Wednesday 23 January 2019

Kosmetik Sehat: Penjelasan Praktis Perbedaan Sunscreen dengan Sunblock


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan Praktis Perbedaan Sunscreen dengan Sunblock

Setiap wanita perlu memahami pentingnya menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Efek buruk sinar UVA dan UVB mungkin sudah sering kita dengar, mulai dari efek buruk yang berdampak langsung seperti kulit yang terbakar, hingga efek jangka panjang seperti penuaan dini hingga kanker kulit.

Sinar UV selain dapat memicu penuaan dini, kanker kulit juga akan menjadi faktor risiko yang mengancam. Dan sebagai tindakan preventif ada beberapa hal yang dianjurkan, seperti menghindari terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, menggunakan topi atau payung saat bepergian di bawah sinar matahari dan mengenakan tabir surya seperti sunscreen atau sunblock.

Terdapat 3 tipe sinar UV yang perlu Anda pahami. Yang pertama adalah sinar UV A, yaitu ultra violet yang merujuk pada ‘aging‘ atau penuaan dini, dan yang kedua adalah UV B, dan B-nya merujuk pada ‘Burning’ atau ‘terbakar’ alias membakar kulit. Yang ketiga adalah sinar UV C yang paling berbahaya dan mematikan, namun umumnya sudah terfilter sebelum sampai ke bumi sehingga relatif tidak terlalu berisiko asalkan kita menjaga keberlangsungan atmosfir kita.


Setiap produk tabir surya, dengan fitur pelindung UV A dan UV B akan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Di pasaran, Anda juga bisa menemukan produk tabir surya berbentuk stik, berbentuk gel, krim bahkan spray. Untuk Anda yang sehari-hari beraktivitas outdoor tentu beda cara perlindungannya dengan yang lebih banyak menghabiskan waktu beraktivitas indoor.

Dulu tabir surya yang populer adalah tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kita dari sinar UV B alias anti gosong. Tetapi, seiring perkembangan zaman, kini banyak produsen kosmetik dan perawatan kulit yang peduli dan memasukkan formula anti UV A pada produknya.Dan, akan lebih baik lagi jika Anda memilih produk tabir surya dengan tulisan ‘Broad Spectrum’ yang menandakan bahwa produk yang Anda gunakan memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV A dan UV B.


Jangan abaikan tulisan SPF dan PA pada produk tabir surya Anda. Kedua tulisan tersebut sangat penting untuk menentukan, sejauh apa perlindungan yang akan Anda dapatkan.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang akan memberikan informasi untuk Anda, berapa lama produk tabir surya tersebut dapat efektif melindungi kulit dari sinar UV. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Kulit yang tidak terlindungi tabir surya umumnya akan terbakar sinar matahari setelah 15 menit. Dengan menggunakan produk kosmetik berformula SPF, maka produk tersebut akan memperpanjang waktu Anda hingga 10 kali lipat (menit) lebih lama sebelum kulit Anda terbakar, dan pengalian didasarkan pada angka yang tertera dibelakang kode SPF produk kosmetik tersebut.


Semakin tinggi angka SPF sebenarnya tidak menjamin kekuatannya dalam melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UVA dan UVB. SPF yang tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak 100% memproteksi dari risiko kulit terbakar. Meskipun demikian, produk kosmetik yang memiliki kandungan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan dari risiko kerusakan kulit jangka panjang. Sebaliknya, Semakin kecil angka SPF yang tercantum, maka Anda harus lebih sering mengaplikasikan ulang atau re-touch supaya aman beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir kulit akan terbakar.

PA merujuk pada Protection Grade of UVA yang dikembangkan oleh produsen tabir surya Jepang yang artinya produk yang Anda gunakan sudah memasukkan formula perlindungan anti sinar UV A yang berisiko pada kerusakan kulit yang menyebabkan penuaan dan berisiko kanker kulit. Tanda + di belakang PA menunjukkan tingkatan seberapa baik dan kuat perlindungan yang diberikan.

Sunscreen dan sunblock terkesan sama, padahal sunscreen dan sunblock memiliki sedikit perbedaan yang perlu untuk Anda ketahui. Sunscreen atau kerap disebut sunscreen chemical merupakan produk kimiawi yang bertindak untuk menyaring sinar matahari lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Jika kamu menggunakan produk sunscreen maka tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuhmu. Jadi sunscreen chemical tidak memblokir sinar matahari sepenuhnya. Sunscreen chemical umumnya mengandung bahan-bahan seperti aminobenzoic acid, avobenzone, cinoxate, dioxybenzone serta berbagai kandungan lainnya. Teksturnya cenderung lebih tipis, ringan dan tidak kasat mata. Chemical sunscreen harus diaplikasikan 20 menit sebelum Anda berada di bawah sinar matahari, karena kandungannya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Untuk penggunaan sehari-hari tentu sunscreen lebih efektif karena teksturnya yang ringan dan hasil transparan saat diaplikasikan pada kulit. Berbeda dengan physical sunscreen atau sunblock yang punya tekstur berat dan meninggalkan warna putih saat dioleskan pada kulit.


Tabir surya yang umum dikenal sebagai sunblock merupakan sunscreen physical dan cenderung lebih kental, memberikan hasil akhir wajah ‘putih’ (atau meninggalkan whitecast, menurut istilah kecantikan) sehingga lebih terlihat saat digunakan apalagi jika berlebihan. Produk sunblock umumnya mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari.

Titanium dioksida dan zinc oksida adalah satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA untuk perlindungan matahari langsung. Titanium dioksida adalah mineral alami yang memiliki kemampuan reflektif dan kestabilan kandungan yang mumpuni sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari, disinilah peran penangkal sinar UV dari sunblock didapat. Sementara itu, zinc oksida merupakan mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi menjauh dari kulit bahkan sebelum mencapai permukaan kulit. Zinc oksida juga memiliki properti anti-iritasi serta pelindung kulit, yang pada umumnya juga dimasukkan sebagai salah satu komposisi pendukung dalam produk perawatan kulit sensitif. Kedua mineral aktif ini juga yang paling sedikit menyebabkan reaksi alergi karena tidak menyerap ke dalam kulit, karena itulah produk pelindung matahari yang menggunakan filter UV dengan formulasi bahan ini adalah pilihan yang baik untuk anak-anak dan mereka yang memiliki kulit (sangat) sensitif terhadap sinar UV.


Sunblock memiliki mekanisme kerja membentuk lapisan di atas kulit yang melindungi kulit dari sengatan matahari selama berjam-jam. Produk sunblock paling direkomendasikan bagi Anda yang akan memiliki aktifitas di bawah sinar matahari dalam durasi yang lama seperti berenang, surfing ataupun bermain di pantai. Physical sunscreen bisa langsung bekerja sesaat setelah produk ini diaplikasikan pada kulit.

Jika Anda berencana berjemur dan berpanas-panasan dalam waktu cukup lama, apalagi yang rentan berkeringat dan terbilas air sebaiknya pilih sunscreen atau sunblock yang anti air atau waterproof sehingga dapat memberikan perlindungan terbaik untuk Anda.

Mengaplikasikan perlindungan matahari secara tidak merata dapat mengurangi efektivitasnya. Berapapun tingkat SPF dari produk yang kamu gunakan, gunakan ulang secara merata baik setelah jangka waktunya habis atau segera setelah selesai berenang atau berkeringat. Anda juga dianjurkan untuk memilih produk yang waterproof ketika melakukan aktivitas di pantai atau kolam renang.


Tekstur lotion sunblock cenderung kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Sunblock adalah rekomendasi perlindungan terbaik jika Anda memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berolahraga atau panas-panasan saat konser karena efek perlindungan dari sunblock akan Anda dapat langsung bekerja begitu produk tersebut diaplikasikan (tanpa harus menunggu).

Di Amerika, penggunaan kata sunblock sebenarnya sudah dilarang oleh badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA). Pelarangan ini dilakukan karena kata ‘sunblock’ dirasa terlalu berlebihan dan membuat masyarakat menganggap hanya dengan menggunakan sunblock sekali sudah bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari seharian penuh. Padahal kenyataannya sunblock pun perlu diaplikasikan berulang setiap beberapa jam sekali.


Selain berdiri sendiri sebagai krim oles, banyak produk kecantikan yang sudah mengandung lapisan tabir surya pada produk kecantikannya layaknya pada body lotion. Anda diharuskan lebih teliti dalam memilih produk sunblock, tabir surya dengan formulasi kimia sintetis cenderung lebih mengiritasi kulit (terutama pada kulit sensitif atau kering) karena itulah beberapa bahan aktif harus disatu-padukan untuk mendapatkan cakupan spektrum yang lebih luas.

Hidup di daerah tropis di mana sinar matahari bersinar di sepanjang tahun, kita memerlukan tabir surya yang dapat melindungi kulit. Apalagi, dengan sinar matahari yang saat ini semakin garang, kita tidak boleh menyepelekan manfaat yang diberikan oleh pelindung tabir surya bagi kulit kita. Apapun pilihan Anda, menggunakan sunsreen atau sunblock adalah hal yang sangat penting dan sebaiknya pilihlah sunscreen ataupun sunblock yang memilki SPF, UVA dan UVB. Anda harus melindungi diri dari radiasi sinar matahari karena kulit adalah aset jangka panjang yang harus kita lindungi.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai melindungi kulit Anda dan menggali informasi tentang kandungan bahan aktif dalam produk tabir surya Anda untuk menentukan mana yang lebih sesuai untuk Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...