleh karena itu, Jenis Lipstik ini bisa dikatakan sangat praktis karena mudah dibawa kemana-mana.

Lipstik jenis ini, biasanya bentuknya cair. Dan fungsi dari pen lip adalah untuk memberikan efek mengkilap pada bibir.

Cara penggunaannya, bisa langsung dioleskan pada bibir untuk mengisi bibir.

Lip pencil banyak dipakai cewek dalam merias bibirnya agar polesan lipstik terlihat lebih rapi dan tahan lama. Penggunaan lipstik yang terlalu mengkilap dan kaya akan pelembab bibir membuat cepat pudar. Hal itu bisa diatasi dengan memakai lip pencil sebelum memberi polesan lipstik. Lip pencil yang berfungsi sebagai pembingkai bibir mampu membuat bibir terlihat lebih cantik bisa memberi efek sesuai yang diinginkan. Selain itu, lip pensil dapat membuat bibir menjadi lebih bervolume dengan mengaplikasikan warna satu tingkat di atas warna bibir alami kamu.

Bentuk bibir yang terlihat kurang sempurna, seperti bibir terlalu kecil, terlalu tebal dan lebar atau kurang proporsional sering kali mengurangi rasa percaya diri pada wanita. Namun hal tersebut kini dapat diatasi dengan adanya pen lip. Karena salah satu fungsi dari lipstik jenis ini adalah untuk membentuk postur bibir agar lebih proporsional atau dengan kata lain fungsinya adalah sebagai pembingkai bibir.

Tips dari penggunaan pen lip ini harus disesuaikan dengan bentuk bibir. Jika kalian memiliki bentuk bibir yang tebal dan lebar, gunakan pen lip pada bagian dalam garis bibir untuk memberi kesan lebih mungil pada bibirmu. Sedangkan bagi yang memiliki bentuk bibir tipis dan kecil, kamu dapat menggunakan pen lip pada bagian luar garis bibir untuk memberi efek lebih penuh pada bibir kalian yang kecil.

Crayon lipstick
Crayon lipstick tak beda jauh dengan lip pencil, bedanya bagian ujungnya lebih besar dan membulat. Berbeda dengan lip pencil, kamu tidak perlu meruncingkan bagian ujung crayon lipstick. Jenis lipstik ini memiliki kandungan pelembab untuk melembabkan bibir dan ada pula yang mempunyai pigmentasi warna yang tinggi.

Creamy lipstick
Lipstik yang berbentuk krim ini menghasilkan efek polesan yang tidak terlalu mengkilap dengan tekstur yang terasa nyaman di bibir. Creamy lipstick yang memiliki kandungan zat lilin (wax) yang berguna untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari langsung ini bisa membuat warna bibir terlihat lebih menonjol. Sebaiknya, penggunaan creamy lipstick tidak berlebihan untuk mencegah bibir kering. Penggunaan creamy lipstick cocok dipadukan dengan lip liner atau lip pencil dengan warna yang senada agar lipstik tampak lebih rapi dan tahan lama. Untuk menghasilkan efek matte, kamu bisa menempelkan dan menekan dengan tissu pada bagian bibir. Selain menggunakan lip liner, disarankan juga dalam pemakaiannya menggunakan kuas agar polesannya terlihat lebih rapi dan merata, serta tidak keluar dari garis bibir.

Akan tetapi efek lain dari  tingginya kandungan zat lilin dalam produk ini dapat menimbulkan efek negatif bagi bibir, yaitu menyebabkan bibir terasa kering. Untuk yang  memiliki bentuk bibir tipis dan kecil, creamy lipstick merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan efek penuh pada bibir kalian.

Creamy lipstick teksturnya mampu memberikan warna yang intens dengan efek dewy. Sebaiknya aplikasikan creamy lipstick menggunakan kuas setelah memulaskan lip liner dalam warna senada. Lip liner berfungsi untuk menjaga lipstik tetap rapi dan tahan lama.

Dengan menggunakan creamy lipstick ini maka warna bibir kalian akan lebih keluar , hal ini disebabkan karena efeknya mengkilap dan warna kuat yang ditimbulkan.

Shine lipstik
Tekstur dari lipstick ini hampir mirip seperti Cream Lipstick dan memiliki hasil akhir yang memberikan efek kilau yang memantulkan cahaya sehingga akan membuat bibir terlihat lebih penuh. Efek penuh yang dihasilkan, membuat lipstick jenis ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki bibir mungil. Sedangkan kalian yang memiliki bentuk bibir tebal, dapat diatasi dengan menyamarkan bentuk bibir dengan menggunakan lip liner pada garis bibir bagian dalam.

Karena sifat lipstick ini  yang lembut dan melembabkan bibir, shine lipstik dapat menghidrasi bibir, sehingga kamu tidak perlu menggunakan pelembab bibir sebelumnya. Namun kekurangan dari lipstick jenis ini, diantaranya cepat hilang, lengket dan mudah menempel pada benda yang tersentuh oleh bibir.

Selain itu juga, pemakaian Shine Lipstick pada bibir yang pecah-pecah karena semua celah dan pecah-pecah pada kulit bibir akan terlihat semakin jelas. Maka dari itu, sebelum menggunakan lipstick ini, sebaiknya rawat dulu bibir pecah-pecah-pecah dengan menggunakan scrub atau masker bibir yang dapat menghilangkan sel kulit mati penyebab bibir kering.

Liquid
Sesuai dengan namanya, tentu jenis lipstik ini bentuknya Cair. Namun berbeda dengan Pen Lip Polish, Liquid ini cairannya lebih pekat dan mengkilap.

Pada kemasannya biasanya dilengkapi spons atau kuas di ujung, untuk mempermudah pengolesan.

Fungsi dari Jenis Lipstik ini yaitu untuk memberikan efek mengkilapkan bibir. Dan cara pakainya pun sangat mudah, yaitu tinggal dipulaskan saja langsung pada bibir.

Matte lipstick
Lipstik bertekstur matte adalah jenis lipstik yang paling dikagumi banyak wanita karena sangat pigmented, tahan lama dan sama sekali tidak berkilau. Belakangan ini, lipstik matte banyak muncul dalam bentuk liquid yang membuatnya semakin mudah diaplikasikan. Namun, lipstik jenis ini biasanya membuat bibir kering dan dapat memperjelas garis-garis bibir. Selain itu, lipstik matte berwarna gelap juga dapat membuat bibir terlihat kecil. Maka, penting untuk memilih rona yang tepat dengan formula pelembap yang cukup baik. Jika Anda sangat menyukai lipstik matte, jangan lupa untuk merawat bibir menggunakan lip balm, bubuhkan madu sebelum tidur dan eksfoliasi bibir secara rutin agar terhindar dari pecah-pecah.

Matte lipstick mampu menghasilkan polesan bibir yang tidak berkilau dan berkesan padat. Jenis lipstik ini banyak digemari cewek terutama mereka yang memiliki bibir tebal dan lebar. Dengan mengaplikasikan matte lipstick, maka bibir yang tebal dan lebar tersebut akan tersamarkan. Kandungan minyak yang terkandung dalam matte lipstick relatif sedikit yang bisa menyerap cahaya sehingga memberi efek tidak mengkilap.

Lipstik bertekstur matte merupakan satu-satunya jenis lipstik yang tidak mudah terhapus karena sifatnya yang kering dan lengket pada bibir. Bisa dibilang, matte termasuk ke dalam jenis lipstik tahan lama.

Pasta
Bentuk Jenis lipstik ini seperti Gel cair yang dikemas seperti pasta gigi. Cara pakai lipstik pasta ini sangat mudah, yaitu cukup mengeluarkan isinya di atas ujung jari atau kuas, kemudian ratakan pada bibir.

Fungsi Lipstik Pasta yaitu untuk membuat bibir mengkilap.

Gloss (lip gloss)
Bentuknya cair dan mengkilap, bagian ujungnya berbentuk spons kecil. Jenis Lip Gloss, ada dua yaitu bening dan berwarna.

Fungsi Gloss atau Lip Gloss ini adalah memberikan kesan mengkilap dan bercahaya pada bibir. Memberikan efek berkilau keperakan berkalp-kerlip jika lip gloss dilengkapi glitter.

Lip Gloss bening bisa memberikan kesan natural pada bibir.

Cara Pakai Lip Gloss ini bisa langsung di oleskan langsung pada bibir karena umumnya ujungnya dilengkapi dengan spons. Oleskan setelah pemakaian lipstik biasa agar tampak lembab dan segar. Sebaiknya hanya bubuhkan pada bagian tengah bibir.

Lipstik satu ini adalah senjata tepat untuk meraih tampilan bibir yang luscious dan plumpy, karena memiliki efek kemilau yang segar dan membuat bibir tampak lebih penuh. Meski tampak ‘basah’, bukan berarti Anda dapat mengabaikan kelembapan bibir, karena tekstur yang glossy belum tentu dilengkapi dengan emollient yang baik. Eksfoliasi bibir dengan lip scrub lalu aplikasikan lip balm sebelumnya agar bibir terasa halus sempurna dan tampak yummy.

Lip balm
Ada dua jenis lip balm. Satunya berbentuk stik padat dan yang kedua berbentuk krim dalam pot kecil. Fungsi dari lip Balm ini adalah untuk menghindari kekeringan pada bibir akibat sinar matahari dan menjaga kelembapannya. Lip Balm melapisi permukaan bibir sehingga mencegah bakteri dan kuman penyebab penyakit pada bibir.

Untuk Cara penggunaannya sangat mudah. Oleskan Lip Balm stik pada bibir. Atau Gunakan jari atau cotton bud untuk lip balm krim yang ada dalam pot.

Oleskan satu atau dua kali sehari. Jika suatu saat bibir kering atau pecah-pecah. Segera gunakan lip balm yang memiliki kandungan tabir surya dan SPF minimal 15.

Untuk hasil yang lebih natural, biasa nya setelah penggunaan lip balm juga menggunakan lip gloss.

Frosty lipstick
Frosty lipstick atau disebut juga pearlescent lipstick adalah lipstik dengan taburan shimmer yang berlimpah, umumnya dalam tekstur yang creamy. Saat dipulaskan, lipstik ini akan melapisi bibir dengan nuansa keperakan dan memberi nuansa icy look yang tidak selalu cocok dengan semua orang. Mungkin itu sebabnya lipstik yang pernah berjaya di tahun 80-an ini tak mampu mampu mempertahankan eksistensinya hingga sekarang. Rekomendasi penggunaan saat costume party atau aplikasikan lipgloss setelahnya agar efeknya lebih modern.

Frosty liptick sangat cocok dipakai buat kamu yang ingin tampil glamour dengan butiran-butiran glitter yang terkandung di dalamnya. Dengan bahan shimmer yang kaya, frosty lipstick membuat bibir kamu tampak bercahaya. Tapi, penggunaan frosty lipstick yang terlalu lama menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya oleskan lip balm atau pelembab untuk menyegarkan bibir.

Lip stain/lip tint
Diciptakan untuk mempercantik warna alami bibir Anda, menghadirkan warna yang lebih menempel dan tahan lama, tetapi tidak full coverage seperti lipstik. Produk ini merupakan senjata yang tepat untuk menciptakan gradient lips atau just bitten lips yang sedang tren. Caranya, pulaskan lip tint atau lip stain berwarna muda pada seluruh bibir, lalu baurkan warna yang lebih tua dengan jari tangan, hanya pada bagian tengah bibir.

Biasanya, lip tint berbentuk cair namun ada pula yang berbentuk spidol, pensil maupun krim. Kelebihan lip tint yaitu mampu bertahan lama dan bisa memberi efek gradasi pada bibir. Lip tint yang hasil warnanya lebih ringan daripada lipstik berbentuk cair dilengkapi dengan kuas atau aplikator untuk mengaplikasikannya pada bibir.

Moisturizing lipstick
Moisturizing lipstick mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin E, lidah buaya, glycerin yang berfungsi melembabkan bibir. Selain itu, moisturizing lipstick mampu melembutkan dan menghaluskan bibir serta memberi kesan berkilau.


Selain untuk mempercantik diri, lipstik juga bermanfaat bagi kesehatan seperti menutupi bibir yang kering maupun pecah-pecah dengan memakai lipstik dengan kandungan pelembab yang tinggi. Oleh karena itu, mengetahui bahan-bahan atau komposisi lipstik bisa membuat kamu lebih yakin dalam memilih lipstik yang paling cocok.


Penting sekali untuk menggunakan lipstik yang mengandung pelembab di dalamnya. Selain itu, pilihlah jenis-jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan bibir Anda. Lipstik yang tepat akan memberikan kenyamanan saat Anda menggunakannya.



Demikianlah penjelasan tentang berbagai ragam  jenis lipstik . kamu bisa memilih jenis lipstik yang paling cocok. Sehingga kamu bisa tampil lebih cantik dengan bibir yang indah.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...