Sunday 28 January 2018

Hama Thrips (Thrips Sp.)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                        Hama Thrips (Thrips Sp.)

Deskripsi Hama Thrips (Thrips tabaci)

Hama thrips (Thrips Sp.) sudah tidak asing lagi bagi para petani cabai. Hama Thrips (Thrips tabaci Lindeman) adalah salahsatu jenis hama dari kelas insect atau kelas serangga yang berukuran sangat kecil dengan tipe mulut menusuk dan menghisap. Hama Thrips biasanya menyerang tanaman seperti cabai, mentimun, tomat dan bawang.



Hama thrips tergolong sebagai pemangsa segala jenis tanaman, jadi serangan bukan hanya pada tanaman cabai saja. Panjang tubuh sekitar + 1 mm, serangga ini tergolong sangat kecil namun masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Thrips biasanya menyerang bagian daun muda dan bunga . Gejala serangan hama ini adalah adanya strip-strip pada daun dan berwarna keperakan. Noda keperakan itu tidak lain akibat adanya luka dari cara makan hama thrips. Kemudian noda tersebut akan berubah warna menjadi coklat muda. Yang paling membahayakan dari thrips adalah selain sebagai hama perusak juga sebagai carrier atau pembawa bibit penyakit (berupa virus) pada tanaman cabai. Untuk itu, bila mengendalikan hama thrips, tidak hanya memberantas dari serangan hama namun juga bisa mencegah penyebaran penyakit akibat virus yang dibawanya.

Hama Thrips mempunyai ukuran sangat kecil yakni sekitar 1 mm, dengan warna kuning, coklat atau hitam pada tubuhnya, biasanya mudah ditemukan dibagian dalam pada daun yang diserangnya dengan hidup secara berkoloni. pada bagian hama Thrips jantan tidak memiliki sayap sedangkan hama Thrips betina mempunyai dua pasang sayap pada tubuhnya.

Hama yang mempunyai nama latin Thrips Tabaci Lindeman ini mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga sulit untuk melihatnya seluruhnya secara kasat mata, namun menurut beberapa artikel serangan hama Thrips ini dikategorikan serangan no. 1 karena jika hama Thrips menyerang akan mengakibatkan fatal bagi tanaman yang diserangnya.


Gejala yang diakibatkan serangan hama thrips diantaranya daun akan terdapat putih seperti perak kemudian berca tadi akan berubah warna menjadi kecolatan dan binting hitam dan dalam beberapa hari daun akan menjadi keriting dan daun akan sulit untuk berkembang hingga akhirnya akan rontok. serangan hama thrips akan meningkat pada musim penghujan karena dalam keadaan lembab hama thrips sangat menyukainya.

Serangan yang ditimbulkan seperti kriting pada daun, rontoknya bunga dan lebih parah akan terhentinya pertumbuhan pucuk karena daun mengalami kering dan rontok. sebenarnya serangan hama thrips tidak begitu bahaya namun yang lebih bahayanya adalah virus yang ditularkan disaat ia mengigit dan menghisap cairan didalam daun pada tanaman.

Pengendalian secara kultur teknis maupun kimiawi. Kultur teknis dengan pergiliran tanaman atau tidak menanam cabai secara bertahap sepanjang musim. Selain itu dapat menggunakan perangkap kuning yang dilapisi lem.

Hama thrips diklasifikasikan kedalam ordo Thysanoptera atau hewan yang mempunyai siklus hidup paurometabola yakni telur, nimfa dan kemuidan menjadi imago. Untuk lebih lengkap tentang klasifikasi dari hama thrips bisa kita lihat dibawah ini.

waspada barang tiruan



Hama Thrips mempunyai siklus hidup cukup singkat yakni sekitar 3 minggu, sehingga dalam satu tahun hama Thrips ini bisa mencapai 5 sampai 10 generasi yang hidup. hama Thrips berkembang biak dengan secara partenogenesis atau dapat menghasilkan telur tanpa melalui proses kawin terlebih dahulu. setiap koloni telur hama thrips bisa mencapai 80 samapai 120 butir telur.




beli sekarang
*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif
beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...