Saturday 3 February 2018

Cara Menyemai Bibit Cabe Supaya Cepat Tumbuh


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
             Cara Menyemai Bibit Cabe Supaya Cepat Tumbuh



Cara Menyemai Bibit Cabe. Budidaya Cabe diawali dengan pemilihan bibit. Pemilihan bibit merupakan langkah awal yang sangat penting, karena akan berdampak pada pertumbuhan tanaman dan hasil produksi tanaman. Bila kita memilih bibit yang tidak baik, tentu saja hasilnya pun tidak baik pula. Bibit cabe dapat diperoleh melalui dua cara yaitu dengan membeli di toko pertanian baik berupa varietas lokal, OP maupun hibrida dan atau dengan cara membenihkan sendiri dari hasil panen sebelumnya.

Pemilihan bibit lokal, OP atau hibrida tergantung pribadi masing-masing. Tetapi akan lebih bagus hasilnya jika menggunakan bibit hibrida atau OP yang unggul. Karena dari pengalaman yang ada, hasil produksi bibit hibrida atau varietas OP yang unggul jauh lebih baik dibandingkan varietas lokal. Tidak hanya dari hasil produksinya saja, keunggulan bibit cabe hibrida dapat dilihat dari vigor, kesaragaman tanaman, ketahanannya terhadap penyakit, dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi, serta dapat dipanen pada umur 80-90 hari setelah tanam.

Menyemai bibit cabe di dalam polybag bertujuan agar saat bibit cabai ditanam dalam media pot dapat tumbuh secara langsung tanpa mengalami masa penyesuaian. Menyemai bibit cabe di dalam polybag dapat mengurangi resiko bibit cabe mati setelah ditanam. Hasil proses menyemai bibit cabe di dalam polybag menghasilkan kualitas tumbuh yang maksimal tanpa ada masa delay atau penyesuaian terhadap situasi iklim di sekitarnya, karena pada saat proses menyemai bibit cabe di dalam polybag dapat langsung meletakan bibit dengan situasi dan iklim yang sama dengan lokasi bibit cabe yang akan di budidayakan.

Membeli Bibit Cabe

Untuk memenuhi kebutuhan para petani, selain menyediakan Pupuk Organik untuk segala jenis tanaman, PT Natural Nusantara (NASA) mempersembahkan benih dan bibit tanaman super dan berkualitas demi memajukan pertumbuhan pertanian Nusantara.

Benih dan Bibit merupakan satu hal terpenting untuk mencapai hasil yang memuaskan, NASA dengan aspek K-3 (Kuantitas Kualitas dan Kelestarian) melakukan penelitian dan pengemasan Bibit Cabe Unggul.

Bibit Unggul Cabe Merah Keriting Kawat


Merupakan bibit jenis Open Pollinated (OP) menghasilkan buah berwarna merah mengkilap, lentur dan tidak mudah patah. Bibit unggul Sahabat dari NASA ini memiliki buah lebat dan tidak mudah rontok. Panjang buah antara 15-18 cm dengan diameter 0,6-0,8 cm. Tanaman vigor dan toleran terhadap penyakit patek. Dapat dibudidayakan di semua ketinggian tempat.

Bibit Unggul Cabe Rawit Genie


Merupakan bibit jenis OP (Open Pollinated) dari PT. Natural Nusantara dan termasuk jenis Annum yang merupakan kelompok cabe dengan ukuran yang besar. Cabe rawit Genie merupakan benih unggul yang memiliki buah lebat, rasa sangat pedas dan berwarna hijau terang. Warna pada saat masak merah mengkilap dan mulus. Jenis cabe ini merupakan tanaman vigor dengan banyak cabang samping yang produktif.

Dibutuhkan bibit cabe sebanyak 1-1,25 sachet per 1000 m² lahan. Sebelumnya bibit direndam terlebih dahulu ke dalam larutan POC NASA dengan anjuran 0,5-1 tutup per 1 liter air hangat dan diperam selama semalam.

Membuat Bibit Cabe Sendiri

Syarat buah cabe yang dapat dijadikan sebagai bibit :

Calon bibit harus memiliki ciri fisik yang baik seperti bentuk, ukuran dan warna calon bibit harus seragam, permukaan kulitnya bersih (tidak keriput dan tidak cacat), dan warnanya kulitnya cerah.

Biji untuk bibit diperoleh dari buah yang dipetik dari cabang tanaman yang paling bawah, karena biasanya benih akan lebih cepat tumbuh setelah disemaikan

Buah telah benar-benar masak dan kulit luarnya terlihat mengkilap

Ukuran buahnya lebih besar dari ukuran normal, berkisar panjang 3.5 cm (Cabai Rawit Putih dan 2.5-3.0 Cabai Rawit Hijau)

Buah bersih, tidak berbintik dan tidak terkena hama atau penyakit

Tanaman sehat, tidak sedang terserang hama dan penyakit

Pertumbuhan batang, cabang, ranting, dan daunnya subur

Umur minimal 7-8 bulan, karena produksi buahnya sudah mencapai maksimal

Tanaman sebaiknya berbuah lebat

Sebelumnya bibit direndam terlebih dahulu ke dalam larutan POC NASA dengan anjuran 0,5-1 tutup per 1 liter air hangat dan diperam selama semalam.

Cara Menyemai Bibit Cabe

Penyemaian bibit cabe disarankan untuk menggunakan polybag plastik atau contong daun pisang. Karena jika penyemaiannya dengan cara ditabur, akan banyak benih yang tumbuh berhimpit sehingga tidak dapat semua tanaman dimanfaatkan. Hal ini sangat disayangkan karena benih cabe varietas hibrida harganya sangat mahal.

Persiapan Persemaian

Arah persemaian menghadap ke arah timur dan diberi naungan plastik untuk melindungi dari terik matahari dan air hujan
Media tumbuh dibuat dari campuran tanah dan kompos yang telah disaring dengan perbandingan 3:1, gunakan polybag bibit ukuran 4 x 6. Sebelum digunakan, pupuk kandang 25-50 kg dicampur dengan Natural GLIO 100 gr dan didiamkan selama 1 minggu.





Penyemaian

Gunakan benih yang tenggelam, jangan yang terapung
Masukkan satu per satu benih cabe ke dalam polybag, lalu tutup dengan lapisan tanah tipis dan kompos yang telah diayak
Semprot dengan POC NASA dengan dosis 1-2 tutup per tangki saat umur 10 dan 17 HSS (Hari Setelah Tanam)
Lakukan penyiraman satu kali sehari

Bibit Siap Tanam

Pilih bibit yang pertumbuhannya seragam, kuat, tumbuh mulus dan tidak terkena penyakit
Bibit yang pertumbuhannya normal akan memiliki 5-6 helai daun pada umur 21-30 hari
Bibit yang telah tumbuh dan telah mencapai pertumbuhan seperti diatas telah siap untuk dipindahtanamkan ke lahan budidaya.


Demikianlah cara Menyemai Bibit Cabe agar tanaman cepat tumbuh dengan maksimal. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.








beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.


beli sekarang gif


beli sekarang gif


pasang iklan disini




loading...