Tuesday 17 July 2018

Penyakit Ambeien: Penjelasan, Gejala serta Tips Mengatasinya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
 Penyakit Ambeien: Penjelasan, Gejala serta Tips Mengatasinya



Ambeien atau wasir merupakan penyakit di mana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) membengkak dan meradang. Kondisi juga sering disebut sebagai hemorrhoid.Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, tapi kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Wasir dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Biasanya wasir disebabkan karena sering dan kelamaan mengejan saat BAB (buang air besar). Penyakit ini masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di dalam saluran rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.

External hemorrhoid. Wasir ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Wasir adalah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular. Biasanya wasir dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan obat wasir.

Wasir adalah kondisi yang sangat sering terjadi. Berdasarkan penelitian pada usia 50 tahun, hampir setengah populasi pernah mengalami wasir. Ambeien atau wasir adalah kondisi yang bisa menyerang siapa saja.

Wasir dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan, tapi lebih sering terjadi pada ibu hamil dan pasien sembelit (susah BAB) atau diare kronis.

Tanda dan gejala wasir
Ambeien atau wasir adalah kondisi yang memiliki beberapa gejala berikut, yakni:

BAB berdarah berwarna merah terang dan tidak nyeri.
Pendarahan yang keluar saat buang air besar bisa jadi merupakan tanda dari Gejala Ambeien. Infeksi pada benjolan penyakit ambeien akan mengeluarkan darah yang harus kita tangani secara benar. Pilihlah Obat Ambeien secepatnya untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi luka yang muncul.

Gatal dan iritasi pada area rektum.
Jaringan anus terdiri dari bantalan bantalan yang berfungsi menahan feses untuk keluar. Pada saat Gejala Ambeien kambuh jaringan jaringan di sekitar bantalan tersebut akan mengalami rasa gatal.

Nyeri dan rasa tidak nyaman. Nyeri timbul akibat teriritasinya wasir akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada wasir.

Terkadang bila muncul keinginan buang air besar penderita mengalami rasa sakit karena feces yang mengeras dan menggesek jaringan pembuluh darah yang membengkak di bagian anus. Rasa sakit ini muncul hingga penderita sangat tersiksa bila mengedan buang air besar, keluar keringat dingin dan feses sulit keluar.

Rasa tidak nyaman akan muncul pada penderita saat Gejala Ambeien kambuh. Duduk terasa tidak nyaman, bila berjalanpun terasa ada yang mengganjal di bagian dubur. Sakit yang dirasakan saat duduk bisa menghambat aktifitas.

Bengkak di sekitar anus.
Sebelum munculnya benjolan Gejala Ambeien atau wasir, pembuluh darah pada rectum akan mengalami pelebaran atau pembengkakan yang menyebabkan jaringan disekitarnya menegang. System pembuangan pada jalur rectum akan mengalami gangguan dan ini tentu berbahaya bagi system metabolisme tubuh. Atasi secepatnya dengan Obat Ambeien untuk meredakan gejala pembengkakan baik yang terjadi pada kasus ambeien luar atau dalam.

Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus.
Gejala Ambeien muncul dengan dua jenis yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Tanda munculnya ambeien luar adalah bila muncul tonjolan yang berasal dari jaringan anus, kadang benjolan tersebut bisa kempis dengan sendirinya dan masuk kembali ke dalam lubang dubur. Sedangkan ambeien dalam atau internal muncul di atas jalur dentate dalam anus. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar penanganannya bisa segera dilakukan. Kedua jenis ambeien ini sama sama membutuhkan Obat Ambeien yang ampuh untuk mengobatinya. Membicarakan benjolan jadi teringat dengan penyakit hernia yang terdapat benjolan di selangkangan ataupun di sekitaran organ perut yang karena turunnya sebuah usus kebawah yang dapat diantisipasi oleh celana hernia maupun dengan Obat Hernia.

Pada kasus ambeien luar dan dalam penderita akan mengalami rasa sakit saat Gejala Ambeien kambuh. Jaringan anus akan mengalami gangguan dengan munculnya ambeien dan ini tidak bisa dipandang sebagai penyakit ringan. Perlu Obat Ambeien untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus untuk mengembalikan benjolan kembali normal.

Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan.

Kondisi ambeien yang yang lebih sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yaitu external hemorrhoid. Internal hemorrhoid biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri.

Penyebab wasir (ambeien)
Penyebab hemoroid sebenarnya masih tidak jelas. Tapi, penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Penyebab wasir yaitu pembengkakan pembuluh darah vena. Pembengkakan bisa terjadi akibat meningkatnya tekanan di rektum bagian bawah. Faktor yang meningkatkan tekanan tersebut yaitu:
Mengejan saat BAB.
Duduk terlalu lama.
Diare atau sembelit kronis.
Berat badan berlebih atau obesitas.
Hamil.
Kurang asupan makanan berserat.

Faktor risiko penyebab wasir
Wasir disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah vena akibat peningkatan tekanan di rektum bagian bawah. Faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab wasir antara lain:

Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, menjadi penyebab wasir.

Kehamilan. Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

Duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab wasir, sebab pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

Mengangkat benda berat. Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa jadi penyebab wasir karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

Usia. Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab wasir.

Gejala hemoroid bisa menghilang setelah beberapa hari tanpa penanganan. Hemoroid yang muncul pada masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Tapi membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan.

Jika Anda menderita penyakit wasir, ada beberapa pantangan penyakit ambeien dan hal-hal apa saja yang boleh dilakukan guna meredakan nyeri ambeien dan mempercepat penyembuhan.

Makanan
Gejala Ambeien muncul bisa diakibatkan oleh pola makan kita yang kurang serat, akibatnya akan terjadi panas dalam yang menyebabkan kambuhnya ambeien. Tips atasi ambeien yang paling efektif adalah dengan mengatur pola makan yang kaya akan serat.

Makanan yang mengandung sedikit serat dapat menyebabkan sembelit hingga menjadi wasir. jadi, batasilah makanan-makanan tersebut seperti roti putih, produk olahan susu, daging, daging olahan, karbohidrat olahan, makanan olahan, makanan beku, dan makanan cepat saji. Awasi pula jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol, makanan pedas, dan buah sitrus.

Ada makanan yang menjadi pantangan penyakit ambeien, ada pula yang disarankan. Penderita ambeien disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti kacang-kacangan (kacang hitam, kacang merah), alpukat, gandum utuh, brokoli, pisang, apel, buah pir, dan oatmeal. Saat sarapan atau makan siang, coba konsumsi campuran satu sendok makan minyak mineral dengan selai apel atau yogurt agar tinja bisa keluar dengan lebih mudah. Tapi, jangan terus-menerus melakukan hal ini.

Mengonsumsi serat larut yaitu jenis serat yang lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Ini membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

Anda yang memiliki ambeien pasti sangat kesulitan saat BAB (sembelit). Oleh sebab itu, makanan yang mengandung banyak serat seperti ini dapat mengurangi sembelit yang dirasakan dan mengurangi iritasi yang terjadi ketika buang air.

Serat tidak larut merupakan jenis serat yang memiliki sifat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Ini membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Makanan yang tinggi serat biasanya memiliki kedua jenis serat ini bersamaan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi serat terlalu cepat juga tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, perut Anda akan merasa penuh dan lebih mudah buang gas. Oleh karena itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan guna menyeimbangkan serat tersebut.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, dalam kondisi normal tubuh membutuhkan sekitar 37 sampai 38 gram serat per hari untuk yang berumur 18-50 tahun. Bila Anda memiliki ambeien, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan takaran serat yang Anda butuhkan per hari sesuai dengan kondisi Anda.

Ada banyak makanan yang mengandung tinggi serat, misalnya kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

Makanan dari biji-bijian juga kaya akan serat tidak larut. Anda dengan mudah menemukan makanan dari biji-bijian pada oatmeal (bubur gandum), jagung, roti, atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

Sementara untuk sayuran Anda dapat mengonsumsi buah anggur, apel, stroberi, pisang, kurma, tomat, atau ceri. Makanan yang mengandung banyak air juga bisa Anda konsumsi. Misalnya mentimun, seledri, semangka, dan lain-lain.

Jangan menunda buang air besar
Ketika perut sudah berontak dan hasrat untuk mengeluarkan isi perut muncul, segeralah ke kamar mandi atau toilet. Menunda-nunda atau menunggu sampai pekerjaan kita selesai adalah pantangan penyakit ambeien. Menunda buang air besar dapat memperparah sembelit dan akhirnya memperburuk wasir.

Mengangkat kaki
Jika menggunakan toilet duduk, angkat kaki sedikit atau memijakkan kaki di atas bangku kecil. Posisi ini membuat posisi rektum berubah, hingga memungkinkan tinja keluar dengan lebih mudah.

Jangan mengejan
Pantangan penyakit ambeien selanjutnya adalah mengejan. Mengejan memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di rektum, di mana itu merupakan salah satu penyebab paling umum dari ambeien. Tak hanya mengejan ketika buang air besar, meningkatnya tekanan pada pada pembuluh darah juga bisa dikarenakan mengangkat benda berat, batuk kronis, atau bahkan kehamilan.

Jangan berlama-lama di kamar mandi
Janganlah membawa buku, handphone, atau tablet ke kamar mandi ketika buang air besar, karena benda-benda tersebut bisa membuat kita betah duduk di toilet. Semakin lama kita nongkrong di toilet, semakin besar juga risiko tekanan pada pembuluh darah. Risiko tersebut bahkan menjadi lebih besar jika kita menggunakan toilet duduk.

Pilihan pengobatan untuk wasir
Beberapa wasir dapat sembuh sendiri. Namun beberapa wasir dapat menyebabkan gejala yang membutuhkan terapi. Pilihan perawatan atau obat wasir yaitu:

Menggunakan makanan penambah serat
Penambah serat seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel) dapat membantu pengeluaran feses Anda dan mengobati sembelit.

Obat wasir
Obat wasir dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat wasir.

Operasi pengangkatan wasir
Operasi angkat wasir disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda dan Salam Sehat.

*Tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...