Wednesday 23 January 2019

Penjelasan serta Penggunaan Isodecyl Neopentanoate dalam Kosmetik


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan serta Penggunaan Isodecyl Neopentanoate dalam Kosmetik

Isodecyl neopentanoate merupakan salah satu dari bahan sintetis yang sering digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi sebagai agen pelembut kulit serta emolien. Bahan ini sering dijumpai terutama digunakan dalam produk perawatan kulit wajah dan tabir surya.

Sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai Isodecyl Neopentanoate, tetapi sebuah perusahaan riset Denmark telah menemukan bahwa senyawa tersebut dapat menjadi alternatif untuk Cyclomethicone, minyak silikon sintetis.


Isodecyl neopentanoate adalah ester alkohol decyl berantai bercabang dan asam neopentanoat. Alkohol decyl merupakan jenis alkohol lemak rantai lurus dengan sepuluh atom karbon yang dapat diturunkan dari asam decanoat dan merupakan golongan asam lemak yang secara alami ditemukan dalam minyak kelapa ataupun minyak inti sawit. Asam neopentanoat adalah asam karboksilat.

Isodecyl Neopentanoate memiliki daya sebar yang tinggi dan meninggalkan perasaan lembut pada kulit serta rambut. Senyawa ini sering digunakan dalam produk sampo, sabun serta produk kosmetika lainnya, senyawa ini dapat dimanfaatkan sebagai pelarut dan pengemulsi.


Sebagai emolien, isodecyl neopentanoate bekerja untuk melembutkan dan menenangkan kulit (atau rambut) dan juga bertindak sebagai agen oklusif. Setelah aplikasi, agen oklusif membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, yang membantu mencegah penguapan kelembaban alami kulit. Seiring waktu, bahan ini meningkatkan hidrasi kulit dengan menyebabkan penumpukan air di stratum corneum (lapisan kulit paling atas). Properti yang sama ini juga membantu menjaga rambut tetap lembut, terhidrasi, dan mudah diatur.

Semua jenis kulit bisa mendapat manfaat dari emolien seperti isodecyl neopentanoate, emolien sangat membantu bagi mereka yang memiliki kulit kering, kasar, dan / atau bersisik. Emolien dapat meringankan gejala-gejala ini, membuat kulit tampak dan terasa lembut dan halus. Selain itu, emolien dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita kondisi seperti eksim, psoriasis, atau kondisi kulit inflamasi lainnya.

Tidak ada peringatan mengenai efek samping dari penggunaan Isodecyl Neopentanoate dalam produk kosmetik, dan senyawa ini telah mendapatkan persetujuan 100% oleh Kelompok Kerja Kosmetik. Keamanan isodecyl neopentanoate telah dinilai oleh CIR (panel pakar peninjauan bahan kosmetik), dan setelah mengevaluasi berdasarkan data ilmiah, CIR menyimpulkan bahwa semua bahan alkyl ester aman dalam praktik penggunaan dan konsentrasi saat ini ketika diformulasikan untuk tidak menyebabkan iritasi pada kosmetik ataupun produk perawatan pribadi.

Keamanan isodecyl neopentanoate juga telah diuji oleh Skin Database Kosmetik EWG. Bahan ini mendapatkan nilai 1 pada skala 1 hingga 10, dengan angka 1 sebagai penunjuk risiko terendah untuk kesehatan dan 10 sebagai yang tertinggi. Namun, EWG menunjukkan bahwa uji data masih terbatas mengenai isodecyl neopentanoate.

Salah satu produsen isodecyl neopentanoate menyatakan bahwa bahan ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk Cyclomethicone dalam formulasi apa pun. Cyclomethicone adalah minyak silikon sintetis yang berfungsi sebagai pelembab yang mudah menyebar dan halus dalam produk perawatan kulit. Isodecyl neopentanoate memberikan kemampuan penyebaran yang tinggi dan kulit memberikan kelembutan pada kulit dengan hasil uji sangat mirip seperti manfaat cyclomethicone. Untuk alasan ini, isodecyl neopentanoate sering digunakan dalam krim ataupun lotion ringan.


Isodecyl neopentanoate sering digunakan dalam aplikasi tabir surya karena manfaatnya sebagai emolien dan memiliki daya sebar yang tinggi. Isodecyl neopentanoate memiliki kemampuan serta berfungsi sebagai pelarut untuk peredam sinar UV. Peredam sinar UV juga dikenal sebagai tabir surya, yang akan bekerja dengan menyerap sinar UV dan kemudian mengubah energi cahaya itu menjadi beberapa bentuk energi lain, seperti panas. Bahan yang umum digunakan sebagai Peredam UV antara lain oxybenzone, octinoxate, avobenzone, dan homosalate. Isodecyl neopentanoate akan membantu bahan-bahan tersebut untuk larut lebih baik dalam formulasi dan juga mengurangi rasa berminyak atau berat yang dapat ditimbulkannya setelah aplikasi topikal.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...