Wednesday 23 January 2019

Kreasi Usaha: Manfaat Gulma Ajeran (Bidens pilosa L.) Sebagai Pestisida Nabati


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Manfaat Gulma Ajeran (Bidens pilosa L.) Sebagai Pestisida Nabati

Pengendalian hama menggunakan pestisida sintetik yang terlalu sering dan menggunakan dosis yang tinggi menimbulkan sejumlah dampak negatif, diantaranya adalah mengganggu kehidupan jasad renik dalam tanah serta terjadinya deposit insektisida dan akhirnya menjadi residu pada tanaman (Tarumingkeng, 1992).  Dampak buruk yang ditimbulkan akibat penggunaan pestisida mendorong para ahli-ahli pertanian menggunakan metode lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan insektisida dalam usaha pengendalian hama tanaman. Metode lain yang pada saat ini terus dikembangkan adalah dengan cara metode nabati yang memanfaatkan senyawa beracun yang berasal dari tumbuh- tumbuhan dan gulma.

Gulma ajeran (Bidens pilosa L.) atau juga sering disebut Rumput Hareuga dipilih karena sangat banyak tumbuh disemua jenis tanah dan mudah ditemukan. Ajeran (Bidens pilosa L.) merupakan gulma yang tergolong dalam famili Asteraceae yang diduga memiliki senyawa metabolit sekunder yang dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati terutama untuk mengendalikan hama Plutella xylostella L. (hama ulat utama yang menyerang tanaman golongan Brassicaceae, terutama tanaman kubis, sawi, kembang kol, brokoli, dan selada). Ajeran (Bidens pilosa L.) juga mampu mengendalikan hama kutu daun, ulat tanah dan jenis hama tungau. Kandungan senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada Bidens pilosa L. seperti flavonoid, terpenoid, lemak benzenoid, terpen dan fenilpropanoid diduga dapat menyebabkan penurunan aktivitas makan dari P. xylostella, bahkan dalam konsentrasi tertentu dapat mengakibatkan mortalitas pada P. Xylostella. Bagian yang dapat digunakan adalah biji dan seluruh bagian tanaman yang berada di atas tanah.

Dalam bahasa Inggris tanaman ajeran memiliki nama hairy beggarticks,  Spanish Needle, Blackjacks, dan Beggar ticks. Menurut sejarah tanaman ajeran ini berasal dari Afrika selatan.

Rumput ajeran sering ditemui ditanah-tanah kosong dan dipinggiran jalan namun terkadang tumbuhan ini sengaja ditanam untuk dijadikan tanaman hias karena mempunyai bunga yang cukup menarik.

Tanaman ajeran merupakan salah satu tanaman jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga ( Asteraceae). Tanaman ajeran ini tanaman terna dimana ukurannya dapat mencapai 150 cm. Batang tanaman ajeran berbentuk segi empat berwarna hijau. Daun tanaman ajeran terbagi tiga masing-masing berentuk bulat seperti telur bertekstur agak berambut. Tepi daun tanaman ajeran bergerigi. Bunga tanaman ajeran bertangkai panjang dengan ukuran 9 cm. Bunga tanaman ajeran berkumpul terminal muncul pada ketiak daun. Ukuran bongol bunga tanaman anjeran 5–7 mm tingginya, dengan diameter bunga tanaman ajeran 7–8 mm, tanaman ajeran berkelamin ganda, tanaman ajeran memiliki  20–40 bunga yang berjejalan. Kelopak bunga tanaman ajeran berjumlah 5–7. Mahkota bunga tanaman ajeran berwarna putih dengan putik berwarna kuning. Akar tanaman ajeran berserabut putih kecoklatan. Buah tanaman ajeran bertekstur keras dengan bentuk ramping memanjang dengan ukuran 0,5–1,3 cm, berwarna coklat kehitaman bila telah masak, dengan 2–3 kaitan serupa jarum berduri di ujungnya yang mana digunakan untuk melekat bijinya tubuh binatang yang akan menyebarkannya (epizoik). Cara tanaman ajeran berkembang biak dengan biji. Habitat tanaman ajeran ini berada pada dataran rendah sampai ketinggian 2.300 m dari permukaan laut, dengan syarat hidup tanah yang lembap dan sinar matahari penuh.

Senyawa flavonoid dan terpenoid yang terdapat dalam Ajeran (Bidens pilosa L.) dapat membunuh serangga sasaran dengan cara masuk ke pencernaan melalui makanan yang mereka makan. Kematian larva akan semakin meningkat dengan makin tingginya konsentrasi ekstrak. Senyawa terpenoid diserap oleh saluran pencernaan tengah yang berfungsi sebagai tempat penghancuran makanan.


Cara sederhana membuat pestisida dari bahan rumput hareuga ( ajeran ):
Siapkan ±0,5-1 kg rumput ajeran atau rumput hareuga, kemudian rumput dirajang hingga lembut setelah itu rendam hasil rajangan rumput ajeran kedalam air sebanyak 1-2 liter selama 24jam, air hasil rendaman tersebut kemudian disaring sampai getah yang terdapat didalam-nya keluar. Untuk pemakaian tambahkan sabun atau deterjen secukupnya dengan tujuan sebagai perekat. Semprotkan keseluruh bagian tanaman atau bisa juga disiramkan ke tanah disekitar tanaman. Larutan ajeran ini sangat baik untuk digunakan sebagai pestisida nabati karena aman untuk organisme yang berguna.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...