Thursday 7 February 2019

Cantik Sehat: Penggunaan Cyclopentasiloxane dalam Kosmetik – Manfaat serta Penjelasannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Cyclopentasiloxane dalam Kosmetik

Cyclopentasiloxane adalah salah satu bahan paling umum yang digunakan dalam produk perawatan pribadi saat ini. Diproduksi secara sintetis, Senyawa ini adalah turunan silikon yang membawa berbagai aplikasi produk perawatan kulit dan rambut, seperti semprotan rambut ataupun lotion tabir surya.

Cyclopentasiloxane (disebut juga CPS) adalah salah satu dari banyak jenis silikon. Ada banyak jenis silcone dan beberapa memiliki konsistensi lengket yang sangat berat dan ada juga yang memiliki konsistensi sangat ringan. Cyclopentasiloxane (CPS) adalah air yang sangat tipis sehingga sangat bagus untuk menyebarkan silikon yang lebih tebal dan lebih berminyak. Untuk alasan ini, Cyclopentasiloxane (CPS) sering digunakan dalam kombinasi dengan dimetikon. Senyawa ini tidak membuat rambut Anda merasa terbebani setelah selesai diaplikasikan.


Cyclopentasiloxane adalah silikon yang biasa digunakan dalam produk kosmetik. Senyawa ini juga biasa ditemukan pada implan medis, sealant, pelumas, dan pelapis kaca depan.

Cyclopentasiloxane (D5) tidak berwarna, tidak berbau, tidak berminyak, dan encer. Tidak terserap ke dalam kulit. Sebaliknya, ia menguap dengan cepat darinya. Properti ini menjadikannya bahan yang berguna dalam produk kosmetik yang perlu cepat kering, seperti antiperspiran ataupun semprotan rambut.

Cyclopentasiloxane (D5) dianggap sebagai salah satu bahan kosmetik yang paling banyak dicari, secara kimia, zat sintetis ini adalah senyawa silikon organik yang memiliki sifat mengisi ruang, zat ini dikatakan memiliki sifat-sifat berharga yang meningkatkan sifat-sifat bahan lain yang digunakan dalam produk kosmetik yang telah ditambahkan.


Salah satu manfaat terbesar dari cyclopentasiloxane adalah biaya lebih rendah yang diberikannya untuk produsen produk perawatan kulit. Sebagai contoh, cyclopentasiloxane dapat digunakan sebagai alternatif yang murah untuk senyawa organik seperti gliserin sayuran, dan konsentrasinya dalam item perawatan kulit dapat lebih mudah bervariasi karena diproduksi secara sintetis. Bahan kimia ini juga memiliki viskositas rendah (artinya tidak terlalu tebal), dan tidak meninggalkan residu yang signifikan pada epidermis sehingga kulit terasa lebih halus dan sehat. Cyclopentasiloxane juga tidak dingin selama penguapan, sifat ini menjadi sangat berguna dalam produk perawatan pribadi karena membantu mengurangi kemungkinan ketidaknyamanan.

Cyclopentasiloxane (D5) umum digunakan pada produk kosmetik karena memiliki tiga alasan utama:

Viskositas: Bahan kimia ini ditemukan memiliki viskositas rendah yang berarti bahwa senyawa ini tidak meninggalkan residu yang signifikan pada kulit, akibatnya menghasilkan sensasi keseluruhan yang lebih lembut, halus dan lebih sehat.

Suhu: Karena Cyclopentasiloxane (D5) tidak dingin selama penguapannya, ada perasaan sehat yang terkait dengan penggunaannya dalam produk kosmetik, seperti lotion tubuh dan krim.

Properti Inheren: Akhirnya, fakta bahwa Cyclopentasoloxane tidak berbau dan tidak berwarna membantu untuk pencampuran zat, ketika formula laboratorium menjadi produk yang sebenarnya. Kualitas ini memungkinkan pencampuran yang efektif dengan bahan lain yang ada dalam formula asli.


Cyclopentasiloxane menjadi bahan aditif populer yang digunakan oleh produsen kosmetik karena adanya bukti bahwa bahan tersebut tidak berwarna dan tidak berbau, yang membuat proses pencampuran dengan bahan lain menjadi lebih mudah.

Cyclopentasiloxane juga memiliki sifat pelumas. Senyawa ini memberikan perasaan licin dan halus ketika diaplikasikan pada kulit dan rambut, dan memungkinkan produk untuk menyebar dengan lebih mudah. Cyclopentasiloxane (D5) dikenal mampu menguap dan mengering dengan cepat. Silikon juga dikenal untuk mengusir air sehingga dapat meluncur dengan mudah. Inilah sebabnya mengapa Cyclopentasiloxane (D5) umumnya digunakan sebagai bahan pelumas dan sealant.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Toxicology menemukan bahwa Cyclopentasiloxane (D5) tidak terserap ke dalam kulit, kemudian sebuah studi tahun 2016 mengkonfirmasi bahwa senyawa ini cepat menguap setelah menyentuh kulit dengan sangat sedikit memasuki tubuh. Jika terhirup, Cyclopentasiloxane (D5) dapat dengan cepat dihembuskan atau diurai dan diekskresikan dalam urin. Ini berarti bahwa akumulasi bahan kimia ini dalam tubuh tidak mungkin.

Dipercayai bahwa cyclopentasiloxane mungkin memiliki kapasitas untuk menghilangkan keriput, noda kulit, atau efek rosacea yang membandel. Senyawa ini juga dianggap sebagai emolien yang mampu menenangkan dan melembutkan kulit dengan menjaga kelembaban tetap terkunci. Cyclopentasiloxane juga dapat memperbaiki kekeringan dengan mencegah kehilangan air dan mencegah penskalaan dengan menahan lebih banyak air pada permukaan kulit. Bahan kimia ini juga merupakan pelumas yang sangat baik yang cukup meregangkan lapisan air pada permukaan kulit.

Cyclopentasiloxane digunakan dalam konsentrasi mulai dari serendah 0,1% hingga level jauh ke dalam dua digit. Cyclopentasiloxane umum ditemukan pada produk pelembab tangan dan tubuh, karena memberikan peningkatan rasa lembut pada kulit serta meminimalkan iritasi, sementara efek rasa yang baik tanpa pendinginan memang disukaioleh konsumen. Pada ujung yang lebih tinggi, cyclopentasiloxane membawa senyawa antiperspiran aktif ke kulit dan rambut dan juga menyediakan mantel kutikula rambut. Senyawa ini kompatibel dengan sebagian besar bahan perawatan pribadi seperti minyak mineral, etanol, dan ester asam lemak yang membuatnya menjadi bahan umum dalam eye liner, krim mata, krim foundation, lip liner ataupun eye shadow.

Cyclopentasiloxane (D5) tidak ditemukan menyebabkan iritasi kulit atau kepekaan pada manusia. Ketika digunakan dalam tabir surya dan lotion, penelitian menunjukkan senyawa ini bahkan dapat mencegah iritasi pada pasien dengan kondisi kulit seperti rosacea.


Cyclopentasiloxane (D5) juga dikenal membentuk penghalang pelindung pada kulit dan rambut. Senyawa ini dapat membantu Anda melepaskan rambut, mencegah kerusakan, dan mengurangi rambut kusut. Cyclopentasiloxane berbeda dari siloxane lain yang dikenal sebagai dimethicone atau polydimethylsiloxane (PDMS).

Namun, penting untuk dipahami bahwa Cyclopentasiloxane tidak menyehatkan atau mengeksfoliasi kulit seperti yang dilakukan vitamin A atau vitamin E. Sebagai gantinya, silikon sering bertindak sebagai zat kedap air, melumasi kulit, dan menawarkan kilau sementara. Senyawa ini mungkin juga memiliki sifat penyembuhan kulit, karena kemampuannya untuk membuat lapisan pelindung, meskipun efek ini belum sepenuhnya diverifikasi.

Cyclopentasiloxane (D5) dibandingkan dengan bahan sejenis lainnya adalah harganya lebih murah. Senyawa ini membantu menurunkan biaya produk favorit Anda. Tentu saja, biaya yang lebih rendah berarti ada insentif bagi produsen untuk menggunakannya daripada bahan lainnya, terlepas dari keamanan atau dampak lingkungannya.

Cyclopentasiloxane (D5) kompatibel dengan sebagian besar bahan lain yang digunakan dalam dunia kosmetik, sehingga menjadikannya sebagai salah satu zat yang paling mudah beradaptasi sepanjang masa. Beberapa pendapat merujuk pada masalah kepraktisan, seperti proses pembuatan yang efektif, sementara yang lain merujuk pada keunggulan perawatan kulit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, terlepas dari sifat pelumasnya, Cyclopentasiloxane (D5) mungkin memiliki kapasitas untuk merawat garis-garis kulit atau noda. Demikian pula, penelitian terbaru menunjukkan bahwa meskipun produk telah ditemukan aman untuk digunakan, perawatan harus diambil jika Cyclopentasiloxane (D5) digunakan untuk waktu yang lama, karena akumulasi dapat saja terjadi.

Cyclopentasiloxane memberikan fokus yang lebih besar pada penggunaan dalam penataan dan senyawa ini semakin populer dalam produk perawatan rambut, namun, bahan ini bukan tanpa kekurangannya, dan dapat menumpuk di tubuh seiring waktu. Jika Anda memilih untuk menggunakan produk-produk dengan cyclopentasiloxane, pastikan untuk memantau setiap perubahan pada kulit Anda, setidaknya selama beberapa minggu pertama penggunaan awal.

Kelompok Kerja Lingkungan ( EWG ) menemukan bahwa ada kekhawatiran rendah bahwa Cyclopentasiloxane (D5) dapat dianggap sebagai pengganggu endokrin, atau sesuatu yang dapat mengganggu fungsi normal hormon Anda. Dan pernyataan tersebut bisa jadi benar ketika Cyclopentasiloxane (D5) digunakan pada konsentrasi yang lebih tinggi dari apa yang biasanya digunakan dalam kosmetik.

Cyclopentasiloxane (D5) kini telah umum digunakan sebagai kondisioner, pelumas dan pelarut. Seperti semua silikon lainnya, bahan ini memiliki fluiditas unik yang membuat produk kosmetik mudah disebarkan ketika diterapkan pada kulit ataupun rambut. Kemampuannya untuk memberikan tampilan yang basah dan lembut menjadikan senyawa ini kandidat yang ideal untuk produk rambut, baik yang dibilas maupun yang dibiarkan. Cyclopentasiloxane (D5) sangat berguna dalam kondisioner rambut karena memberikan nuansa halus tanpa membebani rambut dengan residu berminyak. Karena konsistensi setipis airnya, senyawa ini akan membantu memberikan silikon yang lebih berat yang juga terkandung dalam suatu produk, untuk alasan ini, Cyclopentasiloxane (D5) sering digunakan bersama dengan dimetikon. Bahkan, sebagai silikon yang mudah menguap dengan cepat akan menguap ke udara setelah memberikan nutrisi ke kulit dan rambut. Cyclopentasiloxane (D5) dapat Anda temukan dalam produk kosmetika seperti foundation, pelembab / lotion wajah, pewarna rambut, sampo / kondisioner, gel styling, perawatan anti-keriting, tabir surya, perawatan anti-penuaan ataupun deodoran / antiperspirant.

Cyclopentasiloxane (D5) digunakan dalam ratusan kosmetik . Di masa lalu, ada kontroversi tentang potensi risiko kesehatan dan lingkungan. Tetapi Panel Cosmetic Ingredient Review (CIR) saat ini menganggapnya aman untuk digunakan dalam kosmetik. Panel Cosmetic Ingredient Review (CIR) menyimpulkan pada tahun 1991 bahwa senyawa yang mengandung cyclopentasiloxane umumnya aman digunakan dalam kosmetik. Ulasan lebih lanjut yang dilakukan pada bulan Desember 2005 mendukung penggunaannya, meskipun kekhawatiran tentang bioakumulasi masih dianggap valid.

Ada beberapa kontroversi seputar dampak lingkungan dari Cyclopentasiloxane (D5) ini. Bahan kimia yang digunakan dalam produk rambut dan kulit dapat masuk ke lingkungan saat dibilas. Produk-produk ini kemudian dapat menumpuk dan membahayakan ikan dan satwa liar lainnya.

Sebuah tinjauan yang dilakukan pada tahun 2011 menyimpulkan bahwa Cyclopentasiloxane (D5) tidak benar-benar menimbulkan bahaya bagi lingkungan. Dewan peninjau tidak menemukan bukti toksisitas terhadap organisme apa pun. Dewan juga tidak menemukan bukti bahwa bahan kimia dapat membangun hingga konsentrasi yang cukup tinggi untuk menyebabkan masalah pada hewan.

Studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa bahan kimia menguap ke udara selama penggunaan khas. Hanya sebagian kecil dari bahan kimia yang masuk ke saluran pembuangan dan masuk ke lingkungan. Jumlah ini dianggap diabaikan oleh penulis penelitian.

Tidak perlu menghindari produk yang mengandung cyclopentasiloxane. Senyawa ini dapat digunakan dengan aman pada rambut dan kulit Anda dengan risiko minimal. Cyclopentasiloxane (D5) membantu kulit dan produk rambut Anda mengering dengan cepat dan menyebar dengan lebih mudah, meskipun ada kekhawatiran bahwa bahan ini dapat mengganggu hormon dalam tubuh Anda, penelitian menunjukkan bahwa bahan ini tidak diserap ke dalam kulit dalam dosis yang cukup tinggi untuk menyebabkan kerusakan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...