Friday 2 February 2018

Manfaat Koro Benguk (Mucuna Pruriens)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
              Manfaat Koro Benguk  (Mucuna Pruriens)


Koro Benguk  dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini dikenal dengan nama velvet bean, bengal velvet bean, florida velvet bean, mauritius velvet bean, yokohama velvet bean, cowage, cowitch, lacuna bean, dan iyon bean.

Mucuna Pruriens (Koro benguk) pada kenyataannya menyimpan khasiat obat yang demikian dahsyat. Peneliti-peneliti, dari India terutama, hingga kini terus menggali dan mengembangkan potensinya untuk obat modern berdasarkan pemanfaatannya sejak lama sebagai obat tradisional. Salah satu di antaranya untuk obat kesuburan pria.

Di era modern ini koro benguk juga diperdagangkan dalam bentuk aneka bentuk olahan dan kemasan, sebagai suplemen kesehatan. Sebagian memakai nama ilmiahnya, “Mucuna Pruriens”.

Koro benguk juga diolah menjadi tempe benguk dan menjadi makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian juga dilakukan untuk upaya mengembangkannya menjadi susu, seperti susu kedelai.

Koro benguk adalah tumbuhan kacang-kacangan yang berasal dari daerah tropis Asia dan tropis Afrika, yang kemudian dibudiyakan di seluruh dunia.

Di India, koro benguk memiliki banyak nama, sesuai nama lokalnya. Di antaranya, seperti dikutip dari Wikipedia, yakni atmagupta, kapikacchu (Sanskrit), kiwanch, kooch (Hindi), alkushi (Bengali), poonaikkaali (Tamil). Di Nepal, koro benguk dikenal dengan nama kauchho atau kauso. Di Afrika, nama yang dikenal adalah "devil beans" (Nigeria, dalam bahasa Inggris), feijao maluco ("mad bean", Angola dan Mozambique), huriri (Zimbabwe).

Nama lain koro benguk adalah frijol de Abono (Guatemala), fogarete (Dominika), picapica (Spanyol, Puerto Riko), po-de-mico, feijao-da-florida, feijao-cabeludo-da-india, feijao-de-gado, feijao-mucuna, mucuna-vilosa (Brasil dan Portugal), ci mao li dou (Tiongkok), juckbohne (Jerman), mah mui (Thailand), dau meo rung, Äau ngua, moc meo (Vietnam), kway lee yerr thee (Myanmar),

Kara benguk atau kacang babi (Mucuna pruriens) adalah tumbuhan perdu merambat dengan tinggi 6 - 15 m. Ketika tumbuhan ini masih muda, bulu halus menutup seluruh bagian tumbuhan, yang kemudian hilang seiring pertumbuhan. 

Daunnya menyirip ganda tiga, berbentuk telur. Pada tumbuhan muda, daun-daun ini tertutup bulu halus. Bunganya membentuk rangkaian, dengan mahkota berwarna keunguan atau putih.

Buahnya adalah buah polong, yang menggerombol pada batang. Polong koro benguk lonjong, mengutip dari faperta.uho.ac.id, dengan panjang 4 – 15 cm, yang mengandung 3 – 6 biji. Polong yang masih muda dapat dimakan setelah direbus terlebih dahulu. Bijinya berukuran sebesar ujung kelingking, berbentuk hampir persegi dengan tebal 5 mm. Biji yang sudah tua, bisa untuk pengganti kacang kedelai untuk membuat tempe.

Manfaat dan Khasiat Koro Benguk:


Publikasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan koro benguk mengandung energi sebesar 332 kilokalori, protein 24 gram, karbohidrat 55 gram, lemak 3 gram, kalsium 130 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram. Selain itu di dalam koro benguk juga terkandung vitamin A sebanyak 70 IU, vitamin B1 0,3 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari penelitian terhadap 100 gram koro benguk, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 95 persen.
Data dan referensi koro benguk tidak sebanyak koro pedang. Juga, tidak banyak peneliti di Indonesia meneliti koro benguk. Salah satu penelitian, di antaranya dilakukan dua peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Kementerian Pertanian dan Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta IPB, Ratri Tri Hapsari dan Eny Widajati, yang melakukan studi perkecambahan koro pedang dan koro benguk “Studi Karakteristik Perkecambahan Beberapa Lot Benih Koro Pedang Tipe Tegak (Canavalia ensiformis), Tipe Merambat (Canavalia gladiata), dan Koro Benguk (Mucuna pruriens, L., DC.)”.

Menarik, kedua peneliti menyebutkan kacang-kacangan lokal yang melimpah dan potensial, karena memiliki kandungan nutrisi hampir sama dengan kedelai, termasuk koro benguk, sampai saat ini belum dikembangkan secara optimal sehingga pemanfaatannya relatif terbatas.

Kacang-kacangan lokal, menurut kedua peneliti, tidak memerlukan persyaratan tumbuh yang rumit. Kacang-kacangan tersebut mampu hidup pada kondisi kekeringan, lahan masam dan salin, serta berpotensi sebagai bahan obat-obatan.

Studi yang dilakukan Sakti PC Pandiangan (2008), seperti dikutip dari repository.ipb.ac.id, menyebutkan koro benguk merupakan tanaman cover crop yang dapat tumbuh di lahan bekas penambangan batubara. Tumbuhan ini dapat menaikkan pH tanah, meningkatkan ketersediaan N dalam tanah, dan sebagai tanaman konservasi yang dapat mengurangi erosi tanah.

Koro benguk sangat populer di India sebagai tumbuhan berkhasiat obat. Pemanfaatannya sudah lama dikenal melalui tradisi pengobatan Ayurveda, untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk parkinson, seperti dapat dibaca di Wikipedia, mengutip dari studi Sathiyanarayanan dan tim pada 2007.

Koro benguk dilaporkan mengandung Levo-dihydroxy phenylalanine (Levadopa/L-dopa), asam amino dan hormon, suatu prekursor metabolik dopamine yang dapat menembus sawar darah otak, yang membantu penderita parkinson (Shaman Australis Botanicals 2012). Karena itu pula, L-dopa dari koro benguk diperdagangkan dalam aneka kemasan. 

Berdasarkan tradisi pengobatan Ayurveda pula, koro benguk memiliki khasiat sebagai zat perangsang. Peneliti India mendapati koro benguk memiliki khasiat mengobati artritis.

Velvet bean (Mucuna pruriens). Bahan ini banyak digunakan dalam dunia forensi dan telah terbukti mampu meningkatkan hormon testosteron pada pria. Sehingga akan adanya peningkatan ke arah pengendapan protein otot dan meningkatkan masa otot serta kekuatannya.

Velvet bean untuk meningkatkan produksi sperma. Kandungan velvet bean terkenal mampu meningkatkan produksi sperma. Secara klinis telah diketahui bahwa hormon testosteron bisa meningkat karena konsumsi bahan ini.

Velvet bean untuk meningkatkan masa otot penis. Bagi anda yang ingin memiliki penis dengan ukuran besar, maka jalan paling tepat adalah dengan meningkatkan masa otot penis. Caranya dengan mengkonsumsi obat herbal yang mengandung velvet Bean.

Velvet bean memiliki kandungan anti depresan. Velvet bean juga dikenal sebagai bahan untuk menghilangkan depresi pada saat dikonsumsi. Bahkan mampu menjadi neuroprotektif yang mampu melindungi syaraf agar bisa bekerja secara normal dan baik.

Velvet bean untuk meningkatkan kualitas sperma. selain meningkatkan produksi sperma, velvet bean juga ternyata mampu meningkatkan kualitas sperma dengan baik. Bahkan berdasarkan uji klinis konsentrasi sperma bisa meningkat dengan kembali normalnya spermatogenesis akibat mengkonsumsi bahan ini.


Velvet bean (Mucuna Pruriens) telah diuji secara klinis oleh dokter ahli kesehatan mengenai fungsi dan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Jadi saat ini anda bisa mendapatkan manfaatnya tanpa efek samping apapun.

Kacang kara benguk (Mucuna pruriens L.) merupakan tanaman herbal di Indonesia yang berpotensi sebagai obat. Kacang kara benguk memiliki kandungan protein yang tinggi, oleh sebab itu kacang kara benguk lebih sering diolah menjadi bahan baku pembuatan tempe benguk.

Dilihat dari tanaman kacang kara benguk seperti bijinya dapat difermentasikan menjadi tempe benguk yang berkhasiat sebagai bahan baku penghasil energi dan dapat direbus yag berkhasiat sebagai afrodisiak, polong dan daun mudanya dapat dijadikan sayur mayur, getah dari batang dapat menghentikan pendarahan luka kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan kandungan kacang kara benguk (Mucuna pruriens L.) sebagai obat.


Hasil penelitian  yang diperoleh kacang kara benguk (Mucuna pruriens L.) memiliki banyak kandungann dan manfaat seperti zat levodopa yang berkhasit sebagai afrodisiak, selain itu bisa juga untuk penderita parkinson (pikun) dan dapat mengurangi stress, 5-HTP, DMT, DMT-n-oxide, N, N-DMT, 5-MeO-DMT-n-oxide, nicotinebufotenine, bufotenine, beta-carboline, nicotine and 5-hydroxytryptamine yang dapat memberikan efek psychedelic serta Alkaloid, kumarin, flavonoid, mentionin, tirosin, dan alkilamin menunjukan adanya aktivitas yang dapat meningkatkan antioksidan.


Koro benguk mengandung empat jenis isoflavon. Kandungan isoflavon yang dimiliki kacang koro benguk dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tempe yang bergizi.




beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

beli sekarang gif


beli sekarang gif


pasang iklan disini




loading...