Wednesday 9 January 2019

Berbagi Tips: Cara Memakai Foundation Supaya Terlihat Natural


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Memakai Foundation Supaya Terlihat Natural

Dalam beraktivitas sehari-hari, sebagian dari kita senang memakai make-up. Namun tentu Anda selalu ingin make-up yang diaplikasikan terasa nyaman dan bisa tampil flawless. Salah satu produk untuk meraih hal tersebut adalah dengan memakai alas bedak atau foundation. Dasar make-up ini sangat diandalkan untuk menutupi noda, kemerahan, dan memberi hasil wajah yang halus serta warna kulit yang rata.

Cara merias wajah yang salah dan terlalu berlebihan justru akan menghilangkan kesan alami dan akan membuat wajah Anda menjadi terlihat menor bahkan terkesan “palsu”. Itulah sebabnya kenapa banyak wanita yang lebih suka merias wajah dengan kesan natural supaya hasilnya tidak terlihat terlalu jauh dari bentuk wajah asli mereka, namun tetap menampilkan hasil yang lebih cantik dan menarik.

Foundation yang mampu menyamarkan semua ketidaksempurnaan dan memberikan tampilan halus adalah kunci make-up yang terlihat natural. Namun ketika foundation mulai terlihat cakey atau menggumpal, penampilan Anda mulai terlihat tidak alami. Malah, akan memberikan kesan lebih tua atau menojolkan garis-garis halus yang seharusnya tertutupi dengan baik.

Make-up akan terlihat natural jika pengaplikasian riasan tetap bisa memperlihatkan tampilan kulit tanpa lapisan tebal foundation. Salah aplikasi ataupun salah memilih produk, akan menjadikan kulit terlihat cakey dan tidak  alami.

Anda tentu tidak ingin melihat tampilan make-up Anda terkesan cakey, bahkan tidak menyatu dengan kulit. Namun jangan khawatir, beberapa tips dibawah ini dapat Anda lakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk tersebut, sehingga make-up Anda dapat terlihat natural sepanjang hari.

Sesuaikan dengan bentuk wajah

Ada berbagai macam bentuk wajah manusia: oval, berbentuk hati, kotak, bulat, juga panjang. Untuk masing-masing bentuk wajah ini, cara ber-make up-nya juga berbeda. Untuk wajah bulat, misalnya. Anda tidak bisa membuat kontur wajah yang sama dengan wajah oval karena hasilnya akan terlihat aneh dan tidak sesuai khususnya di bagian pipi. Bentuk bibir dan mata pada masing-masing wanita juga berbeda-beda. Ada yang memiliki bibir yang tipis, namun ada juga yang memiliki bibir yang terlihat penuh. Ada pula wanita yang bermata sipit dan ada pula yang bermana lebar. Untuk setiap bentuk wajah semacam ini, dibutuhkan cara ber-make up yang berbeda agar hasilnya terlihat lebih sesuai dan natural.


Mulai dengan eksfoliasi wajah

Make-up yang halus dimulai dari rutinitas skincare yang baik. Karena ketika kulit terlihat sehat maka hasil riasan yang juga akan tapak mulus. Selipkan langkah eksfoliasi wajah sebelum menggunakan produk perawatan wajah lainnya. Eksfoliasi jenis apapun dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menjadikan permukaan kulit lebih cerah dan lebih halus. Dengan begitu, akan membuat foundation lebih menyatu dengan kulit.

Pastikan bahwa Anda selalu sudah mencuci wajah Anda terlebih dahulu. Karena mencuci wajah dengan bersih akan menyapu seluruh kotoran yang berada di permukaan wajah sehingga make up akan semakin merekat dengan sempurna. Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Disarankan juga Anda melanjutkan rutinitas membersihkan wajah dengan menggunakan toner supayawajah semakin bersih dari sisa-sisa kotoran. Karena terkadang mencuci wajah dengan sabun saja tidak cukup. Khususnya jika Anda baru saja berolahraga atau melakukan aktifitas di luar rumah.

Memakai pelembap sebelum make-up

Selalu pakai pelembap sebelum memakai make-up. Akan lebih baik lagi jika produk yang Anda pakai sesuai dengan kebutuhan kulit. Ini akan melengkapi base make-up yang sempurna. Jika foundation Anda sering terlihat kering, Cobalah mempergunakan produk yang memberi kelembapan lebih, seperti krim dengan konsistensi yang agak tebal atau face oil. Namun jika kulit Anda berminyak, pilihlah pelembap yang ringan dan cepat meresap.

Pastikan tak ada area kulit kering di mana pun pada wajah Anda. Kulit kering bisa membuat foundation tidak merata. Karenanya, selalu aplikasikan pelembap kulit secara merata dan yang bisa memberi hidrasi tepat.

Pelembap tetap berperan penting, Supaya alas bedak berfungsi dengan maksimal maka wajah Anda harus dalam keadaan bersih dan lembap. Pilihan produk pelembap dengan formula ringan akan menjadikan foundation lebih mudah menyatu dengan kulit Anda. Khusus bagi yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan, pilihlah pelembap yang mengandung SPF yang akan menjadikan kulit Anda tetap halus dan terjaga dari sinar matahari.

Menggunakan pelembab ringan pada wajah juga dapat menghilangkan kesan berminyak saat Anda mengaplikasikan bahan make-up yang lebih padat seperti concealer atau foundation. Direkomendasikan untuk mengunakan pelembab yang berbahan dasar air karena pelembab jenis ini sangat ringan dan mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Selain itu, pelembab berbahan dasar air juga sangat aman dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Tunggu 5 menit sebelum Anda mengaplikasikan foundation supaya pelembap bekerja sesuai fungsinya.

Gunakan face oil sebelum foundation untuk kilau natural

Daripada mengaplikasikan highlighter di atas foundation, coba menggunakan face oil atau illuminator cair pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan sebelum mengaplikasikan foundation. Hal ini akan membuat kesan kilau yang lebih natural, seakan kulitmu memang nampak bercahaya alami.

Primers

Siapkan kulit dengan produk primer. Setiap bagian wajah mungkin akan butuh primer berbeda. Sebagian orang menggunakan primer pada area dahi, batang hidung, dan dagu untuk memerangi kilap minyak.

Mengaplikasikan pelembap di atas foundation

Jika foundation masih terlihat cakey meskipun sudah melakukan eksfoliasi dan mengenakan pelembap sebelumnya, Anda dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan sedikit pelembap di atas foundation. Ambil sedikit produk menggunakan cotton bud atau kuas buffing kecil, lalu tepuk dengan pelan produk pelembap pada bagian yang kering untuk menghaluskan riasan.

Pastikan warnanya sama dengan tone kulit

Sebagian wanita sering memilih warna alas bedak satu hingga dua tingkat lebih cerah dari warna kulit, namun jika hal itu yang dilakukan, warna foundation menjadi tidak serasi dengan warna kulit asli.

Hindari tanda jelas Anda mengenakan foundation dengan memilih yang sesuai warna kulit Anda. Pilih beberapa warna foundation yang sekiranya sesuai dengan warna kulit asli Anda, dan lakukan tes pada area rahang. Pilih yang warnanya terlihat "hilang" saat foundation diaplikasikan pada kulit Anda.

Warna foundation yang mendekati warna dasar kulit akan memberikan hasil make-up yang maksimal. Setelah menentukan warnanya, Anda juga disarankan untuk menyesuaikan juga dengan jenis alas bedak. Ada liquid foundation yang melembapkan kulit dan ada juga powder foundation yang melekat lebih lama pada wajah Anda.

Mengaplikasikan dengan spons basah

Beda orang, beda pula cara memakai foundation. Kebanyakan orang memilih kuas dan spons, tapi ada juga yang menggunakan jari tangan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini, namun Anda harus cermat memilihnya.

Jika Anda mengaplikasikan foundation dengan jumlah yang sedikit, Anda bisa menggunakan jari tangan. Sebaliknya, untuk jangkauan yang lebih luas pilihlan kuas atau spons sebagai aplikator supaya hasilnya lebih merata. Kuas yang Anda gunakan haruslah disesuaikan dengan jenis alas bedak. Kuas kabuki yang bulat untuk powder foundation, sedangkan kuas pipih cocok dengan liquid foundation atau cream foundation.

Para penata rias juga banyak yang setuju jika menggunakan spons basah adalah cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan foundation menjadi cakey. Peralatan make-up ini juga dapat meratakan produk lebih cepat serta membaurkannya lebih baik. Namun, kunci menggunakan spons basah adalah memastikan tidak ada lagi air yang menetes dari alat tersebut.

Aplikasikan foundation dari lapisan yang tipis

Tentu Anda ingin daya tutup yang maksimal, namun mengaplikasikan foundation sekali dalam jumlah yang banyak atau tebal akan membuat tampilan riasan lebih mudah menjadi cakey. Sangat disarankan mengaplikasikan foundation secara tipis-tipis kemudian ulangi pemakaian ketika merasa terdapat bagian yang kurang tersamarkan. Cara ini akan mengurangi kemungkinan foundation menjadi retak atau pecah, juga memastikan bahwa produk memiliki waktu untuk menyatu dengan kulit.

Sebagian orang diberkati dengan kulit yang sudah cantik dan hanya butuh koreksi di area kulit wajah tertentu saja. Bila Anda memiliki kulit yang cukup cantik, cukup gunakan foundation di area tertentu, seperti sekitar cuping hidung, sekitar sisi bibir, bawah mata, dan lainnya yang dirasa warna kulit kurang optimal.

Jika terlanjur memakai foundation terlalu tebal, Anda dapat mengurangi efek cakey-nya dengan membasahi spons dengan face spray kemudian tepuk-tepuk pada area yang diinginkan.

Aplikasikan bedak tabur untuk hasil Make-up yang natural

Sempurnakan tampilan Anda dengan translucent loose powder yang bertekstur ringan. Kulit wajah akan lebih mulus dan bersinar. Pulaskan bedak menggunakan powder brush supaya serbuk bedak rata dan tidak menumpuk pada area kulit wajah yang sudah diaplikasikan foundation. Sangat disarankan untuk menggunakan warna bedak yang sama dengan warna kulit atau setingkat lebih rendah dari warna foundation yang Anda gunakan untuk hasil yang natural.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin menggunakan foundation dengan hasil akhir yang natural. Selamat mencoba.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...