Wednesday 23 January 2019

Kosmetik Sehat: Penjelasan Tentang SPF serta Manfaatnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan Tentang SPF serta Manfaatnya

Memiliki kulit cantik dan juga lembut merupakan impian bagi para wanita. Dan salah satu cara untuk mendapatkan kulit lembab dan tidak kering adalah dengan cara mengoleskan lotion yang mengandung SPF pada tubuh kalian.

Seiring meningkatnya kesadaran wanita akan bahaya sinar matahari, banyak produk kosmetik yang dibuat dengan tambahan SPF (sun protecting factor).

Pasti Anda sering menjumpai label SPF pada produk kecantikan, namun apakah Anda mengetahui apa sebenarnya SPF itu sendiri dan apa kegunaan SPF sebenarnya?. Angka yang tertera di belakang SPF pada suatu produk kosmetik juga akan membedakan seberapa besar sunscreen tersebut mampu melindungi Anda dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit memerah seperti terbakar. Sinar ini biasanya akan menyerang lapisan epidermis pada kulit. Walaupun satu produk dengan lainnya berbeda sebenarnya tidak terlalu jauh definisinya dan meskipun tidak ada jaminan bahwa SPF dapat memproteksi kulit 100%. Artinya kulit Anda bisa saja gosong apabila cuaca sedang dalam keadaan terik-teriknya. Namun, penggunaan SPF sangat dianjurkan untuk melindungi kerusakan kulit dalam jangka waktu panjang. SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Maka tidak heran jika menggunakan produk kecantikan yang mengandung SPF sangat dianjurkan sebelum pergi beraktivitas di bawah terik matahari.


Sinar matahari merupakan penyebab utama dari proses penuaan kulit. Lebih dari alkohol, rokok, dan pola makan yang buruk. Sinar UV (sinar matahari yang mencapai bumi) jika terpapar secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan kulit. Sinar UV akan memecah kolagen yang ada didalam tubuh dan merusak proses pembentukan kolagen baru. 75 persen kulit terbentuk dari kolagen (protein pembentuk kulit), memberi elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan kulit.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yang merupakan ukuran seberapa baik suatu produk (sunscreen) dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB (radiasi yang dapat menyebabkan sunburn dan menyebabkan kanker kulit). SPF sendiri biasanya memiliki angka labeling masing-masing, seperti SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan sebagainya. Semakin tinggi level SPF pada sebuah produk kecantikan, semakin ampuh pula produk tersebut untuk melindungi kulit Anda, tetapi produk dengan SPF yang tinggi bukan berarti melindungi agar kulit Anda tetap putih setelah terkena sinar matahari.



Angka SPF menunjukkan seberapa kuat sunscreen yang kita pakai untuk memberikan perlindungan dari sunburn, SPF bukan merujuk pada waktu, melainkan pada intensitas radiasi UV yang bisa di-block oleh sunscreen. Akan tetapi intensitas UV yang dipancarkan sinar matahari berbeda-beda tergantung waktu. Pada pagi hari intensitas UV tentunya lebih rendah dibandingkan dengan tengah hari, tetapi angka SPF yang tertera pada produk kosmetik akan dapat menjadi panduan berapa lama produk tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pemilihan produk dengan formula SPF sangatlah disarankan supaya kulit tidak terbakar. Apalagi jika Anda sedang menghabiskan liburan dibawah terik matahari.

Kegunaan SPF adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB dan angka pada label SPF mengacu pada berapa lama sunscreen tersebut dapat melindungi kulit Anda.Dengan mengetahui angka SPF pada label suatu produk kosmetik Anda bisa mengukur waktu tersebut dengan cara, mengalikan waktu sampai terkena sunburn dengan angka pada SPF. Jika tanpa menggunakan SPF maka kulit Anda akan terkena sunburn dalam kisaran waktu 10 menit pada saat terpapar matahari, dengan menggunakan produk yang mengandung SPF kalian dapat terpapar matahari tanpa terkena sunburn dengan sekitaran waktu yang ditunjukkan oleh produk kosmetik tersebut. Angka yang tertera di belakang kode SPF merupakan suatu keterangan seberapa lama zat SPF tersebut mampu untuk bertahan memproteksi kulit kita dari sengatan matahari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SPF:

Membantu menjaga kesehatan kulit
SPF memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut disebabkan karena biasanya manfaat SPF diolah dan dibuat sebagai bentuk krim kesehatan kulit, yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk kulit.


Dengan adanya kandungan tersebut, maka kesehatan kulit Anda akan terjaga, dan kulit anda akan selalu cerah serta bersih setiap saat.

Mengoptimalkan daya penyerapa nutrisi pada kulit
Selain membantu menjaga kesehatan kulit, krim yang mengandung SPF juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit Anda.


Nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit terdiri dari berbagai vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaat SPF adalah membantu penyerapan vitamin E oleh kulit.

Menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet



Manfaat SPF bagi kulit merupakan salah satu sun protection factor. Hal tersebut artinya adalah SPF mampu untuk memproteksi dan menjaga kulit anda dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari, terutama pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11 siang hingga pukul 14. Pada waktu itu matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, UV B, dan juga UV C.

Membantu menjaga kelembaban kulit wajah
Selain dapat memproteksi kulit dan juga megoptimalkan penyerapan nutrisi oleh kulit, maka SPF juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit.


Dengan kemampuannya yang baik untuk menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet, maka krim yang mengandung SPF juga dapat mencegah timbulnya kulit yang kering, yang tentu saja sangat mengganggu penampilan anda. Produk yang mengandung SPF dapat membantu Anda untuk menjaga kelembaban kulit dengan baik dan terjaga, serta dapat juga menjaga kecerahan kulit Anda.

Mencegah terjadinya kulit terbakar
Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit kalian adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan juga terbakar.


Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu penampilan Anda, karena kulit terbakar dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gosong dan menghitam. Manfaat SPF untuk kulit dapat membantu Anda mencegah terjadinya hal seperti itu.

Mencegah iritasi kulit
Selain kulit kering dan pecah-pecah, pancaran sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari juga dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit kalian. Hal ini biasanya terlihat dari kondisi kulit yang terdapat bintik-bintik atau ruam yang berwarna merah. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan proteksi sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan krim yang mengandung SPF untuk diaplikasikan pada kulit.


Kulit memang harus mendapatkan perlindungan yang cukup agar tidak rusak oleh sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan produk yang mengandung SPF.

Produk yang mengandung SPF memang sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jika digunakan secara teratur, risiko kerusakan kulit akibat efek sinar matahari dapat diminimalkan.

Bahan utama dalam pembuatan krim kulit
SPF kini merupakan salah satu kandungan penting yang ada pada krim kulit. Sifatnya yang sangat baik untuk menolak panas, membuat SPF sering dimanfaatkan sebagai pembuatan produk sunblock.



Anda dianjurkan untuk memakai produk yang memiliki formula SPF setelah melakukan rangkaian perawatan dasar kulit sehari-hari, yaitu membersihkan, menyegarkan, dan melembapkan. Produk SPF juga memiliki fungsi melembapkan kulit sehingga Anda tak perlu ragu menggunakannya secara rutin.

Menurut Leslie Baumann MD, ahli dermatologi atau penyakit kulit dari AS, dibutuhkan foundation tujuh kali dan bedak 14 kali lebih banyak dari biasanya, untuk mendapatkan manfaat SPF sebanding dengan keterangan pada label. Sayangnya, hampir tidak ada orang yang menyadari dan melakukan hal tersebut.


Cara menghitung kemampuan SPF dalam suatu produk kosmetik:

Produk yang mengandung SPF 15, memiliki ketahanan menjadi ± 10 menit x 10 = 100 menit (1 jam 40 menit).
Produk yang mengandung SPF 30, memiliki ketahanan menjadi ± 30 x 10 = 300 menit (5 jam).
Produk yang mengandung SPF 50+, ketahanannya akan lebih lama, yaitu lebih dari 5 jam.

Namun kulit setiap orang memiliki tingkat resistensi atau ketahanan yang berbeda-beda terhadap sinar matahari, yaitu:
±10 menit untuk warna kulit cerah.
±15 menit untuk warna kulit normal.
±20 menit untuk warna kulit gelap.
Pengukuran SPF juga tergantung pada jenis kulit. Misalnya SPF 15 mampu bertahan selama ±100 menit untuk kulit cerah. Tetapi produk tersebut akan bertahan lebih lama yaitu ±200 menit untuk orang yang berkulit gelap. Begitu seterusnya. Karena kulit gelap dianggap mampu untuk melawan sinar UV. Pemakaian produk SPF juga akan bertahan lebih lama bagi mereka yang berkulit gelap.


Penggunaan produk yang mengandung SPF sangat bagus digunakan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di luar ruangan. Apalagi jika Anda termasuk pekerja lapangan, agar kulit tidak terbakar dan tetap terjaga kesehatannya. Mulailah untuk menyayangi kulit, sama seperti Anda menyayangi diri sendiri sebagai investasi bagi Anda di kemudian hari.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...