Saturday 21 July 2018

Berbagai ragam Manfaat Membersihkan Wajah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                Berbagai ragam Manfaat Membersihkan Wajah


Membersihkan wajah merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Khususnya bagi kamu, kaum perempuan aktif yang mengenakan makeup dan terpapar polusi setiap harinya.

Jika tak telaten membersihkan segala sisa makeup dan kotoran yang ada pada wajah, bisa-bisa kulit wajah kamu malah jadi bermasalah. Kulit kusam, komedo, iritasi, hingga jerawat sudah menunggu di depan mata. Dan sudah pasti, masalah pada wajah seperti itu dapat mengurangi rasa percaya diri Anda dalam berpenampilan. Ini tidak hanya berlaku pada kaum Hawa kaum Adam pun memiliki masalah yang sama dalam merawat wajahnya.

Pilihan produk perawatan kulit seperti pembersih wajah semakin beragam. Coba saja kunjungi toko kecantikan, apotek, bahkan supermarket, berbagai jenis pembersih wajah dengan aneka keharuman dan tampilan terpajang untuk menarik perhatian Anda, kemudian membawanya pulang.Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr Nenden LS Prabu, SpKK menyebutkan terdapat beberapa jenis pembersih wajah di pasaran. Pilihan kembali kepada kebutuhan Anda. Namun juga penting untuk memerhatikan dampak yang ditimbulkannya agar pembersih wajah mampu merawat kulit lebih optimal dan tidak mendatangkan masalah.

Menurutnya, semua jenis pembersih wajah mampu mengangkat kotoran dan membersihkan wajah dengan baik, namun masing-masing jenis memiliki dampak berbeda pada kulit. Ia pun menyarankan, “Saat memilih pembersih wajah, sebaiknya cari yang tidak mengandung alkohol, bukan sabun, tidak membuat kulit berminyak dan teriritasi, serta mampu melembabkan, dan tak harus selalu harum. Justru pembersih wajah tanpa aroma, lebih baik.”

Dokter spesialis kulit dari Erha Institute, dr Indrawati Widjaja SpKK, mengatakan, membersihkan wajah bertujuan membersihkan mikroba patogen dan menjaga keseimbangan mikroba kulit. Juga menghilangkan keringat dan sebum kulit, yang telah bercampur dengan kotoran berupa debu dan polutan. Selain tentunya mengangkat kosmetik di wajah.

Konsep double cleansing dikatakannya bisa dilakukan setiap kali membersihkan wajah. Tetapi, tidak semua jenis kulit perlu melakukan double cleansing. Pemilik kulit yang tidak terlalu berminyak atau tidak terlampau terpapar udara kotor atau debu bisa melakukan double cleansing pada sore atau malam hari. Pada dasarnya susu pembersih membantu mengangkat kotoran dan make up lebih efektif ketimbang sabun saja.

Gunakan susu pembersih sebelum mencuci muka dengan sabun. “Terutama, misalnya, untuk mereka yang kulitnya sangat berminyak, menggunakan make up, atau seharian terkena udara kotor,’’ ujar dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Sebelum membersihkan wajah, cuci dahulu tangan. Setelah itu tahapan selanjutnya adalah menggunakan penyegar atau toner.

Tiap jenis kulit memiliki tipe penyegar. Penyegar untuk kulit berminyak memiliki zat aktif yang bertujuan mengurangi minyak kulit wajah. Ada pula penyegar dengan pH balanced bagi kulit normal dengan tujuan mengembalikan asam basa kulit setelah tindakan pembersihan. “Untuk kulit kering, toner kerap kali tidak disarankan.”

Dibawah ini adalah Ulasan tentang berbagai jenis pembersih wajah yang beredar dipasaran, yaitu:
Facial foam
Sabun pembersih wajah merupakan salah satu jenisskincare untuk mengangkat sisa kotoran dan debu yang menempel di kulit. Facial foam berfungsi membersihkan, menyegarkan, namun beberapa facial foam mengandung unsur sabun yang membuat kulit kering dan pecah-pecah. Kalau Anda mengalami hal ini, bakteri akan mudah masuk ke lapisan bawah epidermis.

Susu pembersih
Pembersih wajah jenis ini memang memiliki kemampuan lebih optimal. Meskipun bagi beberapa orang, penggunaan susu pembersih kerap merepotkan karena harus melewati sejumlah tahapan seperti mengangkat kotoran dengan kapas lalu mengaplikasikan toner untuk menyegarkan.

Pada produk susu pembersih tertentu, pemakaian biasanya dilanjutkan dengan toner untuk menyegarkan dan menghilangkan rasa lengket. “Nah, toner ini mengandung alkohol 20-40 persen, ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit,” jelas Dr Nenden saat peluncuran produk skincare Ease di Jakarta beberapa waktu lalu.

Krim pembersih
Ada juga pembersih wajah dari jenis krim. Produk pembersih wajah ini kandungan airnya tidak lebih dari 60 persen, dan tingkat kekentalannya rendah. Bagi beberapa orang, pembersih jenis ini membuat kulit menjadi berminyak.

Gel pembersih
Satu lagi jenis pembersih wajah, yakni berupa gel. Pembersih wajah dari gel cenderung tidak berminyak dan tak membutuhkan air seperti facial foam atau krim pembersih wajah. Dr Nenden mengatakan pembersih wajah gel aman digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk yang berminyak.

Seseorang dengan kulit wajah berminyak akan memiliki pori-pori yang besar, berminyak, dan terlihat mengkilap. Kulit wajah jenis ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah bebas minyak atau oil-free dan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan gel karena dapat membersihkan minyak dengan baik.

Kebiasaan membersihkan wajah juga tak kalah penting dalam perawatan kulit. Dr Nenden mengatakan, sebaiknya gunakan pembersih wajah dua kali sehari. Namun Anda bisa melakukannya lebih sering tapi sebaiknya tak lebih dari 4-6 kali sehari, dengan jeda waktu 2-3 jam dari pembersihan wajah sebelumnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan rutin membersihkan wajah setiap hari. Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan komedo, sebaiknya jangan sampai malas untuk membersihkan wajah setiap hari. karena endapan kotoran yang bersarang di wajah merupakan pemicu utama timbulnya jerawat dan komedo, karena pori-pori di wajah tersumbat, sehingga menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan sel-sel kulit menjadi mati.

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, rutinlah membersihkan wajah, ini merupakan cara terbaik untuk mengontrol kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah. Fungsi kelenjar minyak diwajah sebenarnya untuk menjaga kulit agar tetap halus dan elastis. Namun jika produksi kelenjar minyak berlebihan, juga tidak baik bagi kulit wajah. Karena akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Kulit wajah kering akan cenderung kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit wajah ini, disarankan hindari pembersih muka yang mengandung alkohol. Dan, gunakanlah pembersih wajah yang lembut agar kulit tidak semakin kering.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda akan lebih cenderung merasa gatal atau perih setelah mengenakan produk perawatan atau kosmetik tertentu. Sedangkan, jika memiliki kulit wajah normal, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, dan tidak sensitif.

Tidak sedikit kaum perempuan yang masih salah dalam memahami dan mengaplikasikan teknik membersihkan wajah yang baik dan benar. Sebagian lagi menganggap sabun cuci muka saja sudah mampu mengangkat makeup yang menempel pada wajah.

Ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu tiga langkah utama yang harus dilakukan untuk membersihkan wajah dengan baik dan benar. Seperti yang dipaparkan dibawah ini:

Gunakan pembersih wajah (Cleanser)
Setelah beraktivitas seharian, tentunya makeup yang kamu kenakan sudah bercampur dengan minyak, debu, dan kotoran. Untuk membersihkannya, kamu harus memulai langkah pertama dengan menggunakan cleanser atau pembersih wajah. Bentuknya bisa beragam, seperti cleansing milk, pembersih makeup dengan kandungan air dan minyak, atau micellar water.

Mencuci wajah (Face Cleanser)
Meski wajah sudah terasa bersih dan lembut setelah menggunakan aneka produk pembersih seperti yang disebutkan di atas, hal ini bukan berarti sudah tak ada kotoran dan residu makeup yang tersisa, ya. Ini merupakan tahap penting yang harus kamu lakukan untuk menyegarkan wajah dan benar-benar mengangkat seluruh kotoran dan menyingkirkan bakteri.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, ya. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, hindari sabun cuci wajah yang memiliki kandungan tea tree karena sifatnya yang menyerap minyak justru akan menjadikan kulit wajah kamu jadi semakin kering.

Usahakan untuk tidak terlalu sering mencuci wajah agar kandungan minyak alami pada kulit tetap terjaga dengan baik.

Gunakan penyegar (Toner)
Ini merupakan langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk menyegarkan dan menutup pori-pori wajah yang sudah terbuka akibat mencuci wajah. Sebagian toner yang memiliki kandungan lactic dan asam salisilat biasanya akan amat berguna untuk membuang serta mengangkat sel kulit mati pada wajah. Jika ingin terbebas dari kulit wajah kusam, rajin-rajinlah menggunakan toner.

Urutan di atas merupakan langkah ideal yang harus kamu lakukan saat membersihkan wajah. Dan setelah mencuci muka, hindari mengeringkan dan menyeka wajah menggunakan handuk dari bahan yang kasar.

Studi menunjukkan 50% wanita tidak mencuci wajah dengan benar dan tidak menggunakan produk yang tepat. Sekalipun sudah secara teratur membersihkan wajah.

Pekerjaan yang menumpuk serta perjalanan pulang yang melelahkan, Padahal mengabaikan membersihkan wajah sehari saja bisa membuat pori tersumbat, memicu jerawat, dan bahkan bisa menyebabkan penuaan dini.

Menyepelekan cara membersihkan wajah yang benar juga bisa memengaruhi kondisi kulit wajah. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk lebih memahami cara membersihkan wajah dengan benar. Sehingga  wajah yang cerah dan cantik bisa tercapai.

Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan wajah yang perlu Anda ketahui supaya wajah bebas kusam. Dan sebelum Anda memulainya. Ingatlah untuk membersihkan tangan Anda terlebih dahulu.

Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air
Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, Anda bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

Bersihkan dengan lembut
Barulah setelah itu cuci wajah Anda dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah Anda. Selain menggunakan jari, Anda juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah Anda dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih
Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.

Setelah selesai membersihkan wajah dan memberikan perawatan pada wajah Anda. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah dan sekitar tempat tidur Anda. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih.

Dan ingatlah untuk tidak berlebihan dalam membersihkan wajah. Membersihkan wajah terlalu sering sama buruknya dengan tidak membersihkan wajah sama sekali. Bahkan jika wajah Anda berjerawat, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa memperburuk kondisi jerawat.

Saat kulit wajah kamu sudah bersih dengan maksimal, barulah kamu melanjutkannya dengan menggunakan rangkaian skincare yang biasa kamu gunakan. Seperti serum, pelembab, hingga night cream. Jika kamu rutin melakukan seluruh langkah kecantikan ini, kulit wajah yang cantik, sehat, dan bercahaya dipastikan akan jadi milik kamu.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...