Thursday 7 February 2019

Berbagi Tips: Cara Make-up Lipstik Sesuai Bentuk Bibir


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Make-up Lipstik Sesuai Bentuk Bibir

Keinginan untuk tampil cantik merupakan hak bagi setiap wanita, termasuk untuk memperindah visual dari bibir. Beda bentuk bibir membuat beda pula cara memulasnya. Jangan sampai salah aplikasikan lipstik, karena akan dapat membuat tampilan make-up Anda menor secara keseluruhan.

Lipstik memang merupakan senjata utama untuk menonjolkan tampilan setiap wanita dan berbagai pilihan warna lipstrik telah tersedia di pasaran. Meskipun kegunaannya sangat besar dalam keseharian Anda, tapi seringkali pengaplikasiannya disepelekan tanpa Anda sadari, apalagi jika Anda sedang terburu-buru.

Melengkapi tampilan make-up menggunakan lipstik merupakan suatu hal yang penting dilakukan bagi seorang wanita, Teknik dan jenis lipstik bisa disesuaikan dengan bentuk dan ketebalan bibir. Pemilihan warna juga memengaruhi bagaimana hasil akhir tampilan riasan bibir Anda. Berikut ini beberapa tips menggunakan lipstik sesuai bentuk bibir.

Top heavy lips
Pemilik bibir atas tebal tetap bisa membuat bibir Anda seimbang dengan cara pengaplikasian lipstik yang tepat. Contoh artis dengan bibir atas yang tebal; Selena Gomez, Gigi Hadid dan Amanda Seyfried.


Cara pertama:
Mulailah membingkai bibir dari bagian tengah ke luar mengikuti garis bingkai bentuk bibir. Kemudian, pulaskan lipstik berwarna cerah pada bibir bawah dan warna setingkat lebih gelap pada bibir bagian atas untuk menciptakan ilusi bibir lebih kecil.

Cara kedua:
Anda bisa mengaplikasikan warna lipstik yang sama pada seluruh bagian bibir. Kemudian tambahkan sedikit warna putih menggunakan eyeshadow atau white pencil liner di tengah bibir bagian bawah untuk menyeimbangkan dengan bibir bagian atas dan membuatnya tampak penuh.

Cara ketiga:
Anda bisa menggunakan lip pencil untuk mengikuti garis dalam bibir natural Anda, kemudian gunakan lipstik berwarna gelap untuk membuatnya lebih bold. Goreskan lip liner di dalam garis alami bibir atas Anda dan goreskan lip liner di luar garis alami bibir pada bibir bawah. Hal ini untuk menyeimbangkan ukuran bentuk bibir Anda.


Anda juga dapat menjatuhkan shade pada warna lipstik nude untuk bibir bagian atas dan lipstik dengan warna setingkat lebih muda dari warna lipstik sebelumnya untuk dipoleskan di bibir bagian bawah.

Bottom heavy lips
Seseorang yang mempunyai bibir bawah yang tebal sering kali merasa kurang percaya diri karena mudah menjadi pusat perhatian orang sekitar. Orang yang memiliki bibir bagian bawah lebih besar akan memberikan efek seperti orang sedang cemberut. Seringkali pemilik bibir bawah yang tebal enggan untuk memoles bibirnya dengan lipstik guna meminimalisir semakin menonjolnya bibir. Tapi sebetulnya jika teknik yang digunakan tepat, Anda akan lebih senang bermain dengan lipstik.  Contoh artis dengan bibir bawah yang tebal; Rihanna.


Bibir yang lebih tebal di bagian bawah pada dasarnya adalah bentuk bibir yang menarik. Dengan teknik memulas yang benar, hampir semua tekstur lipstik cocok untuk bentuk bibir ini. Namun, terdapat juga sebagian perempuan yang tidak menginginkan lip make-up mereka terlihat berlebihan dan terlalu menggoda.


Anda dapat mengaplikasikan warna lipstik yang sama pada bagian atas dan bawah bibir. Kemudian, tambahkan sedikit white pencil liner atau creamy nude matte eyeshadow hanya pada bagian tengah bibir bagian atas untuk menyeimbangkannya dengan bibir bagain bawah cara ini akan menghasilkan ilusi bibir lebih penuh.


Anda juga dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan mengaplikasikan lip liner di luar garis alami bibir bagian atas, hal ini untuk membuat bibir atas sedikit lebih ber-volume dan menyeimbangkannya dengan bibir bawah. Kemudian pada bibir bagian bawah, goreskan lip liner di dalam garis alami bibir untuk membuat kesan bibir tampak lebih kecil. Dengan demikian bibir akan terlihat porposional dan lebih seimbang. Sebaiknya hindari pemakaian lipstik dengan tekstur glossy atau lip gloss karena akan menimbulkan kesan ber-volume. Lipstik matte dengan warna yang lebih gelap akan sangat cocok untuk memberikan kesan bibir yang lebih tipis.

Uneven lips
Berikut tips untuk mengatasi bibir kamu yang masuk dalam kategori uneven lips:
Selalu bawa lip liner untuk membingkai bentuk bibirmu yang kurang proposional. Bingkai bibir bagian atas terlebih dahulu hingga tampak seimbang, lanjutkan untuk membingkai bibir bagian bawah. Pastikan pengaplikasian lip liner pada kedua sisi bibir Anda sama, kemudian baurkan bingkai lip liner tipis-tipis supaya bagian tepinya tidak terlihat terlalu tajam dan memberikan hasil akhir yang lebih natural.


Berhati-hatilah ketika membingkai bibir dengan lip liner, karena jika lip liner tidak diaplikasikan dengan benar, riasan Anda tidak akan memberikan hasil yang bagus.

Flat lips
Bibir tipe flat lips merupakan jenis bibir yang tidak memiliki dimensi atau tidak memiliki bagian yang menonjol pada bibir. Bila diperhatikan bentuk ini sangat datar dengan garis bibir yang samar. Pemilik bibir tipe ini akan cocok menggunakan warna lipstik apa saja. Mulai dari warna-warna soft, terang maupun gelap.


Bagi Anda yang memiliki tipe bibir flat, jangan sedih dulu, Anda tetap dapat tampil menonjolkan bibir imut Anda dengan pengaplikasian lipstik yang tepat. Contoh artis dengan bibir flat; Kirsten Dunst dan Kate Hudson.

Untuk membuat bentuknya semakin tegas dan indah, Anda dapat melakukan trik berikut ini:
Cara pertama:
Bingkai bibir sedikit diluar garis bibir natural dengan lip liner. Untuk bibir tampak lebih penuh dan memiliki efek plumping, Anda bisa menggunakan lipstik dengan formula shimmery atau frosty.
Cara kedua:
Ombre lips juga akan sangat cocok diaplikasikan pada bibir tipe ini. Mulailah memulas bagian luar bibir dengan warna gelap, kemudian isi bagian tengah dengan warna soft atau warna yang lebih cerah.
Cara ketiga:
Boleh saja jika Anda ingin menggunakan warna lipstik yang sama. Tambahkan sedikit shimmery highlighter pada bagian cupid bow dan dibawah garis bibir bagian bawah untuk membuat bibir lebih plump. Lipstik dengan kandungan shimmery akan menjadikan bibir terlihat menonjol. Jika tidak ingin mengaplikasikan lipstik pada seluruh bagian bibir, Anda bisa menerapkannya pada bagian tengah bibir saja. Hal ini bertujuan supaya bibir Anda tidak terlihat datar dan memberikan efek jatuh.


Jika Anda ingin lebih menonjolkan lekuk bibir Anda, goreskan lip liner pada setiap sisi bibir Anda dan pastikan untuk mempertegas garis “M” pada bagian tengah atas bibir Anda. Keuntungan dari jenis bentuk bibir ini yaitu, Anda akan sangat bersahabat dengan semua warna lipstik. Karena itulah, jangan berkecil hati, karena Anda akan lebih mudah bermain warna lipstik sesuka hati, meskipun demikian Anda juga harus tetap memperhatikan tone kulit didalam pemilihan warna-warna lipstik.

Bibir tipis
Pemilik bibir tipis ( thin lips ) pasti seringkali deg-degan dan akan super hati-hati dalam memoles bibirnya. Bagaimana tidak, pemilik bibir tipis cenderung memiliki mulut yang kecil, sehingga memiliki resiko dalam pengaplikasian serta kurang penuhnya lipstik pada bibir menjadi lebih tinggi. Contoh artis yang memiliki bibir tipis; Taylor Swift dan Jennifer Lawrence.


Bibir tipis memerlukan lip make-up yang membuat bibir lebih berdimensi dan lebih plump. Sebelum mengaplikasikan lipstik, sebaiknya "menyehatkan" bibir Anda dan membuatnya menjadi halus. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan eksfoliasi bibir. Wanita berbibir tipis juga disarankan untuk  memakai lip balm serta mengaplikasikan lip scrub, eksfiolasi bibir dapat Anda lakukan dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki helai lembut serta tidak terlalu kaku dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan kulit bibir, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat.


Lip liner dapat menjadi teman terbaik untuk bibir tipis Anda karena fungsinya yang dikenal mampu mempertegas bentuk bibir. Mengaplikasikan lip liner pada bibir tipis dapat membuat warna lipstik menjadi lebih ‘menyala’. Bingkai bibir Anda dengan lip liner mengikuti garis bibir natural. Goreskan lip liner dimulai dari cupid’s bow bibir, lalu lanjutkan garis ke kiri dan kanan sampai semua bibir terjangkau. Anda dapat mengaplikasikan lip liner di luar garis bibir asli untuk memberikan efek bibir yang penuh, teknik ini disebut overdrawn lips. Kemudian, baurkan lip liner supaya garis yang dihasilkan lebih soft.

Untuk lip liner, pilihlah warna yang lembut dan nude. Anda juga dapat mengaplikasikan lip liner dengan warna terang dan tidak dianjurkan untuk pemilik bibir tipis memilih lip liner bernuansa gelap karena lip liner dengan warna gelap akan menimbulkan kesan bibir semakin lebih kecil. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan lipstik. Pilihan warna lipstik dengan shade pastel, beige atau pink pucat dapat Anda jadikan favorit. Lipstik bernuansa agak gelap dapat Anda aplikasikan pada bagian bibir bawah dan warna lebih terang pada bagian bibir atas. Kemudian baurkan kedua warna tersebut menggunakan kuas bibir yang bersih. Teknik tersebut dapat Anda terapkan untuk mendapatkan tampilan make-up bibir yang mempesona.

Bagi Anda pemilik bibir tipis tidak disarankan untuk menggunakan lipstick berwarna plum, merah marun atau coklat dalam sentuhan matte, karena warna-warna tersebut akan menyebabkan bibir Anda terlihat semakin tipis. Anda juga dapat mengaplikasikan lip gloss sebagai sentuhan akhir. Penggunaan lip gloss akan memberikan tampilan bibir yang lebih bervolume.

Bibir tebal
Bibir tebal dan penuh sering identik dengan kata sexy. Karena tanpa usaha sekalipun, bibir Anda sudah menonjol dengan sendirinya. Tidak heran pemilik bibir penuh saat tanpa lipstik pun tetap menawan di berbagai kesempatan. Contoh artis dengan yang tebal dan penuh; Angelina Jolie.


Tipe bibir penuh memiliki ciri dimana garis bibir di bagian bawah dan atas terlihat lebih penuh dan  tebal. Bibir dengan bentuk seperti ini disarankan juga untuk menggunakan lip balm atau pelembab bibir. Mengaplikasikan lipstik yang tepat dapat menjadi cara untuk menghadirkan ilusi bibir tampak tipis alami.

Keuntungan pemilik bibir penuh dan tebal adalah, Anda akan tetap terlihat menawan baik dengan lipstik terang maupun gelap. Untuk menimbulkan kesan bibir lebih tipis namun tetap tampak natural dan manis, Anda bisa gunakan lipstik jenis lip tint yang berwarna lembut.


Jika Anda ingin menampilkan kesan yang lebih berani, Anda bisa mengaplikasikan jenis lipstik matte dengan warna sedikit gelap untuk menunjang penampilan. Dijamin Anda akan menjadi pusat perhatian. Bibir jenis ini juga akan cocok menggunakan warna yang soft ataupun dark. Disarankan pula bagi Anda untuk menggunakan aplikator dalam menerapkan lipstik.

Warna lipstik yang tepat akan membuat bibir Anda terlihat lebih proporsional. Anda dapat menjatuhkan pilihan pada warna lipstik yang terang atau gelap namun hindari warna yang terlalu cerah supaya bibir tidak terlihat begitu penuh dan semakin tebal. Warna lipstik yang paling aman digunakan adalah merah marun, copper dan coklat. Lipstik bernuansa gelap akan memberikan ilusi bentuk bibir yang lebih tipis. Lipstik nude dengan tekstur matte dapat Anda jadikan pilihan sebab mampu menyamarkan ukuran bibir sebenarnya. Gunakanlah lip liner untuk memberi kesan bibir kecil dan tipis.

Untuk pemilihan warna lip liner, sebaiknya Anda memilih polesan lipstik dengan warna-warna yang lembut serta sesuaikan juga dengan suasana dan warna baju yang Anda kenakan. Untuk acara pada siang hari sebaiknya Anda menggunakan warna netral sedangkan untuk acara malam hari disarankan untuk Anda menggunakan warna orange atau merah muda. Aplikasikan lip liner di dalam garis natural bibir. Dan, bagi pemilik bibir penuh, tidak disarankan untuk menggunakan lip gloss.


Jika merasa bibir Anda lebar serta ingin menciptakan ilusi pada bibir supaya terlihat sempit, Anda dapat mengaplikasikan lip liner di dalam garis alami bibir untuk menimbulkan visual bentuk bibir yang lebih kecil. Bibir yang lebar memiliki ciri-ciri bibir lebar ke kanan dan kiri. Namun, jika Anda bangga dengan ukuran bibir Anda yang penuh dan sensual, pengaplikasian kilau lip gloss di atas lipstik matte dapat Anda terapkan.

Bibir kecil
Ciri-ciri bentuk bibir ini yaitu garis tarikan bibir kecil, serta tidak akan lebar ke samping. Bibir tipe ini memang terlihat cute. Kunci dari lip make-up yang cocok untuk tipe ini adalah membuat pout lips agar bibir dapat terlihat menonjol. Pemilik bibir kecil juga disarankan menggunakan lip gloss berwarna untuk mempertahankan bentuk alami bibir sekaligus memberikan kesan sensual. Anda dapat mengaplikasikan lip liner pada bagian luar garis alami bibir untuk mempertegas bibir.


Cara memakai lipstik dengan membingkai bibir dengan lip liner warna terang atau pastel. Lip liner dengan warna lembut, seperti nude atau pink juga dapat Anda terapkan. Lipstik jenis glossy akan membuat bibir terlihat penuh. Tidak dianjurkan bagi Anda pemilik bibir kecil menggunakan lipstik warna gelap, warna plum, merah marun atau coklat dalam sentuhan matte karena bibir menjadi semakin tidak terlihat atau semakin tipis.


Anda dapat pula menambahkan highlighter pada area cupid’s bow dan di bagian tengah bibir bawah supaya bibir tampak lebih penuh. Lipstik dengan warna terang serta sedikit shimmer dapat memberikan kesan bibir yang lebih plump sekaligus membuat wajah terlihat lebih segar.


Selain memahami jenis bentuk bibir Anda, di dalam pengaplikasian lipstik Anda juga harus mempertimbangkan warna alami bibir Anda. Untuk warna bibir yang cenderung pucat Anda dapat menjatuhkan pilihan lipstik yang memiliki shade merah muda (pink), beige atau warna di antara abu-abu dan coklat. Warna beige memiliki kelebihan yang akan memberi kesan netral ketika dipakai dalam segala jenis suasana. Warna lipstik campuran antara abu-abu dan coklat ini dapat memberikan kesan hangat sekaligus juga lembut bagi para penggunanya. Untuk Anda yang memiliki bibir dengan warna menengah atau medium, disarankan memilih lipstik yang memiliki nuansa merah serta coklat untuk lebih menonjolkan kesan bibir yang menarik dan penuh. Sedangkan untuk pemilik bibir yang memiliki warna alami gelap, akan cocok menggunakan warna-warna lipstik bernuansa kecoklatan atau warna gelap yang serupa dengan warna buah kismis. Dan bagi Anda pemilik warna alami bibir terang, Anda bisa mencoba lipstik dengan nuansa peach atau nude yang dapat membuat wajah Anda semakin cerah serta bersinar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa tips cantik cara mengaplikasikan lipstik sesuai bentuk bibir yang dapat Anda terapkan. jangan lupa pula untuk selalu mencoba lipstik sebelum membelinya. Dan jangan mengoleskan langsung pada bibir karena kemungkinan besar adanya bakteri yang menempel pada lipstik tester, cukup oleskan pada tangan untuk memastikan kesesuaian warna lipstik pada bibir Anda.


Periksa pula kandungan bahan yang menjadi komposisi lipstik, apakah terdapat bahan yang berbahaya untuk kulit bibir atau tidak. Jika menginginkan produk yang pasti aman, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada produk-produk lipstik yang terbuat dari bahan alami. Semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...