Thursday 7 February 2019

Berbagi Tips: Cara Praktis Make up untuk Bibir Tebal


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Praktis Make up untuk Bibir Tebal

Bibir yang sehat dan cerah merupakan dambaan setiap kaum hawa. Tetapi tidak semua dianugerahi bentuk bibir yang proporsional. Ada wanita yang memiliki bibir tipis dan ada juga yang lebih bervolume atau tebal.

Anda yang memiliki bibir tebal seringkali merasa tidak percaya diri dan ingin membuatnya terlihat lebih tipis. Jangan dulu berpikir tentang opsi operasi plastik yang mengandung risiko dan biaya mahal. Dengan kecanggihan kreasi make-up, kini Anda dapat membuat bibir nampak lebih kecil.


Ada banyak sekali penyebab bibir bisa terlihat dan terasa tebal. Biasanya dengan mudah dirasakan dengan cara menjilati bibir. Berikut ini adalah beberapa penyebab bibir tebal secara umum:

Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
Kosmetik yang dimaksud adalah lipstik. Seperti yang diketahui jika anda ingin mempercantik bibir Anda, maka perlu peralatan make-up yang bernama lipstik. Namun, satu hal yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan suatu produk lipstik untuk jangka yang panjang, Anda harus tahu betul kualitas serta jenis lipstik yang cocok untuk bibir Anda.

Dalam era modern seperti sekarang ini, produsen lipstik akan berusaha menciptakan barang terbaik serta menyesuaikan dengan trend make-up, Namun Anda harus jeli dalam memilih suatu produk sebagai antisipasi, janganlah menggunakan suatu produk lipstik yang memiliki problem ketika digunakan.

Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan selain bibir terasa tebal oleh kosmetik ini adalah bibir terlihat lebih hitam. Bahkan level kehitaman yang ditimbulkan dapat menyamai warna bibir pria yang merokok secara kronis.

Alergi akibat konsumsi
Makanan atau minuman juga bisa menyebabkan bibir tebal. Biasanya untuk faktor yang satu ini karena adanya reaksi alergi dalam tubuh Anda terhadap jenis makanan yang Anda konsumsi. Meski hal ini jarang terjadi, namun, akibat dari alergi tersebut bisa menjadikan bibir Anda menjadi tebal dan hitam.

Khususnya makanan yang pedas dan juga panas sangat tidak disarankan untuk Anda konsumsi walaupun Anda tidak memiliki alergi. Karena makanan pada keadaan tersebut bisa memicu bibir tebal.

Efek samping obat
Jika Anda adalah orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan, baik itu dikarenakan Anda sedang sakit ataupun adanya faktor lain, maka hati-hati dengan efek samping yang bisa ditimbulkan. Salah satu efek samping yang bisa ditimbulkan oleh obat-obatan adalah masalah kulit, diantaranya bibir menjadi tebal dan hitam.

Karena itulah sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya Anda tahu betul efek samping apa yang akan terjadi dan bagaimana cara Anda menyikapi efek samping dari obat-obatan tersebut. Namun tentu saja, efek samping biasanya hanya terjadi karena Anda salah dalam menggunakan atau overdosis dalam penggunaan obat.

Faktor cuaca
Tidak hanya mengganggu ketahanan tubuh, perubahan cuaca secara ekstrem juga dapat mempengaruhi keadaan kulit. Salah satunya adalah kulit bibir yang terasa lebih tebal. Selain itu, cuaca ekstrem juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering, terkelupas, hingga yang paling parah adalah timbulnya bengkak kehitaman.

Kekurangan air
Manusia adalah makhluk hidup yang sangat memerlukan cairan dalam tubuh. Kekurangan cairan atau juga disebut sebagai dehidrasi dapat menyebabkan banyak efek berbahaya pada tubuh, baik itu dehidrasi ringan sampai dehidrasi berat.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan bibir menjadi tebal dan kering. Semua itu terjadi karena bibir kekurangan pasokan cairan untuk menjaga kelembabannya. Hal ini juga akan sering terjadi pada Anda yang yang menjadi perokok serta seseorang yang kecanduan alkohol. Dan, salah satu cara sederhana serta mudah untuk mengatasi dehidrasi adalah mengkonsumsi air minum mineral secukupnya.

Digigit serangga
Serangga memiliki banyak jenis dan terdapat banyak serangga yang bisa menyebabkan pembengkakan ketika Anda terkena sengatan. Salah satu dari serangga tersebut adalah lebah. Sebenarnya penyebab yang satu ini sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bibir Anda membengkak karena hal ini.

Tidak hanya serangga besar seperti lebah atau serangga terbang yang lain, terkena gigitan serangga merah yang seperti semut juga bisa menyebabkan bibir menjadi bengkak dan membiru. Kondisi tidur atau kurang waspada menjadi masa yang seringkali menjadi kesempatan untuk para serangga menggigit di tubuh Anda. Meskipun gigitan pada bagian mulut sangat jarang terjadi.

Akibat penyakit
Bibir tebal, bengkak, atau membiru juga bisa disebabkan karena Anda mengidap penyakit tertentu. Masalah yang terjadi pada bibir Anda bisa menjadi gejala dari penyakit tersebut, atau efek dari penyakit tersebut. Untuk masalah yang satu ini harus ditangani langsung oleh dokter atau ahlinya. Beberapa penyakit dengan gejala ini adalah bell palsy, cheilitis, dan lainnya.

Keturunan
Penyebab yang satu ini bisa dikatakan adalah mutlak. Karena bibir tebal yang ada pada diri Anda adalah bawaan dari orang tua. Biasanya manusia ras kulit hitam yang menghuni benua afrika atau amerika memiliki ciri khas bibir tebal dan hitam. Ada cara untuk mengubah penyebab akibat keturunan, yaitu melakukan operasi.

Meski bibir tebal bukan berarti adalah penyakit, seperti penyakit pada umumnya, bibir tebal memiliki gejala-gejala yang harus diperhatikan sebagai diagnosis atau hal penyebab bibir tebal, antara lain seperti berikut ini:

Besar
Orang yang memiliki masalah bibir tebal biasanya memiliki ukuran bibir dua kali lebih besar dari orang-orang pada umumnya. Untuk mereka yang disebabkan karena faktor keturunan biasanya memiliki ukuran badan yang lebih besar dari orang normal. Seperti orang Afrika yang cenderung memiliki tubuh yang lebih besar dari orang Asia.

Lapisan kulit tebal
Orang yang mengalami bibir tebal memiliki lapisan kulit pada area bibir yang cukup tebal juga. Bisa dirasakan dengan cara menjilati area bibir atau merabanya. Kulit tebal ini bisa terjadi pada kulit mati ataupun kulit yang masih hidup pada lapisan bibir paling bawah.

Terkelupas
Bibir tebal sebenarnya tidak harus disertai dengan kulit yang sering terkelupas, namun bibir yang sering terkelupas biasanya disertai dengan bibir tebal. Ciri atau gejala yang satu ini biasanya muncul ketika bibir tebal menjadi gejala dari suatu penyakit. Namun sejarah yang satu ini juga bisa disebabkan karena kekurangan air atau dehidrasi.

Mengkerut
Bibir tebal juga bisa disertai dengan kulit mengkerut. Hampir sama dengan bibir tebal terkelupas, bibir tebal mengkerut juga bisa disebabkan akibat dehidrasi. Gejala yang satu ini juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda memiliki penyakit yang berbahaya untuk kesehatan.


Selama kita tidak salah menerapkan tips aplikasi lipstik untuk bibir tipe tebal, kesempurnaan penampilan tetap dapat dihadirkan di bagian wajah pemilik bibir tipe tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Louisville pada 2003 silam, perempuan dengan bibir tebal itu jauh lebih menarik di mata lelaki. Entah karena lebih eksotis, sexy atau enak dipandang, tapi bibir tebal memang sesuatu yang layak dan patut dibanggakan.

Proporsi wajah pun menjadi semakin ideal, ketika Anda memiliki ukuran bibir yang tebal. Hal ini disebabkan oleh merekahnya tampilan bibir ketika tersenyum atau berbicara. Karena itulah, jangan malu memiliki bibir yang lebih tebal dari yang lainnya. Karena merupakan anugerah dan bukan sesuatu yang malah menjadikan Anda gundah.

Sikat bibir
Bibir seringkali terdapat semacam serpihan yang mengelupas yang membuat bibir terlihat berkerut. Kerutan tersebut menjadikan bibir tampak semakin tebal. Bibir juga menjadi kekurangan cahaya sehingga sulit ditonjolkan. Karena itulah, sebelum menggunakan make-up, sikat bibir Anda perlahan dengan menggunakan sikat yang memiliki bulu lembut. Jangan terlalu keras, karena dapat menjadikan bibir Anda terluka.


Dengan disikat, peredaran darah lebih lancar dan memberikan efek kemerahan yang akan mendukung pengaplikasian make-up.

Hilangkan rambut halus di sekitar bibir
Bibir akan tampak semakin besar dengan kehadiran bulu-bulu halus di sekitar bibir. Karena itulah, Anda disarankan untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut dengan menggunakan metode waxing atau laser.


Sebaiknya Anda menghindari metode bercukur atau menggunakan krim karena bulu akan tumbuh lebih lebat. Krim dan bercukur tidak menghilangkan bulu hingga ke akar-akarnya.

Penggunaan lip balm
Gunakan pelembab bibir (lip balm) sebelum Anda menggunakan apapun pada bibir Anda. Lip balm akan membuat bibir lebih lembut sehingga lipstik akan dapat menempel sempurna. Lip balm juga bisa meminimalisir efek samping dari lipstik yang kerap membuat bibir kering serta pecah-pecah. Diamkan beberapa saat, kemudian gunakan tisu dengan cara ditekan untuk menghapus kelebihan pelembab pada bibir Anda. Kemudian, Anda dapat mengikuti langkah selanjutnya.


Anda juga dapat menggunakan concealer, "Concealer digunakan sebagai base agar warna dari lipstik dapat keluar dengan maksimal dan tahan lebih lama," ujar Yulia Puspita, Make-up artist dari The Body Shop dalam press conference Colour Crush di Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2014, Senayan City, Jakarta.

Penggunaan alas bedak pada bibir
Foundation atau alas bedak dapat membuat bibir Anda mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Pilihlah warna alas bedak yang sesuai dengan warna kulit Anda.



Oleskan tipis-tipis pada bibir sehingga menyatu dengan warna kulit. Anda juga dapat menggunakan alas bedak ke seluruh wajah sehingga warna bibir blend dengan alas bedak yang diaplikasikan pada wajah. Jangan lupa untuk memilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Penggunaan pensil bibir
Gunakan lip liner atau pensil bibir untuk membentuk bibir yang terlihat lebih kecil seperti keinginan Anda. Gambar garis bibir di dalam bibir dengan meninggalkan sedikit ruang antar garis bibir buatan dengan garis bibir alami. Pilihlah pensil bibir yang memiliki shade sama dengan lipstik supaya warnanya tidak acak dan kelihatan aneh, dan jika sudah selesai, Anda dapat mengaplikasikan lipstik.


Selain untuk merapikan kontur lipstik, memakai lip liner juga dianjurkan sebab akan menambah kesan indah pada bibir. Karena bibir Anda yang sudah tebal tidak boleh terlihat berantakan.

Lip liner bukanlah hal wajib untuk Anda yang berbibir tebal. Ini hanya saran, supaya bibir tebal Anda kelihatan tambah menawan.

Memilih warna lipstik yang tepat
Saat mengaplikasikan lipstik pilihlah warna yang netral atau yang mendekati warna asli bibir Anda. Lipstik warna pink yang lembut adalah warna lipstrik yang sangat direkomendasikan untuk menyamarkan bibir yang tebal.


Bentuk bibir tebal dan lebar disarankan menghindari pemilihan warna lipstik yang terlalu pucat, karena selain akan memberi kesan bibir lebih tebal dan lebar, wajah juga akan terlihat tidak segar. “Lipstik warna kontras seperti merah atau fuchsia dapat menjadi opsi pertama. Bila ingin tampilan berbeda yang trendi, lipstik warna ungu plum, ungu tua maupun merah marun juga mampu menciptakan kesan bibir lebih proporsional,” ujar Puri Indah Sari, Make-up artist profesional.

Memadukan tips lipstik gaya ombre dapat menjadi pilihan yang tepat. Gaya lipstik ombre termasuk dalam tren aplikasi lipstik dua tahun belakangan.

Supaya tidak terkesan berantakan, aplikasikan kombinasi lipstik yang tidak terlalu kontras perbandingan warnanya. Misalnya, warna merah darah dengan warna fuchsia, atau kombinasi warna ungu plum dengan warna pink candy yang dibaur sempurna.

Bibir tebal sangat tidak disarankan untuk memakai lipstik berwarna oranye menyala. Warna ini akan menghasilan efek yang terlalu tebal dan ‘mbeleber’.

Efek lipstik glossy yang mengkilap juga akan dapat membuat bibir terlihat semakin tebal dan penuh. Selain itu, lipstik jenis glossy juga memberi kesan bibir lebih menonjol jika kilau aplikasinya terkena cahaya lampu ruangan atau matahari. Tetapi, penggunaan lip gloss sebagai perawatan pada bibir tebal yang kering masih diperbolehkan, asalkan tidak terlalu sering.

Perhatikan tekstur lipstik
Pemilihan lipstrik bertekstur basah dan mengkilap banyak menjadi pilihan karena kepopulerannya. Namun, jika Anda berbibir tebal sebaiknya lupakan saja pemilihan lipstik dengan tekstur tersebut karena dapat menjadikan bibir Anda nampak semakin besar.


Pemilik bibir tebal akan condong memilih lipstik matte untuk menunjang penampilan. Lipstik matte memberikan kesan seksi dan lebih misterius, lipstik jenis matte juga dapat memberi ilusi bentuk bibir lebih proporsional, sementara lipstik basah memberikan kesan glamor.

Eyeliner yang dramatis
Berikan efek yang dramatis dengan menggunakan warna-warna eyeliner atau eyeshadow yang lebih berani. Menonjolkan warna eyeliner dapat mengalihkan fokus ke bagian wajah yang lain sehingga membuat bibir tidak tampak terlalu tebal.


Mata adalah bagian yang tepat untuk mengalihkan perhatian seseorang, Anda dapat melakukan make-up atau merias mata supaya terlihat lebih menarik ataupun dramatis dengan tujuan saat seseorang menatap Anda maka mereka akan berfokus pada bagian mata sehingga bibir Anda luput dari perhatian seseorang dan tampak sedikit buram.

Gaya eyeliner yang bisa Anda coba semisal gaya smoky eyes. Gunakan eyeliner hitam di sekeliling mata, lalu sapukan eyeshadow berwarna lembut seperti hijau atau biru muda. Pastikan warnanya serasi dengan pilihan warna lipstik Anda.

Penggunaan maskara
Pemakaian maskara digunakan untuk membuat bulu mata menjadi lentik dan sekaligus menonjolkan bentuk mata supaya terlihat lebih lebih besar. Sama seperti mengaplikasikan eyeshadow yang dramatis, menggunakan maskara juga dapat mengalihkan fokus perhatian ke mata Anda sehingga mengurangi volume bibir.


Anda disarankan untuk memilih warna maskara yang hitam daripada warna bening. Warna hitam akan memberikan kesan kuat pada mata.

Penggunaan blush-on
Blush-on berfungsi memberikan kontur pada wajah sehingga wajah akan terlihat lebih tirus tergantung arah sapuan dan ketebalannya. Bagi Anda yang berbibir tebal pastikan menggunakan blush-on dengan sapuan dari pipi ke atas (ke arah telinga) sehingga bibir Anda akan ikut terlihat seperti ditarik ke atas dan memberikan ilusi bibir lebih tipis.


Tidak perlu terlalu tebal karena dapat memberikan kesan menor. Gunakan warna blush-on yang serasi dengan shade lipstik.

Mengalihkan perhatian seseorang ke bagian pipi dapat Anda lakukan dengan menggunakan blush supaya pipi terlihat semakin menarik, namun yang perlu Anda pastikan bahwa blush pipi yang Anda gunakan semuanya telah berbaur dengan baik.

Masker gula dan madu
Banyak sekali cara-cara ampuh demi menyehatkan bibir, salah satunya adalah dengan gula dan madu murni.


Dua formula ajaib yang tetap harus kamu pakai, minimal sekali dalam seminggu, kandungan vitamin C dan antioksidannya yang kaya juga akan menyelamatkan bibir tebal Anda dari kekeringan, bahkan pengelupasan karena faktor tertentu.


Demikianlah cara make-up yang dapat memberikan ilusi bibir tebal nampak lebih tipis. Sebenarnya Anda harus bersyukur jika memiliki bibir tebal. Di masa lalu memang hanya bibir tipis lembut berwarna pink menjadi preferensi kecantikan tapi kini bibir tebal pun mendapat tempat istimewa. Sejak kemunculan Angelina Jolie hingga kepopuleran Kadarshian Bersaudara.

Bibir tebal identik dengan seksi. Kylie Jenner yang menjadi idola remaja putri ini juga selalu menonjolkan pesona bibirnya yang penuh. Mempunyai bibir tebal memang dapat membuat penampilan seseorang semakin cantik dan menggoda. Di bawah ini adalah deretan artis terkenal yang mempunyai bibir tebal.

Angelina Jolie

Angelina Jolie memang terkenal dengan bibirnya yang tebal.
Namun meski begitu banyak juga pria yang ngefans pada kecantikannya.

Irina Shayk

Iriana juga mempunyai bibir yang tebal dan menggoda.
Karena ketebalan bibir yang dia miliki, banyak orang mengira kalau Iriana melakukan operasi plastik.

Kylie Jenner

Penampilan Kylie memang banyak berubah pada tahun ini.
Termasuk pada bagian bibirnya yang semakin tebal.

Scarlett Johansson

Pesona Scarlett memang sudah terkenal sejak dulu.
Bukan cuma tubuhnya yang seksi, namun pada bagian bibirnya yang tebal dan menggoda.

Megan Fox

Pada usianya yang hampir menginjak kepala 3, Megan Fox memang mempunyai aura yang hot.
Selain itu bibirnya merupakan penunjang pesonanya.

Emily Ratajkowski

Selain terkenal dengan tubuhnya yang langsing.
Emily juga dikenal pemilik bibir yang tebal.

Kini bibir tebal yang terkesan penuh justru dianggap seksi dan menarik. Bahkan, tidak jarang juga banyak yang melakukan filler bibir demi mendapat bibir seksi.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...