Saturday 4 August 2018

Berbagai ragam Manfaat Durian Untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
        Manfaat Durian Untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya


Durian mempunyai julukan King of Fruits alias rajanya buah-buahan. Sebutan ini ada, entah karena bentuknya yang dilengkapi duri-duri tajam, rasanya yang legit nikmat atau juga, karena durian punya banyak manfaat kesehatan.

Buah yang identik dengan duri dan keharumannya yang khas ini, ternyata tidak hanya enak untuk disantap. Kenyataannya, durian mengandung ragam vitamin dan mineral. Sebut saja vitamin B, zat besi, semua kandungan itu ada di dalam buah ini. Kandungannya menyuguhkan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Buah ini diam-diam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, fosfor, dan mineral lainnya.

Buah durian, meskipun memiliki tampilan luar yang sangat tidak menggoda dengan duri-durinya yang tajam, namun durian memiliki daging buah yang manis dan sangat khas rasanya. Tekstur buah yang lembut, halus dan lumer di mulut, sering kali membuat seseorang sulit melupakan rasa dari buah durian.

Sebuah durian beratnya bisa mencapai 602 gram bahkan lebih dan itu merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh kita. 100 gram buah ini menghasilkan sekitar 147 Kkal energi, yaitu sekitar 7% dari Recommended Dietary Allowance (RDA). Buahnya tidak mengandung kolesterol, tapi merupakan sumber serat makanan dan protein.

Durian adalah buah asli dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian adalah buah yang unik dan juga kontroversial, mulai dari tekstur buah, kulit, sampai aroma. Banyak orang yang suka dengan buah durian karna tekstur yang lembut dan juga manis, namun tidak sedikit pula yang menghindarinya, karena aromanya yang menurut sebagian orang bisa membuat mereka merasa mual.

Dibawah ini penjelasan tentang manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu:

Sumber energi yang baik
Manfaat buah durian yang pertama yaitu sebagai sumber energi harian Anda yang bagus. 100 gram buah ini memenuhi sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Menjadi sumber karbohidrat yang kaya, sangat membantu dalam mengisi kembali amunisi energi Anda.

Mencegah dan mengobati sembelit (Fiber 37%)
Durian kaya akan serat juga nutrisi yang bisa melancarkan buang air besar secara teratur. Selain itu, serat yang terkandung dalam durian juga dapat secara efektif mencegah dan mengobati sembelit.

Adapun jenis serat di dalam durian adalah serat tidak larut dan serat larut. Kedua jenis serat ini dapat membantu pencernaan Anda. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Membantu melancarkan pencernaan
Durian juga kaya akan serat yang vital untuk kerja sistem seluruh tubuh. Serat menyebabkan gerakan usus meningkat, membuat sisa makanan lebih mudah bergerak melalui saluran usus.

Serat juga merangsang gerak peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung, membuat proses pembuangan kotoran semakin lancar.

Dengan mengurangi kondisi penyumbatan di usus, kembung, mulas, dan kram maka risiko gangguan pencernaan serta kondisi serius seperti kanker kolorektal juga berkurang.

Sebagian besar serat dalam durian adalah serat tidak larut, yang dapat menurunkan frekuensi diare.
Selain itu, serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol buruk di dalam darah dengan cara mengeluarkannya sebelum sempat merusak sistem kardiovaskular.

Membantu mencegah anemia (Folat 22%).
Anemia (sel darah merah di bawah normal) tidak selalu disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Kekurangan folat juga bisa menyebabkan anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat, juga disebut vitamin B9, dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Buah durian sendiri merupakan salah satu sumber vitamin B9.

Di dalam durian terdapat juga asam folat, zat besi dan tembaga yang vital untuk produksi sel-sel darah merah. Sehingga buah durian merupakan pilihan yang baik untuk para penderita anemia.

Membuat tidur lebih cepat
Durian mengandung tryptophan, senyawa yang erat hubungannya dengan rasa kantuk.
Tryptophan yang masuk ke otak akan diubah menjadi serotonin.
Serotonin dalam jumlah banyak akan mendorong produksi metmlatonun.
Hormon melatonin adalah hormon yang menimbulkan perasaan mengantuk dan membuat rileks.

Memperbaiki kesehatan kulit (Vitamin C 80%).
Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan faktor penting dalam pembuatan kolagen. Vitamin C memiliki peran penting dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Mencegah kanker
Durian kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks, E, dan fitonutrien yang bersifat antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa utama dalam memerangi radikal bebas yang dapat menghancurkan DNA sel sehat dan mengubahnya menjadi sel kanker.

Seperti yang disebutkan di atas, faktanya buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh ketika Anda merokok, atau ketika tubuh menguraikan makanan yang Anda konsumsi.

Penelitian lain dari Department of Pharmacology and Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalojuga menunjukkan pada durian terkandung zat phytosterol yang berguna memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.

Membantu menjaga kesehatan tulang (Potassium 30%).
Durian juga kaya potassium. Saat membicarakan kesehatan tulang, kebanyakan orang akan fokus pada kalsium. Namun, potasium juga merupakan nutrisi penting bagi tulang, sehingga makan buah durian akan memberi manfaat bagi kesehatan tulang.

Durian juga merupakan sumber alami magnesium, potassium, mangan, dan tembaga yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang yang sehat.

Potasium juga mampu meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh. Dengan tulang yang kuat berarti risiko osteoporosis juga berkurang.

Merilekskan pembuluh darah
Durian sarat akan potasium, mineral penyeimbang kadar garam dan cairan di dalam tubuh. Ketika jumlah potasium mencukupi, pembuluh darah menjadi rileks, stres di sistem kardiovaskular berkurang, mengurangi risiko atherosklerosis, serangan jantung dan stroke.

Pembuluh darah yang rileks berarti juga peningkatan oksigen di dalam darah.

Penelitian mengatakan, penungkatan asupan oksigen darah akan mengurangu risiko kepikunan dan Alzheimer.

Mengatur kadar gula darah (Mangan 39%).
Buah durian bisa membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan mangan di dalamnya.

Buah durian mengandung kalium
Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh. Setidaknya terkandung 436 mg kalium di dalam buah durian. Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu menjaga fungsi tiroid (Tembaga 25%).
Durian adalah sumber tembaga yang baik. Ketika berbicara tentang kelenjar tiroid, yodium mungkin satu-satunya nutrisi yang sering dikaitkan dengannya. Namun, zat tembaga juga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama pada produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid memiliki fungsi dalam mengatur kepekaan tubuh terhadap hormon lain, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi. Makan durian akan bermanfaat dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Mendorong nafsu makan (Thiamin 61%).
Durian juga kaya akan vitamin B yang berperan dalam mendorong nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam perut untuk membantu pencernaan makanan.

Membantu meredakan migrain (Riboflavin 29%).
Apakah Anda sering mengalami migrain? Makan buah durian bisa membantu meredakan sakit migrain. Riboflavin adalah vitamin B yang terkandung dalam durian, yang dapat membantu meringankan sakit kepala migrain.

Membantu mencegah depresi (Vitamin B6 38%).
Durian mengandung vitamin B6. Kurangnya vitamin B6 dalam tubuh bisa menyebabkan depresi. Vitamin B6 merupakan nutrisi penting dalam produksi serotonin, zat kimia neurotransmitter yang mempengaruhi mood.

Studi telah membuktikan bahwa kadar serotonin yang rendah justru bisa memicu depresi. Durian secara alami kaya akan vitamin B6 yang sangat penting untuk produksi serotonin. Karena itulah, asupan durian disarankan untuk meningkatkan kadar serotonin dan dengan demikian dapat menekan depresi.

Mampu menghangatkan badan
Di dalam buah durian terdapat zat yang mirip alkohol, dimana memiliki fungsi untuk menghangatkan badan. Untuk itulah mengapa jika anda memakan durian terlalu banyak, akan menimbulkan efek mabuk.

Instrumental dalam pembentukan tulang dan gigi (Fosfor).
Fosfor adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam durian. Meski kalsium merupakan nutrisi paling terkenal untuk kesehatan tulang, kalsium tidak bisa mengolah pembentukan tulang dan gigi tanpa fosfor.Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Makan mereka secukupnya dan tidak berlebihan akan bermanfaat bagi tubuh. Tapi bagi anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah seperti penyakit asam urat, anda harus berkonsultasi ke dokter sebelum meminumnya.

Membantu atasi disfungsi seksual
Ada beberapa studi yang mengatakan, bahwa durian mampu mengintensifkan libido dan stamina seks, mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita, dan meningkatkan motilitas sperma.

Efek Samping Buah Durian Bagi Kesehatan
Setelah kita membahas manfaat durian bagi kesehatan, kini kita lirik apa saja efek samping buah durian bagi kesehatan.

Meski aroma dan cita rasanya sangat menggoda, jika Anda mengonsumsinya berlebihan, buah ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Misalnya saja perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare.

Bagi Anda penderita diabetes, sebaiknya mengurungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah ini. Buah ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes.

Bagi ibu menyusui dan ibu hamil, disarankan untuk mengonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Karena adanya efek panas pada durian yang bisa berakibat keguguran pada janin. Padahal ini belum ada bukti yang clear secara medis.

Dan bagi yang sedang menjalani pola makan khusus untuk menurunkan berat badan, waspadalah dengan buah ini. Durian ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Bahaya durian yang paling parah adalah ketika dikonsumsi berbarengan dengan alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan ini bisa memicu kematian.


Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat buah durian yang ternyata memiliki kandungan dan zat-zat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi durian. Tapi ingat, janganlah mengonsumsi durian secara berlebihan karena mampu menimbulkan efek mabuk serta efek sampng lainnya.





*Tombol - tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...