Saturday 12 January 2019

Berbagi Tips: Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Foundation sangat diperlukan supaya make-up lebih tahan lama. Selain itu, make-up tone pun akan terasa jelas. Memang untuk menentukan warna foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah kita, bisa dikatakan susah-susah gampang. Jika Anda ingin memiliki tampilan cantik dengan riasan foundation yang benar-benar menempel diperlukan trik serta cara yang tidak semua orang tahu.

Foundation atau alas bedak memang menjadi komponen penting yang harus Anda gunakan bila ingin menampilkan riasan sempurna. Alas bedak bertujuan untuk meratakan warna kulit dan menutupi setiap kemerahan atau perubahan warna kulit Anda. Berbagai brand kosmetik pun sekarang menyediakan foundation dengan keunggulan masing-masing. Meski demikian, dalam memilih foundation Anda tidak boleh sembarangan guna menghindari foundation yang tidak sesuai dengan warna kulit, sangat direkomendasikan untuk memilih foundation yang mampu menutupi kekurangan wajah Anda.

Foundation hadir dalam shade atau warna yang berbeda karena warna kulit setiap orang pun berbeda-beda. Jangan merasa payah jika Anda kesulitan menemukan shade foundation yang tepat, karena menurut penelitian, hanya 15% orang yang dapat menemukan warna foundation yang benar-benar sesuai dengan kulitnya. Lalu? Ternyata, kebanyakan orang menggunakan shade foundation yang agak mirip dengan warna kulit alami atau mix n match sampai warna foundationnya jadi sesuai.

Setiap orang akan membutuhkan jenis dan warna foundation yang berbeda, dan memilih foundation yang tepat untuk wajah bisa saja menghabiskan banyak waktu.Karena, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan warna dasar kulit Anda.


Tips memilih foundation terbaik untuk Anda

Pilih foundation dari brand terpercaya



Untuk memilih foundation yang bagus, belilah yang berasal dari brand make-up terpercaya. Hal ini dikarenakan foundation yang diproduksi dari brand terpercaya mampu memberikan hasil yang bagus ketika digunakan sebagai alas bedak di wajah Anda serta tidak menyebabkan iritasi kulit. Jika Anda kurang mengetahui brand make-up untuk foundation yang dipilih, sebaiknya bertanya kepada teman atau mencari tahunya di internet dengan melihat review dari orang lain.

Ketahui jenis kulit Anda



Sebelum memilih foundation, kenali dahulu apa jenis kulit wajah Anda. Apakah termasuk jenis kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, atau kulit wajah normal. Hal ini penting untuk diketahui karena tidak semua foundation cocok untuk jenis kulit wajah Anda.


Mengetahui jenis kulit akan sangat membantu ketika memilih foundation yang sempurna. Misalnya, formula bebas minyak (oil-free) yang memberikan tampilan akhir matte lebih cocok untuk kulit berjerawat dan/atau berminyak, sementara formula berpelembap cocok digunakan untuk kulit kering. Anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi lebih baik menggunakan formula nonkomedogenik atau hypoallergenic. Kulit normal dan kombinasi dapat mencoba beberapa formula yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk kulit mereka.

Kenali warna dasar kulit Anda



Setelah mengetahui jenis kulit Anda, maka Anda harus mengenali warna dasar kulit Anda.Karena, warna dasar kulit akan mempengaruhi warna foundation yang cocok untuk Anda. Warna dasar kulit dikategorikan dalam tiga warna, yaitu cool, warm, dan natural. Cara ini dilihat dari warna pembuluh darah di pergelangan tangan.

Ada banyak perempuan yang masih sulit memahami warna dasar kulit sehingga sering memilih warna foundation yang tidak tepat. Dalam menentukan foundation yang bagus Anda harus mengetahui warna undertone (lapisan bawah kulit) Anda.


Foundation yang memiliki nuansa cool (biasanya berlabel “C”) cocok untuk orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru. Nuansa warm pada produk foundation biasanya ditandai dengan label “W”, cocok untuk yang memiliki pembuluh darah berwarna hijau. Sementara foundation dengan warna dasar kulit netral (label “N”) ditujukan untuk mereka yang memiliki pembuluh darah berwarna keunguan (campuran biru maupun hijau).

Setelah Anda mengenali warna dasar kulit Anda, langkah selanjutnya adalah memilih foundation dengan warna yang paling mirip dengan warna dasar kulit Anda.

-Kulit Putih
Untuk Anda yang memiliki kulit putih, sebaiknya memilih warna foundation yang tidak menjadikan kulit pucat. Sangat dianjurkan untuk memilih foundation yang sama dengan warna kulit wajah. Anda juga masih dapat memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih tua dari warna kulit.

 Mengapa foundation harus satu tingkat lebih tua dari kulit wajah?. Hal tersebut diharapkan supaya foundation tersebut dapat menutupi kekurangan pada wajah, seperti masih terdapatnya bintik-bintik hitam pada wajah, ataupun bekas jerawat. Dengan adanya foundation, warna kulit Anda yang tidak merata dapat lebih tersamarkan.

Jika Anda memilih warna foundation dengan warna yang lebih terang dari warna kulit wajah, itu berakibat warna kulit tidak merata dan foundation terlihat transparan.

Jika Anda mencoba tips tersebut kemudian terlihat warna foundation membaur dan sangat menyatu dengan warna kulit, berarti Anda sudah berhasil memilih warna foundation yang cocok untuk kulit wajah Anda.

-Kuning Langsat 
Wajah kuning langsat lebih mudah memilih foundation. Warna kuning langsat memberi efek wajah yang lebih cerah. Disarankan untuk memakai foundation yang sama dengan warna kulit. Untuk pemilik jenis kulit kuning langsat, foundation dapat digunakan hanya untuk menutupi flek hitam atau bekas noda.

-Sawo Matang
Untuk Anda yang memiliki kulit sawo matang, Anda masih dapat gunakan foundation dengan warna yang lebih gelap dari kulit. Bisa juga yang sama dengan warna kulit (recommended). Hindari foundation dengan warna terang. Yang akan menjadikan kulit wajah Anda seperti topeng serta menghasilkan make-up yang berkesan tidak natural.

Ketika Anda memilih menggunakan foundation satu tingkat lebih tua dari warna kulit wajah, maka sangat disarankan untuk memilih warna bedak satu tingkat lebih muda dari warna kulit wajah.

Pilih coverage dan tekstur foundation



Tentukan pilihan coverage (daya tutup yang diberikan produk), apakah Anda menginginkan coverage penuh, sedang, atau tipis. Anda bisa menentukan jenis coverage tergantung dari seberapa alami tampilan yang ingin Anda hasilkan dari pemakaian foundation, dan sesuaikan dengan jenis coverage yang disediakan oleh produk yang Anda gunakan.

Selain itu, pilih juga tekstur foundation yang akan Anda gunakan. Setiap tekstur foundation memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti:
Foundation cair adalah jenis foundation yang paling ringan dan termasuk paling mudah untuk dipulas pada wajah. Biasanya foundation berbasis minyak untuk kulit kering dan foundation cair berbasis air untuk kulit berminyak, normal, atau kombinasi.

Foundation cair sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit kering karena memberi efek melembapkan. Selain itu,  foundation cair juga cocok untuk kulit normal dan normal cenderung kering ataupun berminyak. Hal ini dikarenakan formulasinya sangat ringan daripada foundation tekstur lainnya.

Foundation krim digunakan untuk kulit normal dan sangat kering. Foundation ini mengandung minyak, bertekstur tebal, dan lembut yang dapat menyatu sempurna dengan kedua jenis kulit ini sehingga membuat kulit terasa lembab dan kenyal.

Foundation jenis ini secara umum memiliki tekstur yang cenderung creamy dan kental. Namun ada juga yang teksturnya benar-benar seperti krim. Foundation cream sangat baik dalam menutupi flek hitam dan cocok untuk segala jenis kulit, namun lebih sering digunakan oleh orang yang telah mengalami tanda-tanda penuaan.

Foundation gel merupakan jenis foundation yang cocok untuk kulit kering dan normal yang cenderung kering, karena teksturnya yang mirip dengan foundation cair. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah jerawat, bisa menggunakan foundation ini karena teksturnya yang cenderung ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Foundation padat, foundation tipe ini sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Foundation ini juga cocok untuk digunakan pada orang yang memiliki kulit berminyak dan normal.

Foundation padat direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak karena akan memberikan hasil akhir yang matte dan menempel sempurna pada kulit yang lembap.

Foundation powder sekilas memang mirip dengan bedak tabur, tetapi kemampuan mengcover akan lebih baik daripada bedak. Tekstur foundation yang satu ini sangat cocok untuk kulit berminyak atau untuk mereka yang ingin tampak lebih natural saat menggunakan foundation.

Jika Anda menginginkan foundation full coverage, Anda dapat  mencoba menggunakan foundation cair atau krim.Untuk penggunaan foundation sehari-hari Anda dapat memilih tinted moisturizer atau BB Cream atau CC Cream yang bisa meratakan warna kulit dan menghilangkan noda-noda pada wajah.

Jika Anda lebih suka natural look, pilihlah foundation dengan sheer coverage (tipis). Tapi, kalau Anda lebih suka makeup yang flawless, pilihlah full coverage foundation. Tapi, sebenarnya kembali lagi pada cara pengaplikasiannya. Sheer coverage foundation jika dipakai cukup banyak dan Anda tahu cara menerapkannya maka make-up Anda bisa juga jadi full coverage, dan begitu pula sebaliknya.

Coba langsung pada wajah



Mencoba mengaplikasikan langsung pada wajah merupakan cara jitu dalam menentukan pilihan foundation Anda. Kebanyakan orang biasanya mencoba foundation pada punggung tangan. Hal ini adalah cara yang salah. Karena warna kulit punggung tangan dan wajah berbeda maka cara terbaik untuk mencoba foundation adalah di sepanjang garis rahang dan di bawah pencahayaan yang beragam (dalam dan luar ruangan).

Mencoba foundation langsung pada area rahang serta leher merupakan cara yang lebih baik dibanding dengan mencobanya pada kulit bagian tubuh yang lain. Oleskan foundation pada kulit di bagian rahang dan leher lalu ratakan. Kemudian amati dengan menggunakan kaca rias dan perhatikan apakah warna kulit wajah sudah rata serta menyatu dengan foundation yang Anda pakai. Bila terlihat warna yang tidak rata, berarti warna foundation yang Anda pilih tidak tepat untuk kulit wajah Anda. Sedangkan bila warna foundation yang Anda pilih menyerap dan menyatu dengan warna kulit wajah, berarti itulah foundation yang cocok untuk wajah Anda.

Warna foundation yang benar akan menyatu dengan warna alami kulit. Pada beberapa orang yang memiliki warna kulit lebih kompleks, dapat melakukan pengujian warna foundation pada area T-zone, yaitu pada area dahi, hidung dan mulut.

Anda dapat mencoba beberapa foundation di saat yang bersamaan. Hal ini berguna untuk mengetahui foundation mana yang paling cocok di kulit Anda. Jangan pernah membeli foundation berdasarkan warna yang terlihat dari botol, karena warna tersebut akan terlihat berbeda ketika diaplikasikan ke kulit.

Jangan gengsi dan ragu untuk mencoba memakai produk selama 15 menit sebelum benar-benar membelinya. Hal ini dikarenakan ada beberapa produk yang mengalami perubahan warna asli setelah diaplikasikan pada kulit.

Coba foundation pada tempat yang terang



Hindari mencoba foundation di tempat yang kurang pencahayaan. Hal ini dikarenakan warna kulit bisa terlihat lebih gelap atau malah lebih terang. Yang termasuk dalam pencahayaan yang buruk, yaitu pencahayaan lampu neon (cahaya putih yang kuat di kamar mandi) serta cahaya kuning redup (tidak cukup cahaya). Lampu neon membuat Anda terlihat pucat, sementara pencahayaan kuning bisa membuat Anda terlihat kusam. Sebaiknya, mencoba foundation dilakukan di cahaya terang yang natural seperti sinar matahari alami.

Membuat warna campuran



Jika brand kosmetik kesayangan Anda tidak memiliki shade foundation yang cocok buat Anda, tidak perlu sedih, campurkan saja beberapa foundation hingga Anda mendapatkan warna yang sesuai. Umumnya mencampur dua foundation saja sudah cukup, tapi terkadang ada juga yang suka mencampurnya dengan tinted moisturizer dan BB cream. Anda bisa menggunakan mixing pallete yang dapat membantu Anda mencampur foundation.

Jika Anda kesulitan dalam memutuskan antara dua warna foundation yang hampir sama, pilihlah warna satu tingkat lebih terang daripada warna kulit alami Anda, dan Anda bisa mencampurnya dengan bronzer atau blush on.

Ganti setiap musim



Mungkin Anda berpikir kalau foundation itu cocok untuk digunakan sepanjang tahun. Padahal, foundation juga memiliki sifat seasonal dan harus dicocokkan juga berdasarkan musim. Foundation yang Anda pakai mungkin cocok ketika dipakai saat musim penghujan. Tapi, ketika dipakai saat panas terik, warna foundationnya bisa menjadi terlihat terlalu terang atau terlalu gelap. Karena itu, lakukan tes ulang foundation yang Anda gunakan ketika menginjak musim yang berbeda. Jika foundation Anda ternyata bisa digunakan untuk kedua musim, berarti bagus, Anda tak perlu belanja lagi. Tapi, jika warnanya agak berubah di kulit, maka Anda perlu belanja lagi foundation yang baru.

Tentukan look yang Anda inginkan



 Apakah Anda ingin melakukan Korean, Chinese, Japanese, British make-up look. Maka, pilihlah warna foundation yang satu tingkat lebih cerah daripada skintone Anda. Jika Anda ingin membuat Arabian-American make-up look, pilih shade foundation yang satu tingkat lebih gelap dari kulit Anda. Dan, jika Anda ingin mengikuti warna kulit Anda sendiri maka pilihlah yang paling pas dengan warna foundationnya

Selain warna, yang perlu diperhatikan dalam memilih foundation adalah jenis dan masalah kulit Anda. Apakah kulit Anda kering, sensitif, berminyak, atau sudah muncul tanda penuaan. Semua itu Anda sendirilah yang mengetahui.Karena itulah, sangat dianjurkan untuk mencari jenis foundation yang paling tepat sebagai solusi masalah pada kulit Anda dengan baik.


Langkah dalam mengaplikasikan foundation


-Gunakan kuas atau sponge makeup dengan gerakan menepuk melingkar untuk mengaplikasikan foundation supaya tampilan akhir lebih alami.
-Bubuhkan sedikit foundation pada tiga titik wajah yaitu pada dahi, pipi dan dagu. Kemudian oleskan hingga merata ke arah hidung. Untuk mendapatkan hasil yang merata, Anda dapat mengulangi aplikasinya sekali lagi. Bersihkan kuas setelah menggunakan foundation untuk menghindari foundation yang terkesan tebal dan menumpuk.
-Untuk foundation bubuk, celupkan kuas ke dalam serbuk satu kali saja, jangan diputar. Aplikasikan dengan gerakan menepuk melingkar pada T-zone. Khusus untuk kulit berminyak, pastikan untuk ‘menahan’ foundation dengan bedak tabur transluscent supaya tidak cepat luntur.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...