Wednesday 21 February 2018

Khasiat/Manfaat Pasak Bumi (Tongkat Ali)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                       Khasiat/Manfaat Pasak Bumi (Tongkat Ali)


Tongkat ali atau pasak bumi sudah sangat terkenal sebagai herbal yang bertugas menambah kejantanan pria. Namun tak hanya itu, manfaat tongkat ali yang sangat banyak membuatnya bisa dikonsumsi oleh wanita juga.

Mungkin kalangan kaum pria, sudah tak asing lagi dengan nama tanaman yang satu ini: Pasak Bumi. Pasak Bumi sudah terbukti mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan, khususnya dalam meningkatkan gairah dan vitalitas kaum pria.

Tongkat ali berasal dari Asia khususnya Indonesia, Malaysia dan Thailand. Pohon yang memiliki ukuran 6 atau hingga 10 meter dengan nama latin Eurycoma Longifolia ini memiliki ciri batang yang ramping. Nama tongkat ali muncul dari bentuk akarnya yang melingkar dan panjang. Pertumbuhan tanaman ini tergolong lambat. Diperlukan 25 tahun untuk tanaman ini agar bisa mencapai usia dewasa.

Pasak Bumi sudah terbukti dikenal sebagai jenis tanaman yang seringkali dipakai untuk obat kuat kaum Adam. Manfaat Khasiat Pasak Bumi ini telah terbukti dan dirasakan sejak zaman dahulu hingga kini.
Di Indonesia, Pasak Bumi atau yang dikenal dengan nama latin Eurycoma longifolia, tumbuh subur di pedalaman Kalimantan yang juga telah dikenal dan dipakai oleh masyarakat Dayak sebagai jenis tanaman yang mempunyai beragam khasiat.

Pasak Bumi atau di Negeri Jiran Malaysia dikenal dengan nama Tongkat Ali ini ternyata kandungannya sudah banyak sekali diteliti dengan cara ilmiah yang mana telah menunjukkan berbagai khasiat yang terdapat didalamnya. manfaat pasak bumi tongkat ali.

Pasak Bumi memiliki kandungan ekstrak yang disebut dengan ethanolic yang sangat berperan sekali dalam meningkatkan jumlah hormon testosteron pada pria. Tanaman Pasak Bumi juga memiliki kandungan strichnin dan brusin yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan/menambah vitalitas pria sebab mempunyai sifat afrodisiak.

Tongkat ali banyak digunakan sebagai obat herbal. Salah satu fungsi utamanya sebagai afrodisiak yang bermanfaat untuk vitalitas pria, mengobati disfungsi ereksi, dan pengobatan impotensi. Hal inilah yang membuat tongkat ali begitu populer sebagai longjack, viagra Asia dan lainnya. Pengolahan dari tongkat ali juga beragam, ada yang ekstrak, bubuk ada juga kering.

Selain itu manfaat tongkat ali juga bisa untuk meningkatkan massa otot, anti pyretic, anti bakteri, dan masih banyak lagi.

Menurut hasil sebuah penelitian, flora afrodisiak mengandung senyawa turunan tanin, alkaloid, saponin, dan lainnya yang sangat berperan dalam melancarkan peredaran darah. Faktor ini kemudian akan berimplikasi pada peningkatan sirkulasi darah pada bagian alat kelamin pria.

Masih banyak sekali manfaat lainnya yang terkandung dalam tanaman Pasak Bumi seperti untuk mengobati malaria.

Akar Pasak Bumi terdapat kandungan sebuah senyawa yang dikenal dengan erikuimanon yang diketahui sanggup mengobati penyakit malaria. Demikian juga dengan kandungan senyawa yang disebut kuasinoid yang sangat berperan sekali dalam mengatasi/melawan plasmodium falcifarum yaitu bakteri yang menjadi penyebab penyakit malaria itu sendiri.

Selain itu pula, Pasak Bumi juga bisa dipakai untuk mencegah timbulnya serangan kanker. Adapun Kandungan senyawa alkaloid dan kuasinoid-nya mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
Hal itu sempat diuji dengan penelitian di Malaysia yang menyebutkan bahwa ada setidaknya 8 alkaloid yang ditemukan dalam akar Pasak Bumi, salah satunya ialah alkaloid yang berfungsi sebagai anti-kanker payudara.

Sedangkan menurut sebuah penelitian lain,  yang sempat dilakukan di Universitas Tokyo Jepang, bahwaPasak Bumi juga ditemukan berkhasiat untuk anti-leukemia dan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk penderita HIV.

Pasak Bumi adalah salah satu tipe tanaman obat yang tumbuh di hutan-hutan, termasuk di hutan Indonesia.



Didalamnya terkandung setidaknya empat senyawa yang mengandung banyak sekali manfaat khasiat yakni sebagai berikut:

Senyawa canthin yang beguna dalam menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
Senyawa turunan eurycomanone yang berguna sebagai anti-malaria.
Senyawa etanol yang berperan sebagai afrodisiak.
Senyawa quasinoid yang sangat ampuh sebagai anti-leukemia dan prospektif untuk penderita penyakit HIV.

Berbagai manfaat lainnya dari pasak bumi:

Menyembuhkan kanker payudara

Mencegah leukimia atau kanker darah

Menghambat virus HIV agar tidak tersebar ke jaringan tubuh yang lain

Mengatasi atau menyembuhkan malaria

Mengurangi dan menghilangkan stress atau depresi

Meningkatkan dan menyehatkan sel sperma

Menjaga kemampuan untuk ereksi agar selalu baik

Mempercepat gerakan pada sperma

Meningkatkan gairah dan vitalitas pria

Menstabilkan produksi testosteron yang berlebih

Mencegah impotensi pada pria yang telah lanjut usia

Menyehatkan kandung kemih dan organ reproduksi pria lainnya

Berperan mengeluarkan racun yang dihasilkan dari konsumsi alkohol, radiasi, nikotin, parasetamol dan dari penyumbatan pembuluh arteri

Menyehatkan jaringan-jaringan pada tulang

Memperbaiki massa otot agar lebih kuat

Sebagai tonikum atau perbaikan kondisi sel darah dan penambah energi (biasanya untuk wanita habis melahirkan)

Melindungi pembuluh darah utamanya jaringan hati

Mampu mengurangi lemak dalam tubuh

Mengatasi dan mengendalikan virus hepatitis

Meningkatkan daya ingat

Mencerdaskan otak

Meningkatkan sistem imunitas seseorang

Menjaga stamina, khususnya yang padat aktifitas

Pada dasarnya, Pasak Bumi mempunyai khasiat dan manfaat di hampir seluruh bagiannya.

Daun Pasak Bumi
Daun Pasak bumi yang masih muda dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit perut.

Akar tumbuhan
Ada beberapa kandungan dalam tongkat ali yang membuatnya spesial sebagai obat herbal.
Kulit akar Pasak Bumi sangat ampuh dalam mengobati demam, penyembuh luka di gusi ataupun gangguan cacing dan tonikum pasca melahirkan.

Zat saponin, alkaloid dan tanin
Zat ini mampu melancarkan sirkulasi darah, membersihkan darah, serta melancarkan peredaran darah sekitar area kelamin pria. Hal ini ditujukan agar ketika melakukan hubungan intim, tidak terjadi ejakulasi dini dan stamina bisa terjaga.

Enthanolic
Zat ini mampu membuat hormon pria jauh lebih sehat, padat dan lebih banyak.

Senyawa aktif brusin dan Strichinin
Senyawa ini mampu mengatur, menyehatkan dan meningkatkan vitalitas pria sehingga kamu bisa terhindar dari rasa lesu, letih, kesulitan kencing, sakit pinggang atau lainnya.

Senyawa Erikuimanon
Senyawa ini bisa membantu untuk mengatasi penyakit malaria dan mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit.

Senyawa Alkaloid dan kuasinoid
Kuasinoid akan memblokir aktifitas virus malaria sehingga penyebarannya akan melambat. Selain itu juga menggagalkan munculnya infeksi malaria yang disebabkan Plasmodium Falcifarum. Kuasinoid sendiri juga berperan baik memperlambat virus HIV dan baik untuk penyakit yang berhubungan dengan darah seperti leukimia. Sedangkan kombinasi dua senyawa ini akan memperlambat pergerakan sel kanker khususnya kanker payudara.

Kulit batang
Kulit batang Pasak Bumi banyak manfaat untuk koagulan pasca seorang bunda melahirkan. Tidak hanya itu, kulit batangnya juga dapat dipakai untuk mengobati nyeri pada tulang.

Bunga dan buah Pasak Bumi
Bagian bunga dan buah Pasak bumi dapat dipakai untuk mengobati penyakit disentri.
Meskipun tongkat ali telah terbukti khasiatnya sejak jaman dahulu, namun ada beberapa efek samping yang perlu diketahui dari herbal satu ini. Munculnya efek samping tentulah karena tongkat ali dikonsumsi tidak benar atau tidak sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan terapis.

Dilansir dari Ehow dan sumber lain, ada beberapa efek samping tongkat ali yang harus diperhatikan antara lain:

Kelelahan dan mengganggu masalah tidur
Jika digunakan berlebih, efek tongkat ali justru bisa berbalik. Dikabarkan jika herbal ini bisa menyebabkan kelelahan dan insomnia. Ini berbanding terbalik dari manfaat tongkat ali sebenarnya.

Gelisah
Karena masalah tidur yang terganggu dan kelelahan, rasa gelisah akan terpicu dan ini membuat seseorang tidak tenang. Jika mengalaminya, hentikan dahulu konsumsi tongkat ali untuk beberapa saat.

Jantung berdebar
Apapun itu, jika dikonsumsi berlebihan akan memberika efek negatif, begitu pula dengan herbal tongkat ali. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, cenderung membuat jantung berdebar.

Meningkatkan testosteron
Berlebihan menggunakannya malah bisa meningkatkan produksi testosteron. Jika ini terjadi, segera hentikan pemakaian. Khususnya bagi kamu yang mengidap penyakit kronis seperti kencing manis, hati, jantung, prostat, dan kanker payudara.

Suhu badan meningkat
Ada juga yang mengatakan suhu badannya mengalami peningkatan yang diatas normal setelah mengkonsumsi tongkat ali.

Sistem kekebalan tubuh yang tak terjaga
Kadar testosteron yang tidak stabil bisa mengakibatkan sistem imunitas tak berfungsi baik. Untuk mengantisipasinya, konsumsilah sesuai takaran yang dianjurkan. Selain itu, untuk yang mengonsumsi obat immunosuppressant harap menghentikan pemakaian tongkat ali.

Menjadi racun
Mengonsumsi dengan takaran berlebih membuat manfaat tongkat ali berubah menjadi racun. Gejala keracunan diawali dari muntah, mual dan mampu merusak organ vital seperti ginjal dan hati bahkan peradangan seputar kandung kemih.

Kerusakan jaringan ginjal dan hati
Jika dikonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan perusakan, pembengkakan, peradangan pada hati. Sedangkan untuk ginjal, konsumsi berlebihan bisa menjadikannya pekat, pucat, gelap dan juga bengkak.

Segala sesuatu jika dikonsumsi berlebih akan membahayakan kesehatan, begitu pula dengan obat herbal satu ini. Jadi konsumsilah dengan benar dan rasakan beragam manfaat tongkat ali. Jika ragu atau belum paham cara pakainya, konsultasikan kepada terapis langsung.

Bagaimana Menghindari Efek Samping Tongkat Ali

Manfaat tongkat ali bisa hilang karena efek samping pemakaiannya. Untuk menghindari atau menghalau efek samping tongkat ali, ada beberapa hal bisa anda lakukan antara lain:

Jangan dicampur dengan herbal lain
Hindari mengonsumsi tongkat ali dengan mencampurkannya dengan herbal lainnya tanpa konsultasi dulu dengan terapis. Beberapa herbal yang wajib dihindari antara lain kaca beling, mahkota dewa dan sambiloto. Penggabungan ini tidak akan memaksimalkan manfaat tongkat ali, justru bisa menghilangkan manfaatnya dan membahayakan kesehatan.

Jangan dikonsumsi untuk anak dibawah umur
Beberapa senyawa yang ada dalam tongkat ali tidak cocok untuk anak dibawah 18 tahun. Jadi, jika ingin mengonsumsinya, lebih baik bersabar dan tunggu hingga 18 tahun. Atau bisa juga konsultasi terlebih dulu dengan terapis. Pada hal tertentu, bisa juga anak dibawah umur mengonsumsinya, seperti malaria. Asalkan dengan dosis yang tepat.

Jangan disimpan di kulkas
Khasiatnya bisa hilang ketika air hasil rebusannya disimpan di kulkas. Manfaat terbaik dari tongkat ali bisa didapat dari air rebusan yang dikonsumsi maksimal 3 jam setelah rebusan.

Jangan dikonsumsi setelah olahraga
Konsumsi tongkat ali setelah olahraga justru membuat tubuh bekerja ekstra dalam mengolah senyawa didalamnya. Ketika tubuh bekerja dengan sangat keras, maka bisa saja terjadi iritasi pada ginjal, usus, lambung dan jaringan yang lain. Untuk itu, konsumsilah ketika kamu dalam keadaan yang tenang.

Jangan ditambahkan gula
Meski pahit, tapi justru didalam pahit ini ada banyak khasiatnya. Jadi, hindari menyertakan gula atau madu ketika mengonsumsinya.

Jangan dikonsumsi langsung
Hindari mengonsumsi langsung tongkat ali tanpa diolah terlebih dahulu, dierbus atau diseduh. Konsumsi langsung bisa memunculkan keluhan kesehatan lainnya.

Tongkat ali lebih dianjurkan kepada:

Para pekerja lapangan yang sehari-hari melakukan aktivitas fisik berat.

Pengemudi kendaraan yang menempuh perjalanan jauh sehingga tetap bisa memiliki tenaga dan konsentrasi penuh ketika mengendarai kendaraan (aktivitas mudik lebaran, travel antar kota, supir bus, pengemudi pribadi yang jarang bepergian jauh, dll).

Pasangan suami istri yang sering mendapat keluhan pasangannya karena seringkali menolak hubungan suami istri karena merasa tidak memiliki tenaga.

Mahasiswa yang sering bergadang mengerjakan skripsi sehingga merasa membutuhkan tambahan tenaga untuk bisa mengerjakan skripsinya hingga pagi hari. Mahasiswa jurusan Arsitektur, Desain Interior, DKV, Teknik Sipil, dan mahasiswa yang terpaksa bergadang hingga larut malam untuk mengerjakan tugas dari dosen.

Ibu-ibu rumah tangga yang ingin menghilangkan rasa capek setelah mengerjakan tugas rumah tangga.

Mereka yang kesulitan tidur karena terlalu capek/kecapekan.



Pasak Bumi ini penyebarannya berada di Sumatera dan Kalimantan (Indonesia), Semenanjung Malaysia, dan lainnya. Dengan begitu maka tak sedikit khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh tanaman Pasak Bumi ini yang bisa anda gunakan untuk mengobati beberapa keluhan penyakit seperti di atas diantaranya seperti malaria, juga untuk menambah / meningkatkan vitalitas pria dapat menjadikan Pasak Bumi sebagai pilihan pengobatan yang mujarab. sekian artikel tentang khasiat Tongkat Ali dan semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...