Saturday 12 January 2019

Berbagi Tips: Cara Memilih Foundation Untuk Kulit Sawo Matang


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memilih Foundation Untuk Kulit Sawo Matang

Kegiatan belanja akan menjadi lebih mudah apabila Anda tahu apa yang sedang Anda cari. Begotu juga dengan urusan foundation. Jika Anda tahu masalah apa yang Anda miliki dengan wajah Anda, maka akan lebih mudah mencari foundation yang tepat.

Foundation harus sesuai dengan warna kulit Anda (undertone). Kulit dengan undertone kuning seperti kulit sawo matang yang rata-rata dimiliki oleh perempuan Indonesia dan harus dipasangkan dengan foundation yang didesain khusus untuk undertone tersebut.

Perempuan Indonesia mayoritas memiliki warna kulit sawo matang, hal ini tentu berbeda dengan warna kulit perempuan Korea atau Jepang yang umumnya putih. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengaplikasikan riasan ala Korea atau negara Asia Timur, maka penting Anda ketahui dulu apa warna kulit wajah Anda. Jangan sampai, Anda mengikuti warna foundation yang digunakan wanita Korea berkulit putih sedangkan kulit wajah Anda sendiri berwarna sawo matang. Karena itu, penting memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit sawo matang yang Anda miliki.

Warna kulit sawo matang tidak terlihat putih, tidak juga terlihat kuning. Warna kulit sawo matang juga tidak gelap, namun warna kulit sawo matang terkesan seperti cokelat, tapi lebih ke arah cokelat muda. Warnanya mirip dengan warna sawo yang sudah matang.

Menentukan warna foundation yang tepat sangatlah penting. Salah satu akibat jika Anda salah menentukan warna foundation yang tepat antara lain warna kulit wajah Anda kan terlihat kurang merata. Mungkin ada juga yang terlihat sedikit belang. Keliru memilih warna foundation juga bisa membuat kulit wajah Anda justru terlihat kusam. Flek hitam juga sulit tersamar jika warna foundation tidak menyatu dengan kulit wajah Anda.

Memilih warna foundation yang cocok untuk kulit wajah bisa dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi memilih foundation untuk kulit sawo matang. Jangan sampai penampilan Anda menjadi tidak maksimal hanya karena Anda menuruti selera dengan warna-warna tertentu yang Anda sukai.

Dibawah ini adalah beberapa hal dasar yang bisa Anda jadikan panduan untuk memilih foundation yang tepat.

Ketahui jenis kulit Anda



Kenali dulu jenis kulit wajah Anda, apakah kategori normal, kering atau berminyak. Jenis kulit mempengaruhi juga jenis foundation yang Anda pilih. Karena ada beberapa produk foundation yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.


Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Jenis wajah yang umum dijumpai adalah kulit normal, kulit kering, dan juga kulit berminyak. Namun pada kenyataannya, jenis kulit wajah manusia sangat bervariasi. Ada juga kulit wajah dengan jenis kombinasi. Misalnya kulit wajah bisa termasuk dalam jenis kulit normal, tapi normal yang kering. Ada pula jenis kulit wajah yang masuk kedalam jenis kulit normal, tapi normal agak berminyak.

Dengan mengetahui jenis kulit wajah maka Anda akan lebih mudah menentukan foundation manakah yang sesuai bagi kulit wajah Anda. Di era modern ini, banyak pula foundation yang mencantumkan keunggulan serta kelebihan produk brand mereka pada kemasannya.

Ketahui warna dasar kulit Anda



Cara termudah dari rangkaian tips memilih foundation untuk kulit sawo matang adalah dengan mengetahui rona asli kulit Anda dari warna pembuluh darah yang terdapat pada lengan. Apabila warna yang muncul adalah kehijauan, maka Anda memang memiliki kulit dengan nuansa hangat.

Perempuan dengan warna kulit sawo matang termasuk dalam jenis warna kulit yang netral. dan warna foundation yang cocok untuk kulit sawo matang, antara lain warna cokelat natural, beige, expresso, walnut, ataupun warna-warna sejenis cokelat yang masih menyerupai warna kulit dasar yang Anda miliki.


Jangan hanya memikirkan warna-warna foundation yang Anda sukai dan inginkan. Anda perlu membandingkan, apakah warna foundation tersebut serupa dengan warna kulit Anda atau tidak. Memilih foundation untuk kulit sawo matang sebaiknya pilih warna foundation yang paling mendekati dengan warna kulit.

Pastikan Anda tidak memilih warna foundation yang setingkat lebih cerah ataupun setingkat lebih gelap dari warna dasar kulit wajah Anda. Bila tidak mendapatkannya, Anda bisa menggunakan foundation yang lebih cerah dari kulit. Tidak perlu khawatir, tampilan Anda bisa disempurnakan dengan bronzer atau contouring sehingga hasilnya akan terihat natural.

Pegang selembar kertas di samping wajah Anda



Membandingkan kulit wajah Anda dengan sesuatu berwarna putih dapat menunjukkan kepada Anda rona asli kulit Anda yang sebenarnya. Jika shade muka Anda lebih kuning daripada kertas tersebut, maka dipastikan Anda memiliki kulit dengan nuansa hangat.

Pertimbangkan warna perhiasan yang paling cocok untuk Anda



Apakah Anda lebih pantas mengenakan perhiasan berbahan perak atau emas?. Jika perhiasan dari emas selalu membuat Anda memancarkan kecantikan lebih, maka Anda memiliki kulit dengan nuansa hangat yang kuat.

Memperhatikan warna pakaian yang Anda kenakan



Tanpa disadari, ada beberapa pakaian dengan warna tertentu yang selalu Anda kenakan secara berulang-ulang. Jika pakaian-pakaian tersebut memiliki warna coklat, hijau lumut, atau jingga, maka Anda cenderung memiliki undertone yang hangat.

Pilih Tekstur Foundation



Bagi Anda yang masih baru di dunia make up, mungkin Anda masih belum begitu paham dengan aneka tekstur foundation. Tapi bagi yang sudah sering memakai make up, tentu Anda sudah mengetahui macam-macam tekstur foundation.

Ada beragam pilihan tekstur foundation, mulai dari yang cair, padat, gel, cream dan lainnya. Pilihlah yang paling tepat dengan jenis kulit Anda.

Foundation Cream. Foundation dengan jenis ini biasanya digunakan oleh para wanita yang sudah mulai mengalami tanda-tanda penuaan. Sesuai jenisnya, foundation ini berbentuk cream. Oleh karena itu sangat cocok untuk menyamarkan garis halus, kerutan hingga menutupi flek hitam pada wajah.
Foundation Gel. Selain berbentuk cream, faoundation juga ada yang berbentuk gel. Jenis foundation ini lebih cocok bila digunakan pada jenis kulit kering, namun ada pula yang bisa digunakan untuk kulit berminyak.
Foundation Cair. Foundation dengan bentuk cair memiliki kandungan dan formula yang lebih ringan dibanding foundation jenis lain. Foundation jenis ini biasanya cocok untuk melebabkan kulit. Oleh karena itu baik jika digunakan untuk jenis kulit wajah yang kering.
Foundation Padat. Foundation berbentuk padat sangat cocok dipakai oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.
Foundation Powder. Kulit wajah yang berminyak juga cocok menggunakan foundation berbentuk tepung. Meskipun bentuknya hampir sama dengan bedak tabur, namun foundation berbentuk powder atau tepung ini memiliki kemampuang menutupi kulit dengan lebih baik.

Cari foundation palette dengan beragam pilihan warna



Setelah Anda memahami undertone kulit Anda, maka saatnya Anda mengunjungi konter kecantikan yang terpercaya. Biasanya, mereka menawarkan sampel produk yang bisa Anda coba secara gratis. Cari konter yang menawarkan sampel foundation dengan beragam pilihan warna. Tidak hanya itu, Anda mungkin membutuhkan satu foundation palette yang mencakup beragam undertone. Daripada Anda membeli secara langsung namun hasilnya kurang sesuai dengan keinginan Anda.

Pilih warna yang sesuai dengan undertone Anda



Jangan mudah terkecoh dengan warna-warna yang kelihatannya mendekati kulit Anda. Anda benar-benar harus teliti dalam melakukan langkah yang satu ini. Anda ingin hanya ada satu warna yang cocok dengan kulit Anda. Tandanya adalah apabila foundation tersebut diaplikasikan pada kulit Anda, kulit Anda tidak tampak lebih gelap atau lebih terang daripada warna kulit leher Anda.

Pemilihan warna menjadi kunci utama dalam merias kulit sawo matang, make-up artist Iman Pulungan pun memberikan tips yang bisa Anda ikuti. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah alas bedak yang tepat. Iman Pulungan menyarankan untuk mencari warna foundation dengan palet kekuningan serta menghindari produk dengan palet pink. “Warna kuning akan membuat kulit sawo matang terlihat lebih cerah, sementara pink bisa menimbulkan efek kemerahan dan akhirnya menjadi terlihat kusam”.

Aplikasikan primer sebelum foundation



Setelah Anda puas dengan foundation yang Anda pilih, maka sekarang saatnya untuk praktek. Oleskan primer ke seluruh bagian muka untuk base make-up yang lebih sempurna. Hal ini bertujuan supaya memberi kesan natural pada make-up Anda.

Coba langsung foundation pada wajah Anda



Langkah yang satu ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan tampilan make-up natural dengan warna muka dan leher yang sama. Anda dapat menggunakan aplikator apa saja yang Anda rasa nyaman untuk mempraktekkan tips ini. Perhatikan baik-baik apakah warna foundation tersebut menyatu dengan warna kulit wajah atau tidak.

Biasanya kalau kita pergi ke mall dan memilih foundation, shop keeper akan memberikan tester foundation pada bagian kulit tangan. Namun hal ini sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan. Pasalnya, secara umum warna kulit tangan berbeda dengan warna kulit wajah.

Anda harus menguji apakah foundation yang Anda pilih sesuai dengan kulit Anda, gunakan di area pipi atau leher. Jika ingin mencoba di pipi, oleskan foundation di area bawah mata. Jika kulit wajah Anda lebih terang daripada leher, Anda bisa mengoleskan foundation di bagian leher. Sebelumnya, pilihlah warna foundation yang warnanya mendekati bagian leher. Bila warna kulit leher Anda lebih gelap, sebagai cara memilih foundation untuk kulit sawo matang, sebaiknya pilih warna foundation yang lebih gelap atau sebaliknya.

Bandingkan dengan produk lain yang memiliki undertone sama



Tidak hanya foundation saja yang harus Anda perhatikan, Anda pun juga harus memiliki concealer, bedak, bahkan blush on dengan undertone serupa. Untuk memudahkan Anda, sangat disarankan untuk Anda membeli produk-produk dari brand atau merk yang sama untuk konsistensi yang lebih presisi.

Gunakan produk secara tipis - tipis



Anda tidak ingin hasil akhir dari foundation Anda justru tampak seperti topeng?, karena itulah, Anda harus pandai-pandai dalam mengontrol jumlah produk yang Anda aplikasikan ke wajah. Walaupun keseluruhan dari kosmetik tersebut memiliki warna yang sama, namun karena tumpukan yang semakin menebal, ronanya dapat berubah jadi semakin terang.

Demikianlah ulasan tentang cara memilih fondation untuk kulit sawo matang. Semoga ulasan diatas dapat membantuAnda dalam menentukan foundation favorit Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...