Natural Nusantara atau nama singkatnya “NASA” berdiri sejak
bulan Oktober 2002 di Yogyakarta. Sejak lahirnya, PT. Natural Nusantara (NASA)
memiliki visi yaitu “Menuju Indonesia Makmur Raya Berkeadilan” dan memiliki
komitmen untuk bergerak memajukan usaha di bidang agrokomplek, kesehatan dan
lain-lain yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Mengingat Indonesia
sebagai negara luas, agraris dan mayoritas masyarakat terjun di dunia
agro-dalam artian luas.
PT. Natural Nusantara memiliki nama dari 2 kata yaitu kata
Natural yang berarti mengutamakan teknologi yang alami dan ramah lingkungan,
dan kata yang kedua yaitu Nusantara yang artinya mengutamakan hasil karya anak
bangsa. Dari kedua nama tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa PT. Natural
Nusantara adalah sebuah perusahaan yang memiliki konsep produk-produk yang
terbuat dari bahan organik herbal dan merupakan hasil karya dari negeri sendiri
dan bukan import. PT. NASA bergerak di bidang perdagangan yang menyediakan
produk-produk alami berkualitas yang bahan bakunya 100% dari Indonesia.
Dalam aktifitas produksinya, PT. Natural Nusantara melakukan
berbagai prosedur dan proses yang amat teliti dan teratur. Sebelum melakukan
pemasaran terhadap produknya PT. Natural Nusantara harus melewati lulus uji dan
mendapatkan sertifikat resmi dari BPOM dan MUI.
PT. NASA mampu tetap bertahan dan berkembang di tengah era
persaingan global yang luar biasa. Dan, pada tahun 2010 mulai mengekspor
produknya ke Malaysia, Brunei, Singapore, Hongkong, Yunani, Taiwan,
negara-negara timur tengah, Korea dll. Perkembangan yang sangat luar biasa yang
mampu dicapai oleh perusahaan lokal karya anak bangsa.
Seiring berkembangnya waktu dan kebutuhan masyarakat
terhadap obat sehat maka PT. NASA mulai memiliki inovasi untuk membuat sebuah
produk obat herbal alami yang tentunya juga mempunyai kualitas yang sudah
teruji dan melalui pengecekan serta standariasi dari berbagai ahli tanaman obat
yang sudah terlatih.
Berbekal pengalaman dalam meracik obat sesuai dengan kadar yang
tepat membuat PT. Natural Nusantara semakin maju untuk mengembangkan berbagai
produk kesehatan antara lain, yaitu ; crystal x, royal jelly, lechitin,
chloropyllin, amne, cordimune, acaiplus, dan masih banyak produk lagi, PT.
Natural Nusantara selalu berinovasi memberikan yang terbaik untuk Nusantara
maupun international.
Lahir dari sebuah keprihatinan mendalam umumnya terhadap
kondisi ekosistem di muka bumi yang mengalami proses kerusakan akibat
pengembangan dan rekayasa kimia dasar dasar dengan dosis dan pengaplikasian
yang kurang bijaksana yang di antaranya melanda dunia Agrokomplek (pertanian,
perkebunan,perikanan) untuk sarana mewujudkan “Indonesia Makmur Raya
Berkeadilan”,Disisi Obyeknya aspek Kuantitas-Kualitas-Kelestarian. Produksi
Agrokomplek masih jauh dari potensi optimalnya sementara di sisi Subyeknya,
aspek pola pikir-Mental-Motivasi-Keilmuan-Modal juga masih belum mencapai
kompetensinya.
Berawal dari aktivitas budidaya di Tahun 1985 oleh Ir.
Soemarno khususnya di sub sektor hortikultura. Tanggap terhadap kondisi, maka
semenjak tahun tersebut mulai dilakukan penelitian dan pengembangn untuk
perbaikan lingkungan yang terutama di tujukan untuk aspek obyeknya dahulu yang
sehingga sekarang telah menghasilkan banyak produk dan teknik budidaya di
bidang agrokompleks dan teknologi perbaikan / reklamasi lahan-lahan yang rusak
atau tercemar yang semuanya berasaskan Back To Nature(Kembali Ke Alam) sesuai
agenda 21 hasil Konfrensi Tingkat Tinggi(KTT) BUMI di bawah panji PBB bertepat
di Rio de Janairo tahun 1992.
Pengembangan aspek Subyek (SDM Pertaniannya) di lakukan
melalui pola networking sehingga di harapkan dapat ter-up grade (meningkat) di
sisi pola pikir, mental, motivasi, keilmuan dan permodalan dengan cukup efektif,
efisien dan cepat.
Aktivitas budidaya sekaligus mencermati kondisi lingkungan
hidup, maka orientasi berkembang ke bidang penelitian dan pengembangan (R andD)
khususnya perbaikan lingkungan hidup/ekosistem.
Khusus aspek bahan baku utama produk pupuk organik NASA,
terjamin ketersediaannya (terlepas dari proses produksinya yang harus bertahap
sesuai perkembangan pasar). Hanya 30% deposit bahan baku utama yang
dipergunakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh Indonesia selama ± 16
ribu tahun, dimana sisanya ( 70 % ) dapat dipergunakan untuk Dunia guna
menunjang Agenda 21 (Back To Nature), karena sepanjang catatan, bahan baku
utama tersebut mayoritas di dunia hanya terdapat di Indonesia.
Mengingat potensi luar biasa keanekaragaman hayati Indonesia
pada khususnya dan dunia pada umumnya maka mulai tahun 2003 dikembangkan juga
pengolahan keanekaragaman hayati untuk membantu kesehatan manusia. Banyak
produk food supplement telah diluncurkan untuk memelihara kesehatan maupun
membantu penyembuhan berbagai macam penyakit yang beberapa diantaranya telah
didokumentasikan dalam bentuk Video (VCD/DVD) dan Flashdisk (UFD). Selain
teknologi alami untuk membantu kesehatan manusia dikembangkan juga beragam
teknologi kosmetik dan perawatan tubuh / body care alami serta home care yang
lebih efektif dan aman dipergunakan.
Secara intensif, perusahaan ini melakukan pengembangan SDM
meliputi pola pikir, mental, motivasi, keahlian dan modal. Tidak hanya
menciptakan produk berkualitas untuk pertanian, peternakan dan perikanan saja.
Pada tahun 2003, PT. NASA mulai mengembangkan produk yang bermanfaat untuk
kesehatan manusia dengan mengolah keanekaragaman hayati Indonesia. Salah
satunya Crystal X yang dikenal sebagai pusaka wanita. Kemudian, di tahun 2007,
PT. NASA melakukan 7 pengembangan teknologi inovatif, bekerja sama dengan
perusahaan lain yang sevisi. Contohnya penciptaan mesin Reserve Osmosis yang
bisa mengubah air kran menjadi air minum.
Ke depan PT. NASA group akan terus berkomitmen senantiasa
meriset dan mengembangkan semua jenis teknologi dalam bentuk produk, baik riset
mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain, utamanya semua jenis teknologi
berkualitas yang bisa dihasilkan oleh Anak Bangsa sendiri guna lebih
memperkokoh semangat Neo-Nasionalisme.
Semenjak tahun 1996 mulai disebarluaskan atas permintaan
banyak pihak karena hasil-hasil positif yang didapat selama digunakan dan
keprihatinan mendalam mencermati kondisi Agrokompleks di Indonesia, khususnya
terkait dengan masih belum optimalnya tingkat produksi beragam komoditi,
kualitas hasil panen yang belum memenuhi standar serta kondisi lingkungan hidup
Agrokomplek yang semakin rusak.
1 Oktober 2002 ditetapkan untuk dikembangkan lebih intensif
disertai pola pembinaan SDM (Pola Pikir, Mental, Motivasi, Skill dan Modal)
menggunakan brand Perusahaan PT. NATURAL NUSANTARA (PT. NASA) Group.
Teknologi yang telah berhasil dikembangkan di bidang
agrokompleks meliputi :
-Pertanian : Pupuk Organik (Cair, Padat, Granule, Serbuk),
Pembenah Tanah, Hormon Tanaman alami (ZPT Organik), Pengendali Hama Penyakit
Alami dan Benih Unggul.
-Peternakan : Suplemen Nutrisi Ternak dan Unggas.
-Perikanan : Suplemen Nutrisi Ikan/udang dan Pembenah
lingkungan kolam/tambak.
-Lingkungan hidup : Reklamasi lahan rusak dan pengolah
limbah.
Bidang Agrokomplek (Pertanian, Peternakan, Perikanan) yang
digeluti oleh PT. Natural Nusantara merupakan bidang yang menyangkut makhluk
hidup dan lingkungan sehingga harus bijaksana dalam pengelolaannya serta harus
memperhatikan semua aspek di dalamnya, meliputi aspek obyeknya sendiri
(tanaman, hewan, dan ikan), aspek lingkungan dan aspek manusia (petani dan
konsumen).
Teknologi yang dipergunakan PT. Natural Nusantara telah
memenuhi syarat K-3, yaitu :
-Kuantitas, mampu menaikkan produktivitas (bobot panen
meningkat).
-Kualitas, mampu menaikkan rasa, aroma, warna, rendemen,
keawetan hasil panen, serta bebas dari senyawa atau zat yang berbahaya untuk
kesehatan.
-Kelestarian Lingkungan, mampu menjaga kelestarian
lingkungan sehingga produktivitas tetap terjaga untuk jangka panjang dan tidak
menimbulkan kerusakan atau pencemaran lingkungan.
Semua teknologi di atas dikembangkan dengan prinsip K-3
(Kuantitas-Kualitas-Kelestarian), dan telah teruji multi dimensi (multi
komoditi, multi lokasi, multi waktu). Multi Komoditi, semua produk telah
digunakan untuk berbagai macam komoditi Pertanian (sub.sektor Pangan,
Hortikultura dan Tahunan/Perkebunan), Peternakan (sub.sektor Ternak dan Unggas)
dan Perikanan ( Darat dan Payau/Tambak). Multi Lokasi, produk NASA telah
digunakan di lahan normal – lahan kritis, dataran rendah – dataran tinggi,
lahan basah – lahan kering di semua wilayah Indonesia. Multi Waktu, produk NASA
telah digunakan lebih dari 15 tahun dimana hasil-hasil yang diperoleh didokumentasikan
dalam bentuk Video (VCD/DVD) dan Flashdisk (UFD).
PT. Natural Nusantara memiliki ijin untuk menjual produk
dengan sistem jaringan/networking dengan merk pupuk organik cair NASA
(Nusantara Subur Alami) dan HORMONIK (Hormon Organik). Surat Izin Usaha
Penjualan Langsung (SIUPL) : 14/PDN-2/SIUPL/B/7/2006.
Pengembangan Penelitian (R and D) dikembangkan lebih luas ke
sub. sektor peternakan dan perikanan yang menghasilkan produk-produk untuk
peningkatan serta perbaikan peternakan dan perikanan. Diantaranya VITERNA
(Vitamin Ternak Natural), TON (Tambak Organik Nusantara) selain juga
pengembangan pupuk lebih lanjut untuk Pertanian seperti SUPERNASA sebagai pupuk
Dasar tanaman sekaligus untuk perbaikan tanah dan POWER NUTRITION yaitu Pupuk
khusus tanaman buah dan tahunan.
Pengembangan lebih lanjut (bekerjasama dengan pihak lain
yang sevisi) juga menghasilkan produk-produk alami untuk pengendalian
hama-penyakit tanaman. Diantaranya yang berbasis jamur adalah GLIO (pengendali
penyakit layu), BVR (pengendali wereng, walang sangit dll). Berbasis Virus
adalah VITURA dan VIREXI (pengendali ulat grayak) dan berbasis ekstrak tumbuhan
berkhasiat untuk pengendali hama adalah PESTONA dan PENTANA (Pengendali alami
insect) dan METILAT (Pengendali alami lalat buah).
PT Natural Nusantara tidak menjual produk-produknya sendiri.
Strategi marketing yang dijalankan yaitu memasarkan produk lewat cabang-cabang
distributor dalam bentuk Stokicst Nasa sebagai pusat informasi dan distribusi barang
bagi para distributor.
Natural Nusantara memiliki cabang-cabang untuk
pendistribusian produk-produknya. Distributor PT. Natural Nusantara (NASA)
inilah yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produknya ke
konsumen.
Marketing plan yang dikembangkan oleh perusahaan ini juga
tidak hanya semata-mata mengutamakan perolehan omzet. Para distributor memiliki
peluang jenjang karir dan tingkat penghasilan. Jenis rabat yang ditawarkan
meliputi rabat penghasilan dan rabat karir. Itulah mengapa menjadi distributor
PT. NASA cukup menguntungkan. Terlebih lagi ada potongan harga hingga 50% dan
perolehan laba penjualan produk hingga 100%.
Dengan mengedepankan aspek 3K (kuantitas, kualitas dan
kelestarian), PT. NASA memastikan tidak hanya distributornya saja yang
memperoleh keuntungan. Para konsumen juga mendapatkan jaminan mendapatkan
produk asli apabila langsung membeli dari agen resmi. Untuk membedakan dengan
reseller ilegal atau yang menawarkan produk palsu dan oplosan, semua
distributor diberikan kartu keanggotaan khusus. Kartu identitas ini bisa
dijadikan bukti bahwa agen tersebut memiliki ijin resmi khusus dari PT. Natural
Nusantara serta menjamin keaslian, keamanan dan garansi penggunaan produk bagi
konsumen.
Hingga kini Natural Nusantara telah berkembang pesat dengan
jumlah member 500.000 lebih. Produk yang didistribusikan antara lain berbagai
macam produk agrokomplek, kosmetik kecantikan, suplemen kesehatan, body care,
herbal, home care, pertanian, perikanan dan peternakan.
Produk nasa kini memiliki lebih dari 150 macam produk dengan
memberikan manfaat baik untuk kehidupan maupun untuk perekonomian.
Distributor asli dari PT. Natural Nusantara tidak pernah
menjual produk dengan harga di bawah harga standar konsumen atau di bawah harga
yang telah ditetapkan oleh perusahaan, karena itu merupakan etika bisnis yang
harus ditaati oleh distributor.
Distributor PT. Natural Nusantara yang asli tidak mernah
merasa ragu dalam melakukan penjualan produk, misalnya saat melakukan transaksi
penjualan produk seorang distributor mampu memantapkan keaslian produk
tersebut, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan calon konsumen dengan
tepat dan benar serta tidak terlihat mengada-ada.
Seorang distributor asli PT. Natural Nusantara akan memasang
foto produk asli NASA pada iklan mereka termasuk mencamtumkan ciri-ciri produk
asli yang sedang dijualnya.
Distributor asli PT. Natural Nusantara akan mampu
menjelaskan ciri-ciri khusus produk yang asli dan yang palsu, seperti perbedaan
pada kemasan atau perbedaan pada isi produk.
Distributor asli PT. Natural Nusantara pasti memiliki kartu
member distributor sebagai bukti bahwa dia dalah distributor resmi NASA dan
mampu menunjukkannya kepada Anda jika memang diperlukan.
Keberhasilan PT. Natural Nusantara dalam mengelola dan
mengangkat produk berbahan organik telah memberikan kemanfaatan yang nyata dan
bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ke depan PT. Natural Nusantara
group akan terus berkomitmen senantiasa meriset dan mengembangkan semua jenis
teknologi dalam bentuk produk. Baik melakukan riset mandiri maupun bekerja sama
dengan pihak lain, utamanya semua jenis teknologi berkualitas yang bisa
dihasilkan oleh anak bangsa agar dapat lebih memperkokoh semangat
Neo-Nasionalisme.
Alamat
PT Natural Nusantara :
Jl. Ring Road Barat no 72 Salakan, Trihanggo, Gamping,
Sleman, Yogjakarta.
Call Center. 0274-6499191, Fax. 0274-6499192