Wednesday 23 January 2019

Berbagi Tips: Cara Menggunakan Produk Sunscreen Yang Benar


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Menggunakan Produk Sunscreen Yang Benar

Definisi cantik sering kali dikaitkan dengan wanita berwajah mulus dan cerah. Karena itulah banyak wanita yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk-produk kecantikan. Menggunakan produk sunscreen merupakan hal yang wajar dilakukan kaum wanita , tapi perlu diingat, jangan asal oles sunscreen. Perhatikan cara penggunaan sunscreen supaya kulit Anda dapat terlindung secara maksimal.


Sinar matahari dipercaya menjadi faktor penyebab perubahan pada kulit dan menjadikannya lebih gelap. Ternyata perubahan warna itu terjadi karena kulit melindungi dirinya dari sinar UV, Bahaya yang sebenarnya bukan kulit menjadi gelap, tetapi sinar UV juga menjadi penyebab penuaan dini dan risiko terkena kanker kulit.


Sunscreen ataupun Sunblock menjadi hal yang wajib dirangkaian skincare routine banyak wanita. Penggunaan sunscreen dilakukan untuk menghalangi sengatan sinar matahari yang menganggu kesehatan kulit tubuh, tetapi, penggunaan yang kurang tepat atau hanya sekedar asal oles saja akan sangat mengurangi efektivitas dari sunscreen untuk melindungi kulit cantik Anda dari bahaya sinar matahari.


Menggunakan sunscreen sering kali dianggap merepotkan, karena Anda merasa memakai kosmetik yang mengandung SPF sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal, kosmetik yang mengandung SPF belum cukup melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Kulit juga akan mengalami kerusakan bertahap seperti penuaan dini.


Produk sunscreen memiliki beragam jenis, mulai dari lotion, spray, hingga krim pekat. Dari jenis-jenis tersebut sangat dianjurkan untuk memilih produk yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Sama halnya dengan menggunakan kosmetik, sunscreen yang digunakan juga tetap harus menyesuaikan jenis kulit Anda. Pemilihan tekstur produk juga sangatlah penting, dan jika Anda tidak nyaman menggunakan sebuah produk, karena memiliki tekstur yang lengket ataupun memiliki aroma yang tidak Anda sukai, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi malas menggunakan produk tersebut berulang kali, padahal penggunaan sunscreen harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

Jika sunscreen yang Anda pakai membuat kulit Anda kering, maka kondisi tersebut akan menjadikan kulit Anda semakin kusam. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengenali terlebih dahulu tipe kulit Anda, sehingga dapat memilih produk yang tepat. Atau jika dirasa kurang melembabkan, Anda dapat mengoleskan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan produk sunscreen.


Tidak ada sunscreen yang melindungi kulit hingga 100%, maka dianjurkan bagi Anda untuk melakukan kembali pengaplikasian sunscreen pada kulit saat Anda membutuhkan ataupun juga setelah selesai berenang meskipun produk sunscreen yang Anda gunakan adalah produk tahan air, tetapi tetap saja efektivitasnya akan menurun setelah Anda selesai berenang. Karena itulah pengaplikasian kembali produk sunscreen sangat dianjurkan.

Sama seperti produk kosmetik pada umumnya, tanggal kadaluarsa sangat berpengaruh pada kualitas bahan yang terkandung dalam sunscreen. Telititi sebelum memakai.

Cara penyimpanan sunscreen juga berpengaruh. Jika ingin kualitas produk tetap terjaga dan tahan lama simpan kemasan sunscreen dalam laci atau tas untuk menghindari paparan suhu panas yang akan menurunkan kualitasnya.


Sinar UVA dapat menyebabkan kerutan, penuaan dini, hingga kanker kulit, sedangkan UVB dapat membuat kulit Anda terbakar. Dalam kemasan sunscreen biasanya tertera apa saja kandungannya, termasuk SPF yang merupakan perkiraan berapa lama sinar matahari akan membakar kulit. Perlindungan yang diberikan produk kosmetika dengan formula SPF yang mampu melindungi kulit dari UVB saja tidaklah cukup, maka dianjurkan kepada Anda untuk memilih produk sunscreen yang juga melindungi Anda dari sinar UVA, produk ini biasanya ditandai dengan kode PA+, PA ++, PA+++. Dan jika pada label tidak tertera sebaiknya Anda perlu melakukan pemeriksaan kandungannya apakah mengandung zink atau avabenzone. Dua bahan aktif tersebut dapat melindungi kulit dari bahaya kanker.


Agar dapat melindungi kulit dengan efektif, sunscreen perlu diaplikasikan dengan takaran yang tepat. Tekstur sunscreen memang cenderung ‘berat’, terkadang membuat seseorang memilih untuk mengaplikasikan hanya sedikit produk pada wajah. Hal ini tentu dapat membuat perlindungan sunscreen terhadap kulit menjadi kurang maksimal.

Penggunaan sunscreen memang sedikit berbeda dengan krim-krim lain yang biasa Anda pakai. Bila sunscreen yang dioleskan hanya sedikit dari yang dianjurkan, maka nilai SPF nya juga akan turun serta tidak akan memberi hasil optimal dan umumnya dari Anda menggunakan sunscreen hanya pada kulit yang terpapar matahari saja. Sebenarnya menggunakan sunscreen yang baik adalah rata ke seluruh bagian tubuh, meskipun bagian tersebut ditutupi oleh baju. Jika sunscreen tidak digunakan ke seluruh tubuh, hasilnya tidak akan optimal. Sehingga kulit Anda masih mungkin terpapar sinar matahari. Dan untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen yang Anda gunakan, Anda perlu untuk mengoleskannya dua kali, caranya yaitu dengan mengoleskan satu kali pada masing masing kaki dan tanganmu, kemudian tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal yang sama sekali lagi. Untuk daerah wajah, gunakan sunscreen sebesar biji kacang kedelai pada bagian pipi, dahi, dan dagu. Kemudian oleskan secara merata dan tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal sama sekali lagi pada wajah Anda untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.


Hidung merupakan bagian tubuh yang paling banyak terkena paparan sinar matahari, namun masih banyak di antara kita yang kurang memberi perhatian pada bagian wajah yang satu ini dan asal mengoleskan sekenanya. Padahal hidunglah yang seharusnya diberikan perhatian khusus dan pengolesannya pun harus sama dengan bagian tubuh yang lain, yaitu secara merata dan berlapis. Disarankan juga untuk mengunakan sunscreen pada area belakang telinga, leher, maupun belakang leher. Daerah tersebut juga rentan terpapar sinar matahari langsung meskipun letaknya berada di area tersembunyi.

Bibir merupakan bagian tubuh yang harus dilindungi. Tetapi jangan menggunakan sunscreen tubuh untuk diaplikasikan pada bagian bibir Anda. Gunakanlah lip balm sedikit tebal yang mempunyai kandungan SPF yang baik untuk melindungi bibir Anda.

Sunscreen untuk badan biasanya berbeda dengan sunscreen wajah. Gunakan sunscreen yang memang khusus untuk wajah atau sunscreen badan yang diperbolehkan untuk wajah. Pasalnya, sunscreen untuk wajah mengandung formula yang lebih sensitif, melindungi dari iritasi, dan tidak memicu jerawat.


Kulit membutuhkan waktu setidaknya 30-60 menit untuk menyerap sunscreen. Jadi jika Anda baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas keluar rumah atau saat berada di bawah sinar matahari, kulit Anda tidak akan mendapatkan perlindungan apa pun dan akan berisiko terbakar matahari. Berikan waktu pada sunscreen untuk meresap secara sempurna pada kulit, supaya dapat memberikan perlindungan optimal.

Produk sunscreen memang tidak bisa hanya satu kali pakai untuk seharian, idealnya pemakain sunscreen harus diulang pemakaiannya dalam dua sampai tiga jam setelah pemakaian pertama.Hal itu disebabkan tabir surya yang telah dioleskan akan mudah hilang ketika terkena keringat selama beraktivitas  dan walaupun beberapa sunscreen mengklaim bahwa produk mereka tahan air, namun jangan lupa dengan kandungan SPF nya yang merupakan perkiraan daya tahan sunscreen untuk melindungi kulit harus mewajibkan Anda melakukan re-apply.


Ada beberapa hal yang dapat memudarkan sunscreen dari kulit. Air, keringat, dan paparan sinar UV adalah beberapa di antaranya. selain 3 hal tersebut, ada satu penyebab lagi yang sulit untuk dihindari, yaitu minyak alami kulit. Hal inilah yang membuat pengaplikasian ulang sunscreen dibutuhkan. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan mineral powder dengan kandungan SPF. Mineral powder dapat membantu menahan minyak berlebih pada wajah.



Bagaimanapun cuacanya, Anda harus selalu menggunakan sunscreen, sekalipun saat musim hujan. Sinar UVB yang menyebabkan luka bakar memang melemah pada saat musim hujan, namun sinar UVA datang lebih kuat. Sinar UVA dan UVB sama-sama dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan sel. Karena itulah, Anda tetap harus menggunakan sunscreen, meskipun saat musim hujan ataupun ketika mendung. Menggunakan sunscreen juga berfungsi untuk menjaga kelembababn kulit sehingga kulit tidak akan dehidrasi. Seperti yang dilansir pada laman stylist.com, Dr. Anjali Mahto juga menyarankan untuk rutin menggunakan produk yang memiliki SPF pada area wajah, leher, dan tangan. Dr. Anjali Mahto menyarankan pula untuk menggunakan produk yang memiliki formula SPF setelah menggunakan produk skin care serum dan pelembab di pagi hari. Jika Anda memiliki kulit yang rentan terhadap jerawat, pastikan Anda menggunakan produk SPF yang bebas dari kandungan minyak dan non-comedogenic yang menyumbat pori-pori di kulit wajah.


Bagi kulit sensitif, perlindungan terhadap sinar matahari tentu sangat diperlukan. Namun, pemilihan produk sunscreen yang digunakan pun harus lebih teliti terhadap formula kandungan yang dapat menyebabkan iritasi atau breakout pada kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, Anda dapat memilih sunscreen bertekstur ringan dengan kandungan zinc oxide. Kandungan tersebut dapat melindungi kulit dengan baik tanpa menyumbat pori-pori atau membuat kulit greasy. Zinc Oxide juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit breakout.

Sama dengan pemakaian skin care ataupun produk make up lainnya, Anda tidak boleh malas untuk cuci muka karena produk kecantikan yang Anda pakai pada wajah seharian ditambah polusi debu dan lainnya akan menumpuk serta menutup pori-pori wajah yang akan membuat wajah Anda kusam bahkan berjerawat, karena itulah, Anda diharuskan untuk tetap rajin membersihkan muka setelah seharian beraktivitas. Eksfoliasi juga merupakan aktifitas yang tidak kalah penting untuk mendapatkan wajah yang bersih dan cerah.

Demikianlah panduan penggunaan produk sunscreen yang baik dan benar supaya kulit Anda terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh sinar matahari. Cara di atas ditujukan supaya pengaplikasian sunscreen dapat melindungi kulit tubuh Anda secara maksimal. Pastikan Anda memilih sunscreen dengan teksur yang nyaman sehingga tidak greasy saat digunakan dan cari tahu takaran yang tepat untuk wajah Anda. Semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...