Monday 29 January 2018

KLASIFIKASI DAN CIRI - CIRI WALANG SANGIT


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
             KLASIFIKASI DAN CIRI - CIRI WALANG SANGIT

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI HEWAN WALANG SANGIT

Artikel tentang walang sangit ini akan menjelaskan ciri ciri walang sangit lengkap beserta klasifikasi dan morfologi walang sangit (klasifikasi dan deskripsi walang sangit).

Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Walang Sangit
Walang sangit adalah serangga yang menjadi hama utama pada tanaman budidaya seperti padi. Hewan ini dinamai walang sangit merujuk pada insting pertahanan dirinya yang mengeluarkan aroma yang menyengat hidung (‘sangit’ dalam Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda artinya adalah ‘bau yang menyengat).
Daerah persebaran walang sangit di antaranya di daerah Asia Tenggara, Kepulauan Fiji, Australia, Srilangka, India, Jepang, Cina, Pakistan dan Indonesia. 




Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi walang sangit :

Klasifikasi Hewan Walang Sangit

Nama ilmiah walang sangit atau nama latin walang sangit adalah Leptocorisa acuta. Taksonomi walang sangit adalah sebagai berikut :

waspada barang tiruan
                                                                   Tabel : klasifikasi walang sangit


Morfologi Hama Walang Sangit

Berikut ini ciri ciri khusus walang sangit dan fungsinya :
Hewan ini mudah dikenali dari bentuknya yang memanjang dan berukuran sekitar 2 cm, berwarna coklat kelabu dan mempunyai belalai yang berguna untuk menghisap cairan tumbuhan. Walang sangit adalah anggota ordo Hemiptera (bangsa kepik sejati).

Walang sangit mengalami metamorfosis sederhana, perkembangannya dimulai dari fase telur, nimfa dan Imago. Telur walang sangit berbentuk seperti cakram yang berwarna merah gelap atau kecokelatan, dan diletakan secara berkelompok. Setiap kelompok telur biasanya berjumlah 10 sampai 20 butir.
Telur-telur ini biasanya diletakkan di bagian atas permukaan daun, dekat ibu tulang daun. Peletakan telur umumnya dilakukan pada saat padi berbunga.

Nimfa walang sangit berwarna kekuningan, kadang-kadang nimfa tidak terlihat karena warnanya menyerupai warna daun. Nimfa berukuran lebih kecil dari serangga dewasa dan tidak mempunyai sayap. Serangga dewasa berbentuk ramping dan berwarna cokelat, panjangnya sekitar 14 – 17 mm dan lebarnya kira-kira 3 – 4 mm dengan tungkai dan antenna yang panjang.

Setelah menetas, nimfa bergerak ke malai untuk mencari bulir padi. Nimfa ini aktif bergerak untuk mencari bulir-bulir yang cocok sebagai makanannya, bulir yang sudah mengeras tidak disukai.



Walang sangit merusak tanaman padi dengan cara menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga dan cairan buah padai yang masih berada di tahap masak susu. Hal ini menyebabkan tanaman kekurangan unsur hara dan tanaman mengalami klorosis dan perlahan-lahan melemah lalu mati. Pada bekas tusukan walang sangit, timbul bercak-bercak putih yang disebabkan cendawan Helminthosporium.


Hama walang sangit dapat dikendalikan serangannya menggunakan berbagai cara yang meliputi cara pengendalian hayati, cara pengendalian kultur teknis, dan pengendalian kimiawi.




beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif


beli sekarang gif


pasang iklan disini




loading...