Wednesday 23 January 2019

Manfaat Glycerin dalam Kosmetik


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Manfaat Glycerin dalam Kosmetik

Dunia perawatan kecantikan patut berterima kasih pada kehadiran gliserin. Sebelum banyaknya beredar produk perawatan kecantikan di pasaran, banyak orang yang menggunakan gliserin sebagai produk perawatan yang sederhana.

Banyak orang mungkin belum banyak yang mengenal tentang gliserin, atau mungkin pernah memakai gliserin namun tidak menyadari bahwa produk perawatan kulitnya mengandung gliserin. Bahan yang satu ini sudah dimanfaatkan sebagai skincare sejak lama karena punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.


Glycerin adalah suatu senyawa organik berbentuk cairan kental yang tidak berwarna, tidak berbau dan larut di dalam air. Banyak ditemukan pada produk kecantikan, misalnya pada sabun pencuci wajah, toner, losion pelembap hingga krim antiaging. Zat ini bersifat mengunci kelembapan dan menghaluskan kulit (emollient) sehingga baik untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering.

Gliserin memiliki rasa manis serta memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Bahan ini biasa ditemui dalam produk sabun serta produk kecantikan lainnya seperti lotion, atau bahkan digunakan untuk membuat dinamit (dalam bentuk nitrogliserin).


Gliserin telah lama digunakan dalam proses pembuatan sabun. Banyak produsen sabun menggunakan ekstrak gliserin selama proses pembuatan sabun untuk digunakan dalam produk yang lebih mahal. Dalam setiap sabun, bahan ini ditambahkan untuk menghasilkan sabun yang bagus dengan pelembab yang berkualitas, termasuk meningkatkan kualitas pembersihan sabun.

Gliserin tergolong unik dan memiliki manfaat cukup ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering ataupun mengelupas. Memang pada dasarnya bahan kental ini diformulasikan sebagai bahan racikan khusus dalam pembuatan obat, beberapa jenis makanan, pembuatan sabun, serta produk-produk kecantikan yang sudah beredar di pasaran. Kesemuanya mempunyai peranan penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit secara maksimal.


Masalah utama kulit kering adalah kurangnya kelembapan pada kulit. Glyserin bekerja dengan menyerap air dari luar kulit/udara (higroskopik), kemudian menahan kelembapannya (emollient) di dalam kulit sehingga efek kering berkurang. Sebagai hasilnya, kulit akan terasa lebih halus.

Bertambahnya usia membuat kulit semakin kering, kasar, kusam, dan mudah teriritasi. Dengan rutin menggunakan glycerin, kulit Anda dapat kembali lembut dan bercahaya.


Beberapa manfaat yang dimiliki gliserin untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

Mencegah penuaan dini
Kandungan glycerin sangat baik untuk menutrisi dan meregenerasi kulit. Sel-sel kulit akan lebih cepat tumbuh, lebih terlihat sehat, dan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan kerutan-pun dapat dicegah.


Gliserin mengandung anti-aging yang mampu menunda penuaan dini. Terkait pula untuk pencegahan keriput, munculnya garis halus, munculnya kerutan, dan lain sebagainya.

Merawat kulit kering
Gliserin baik bagi semua jenis kulit, terutama pemilik kulit kering. Gliserin mampu membuat kulit kusam terlihat lebih muda.


Gliserin sangat efektif membuat kulit lembab dan tidak kasar karena kering. Kulit kering karena AC juga bisa diatasi dengan menggunakan gliserin. Bisa juga dijadikan rutinitas perawatan kulit kering setelah mandi.

Tidak hanya untuk pencegahan kulit kering saja. Gliserin juga ikut andil dalam mengurangi dampak yang disebabkan oleh eksim dan prosiasis serta gangguan kulit lainnya.

Meredakan peradangan



Meredakan peradangan akibat beragam gangguan kulit, seperti kulit kering, infeksi jamur, eksim hingga psoriasis.

Membantu pematangan sel



Pematangan sel ini ikut andil dalam membantu mengatasi kulit berminyak serta berbagai masalah yang mungkin saja bisa ditimbulkan. Peran ini cukup penting khususnya untuk mengontrol minyak berlebih dan lain sebagainya.

Melembapkan kulit
Glycerin akan berperan sebagai formula pelembap kulit yang sangat efektif. Kandungan ini mampu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menyerap kadar air lebih banyak. Glycerin dapat membantu melembapkan kulit sekaligus membantu mengatasi masalah kulit kering dan kasar.


Gliserin memiliki sifat pelembap ampuh yang membuat kulit lebih kenyal. Pelembap ini menjadi yang terbaik untuk semua jenis kulit. Termasuk bagi wanita dengan kulit berminyak yang sulit menemukan pelembap yang tepat.

Gliserin sangat cocok digunakan sebagai formula pada produk pelembab yang menjaga hidrasi dan menjadikan kulit untuk tidak kering, tetap kenyal dan lebih elastis.

Melindungi kulit



Glycerin meningkatkan ketebalan lapisan epidermis kulit dan mengembalikan fungsi penghalang kulit, sehingga mampu menahan radikal bebas, termasuk sinar UV A/UV B yang akan masuk dan merusak kulit.
Sinar atau paparan sinar matahari secara langsung akan mengakibatkan kulit terbakar dan berubah warna. Jika secara terus-menerus, maka kulit anda akan rusak dan bahkan akan sering mengalami pengelupasan. Gliserin dapat dijadikan sebagai bahan proteksi tambahan bagi kulit untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVA dan UVB.

Mengangkat kotoran pada kulit
Wajah merupakan area kulit yang paling mudah terpapar polusi, debu, atau bahkan sisa kosmetik yang anda gunakan. Jika dibiarkan akan menyebabkan penyumbatan pori sekaligus menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat bahkan komedo.


Gliserin juga berfungsi sebagai pembersih yang sangat cocok untuk mengangkat kotoran berupa debu, sisa bedak, dan juga polusi. Tidak terkecuali juga untuk mengangkat sel kulit mati yang masih menempel pada kulit.

Sel kulit yang sudah mati juga akan menyumbat pori dan terkadang menjadi masalah serius karena dapat memicu tumbuhnya jerawat dan komedo. Sel kulit mati harus dibersihkan secara total untuk mencegah kulit bersisik dan tentunya untuk menjadikan wajah anda lebih lembut serta cantik alami.

Gliserin akan menjadikan wajah anda bersih total dan bisa menghindarkan kulit wajah dari tumpukan kotoran.

Menjadi toner terbaik bagi kulit



Gliserin juga bisa dijadikan toner untuk membersihkan dan menjaga pH kulit. Campurkan gliserin dengan air, kemudian semprotkan pada wajah sebagai toner. Rutinitas ini dapat Anda dilakukan juga sebelum tidur. Gliserin dapat membantu membasmi sel kulit mati dan mencegah infeksi kulit.

Mengurangi luka bekas jerawat
Jerawat merupakan masalah umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Tidak menutup kemungkinan bagi kalangan remaja pria maupun wanita yang terkadang mengeluh akan adanya jerawat pada wajah.


Jerawat yang terus menerus akan meninggalkan bekas luka. Gliserin bisa digunakan untuk mengurangi bekas luka tersebut. Bahan ini juga cocok untuk semua jenis kulit karena tidak menimbulkan reaksi, bahkan pemilik kulit sensitif.

Menghilangkan komedo
Selain memiliki khasiat melembapkan, Glycerin juga bersifat antibakteri. karena itulah, glycerin mampu membantu mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri dengan efektif.


Gliserin efektif dalam merawat kulit yang terkena komedo. Pastikan Anda membasahi dan menggosoknya sedikit. Aplikasikan gliserin pada daerah yang terkena komedo.

Glycerin kerap digunakan sebagai bahan untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti eczema dan psoriasis. Untuk kasus psoriasis, glycerin akan membantu proses mengelupas dan pematangan sel-sel kulit sehingga mengurangi risiko peradangan kulit.

Menyamarkan noda flek hitam wajah



Flek atau noda hitam yang ditinggalkan jerawat menjadi salah satu masalah yang paling umum dialami oleh semua orang. Bekas ini membentuk bintik dan sangat mencolok dengan warna hitam sehingga mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Gliserin juga dapat digunakan sebagai peredam dan menjadikan bintik hitam pada wajah tersebut tersamarkan.

Sebagai humektan
Gliserin menjadi humektan alami yang akan menjaga kulit supaya tetap terhidrasi karena sifat higroskopik sehingga menjaga air tetap berada di kulit. Ini sangat baik bagi wanita yang memiliki kulit kombinasi dan kulit kering.


Glycerin sangat populer digunakan dalam produk kecantikan karena merupakan humektan, bahan yang dapat menyerap air dari lingkungan. Gliserin dapat membantu menyegel kelembaban.

Cairan kental ini menjadi sangat populer ketika diketahui kemampuannya dalam menyerap air dan dapat mengunci kelembapan kulit. Oleh karena itu sangat tidak heran pula jika para Produsen kosmetik khususnya sabun menggunakan bahan ini sebagai salah satu bahan pokok untuk pembuatan produknya.

Gliserin mudah menyerap air dari udara sekitarnya. Jika ada gliserin dibiarkan di tempat terbuka, gliserin tersebut akan menyerap air dari udara sekitarnya hingga cairan tersebut mengandung 20% air. Jika gliserin ditempatkan di lidah akan membuat lidah kering karena dehidrasi. Ketika produk kecantikan yang mengandung senyawa ini digunakan pada kulit sebagai pelembab, maka gliserin dapat membantu menjaga kelembaban kulit tersebut.

Sifat humectant pada glycerin membuatnya mampu menjaga, menahan, dan ‘mengunci’ kelembapan pada kulit supaya bertahan lebih lama. Maka, tidak heran jika glycerin banyak digunakan dalam kandungan lotion dan moisturizer yang ditujukan untuk pemilik kulit kering.

Membuat kulit terlihat cerah
Jika anda sadari, terkadang wajah mempunyai belang atau perbedaan warna yang mencolok. Hal tersebut mungkin terjadi karena paparan sinar matahari dan menjadikan wajah anda terlihat kusam.


Menggunakan gliserin dapat mencegah hiperpigmentasi kulit. Sebab gliserin akan membantu mencerahkan kulit secara alami dan bebas dari bintik-bintik. Anda dapat membuat masker sederhana dari gliserin untuk membuat kulit bersinar alami.

Penggunaan gliserin akan membuat kulit anda lebih cerah, glowing, dan menyamarkan kulit wajah yang belang.

Mencegah alergi kulit
Gliserin sangat aman meski digunakan bahkan pada kulit bayi sekalipun. Karena zat ini bersifat membersihkan sehingga mampu menetralisir racun yang terdapat pada kulit. Selain membuat wajah anda bersih, gliserin juga mampu mencegah terjadinya alergi pada kulit.


Gliserin dapat dilarutkan dengan mudah menjadi alkohol dan air tetapi tidak menjadi minyak. Senyawa kimia murni disebut Gliserol, yang menunjukkan bahwa bahan tersebut tergolong dalam jenis alkohol. Gliserin merupakan salah satu bahan dasar yang umum digunakan dalam pembuatan produk kosmetik. Dalam hal ini terdapat keuntungan tersendiri sehingga anda tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri dirumah.

Bahan dasar pembuatan gliserin berubah dari waktu ke waktu. Pada tahun 1889, misalnya, gliserin bisa didapatkan dari para pengrajin lilin. Pada saat itu, lilin yang terbuat dari lemak hewan yang berfungsi sebagai bahan dasar pembuatan gliserin. Proses ekstraksinya cukup rumit dan ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara termudah adalah dengan mencampur lemak dengan larutan alkali. Ketika dua dicampur, sabun terbentuk dan gliserin kemudian terbentuk.

Manfaat gliserin untuk kulit bisa anda rasakan meski tidak sadar sedang menggunakannya. Sebab bahan ini memang sudah umum dijadikan bahan pembuatan kosmetik khsusnya pada kategori pelembab.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...