Friday 10 August 2018

Bedah Manfaat: Kandungan Nutrisi Kulit Buah Durian serta Kegunaannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
  Kandungan Nutrisi Kulit Buah Durian serta Kegunaannya

Bukan hanya rasanya saja yang enak namun kandungan nutrisi yang ada di dalam buah durian juga sangat baik untuk kesehatan. Durian (Durio zibhetinus Murr) merupakan buah yang memiliki aroma yang sangat khas, buah ini juga merupakan buah yang banyak diminati masyarakat karena rasa enak dan aromanya yang harum. Pada saat musim buah durian, maka masalah lingkungan pun terjadi akibat dari limbah kulit itu sendiri yang dianggap tidak memiliki nilai ekonomis. ( Tim Bina Karya Tani, 2010 dalam Jurnal Universitas Sumatera Utara). Pohon durian bisa mencapai puluhan meter. Buah durian sangat mudah dikenali karena kulitnya yang memiliki duri. Meskipun banyak orang yang menyukai buah durian ini namun tidak sedikit pula orang yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang kuat dan kadang membuat perut panas.

Tanaman durian ( Durio zibethinus Murr ) termasuk dalam famili Bombaceae yang dikenal sebagai buah tropis basah asli Indonesia. Tanaman durian merupakan buah asli Indonesia yang menempati posisi ke-4 buah nasional dengan produksi yang tidak merata sepanjang tahun, lebih kurang 700 ribu ton per tahun. Secara nasional, tanaman durian mengalami musim panen yang tidak serentak yang berlangsung dari bulan September sampai Pebruari serta mengalami masa paceklik bulan April sampai Juli (Sinar Tani, 2010). Durian merupakan salah satu buah yang sangat terkenal dan paling fenomenal yang pernah ada. Rasanya yang lezat dan aromanya yang sangat kuat membuat banyak orang berusaha mencari keberadaannya dimana pun buah ini berada.

Durian merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Durian merupakan tanaman buah yang mulai dikenal di kawasan Asia Tenggara sejak abad ke-7 Masehi. Buah durian berasal dari istilah Melayu yang didasari dari bentuk buahnya, yaitu dari kata duri dengan pemberian akhiran –an sehingga terbentuk nama dari buah durian ini. Hutan Malaysia, Sumatera dan Kalimantan merupakan asal tanaman ini, tanaman ini pada mulanya merupakan tanaman liar. Selanjutnya persebaran buah ini  ke arah Barat  yaitu di negara Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah Durian memiliki berbagai varietas, beberapa yang sudah di kenal yaitu durian sukun ( Jawa Tengah ), petruk ( Jawa Tengah ), Montong ( Thailand ) dan lain-lain ( Tim Bina Karya Tani, 2008 ).

Tanaman durian ( Durio zibethinus Murr ), merupakan salah satu jenis buah-buahan yang produksinya melimpah. Buah durian disebut juga The King of Fruit sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat karena rasanya yang khas. Bagian buah yang dapat dimakan (persentase bobot daging buah) tergolong rendah yaitu hanya 20,52%. Hal ini berarti ada sekitar 79,08% yang merupakan bagian yang tidak termanfaatkan untuk dikonsumsi seperti kulit dan biji durian.  (Setiadi, 2007 )

Buah durian adalah salah satu buah yang jadi favorit masyarakat Indonesia, bukan cuma karena rasanya yang legit dan juga aroma semerbaknya yang luar biasa menggoda, adanya khasiat yang luar biasa dari buah durian juga membuat masyarakat semakin jatuh hati. Tapi siapa yang menyangka jika buah durian ini tak hanya dagingnya saja yang memiliki khasiat, namun juga kulitnya.

Kulit durian merupakan limbah rumah tangga yang di buang sebagai sampah dan tidak memiliki nilai ekonomi, khususnya di desa ploso, jumapolo, karanganyar. Pada saat puncaknya limbah kulit durian mencapai 100 ton per hari.

Apabila daging buah yang berwarna kuning ini memiliki kandungan yang berlimpah dari protein, juga air, serta serat, bahkan ada lemak dan juga aneka mineral, maka di dalam kulit durian diketahui mengandung lignin, bahkan selulose dan pati yang baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Karena adanya kandungan seperti inilah yang kemudian membuat kulit buah durian sangat mubazir  jika misalnya hanya dibuang begitu saja.

Kulit durian secara proporsional mengandung unsur selulose yang tinggi (50-60 %) dan kandungan lignin (5 persen) serta kandungan pati yang rendah (5 persen) sehingga dapat diindikasikan bahan tersebut bisa digunakan sebagai campuran bahan baku papan olahan serta produk lainnya yang dimampatkan. Nilai keteguhan lengkung (Modulus of Elastisity) produk papan partikel dari limbah kulit durian yang menggunakan perekat mineral (semen) adalah sebesar 360 kg/cm2 dengan nilai keteguhan patah (Modulus of Rupture) sebesar 543 kg/cm2.

Manfaat kulit durian untuk kehidupan sehari-hari
Ternyata khasiat dari kulit durian sangat beragam dan tentu saja cara penggunaannya juga tidak sembarangan, apalagi jika kita menginginkan khasiat dan manfaatnya bisa kita dapatkan dengan maksimal. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini:

Untuk menghilangkan bau durian
Buah durian memang aromanya lezat, juga menggiurkan. Tetapi kalau sudah tertinggal aromanya di mulut, maka aromanya tetap saja mengganggu. Seperti yang diketahui bahwa durian memiliki aroma yang sangat menyengat dan kadang menganggu apalagi jika ada orang yang tidak suka dengan bau durian. Beberapa orang yang tidak suka dengan bau buah durian ini bisa mengalami mual dan muntah. Maka karena itu, untuk menghilangkan aromanya yang mengganggu.

Cara menghilangkan bau durian yang menyengat setelah makan durian ini adalah dengan menaruh air di dalam kulit durian kemudian digunakan untuk cuci tangan dan berkumur. Cara ini sederhana namun cukup ampuh untuk mengusir bau durian.

Untuk mengusir nyamuk
Ternyata berkat aromanya yang menyengat tapi lezat ini, nyamuk menjadi  enggan untuk mendekat, karena itu, kulit buah durian ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengusir nyamuk yang simpel dan praktis. Caranya cukup dengan membakar kulit durian dan kemudian biarkan asapnya menyebar ke seluruh ruangan selama beberapa saat. Pastikan tak ada orang di dalam ruangan dan tutup jendela dan pintu supaya nyamuk yang ada dalam ruangan mati semua. Abu dan aroma yang dihasilkan dari pembakaran kulit durian ini juga tidak disukai lalat.

Untuk mengatasi sembelit
Jika anda sedang makan durian dan juga mengalami susah buang air besar maka jangan buang kulit duriannya. Karena kulit durian juga mengandung serat yang baik sekali untuk pencernaan maka nantinya bisa membantu untuk mengatasi sembelit. Cara memanfaatkannya adalah denga melumat bagian dalam kulit yang putih warnanya, lalu aduklah bersama madu lalu makan sebanyak beberapa sendok saja. Lakukanlah cara ini dengan hati-hati ya dan jangan sampai terkena duri duriannya nanti malah tambah sakit.

Sebagai obat sakit perut
Kemudian manfaat kulit durian yang lainnya adalah untuk mengobati sakit perut yang mengganggu. Cara memanfaatkannya pun juga cukup mudah,jadi kita cukup mengambil bagian dalam kulit buah yang lezat ini lalu setelah itu menghaluskannya menggunakan blender. Kemudian cukup ditempelkan hasil blenderannya ke area perut dan biarkan meresap selama seperempat jam atau sampai nyeri perutnya hilang betul.

Untuk atasi nyeri haid
Untuk perempuan, informasi ini tentu sangat berharga. Karena nyeri haid seringnya sangat mengganggu, apalagi nyeri itu datang di tengah aktivitas yang sedang padat. Bukan hanya rasanya yang tak nyaman dan lumayan menyiksa, nyeri haid juga bisa membuat seorang wanita jadi marah-marah tak jelas. Memang dengan mengonsumsi obat anti nyeribisa membantu, hanya saja terlalu banyak konsumsi obat anti nyeri bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan lambung kita, oleh sebab itu gunakan kulit durian sebagai obat alami. Caranya adalah dengan melumatkan daging bagian dalam kulit durian dan digunakan sebagai peram perut. Cukup menempelkannya pada perut dan biarkan sampai sakit mereda. Setelah sakitnya agak reda, kemudian segera mandi dengan menggunakan air hangat.

Mengobati bisul
Bisul merupakan benjolan di tubuh yang meskipun kecil namun keberadaannya sangat menganggu kesehatan tubuh. Bisul adalah salah satu jenis penyakit kulit yang bisa dibilang cukup memalukan, walaupun sepele tetapi bisa menyebabkan masalah yang lumayan merepotkan, apalagi jika bisulnya pecah dan terjadi pendarahan dan akhirnya menimbulkan bekas luka yang lumayan besar. Satu bisul di tubuh dapat membuat tubuh akan merasa tidak nyaman seluruhnya. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya supaya bisul cepat pergi dari tubuh anda. Salah satu cara untuk menyingkirkan bisul dengan cepat adalah dengan menggunakan kulit durian. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membakar kulit buah durian sampai hangus dan jadi arang, kemudian tumbuklah sampai halus. abu tumbukan inilah yang kemudian ditaburkan di atas permukaan bisul sebanyak dua kali sehari sampai sembuh betul.

Sebagai anti bakteri
Dari beberapa penelitian yang dilakukan di universitas Inggris dan Thailand, ternyata kulit durian ini juga mengandung manfaat yang sangat luar biasa sekali bagi kesehatan tubuh. Sebab bagian dalam dari kulitnya yang berwarna putih ini diketahui mengandung zat pektrin, tak lain adalah senyawa yang bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat.

Untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan adanya kandungan pektrin di dalam kulit durian, maka mampu membantu tubuh kita untuk menangkal penyakit. Juga dengan adanya antioksidan di dalamnya bisa membuat sistem imun menjadi jauh lebih kuat lagi.

Sebagai pengental makanan
Kulit durian ini bukan cuma bagus untuk kesehatan, namun kulit durian yang sudah diolah menjadi tepung untuk menjadi beberapa jenis makanan kesukaan anda, juga bisa dijadikan pengental makanan yang sehat. Tepung kulit durian mampu mengentalkan makanan seperti cendol. Tepung kulit durian ini tidak akan mempengaruhi citarasa makanan yang sedang kita buat.

Manisan kulit durian
Mungkin anda akan cukup sulit membayangkan makanan manis yang terbuat dari kulit durian. Namun faktanya saat ini memang sudah ada manisan yang terbuat dari limbah kulit durian. Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulit durian bagian dalamnya dan merendamnya dalam air gula. Manisan kulit durian ini tidak kalah enak dengan manisan lainnya.

Sebagai sumber energi
Tak banyak yang mengetahui jika kulit durian ini juga bisa dijadikan sebagai makanan sumber energi. Itu karena kandungan lignin dan juga selulosa yang ada di dalamnya itu merupakan gugus karbohidrat yang kelak bisa dijadikan energi alternatif bagi tubuh kita.

Untuk mengobati jerawat
Kulit durian juga sangat bagus untuk mengobati jerawat. Karena kulit durian memiliki sifat yang anti bakteri, maka sudah tentu bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang. Dengan kandungan yang ada di dalamnya itu mampu mengempeskan jerawat, dan juga bisa meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Caranya sama dengan cara menggunakan kulit durian sebagai obat bisul, yaitu dengan membakar kulit durian sampai hangus betul, lalu ditumbuk halus sampai jadi abu. Kemudian abu durian tersebut kita taburkan ke permukaan kulit yang berjerawat. Selain itu bisa juga mencampurnya dengan sedikit air dan dijadikan masker.

Sebagai pupuk organic
Pupuk organic lebih baik digunakan pada pertanian dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia karena pupk kimia bisa membuat tanah menjadi tercemar.

Manfaat ini ditemukan oleh seorang siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto bernama Alen Salvo Pratomo. Pupuk organic dari kulit durian ini cukup baik sebab seratnya banyak sehingga bagus dalam meresap air.

Cara menggunakan kulit durian sebagai pupuk organic ini sangat mudah dengan merebusnya dahulu kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering tumbuklah kulit durian tersebut. Anda bisa mencampurkannya dengan air untuk menyiram tanaman anda supaya lebih sehat.

Sebagai papan bangunan
Pada kehidupan sehari-hari anda bisa menggunakan limbah kulit durian ini sebagai campuran untuk membuat papan bangunan. Kandungan yang ada di dalam kulit durian sangat cocok sebagai perekat selain semen. Bangunan yang menggunakan tambahan perekat dari kulit durian selain semen akan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Energi alternatif
Baru-baru ini telah ditemukan alternatif pengolahan limbah kulit durian ini menjadi alternatif energi yang ramah lingkungan. Kulit Durian memiliki kandungan zat kalium dan natrium tinggi yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif. Kandungan dua zat inilah yang kemudian menciptakan aliran listrik. Unsur kalium dan natrium tinggi inilah yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif.

Kandungan abu kulit durian yang rendah sebanyak 4% dan kandungan lainnya di dalamnya juga sangat cocok untuk menjadi energi sama halnya dengan energi batu bara. Saat ini sudah dikembangkan pembuatan batu baterai yang menggunakan bahan bakar dari limbah kulit durian ini. tentu saja ini menjadi alternatif energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kandungan kulit durian dan manfaatnya. Semoga menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih.







*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...