Monday 7 January 2019

Berbagi Tips: Cara Supaya Foundation Wajah Tahan Lama


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Supaya Foundation Wajah Tahan Lama

Alas bedak sudah selayaknya memegang peranan penting dalam hal mempercantik wajah. Namun, mungkin masih banyak diantara Anda yang mengeluhkan tampilan foundation dengan hasil seperti retak ataupun pecah-pecah pada wajah, belum lagi tekstur yang cakey sehingga pada akhirnya mengakibatkan kulit terlihat lebih tua daripada seharusnya. Semua hal tersebut sangat mungkin diakibatkan oleh kurang tepatnya penggunaan maupun pilihan warna yang salah.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki riasan tahan lama hingga belasan jam saat digunakan beraktivitas. Tidak perlu Anda menggunakan produk yang mahal, Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan alas make-up seperti foundation terlebih dahulu. Meskipun dapat memberikan riasan sempurna dan flawless, tetapi penggunaan foundation yang tidak tepat dapat membuat riasan make-up tersebut cepat luntur bahkan kurang dari 3 jam. Selain membuat riasan berantakan, wajah Anda juga akan terlihat kusam serta berminyak.

Bagi wanita penggunaan foundation sudah tidak asing lagi. Base make-up ini sangat bagus untuk menutupi kekurangan pada wajah dan membuat wajah Anda menjadi tampak lebih cerah. Sebenarnya foundation bukan base make-up satu-satunya dalam base make-up. Namun, foundation dapat meng-coverage wajah Anda lebih baik dibandingkan BB cream karena kandungan formulanya.

Dari banyaknya jenis make-up, foundation merupakan salah satu jenis make-up yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan. Foundation itu sendiri adalah perlengkapan make-up dasar yang berfungsi untuk membuat wajah terlihat lebih halus serta tampak bercahaya. Selain itu, foundation juga biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada area wajah serta membuat warna kulit lebih merata.

Pemakaian foundation yang salah dapat membuat wajah Anda menjadi cakey.
Langkah memakai foundation atau alas bedak sudah pasti menjadi hal yang wajib dan perlu diperhatikan, namun masih banyak yang belum tahu bagaimanakah menerapkan foundation dengan benar. Padahal pemakaian foundation sendiri cukup penting karena difungsikan untuk menutupi imperfection kulit wajah dari mulai menutupi noda hitam, memberi kesan halus, serta warna kulit yang rata.

Dibandingkan penggunaan BB Cream, foundation memiliki lebih banyak pilihan shades sehingga Anda dapat menyesuikaannya dengan warna kulit. Namun, jika Anda memakai foundation dengan cara yang salah, make-up Anda malah bisa menjadi cakey di siang hari yang membuat penampilan Anda menjadi lebih buruk.

Meskipun foundation membuat wajah tampak halus, namun ketika mengaplikasikannya Anda harus lebih hati-hati. Karena penggunaan yang tidak tepat justru akan membuat foundation bergumpal pada bagian wajah atau bahkan akan terlihat tebal seperti menggunakan topeng. Jikaterjadi demikian, maka penampilan Anda akan menjadi tidak menarik.

Mengaplikasikan foundation bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika wajah Anda termasuk tipe kulit berminyak, karena produksi minyak pada wajah yang berlebih menyebabkan foundation menjadi sulit menempel dan bertahan lama. Dan untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering. Foundation bertekstur matte akan menjadi musuh utama bagiAnda. Foundation yang dipakai mudah retak atau 'cracking' saat diaplikasikan pada kulit. Khususnya pada area kantong mata, hidung, dan mulut. Tekstur kulit pun menjadi kurang sedap dipandang.

Meskipun terbilang mudah, tetapi mengaplikasikan foundation harus mengikuti beberapa tips supaya foundation merata, terlihat natural dan lebih tahan lama. Dibawah ini adalah beberapa panduan sederhana tentang cara menggunakan foundation dengan tepat, foundation Jika diaplikasikan dengan tepat, maka dijamin akan mampu bertahan lama:

Cari Warna Tepat
Sebelum megaplikasikan foundation, Anda harus tahu terlebih dahulu foundation mana yang cocok untuk kulit Anda. Pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulit. Foundation yang tepat untuk kulit Anda yaitu foundation yang menyatu dengan kulit meskipun tidak diratakan. Tapi, jika anda masih kebingungan ketika memilih foundation, anda bisa bertanya pada konsultan kecantikan atau butik make-up ketika membelinya.


Fungsi memakai alas bedak adalah untuk membuat kulit wajah lebih cerah, segar, dan menyamarkan kekurangan pada permukaan wajah. Membuat wajah tampak lebih cerah, hal tersebut berbeda dengan membuat kulit tampak putih. Sayang, masih banyak wanita yang memakai bedak berlebih atau memilih warna bedak lebih terang dari warna kulit agar wajah terlihat putih.

Cobalah cari warna shade yang cocok dengan kulit Anda dengan mengaplikasikannya pada dagu dan coba cek dengan sinar yang cukup. Akan lebih sangat berguna jika Anda betemu dengan beauty advisor ketika Anda sedang memilih warna yang cocok untuk warna kulit Anda.

Pilihlah warna alas bedak yang mendekati warna dasar kulit. Hal ini sering diabaikan karena banyak diantara kita terbiasa memilih alas bedak yang lebih cerah satu atau dua tingkat dari warna kulit, padahal demikian itu akan mengakibatkan warna foundation menjadi tidak serasi dengan warna kulit asli.

Secara umum terdapat dua jenis foundation, yang pertama liquid foundation yang ditujukan supaya kulit lebih lembab dan lebih cocok untuk jenis kulit kering, yang kedua powder foundation yang bertujuan supaya lebih lebih tahan lama dalam pemakaiannya.

“Pada dasarnya kita merias diri supaya cantik. Menutupi kekurangan, menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Jadi perangkat make-up digunakan sesuai porsinya saja. Memakai bedak juga bukan agar kelihatan putih, melainkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada kulit wajah, memperhalusnya, dan memberi kesan segar. Saat kita memakai bedak tebal juga alas bedak tebal, bukannya terlihat bagus, wajah justru terlihat kotor. Apalagi nanti kalau sudah berkeringat, bisa terlihat belang,” ujar Beby.

“Kalau kulit gelap, ya jangan pilih warna yang terang. Pilih warna cokelat atau netral. Lalu sesuaikan alas bedak dengan jenis kulit. Misalnya kulit berminyak, pilih alas bedak matte dan bedak loose powder. Untuk pemilik kulit ini, jangan memakai compact powder kecuali ada acara khusus atau pesta besar, karena bisa menyumbat pori-pori,” ungkap make-up artist yang biasa mendandani Asri Welas, Fitri Tropica, dan Ussy Sulistyawati.

Bersihkan Kulit
Kulit yang halus dan lembut adalah kunci make-up menjadi tampak sempurna. Supaya foundation dapat menyatu dengan kulit wajah, maka sangat direkomendasikan keadaan wajah Anda dalam keadaan bersih dan lembab. Karena itulah, sebelum Anda mengaplikasikan foundation akan lebih baik jika Anda membersikan dan melembabkan wajah Anda terlebih dahulu. Cuci wajah Anda dengan menggunakan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Kemudian keringkan wajah Anda dengan menggunakan handuk yang lembut.


Wajah yang bersih dan lembab adalah faktor penting sebelum menerapkan foundation di wajah, karena wajah yang lembab akan membantu alas bedak untuk berfungsi lebih maksimal.

Mulailah Dengan Aplikasi Pelembap
Saat wajah masih dalam keadaan bersih, selalu pulaskan pelembab pada area wajah supaya tidak terasa kering. Kulit yang lembap serta kenyal akan memudahkan Anda untuk meratakan foundation dengan sempurna. Setidaknya, foundation tidak akan menumpuk pada area tertentu saja.


Pelembab atau moisturizer merupakan hal pertama yang wajib Anda kenakan. Terlebih jika Anda memiliki jenis kulit kering, hal ini ditujukan supaya foundation tidak terlihat retak dan kasar. Dan jika Anda termasuk pemilik kulit berminyak, tidak perlu khawatir wajah akan nampak semakin 'basah'. Pilihan moisturizer yang berbahan dasar air merupakan solusi supaya make-up mudah diserap pada kulit.

Mengunakan pelembab yang ringan sangat direkomendasikan supaya foundation lebih mudah menyatu dengan kulit wajah, Anda juga bisa memilih pelembab yang diperkaya dengan SPF supaya kulit tetap halus serta terjaga saat berada di luar ruangan.

Beri waktu sekitar lima menit supaya pelembab bekerja pada wajah, setelah itu baru aplikasikan foundation.

Gunakan Primer
Melewatkan primer sebelum mengaplikasikan foundation dapat menjadi alasan kenapa krim tersebut cepat luntur. Padahal, dengan menjadikan primer sebagai alas maka hal tersebut dapat menutup pori-pori serta akan menahan produksi minyak berlebih pada area wajah. Hal ini dapat mempertahankan foundation dalam waktu yang lebih lama dan mencegahnya terlihat cakey.


Primer merupakan produk utama yang berfungsi membuat foundation awet dan menempel sempurna pada kulit Anda. Bahkan hingga seharian penuh. Primer juga akan membuat penampilan kulit wajah Anda menjadi lebih halus, karena mampu meminimalisir tampilan pori-pori.

Aplikasikan Foundation dengan Cara yang Tepat
Cara Anda mengaplikasikan foundation  juga akan berpengaruh pada berapa lama krim foundation akan bertahan pada wajah. Gunakan kuas atau sponge yang halus serta padat untuk meratakan krim pada seluruh area wajah. Tekstur aplikator yang lembut akan dapat menekan krim untuk menyatu pada kulit tanpa membuatnya terluka dan terlihat berantakan.
    

Dengan menggunakan kuas atau beauty blender yang tepat, hasil akhir foundation akan nampak lebih sempurna. Permukaan kulit akan nampak jauh lebih halus dan foundation mampu melekat lebih lama dibandingkan hanya menggunakan tangan.

Namun, masih banyak di antara perempuan yang lebih nyaman memakai jari tangan saat mengaplikasikan foundation. Hal ini bukan menjadi persoalan asalkan tepat digunakan sesuai fungsinya. Tetapi, jika Anda ingin menggunakan alas bedak yang tidak memiliki kuantitas terlalu banyak, jari tangan sepertinya sudah cukup. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan foundation dalam jumlah yang banyak untuk make-up yang lebih tahan lama, Anda bisa menggunakan aplikator supaya hasil make-up lebih merata.

Beby memilih menggunakan jari-jari tangan sebagai trik dalam mengaplikasikan foundation. “Hasilnya lebih rata, lebih menyerap, dan tahan lama. Taruh alas bedak di jari tangan, lalu totol-totol ke setiap bagian wajah Anda. Setelah itu untuk meratakannya, jangan menggosok atau menggeser, melainkan tepuk-tepuk saja dengan jari sampai rata,” ujarnya.

Memang teknik menepuk ini membutuhkan waktu lama dan tingkat kesabaran tinggi. Berikan sedikit penekanan pada tepukan Anda, sehingga alas bedak menyerap sempurna. “Harus sabar sampai alas bedak benar-benar rata. Kalau asal rata saja atau asal gosok saja, biasanya nanti bedak enggak akan tahan lama, cepat pudar,” ujar Beby.

Kuas untuk mengaplikasikan foundation-pun secara umum terdapat dua jenis, kuas Kabuki bulat untuk alas bedak berbentuk powder dan kuas pipih untuk alas bedak bentuk liquid atau cream.

Segera Swipe
Jika Anda ingin coverage yang lebih tipis, gunakan jari kamu dibandingkan dengan sponge. Namun, jika Anda ingin hasil yang lebih coverage, gunakan sponge. Untuk pemakaian sehari-hari, aplikasikan foundation hanya pada bagian yang berjerawat untuk menyamarkan jerawat atau kemerahan pada jerawat, bahkan pada t-zone. Untuk membuat tampilan yang lebih coverage, blend make-up Anda terutama pada bagian mata, mulai dari tengah hingga ke bagian luar wajah.


Jika Anda terlanjur menerapkan alas bedak terlalu banyak, Anda dapat meratakan serta menyerapnya dengan cara membasahi spons menggunakan face spray lalu menepuk area yang diinginkan. Cara ini akan membuat make-up Anda terlihat lebih rata, segar, dan terlihat alami.

Gunakan Concealer Setelah Memakai Foundation
Apabila foundation yang Anda aplikasikan belum bisa menutupi kekurangan yang terdapat pada wajah, seperti jerawat, bekas jerawat dan noda lainnya, maka Anda bisa mengaplikasikan concealer. Aplikasikan dengan bentuk titik-titik pada noda yang akan ditutupi, setelah itu barulah diratakan.


Concealer juga berfungsi untuk menyembunyikan mata panda Anda. Gunakan brush kecil untuk mempermudah pengaplikasian, terutama pada bagian inner dan outer corner mata.

Timpa dengan Sedikit Bedak Tabur    
Bedak tabur sangat berguna untuk menjaga foundation tetap halus dan berada pada tempatnya.

Tekstur foundation yang cenderung creamy, biasanya membuat wajah akan terasa berminyak dan terlihat berkilau. Menimpanya dengan sedikit bedak tabur dapat memberi efek matte dan membuatnya lebih tahan lama. Supaya tidak terkesan belang serta menimbulkan shade yang berbeda, Anda bisa memilih bedak tabur yang akan memberi hasil natural dan membaurkannya pada area T-Zone.


Penggunaan bedak translucent powder juga akan dapat membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dan berkilau. Aplikasikan dengan gerakan W. Mulai dari garis rambut, lalu ke arah tulang pipi dengan menyapukannya ke bawah, bagian hidung, pada bagian pipi, lalu kembali pada bagian rambut dekat kuping.

Untuk jenis bedak loose powder, hasilnya akan lebih rata dan natural bila Anda menggunakan kuas bedak.

“Kalau mau pakai spons bedak juga bisa, caranya tepuk-tepuk dengan penekanan. Ini juga berlaku jika menggunakan compact powder. Setelah itu ratakan dan sempurnakan lagi dengan kuas bedak,” ucap Beby.

Semprotkan Face Mist sebagai Pelengkap
Sentuhan terakhir untuk membuat foundation Anda mampu bertahan lama, Anda bisa menyemprotkan face mist pada area wajah. Cara ini tidak hanya menyegarkan dan memberi efek dingin pada wajah, namun juga membuat riasan tetap awet hingga berjam-jam.


Penyemprotan setting spray pada wajah dapat menjadi cara terbaik yang dapat Anda lakukan supaya foundation tetap stay pada kulit. Setting spray sendiri terdiri atas dua jenis, yakni yang bersifat mattifying dan dewy. Pastikan Anda menggunakan yang berjenis mattifying jika menginginkan hasil matte yang diinginkan lebih maksimal.

Jangan hanya karena Anda ingin menutupi imperfectionwajah, sehingga menjadikan Anda menggunakan foundation secara berlebihan, Cara tersebut juga tidak mengatasi masalah yang ada, make-up Anda justru akan tidak terlihat natural bahkan jika terlalu tebal hanya akan membuat wajah semakin berat.

Memakai foundation ataupun make-up yang lainnya tidak boleh asal-asalan meski Anda juga sedang tahap belajar. Segala hal punya urutan dan pertimbangan dalam pengaplikasiannya.

Langkah aplikasi make-up saling berkaitan satu dengan yang lain dan bahannya pun disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Semoga tips diatas dapat membantu tampilan make-up Anda supaya terlikat lebih sempurna.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...