Saturday, 14 March 2020

Berbagi Tips : Cara Tepat Dalam Memilih Mobil Keluarga Terbaik


Cara Tepat Dalam Memilih Mobil Keluarga Terbaik

Prasarana transportasi yang semakin meningkat pembangunannya pada saat ini semakin membuka peluang bagi para pebisnis otomotif untuk mengeluarkan kendaraan yang semakin berkualitas dan dilirik oleh para konsumen. Dan, mobil merupakan salah satu transportasi yang menjadi pilihan masyarakat, selain dapat membawa jumlah penumpang lebih banyak, kenyamanannya pun menjadi pertimbangan tersendiri karena mampu melindungi pengendara dan penumpang dari panasnya siang hari dan juga terpaan hujan.

Bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, mobil pribadi yang nyaman merupakan impian. Dengan adanya mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan bersama saat ingin berlibur atau sekedar menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan. Dan, saat ini mobil berjenis Multi Purpose Vehicle ( MPV) ataupun Sport Utility Vehicle ( SUV) bisa dikategorikan sebagai mobil keluarga favorit di Indonesia. Kedua jenis mobil ini, memiliki kabin yang luas serta pilihan konfigurasi penumpang dengan kapasitas besar. Bahkan, tidak jarang, para produsen mobil memanfaatkan platform yang sama untuk digunakan pada dua jenis mobil, yang membuat karakter keduanya menjadi sangat mirip.
Di indonesia terdapat nama-nama mobil yang sudah sangat laris dan dipercaya menjadi mobil keluarga, bahkan ada yang menggatakan mobil sejuta umat karena dengan mudah akan kita lihat berseliweran di jalan raya, salah satunya adalah Toyota Avanza, mobil pabrikan asal jepang ini begitu termasyur selain spesifikasinya yang baik para konsumen Indonesia juga beranggapan bahwa harga mobil avanza terbilang murah, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan kendaraan bermotor roda empat di Indonesia selama 2019 mengalami pelemahan 10,6 persen dari tahun sebelumnya. Secara wholesales (dari pabrik ke diler), periode Januari sampai Desember 2019 penjualan yang bisa dicapai, ialah 1.030.126 unit. Sementara periode sama pada tahun sebelumnya bisa mencapai 1.151.413 unit. Dalam catatan penjualan tersebut, segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) atau kerap dijuluki MPV sejuta umat, menyumbang kontribusi sebesar 228.327 unit, turun dari sebelumnya sebanyak 11 persen. Meski demikian, mobil keluarga dengan harga murah masih menjadi salah satu kontributor utama. Segmen ini diisi beberpa model favorit pasar, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan lain-lain (Kompas.com).


Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan dan impian dari setiap keluarga. Mobil keluarga atau sering disebut MPV (Multi Purpose Vehicle) masih mendominasi pilihan masyarakat di Indonesia hingga saat ini. MPV memiliki bodi yang lebih kecil, namun menghadirkan sensasi berkendara yang tidak sama dengan SUV yang siap disegala medan, untuk urusan kenyamanan dan harga MVP lebih ramah. “Tergantung preferensi masing-masing konsumen, baik SUV maupun MPV saat ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ada yang merasa lebih nyaman dengan mobil yang lebih tinggi (SUV), tetapi tetap kebutuhannya untuk keluarga. Tidak ada batasan yang baku,” kata Mohammad Farauk, General Manager Marketing Planning Division PT TAM, saat bertemu Kompas.com. Sedangkan jenis unit mobil SUV memiliki bentuk bodi yang tangguh dan sporty, mobil jenis ini memiliki ground clearance yang tinggi yang memang ditunjukan untuk menembus berbagai medan, baik jalan raya dengan kontur halus atau jalan tanah dengan kontur berlubang dan rusak.
Komentar terhadap pilihan mobil untuk keluarga juga diungkapkan oleh Yusak Billy, Direktur Inovasi Bisnis dan Penjualan Pemasaran HPM, “Mobil jenis SUV itu memiliki power yang lebih besar dan karakter yang lebih sporty, sementara untuk keluarga lebih sesuai dengan karakter MPV (yang kalem) karena fokus ke fungsional dan kenyamanan,” kataBilly.
Sebenarnya baik SUV maupun MPV bisa berperan sebagai mobil keluarga, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. MPV memiliki konfigurasi tujuh penumpang dan lebih nyaman untuk berkendara. Sementara SUV lebih siap untuk digunakan di segala medan.
Varian pilihan mobil biasanya didasarkan pada kebutuhan dan kesenangan mereka pada merek atau kualitas dari mesin dan performa mobil. Unit mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle menjadi salah satu mobil yang digemari masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga karena dapat menampung penumpang dalam jumlah yang relatif lebih banyak.
Kapasitas penumpang mobil MPV biasanya 7-8 orang. Daya tampung ini menjadi salah satu alasan bagi seseorang dalam membeli mobil. Selain itu, ukuran ruang kabin yang lebih luas menjadikan mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani beragam kegiatan dan akan memanjakan penggunanya.


Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan beragam varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Tidak heran jika produsen mobil melakukan inovasi serta gencar mendesain mobil keluarga untuk tampil memikat.
Produsen mobil juga berlomba-lomba menawarkan beragam kelebihan, baik dari segi harga, model maupun fitur modern supaya dapat menyandang predikat mobil keluarga terbaik untuk bisa mendatangkan lebih banyak calon konsumen.
Di masa lalu, orang-orang kerap menyebut mobil keluarga dengan identitas khusus, yakni mobil van dilengkapi dengan sliding door dan berkapasitas 2.000 cc. Namun saat ini, Agen Pemegang Merek (APM) telah meluncurkan berbagai variasi dari mobil keluarga. "Sekarang desainnya lebih compact. Dilihat dari berbagai faktor juga lebih kecil, bahkan cc yang semakin kecil pula, yaitu berkisar antara 1.200 hingga 1.500. Persaingan besar pun terjadi di mobil keluarga dengan kapasitas 1500 cc," ungkap Rifat Sungkar selaku pereli senior dan juga Direktur Rifat Drive Labs (RDL).

Beragam merek, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang terdapat di pasaran menjadikan konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Kondisi tersebut juga menbuat banyak konsumen bingung ataupun kesulitan dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Namun pengamat otomotif memiliki penilaian tersendiri tentang bagaimana Anda harus memilih sebuah unit mobil keluarga yang cocok dengan kebutuhan Anda. "Saat ini konsumen sudah semakin kritis. Karena kalau sebelumnya mereka hanya melihat yang penting semua keluarga saya bisa masuk ke dalam mobil, sekarang persepsinya sudah berbeda," kata Rifat Sungkar memberikan penjelasan. Generasi saat ini lebih memikirkan beberapa faktor penting lain, semisali faktor keselamatan, kenyamanan, performa, serta reserve value dari sebuah unit mobil daripada berfokus terhadap berapa banyaknya orang yang dapat diangkut dalam sebuah mobil keluarga. Lebih dari itu, masyarakat kini juga melihat model dan desain dari mobil yang akan dibeli.


Memberikan kendaraan yang nyaman untuk keluarga juga tidaklah harus dalam kondisi baru. Meskipun bekas, banyak juga unit mobil yang memiliki kualitas baik serta tidak mengecewakan. Asalkan Anda dapat memilih dengan tepat, kenyamanan serta keamanan keluarga juga tetap bisa terjamin.

Membeli mobil memang bukan perkara yang mudah. Memerlukan pertimbangan yang cermat dan matang dalam memutuskannya. Kemudian, bagaimana cara memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, berikut ini merupakan beberapa panduan yang dapat Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil:

Perhitungkan jumlah penumpang
Kebanyakan keluarga di Indonesia membeli jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Jumlah tempat duduknya mencapai 7-8 orang sehingga akan muat untuk sebuah keluarga. Bila bagian belakang tidak digunakan, kursi dapat dilipat dan dijadikan bagasi.


Akomodasi dari sebuah unit mobil memang masih menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pilihan. "Mobil keluarga sekarang identik bukan hanya lima, melainkan tujuh penumpang. Namun produsen mobil biasa menyebutnya lima plus dua karena sebenarnya dua bangku di belakang harus bersifat fleksibel, yaitu dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas," kata Rifat Sungkar.
Jumlah tempat duduk merupakan pertimbangan paling utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga dituntut mampu menampung semua anggota keluarga. Dan, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah tempat duduk tambahan.
Sebagai pedoman dasar yang harus dipahami, mobil dengan 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Bila anggota keluarga hanya terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka tipe hatchback dapat dijadikan sebagai pilihan. Meskipun kecil, namun tempat duduk bagian belakang tetap nyaman karena hanya diisi oleh dua orang.
Sedangkan mobil dengan 7 tempat duduk akan cocok untuk keluarga dengan 2 orang anak atau lebih. Jika anggota keluarga lebih dari delapan, sebaiknya pilihlah tipe mobil van. Jumlah tempat duduk pada mobil tipe ini lebih banyak. Selain itu kabin mobil pun lebih besar daripada tipe MVP, sehingga anggota keluarga tidak perlu berdesak-desakan di dalam dan tetap merasa nyaman.

Desain yang elegan
Dalam memilih mobil keluarga, desain eksterior dan interior juga harus memenuhi kriteria. Karena, hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara.


Dari segi desain pastikan Anda tidak menyesal ketika telah membeli mobil untuk keluarga, rencanakan terlebih dahulu ketika hendak membeli mobil dengan cara membandingkan dengan berbagai sumber yang ada, desainnya yang besar pasti akan membuat mobil memiliki space yang lebih luas serta kenyamanan lebih baik, tampilan mobil yang baik juga akan menambah rasa percaya diri, ditunjang dengan fitur yang berada didalam interior serta eksetrior membuat anggota keluarga semakin betah berada di dalam mobil terlebih saat melakukan perjalanan jauh.

Bagasi mobil
Berkendara bersama keluarga bukan hanya ramai karena jumlah orangnya, namun juga dengan barang-barang yang dibawa. Hal inilah yang menjadikan kehadiran bagasi pada mobil perlu dijadikan pertimbangan. Pasti Anda tidak menginginkan kondisi mobil yang sesak disebabkan tidak adanya tempat penyimpanan barang.


Sebuah mobil keluarga memang harus dapat memberikan rasa nyaman saat dikendarai bukan hanya dari kesenyapan kabin atau suspensi yang enak, tapi juga faktor utility space-nya. "Utility space ini penting. Karena orang-orang saat ini lebih sering membawa barang bawaan yang banyak, jadi mereka mempunyai keinginan atau syarat yaitu compartment atau tempat penyimpanan barang," kata Rifat Sungkar. Tempat penyimpanan barang bukan hanya selalu berbicara tentang barang bawaan besar yang dapat dimuat di bagasi mobil, melainkan barang-barang kecil yang mungkin jauh lebih penting. "Gadget dan semacamnya sudah jadi satu kesatuan dari kehidupan orang. Barang-barang seperti inilah yang harus tersimpan baik di dalam mobil Anda saat sedang berkendara," tambah Rifat.
Mobil MPV untuk keluarga memang tidak memiliki ruang bagasi khusus. Namun ruang duduk di bagian belakang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang dengan cara melipat kursinya. Lain halnya dengan tipe hatchback atau SUV yang umumnya sudah dilengkapi dengan ruang bagasi cukup besar. Dan, Anda yang berniat membeli mobil van harus bisa menata barang bawaan keluarga dengan baik, sebab area penyimpanannya relatif kecil.

Kapasitas serta kondisi mesin
Dalam memilih kendaraan keluarga yang mempunyai kualitas baik, maka hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah mesinnya. Secara umum ukuran mesin dikategorikan ke dalam besaran volume, dimana setiap mesin mempunyai besaran volume yang berbeda antara satu dengan lainnya.


Performa mesin adalah salah satu pertimbangan yang menjadi landasan dalam memilih mobil bagi keluarga tercinta. Mobil keluarga diharapkan memiliki performa mesin yang mampu melakukan akselerasi dengan baik.
Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, misalnya; 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan lain sebagainya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin, maka semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut.
Memilih mobil yang bagus, juga harus didukung dengan kemampuan tenaga mobil supaya dapat maksimal dalam penggunaannya.

Sistem transmisi kendaraan
Secara umum terdapat 2 jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Hal ini menjadikan Anda untuk dapat memilih mobil berjenis matik dengan harga yang sedikit lebih mahal, tetapi lebih mudah untuk dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya.


Dengan memahami mobil jenis apa yang paling Anda butuhkan. Namun, pastinya semuanya haruslah disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Konsumsi bahan bakar
Bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal dari sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar.


Mobil keluarga yang nantinya Anda beli mungkin akan sangat sering digunakan. Berwisata di akhir pekan, mengantar anak ke sekolah, mengantar pasangan ke kantor atau ke pasar, dan lainnya. Jika mobil tersebut tidak irit bahan bakar, maka pengeluaran untuk segi bahan bakar mobil menjadi sangat berat.
Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya, maka semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh mobil pilihan Anda.

Fitur keselamatan
Membawa keluarga berkendara merupakan sebuah tanggung jawab yang besar. Supaya keselamatan setiap penumpang dapat terjaga, pilihlah mobil untuk keluarga yang dilengkapi sistem keamanan. Fitur paling dasar yang harus ada ialah sabuk pengaman di tiap kursi.


Fitur keamanan merupakan sebuah hal paling penting dalam memilih sebuah mobil untuk keluarga dan diharapkan mobil pilihan memiliki fitur keselamatan yang memadai. Semisal sabuk pengaman yang terdapat pada semua kursi penumpang. Sabuk pengaman dirancang untuk mencegah pengemudi ataupun penumpang terpental dan mengurangi kemungkinan cedera pada tubuh.
Selain itu, pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil.
Keberadaan sistem child safety lock sangat dianjurkan jika Anda memiliki anak yang masih usia balita. Sistem ini dapat menjaga keamanan Anak Anda walaupun mereka bermain dengan handle pintu serta jendela mobil saat kendaraan tengah melaju.
Produk mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang canggih yaitu berupa air bag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Komponen tersebut diharapkan mampu mendukung keselamatan pengendara serta merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah unit mobil.


Sistem pengereman ABS+EBD (Electric Brake-force Distribution) +BA (Brake Assist) disebut-sebut menjadi sistem pengereman terbaik. ABS atau Anti-Lock Braking merupakan salah satu fitur yang harus atau wajib terdapat pada mobil dengan kapasitas mesin yang tinggi, semisal jenis  MPV yang memiliki volume minimal 2000 CC. Dengan sistem pengereman ABS ini dapat mencegah roda terkunci ketika pengemudi menginjak pedal rem secara tiba-tiba karena menghindari sesuatu di jalanan. Selain itu, fitur pengereman ABS juga sangat menolong saat digunakan pengemudi di jalan yang berkelok dan juga licin setelah hujan.
Fitur canggih ESC atau Electronic Stability Control juga perlu ada pada kendaraan MPV. Karena fitur ini dapat mendeteksi apabila sang pengendara kehilangan kontrol terhadap kemudi. Sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem dan membuat arah kendaraan menjadi terkontrol kembali. Selain itu, gejala oversteer dan understeer juga akan diminimalkan dengan sistem ini. Namun, fitur ini perlu dukungan dari beberapa elemen seperti ban yang masih dalam kondisi optimal karena jika ban sudah tidak layak pakai, maka daya cengkeraman pada aspal tidak akan optimal dan sistem ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Dengan kehadiran fitur tersebut maka potensi penumpang terkena cedera bila terjadi kecelakaan dapat terminimalisir.
Dan, saat ini teknologi sasis pun telah berkembang pesat. Hal ini yang menjadi dasar faktor keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Karena itulah, Anda juga disarankan untuk mengetahui tentang teknologi yang digunakan dalam mobil yang Anda pilih. "Berhubung mobil keluarga punya tanggung jawab lebih karena yang diangkut adalah satu keluarga penuh, jadi bagi saya pribadi keharusan yang tidak kalah penting untuk sebuah mobil keluarga adalah kendaraan yang nyaman dikendarai dan memiliki sudut pandang yang sangat luas. Visibilitas yang dimiliki mobil tersebut harus memenuhi standar keamanan Anda, karena tidak menutup kemungkinan mobil tersebut akan Anda gunakan untuk jarak dekat maupun perjalanan jauh," kata Rifat Sungkar.
Fitur keamanan yang disematkan pada setiap unit mobil tentunya berbeda, karena itu pilihlah kendaraan dengan fitur keamanan yang paling Anda butuhkan.

Kenyamanan serta fasilitas hiburan
Faktor kenyamanan dari sebuah mobil juga menjadi bagian yang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Karena atas dasar bahwa anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil.


Pergi bersama keluarga dengan waktu tempuh yang panjang dapat menjadikan mereka cepat bosan. Anak kecil yang bosan akan cenderung rewel. Karena itulah, kehadiran fasilitas hiburan seperti pemutar musik atau bahkan televisi kecil mungkin bisa ditambahkan pada mobil pilihan. Di pasaran, cukup banyak tersedia unit mobil untuk keluarga yang sudah dimodifikasi dengan penambahan televisi.
Saat ini produsen mobil juga berlomba-lomba untuk memberikan kenyamanan bukan saja ketika mobil dipakai di perkotaan, namun saat kendaraan tersebut digunakan untuk keperluan mudik atau pun keluar kota. "Makanya sekarang konstruksi suspensi dari mobil-mobil keluarga tidak lagi konvensional seperti dulu, di mana kalau dulu yang penting semua muatan bisa masuk berarti sudah beres. Sekarang itu mobil diisi satu orang atau tujuh orang, tingkat keamanan dan kenyamanannya berbeda, teknologi suspensi yang digunakan pun dapat menyesuaikan dengan baik," kata Rifat Sungkar.
Kenyamanan mobil juga didukung oleh beberapa hal semisal tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.
Tempat duduk termasuk komponen penting dalam berkendara di dalam mobil, apalagi jika Anda dan keluarga menempuh perjalanan yang jauh atau berkendara di saat jalanan sedang padat, kenyamanan dari tempat duduk menjadi prioritas dalam memilih mobil bagi keluarga Anda.

Ketersediaan layanan purna jual
Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu terhadap produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya servis resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi.


Mobil dengan merek yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini adalah hal penting karena apabila Anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan yang telah ditawarkan.

Biaya perawatan
Anda juga perlu mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang Anda idamkan dengan mobil lain sejenis. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil, maka semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya.


Tentunya Anda tidak menginginkan adanya anggaran yang berlebihan pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan terlebih dahulu biaya perawatan yang akan dikeluarkan nantinya.
Suku cadang yang mudah dan harga terjangkau layak menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga. Karena, ketika Anda mengalami kerusakan pada komponen mobil, maka akan dengan mudah mendapatkan suku cadangnya. Mobil yang memiliki suku cadang yang mudah untuk ditemukan tentu menjadi pilihan yang terbaik.

Nilai jual mobil
Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali atau harga jual bekas yang berbeda. Hal seperti ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.


Oleh karena itu, ketika Anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin ada saatnya Anda merasa bosan, atau memaksa Anda untuk menjual mobil tersebut karena sebuah kebutuhan yang mendesak, dengan mempertimbangkan sektor ini, dipastikan Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika menjual mobil Anda.

Melakukan test drive
Anda tidak bisa membayangkan semua fitur yang ada pada sebuah mobil hanya dari cerita orang atau dari keterangan yang tertera di brosur. Untuk lebih memastikan sebuah mobil memenuhi kriteria yang diinginkan, Anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajaklah anggota keluarga Anda untuk mencoba mobil yang Anda inginkan untuk memastikan mereka juga suka terhadap mobil tersebut.


Dengan melakukan test drive Anda akan merasakan sensasi dari unit mobil pilihan Anda. Mulai dari kenyamanan dan keamanan yang dirasakan. Apakah memang sesuai dengan spesifikasi yang dijelaskan atau tidak. Melakukan test drive juga bermanfaat bagi Anda dalam mengetahui kondisi mesin serta transmisi unit mobil yang menjadi pilahan. Karena, terdapat juga beberapa mobil yang memiliki bunyi yang berisik sehingga cukup mengganggu kenyamanan di dalam mobil.

Harga serta cara pembayaran
Faktor kondisi finansial anda menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting dalam memilih sebuah mobil keluarga, baru maupun mobil bekas. Bagi anda yang mencari mobil bekas, penting untuk mengetahui dalam tips membeli mobil bekas adalah jangan terpengaruh dengan harga dan merk yang bagus namun tidak sesuai dengan kondisi finansial Anda.


Pada hakikatnya setiap orang pasti mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan ideal. Namun, Anda sangatlah disarankan untuk membeli mobil dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan. Sebuah mobil mungkin bisa sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal jika dicermati mobil pasti akan berkurang nilainya dengan seiring berjalannya waktu.
Terkadang ada beberapa mobil yang dikatakan sudah cocok dengan kebutuhan namun memiliki harga yang sangat tinggi atau pun sebaliknya harganya sudah pas tetapi belum memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, selain memperhatikan kebutuhan, Anda juga harus memperhatikan anggaran dalam membeli mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil karena hanya menuruti nafsu atau gengsi semata, tapi lakukanlah pembelian sebuah unit mobil yang Anda paling butuhkan dan sesuai kemampuan finansial Anda.
Ada banyak distributor serta showroom mobil MPV di kota. Biasanya terjadi perbedaan harga jika Anda cermat membandingkannya. Unit mobil dengan fitur dan varian yang sama mungkin akan ada perbedaan harga meskipun sedikit dan juga fasilitas pembayaran serta tambahan produk promosi yang sekiranya menambah daya tarik konsumen.
Pertimbangan lain sebelum membeli mobil adalah memilih jenis pembayaran, dengan cara cash atau kredit. Hal ini merupakan sebuah kondisi penting karena haruslah disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jika tidak ingin menanggung utang, dan memiliki cukup uang untuk membeli mobil secara tunai, Anda dapat melakukan pembelian unit mobil secara cash. Namun jika faktor finansial tidak mendukung, membeli unit mobil dengan cara kredit juga bukanlah sebuah masalah. Asalkan disiplin dalam membayar cicilannya setiap bulan.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih mobil untuk keluarga. Pemilihan  yang tepat tentu saja akan menunjang kenyamanan dan keamanan bersama keluarga. Jika hal-hal tersebut sudah didapatkan pada mobil keluarga pilihan Anda, bepergian bersama keluarga pun akan terasa menyenangkan.

Promo Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 – Spesifikasi Produk


Xiaomi Redmi Note 8

Xiaomi adalah salah satu merek atau brand produk smartphone yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena kemunculan smartphone merek Xiaomi dijual dengan harga murah meriah dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih. Hal tersebut menjadikan Xiaomi cukup berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu merek paling top.

Xiaomi terus mengembangkan produk smartphone dengan teknologi yang canggih dengan harga jual yang semakin beragam mulai dari 1 jutaan. Meski dijual dengan harga yang murah, kualitas smartphone Xiaomi bisa dibilang cukup bagus dan juga tahan lama.

Vendor Xiaomi merilis smartphone Redmi Note 8 di Indonesia dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, dengan harga yang terjangkau, Redmi Note 8 mengusung beberapa fitur yang biasanya hanya bisa didapatkan pada ponsel dengan price point lebih tinggi. Misalnya saja display Full HD+ dan USB-C.

Namun, daya tarik utamanya tentu empat kamera belakangnya, Redmi Note 8  dibekali konfigurasi kamera belakang beresolusi 48 MP (f/1.8, wide), serta tiga kamera pendukung lainnnya. Keempat kamera belakang Redmi Note 8 terletak di sisi kiri atas yang bersebelahan dengan flash LED. Bagian kameranya menonjol cukup tinggi dibanding permukaan ponsel, sehingga jika ponsel ditaruh di permukaan rata seperti meja tidak bisa berbaring dengan sempurna.


Xiaomi Redmi Note 8 dibekali kamera depan beresolusi 13 MP (f/2.0). Kamera selfie pada ponsel ini disematkan di dalam poni (notch) dengan gaya tetesan air (waterdrop). Pada aspek display, ukuran layar Redmi Note 8 berdiagonal 6,3 inci dan menggunakan jenis panel IPS LCD serta resousi layar Full HD Plus dengan aspect ratio 19,5:9.

Redmi Note 8 hadir dengan warna gradasi yang kekinian yang jika terkena cahaya akan muncul garis-garis meliuk. Bagian belakang serta layarnya dilapisi dengan Gorilla Glass 5 serta keempat sisinya hadir dengan rounded edges yang membulat sehingga menjadikan ponsel ini nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. Bagian belakang Redmi Note 8 juga dibekali dengan sensor sidik jari pada bagian tengah dan logo Redmi di sisi kanan bawah. Sensor sidik jari yang disediakan bekerja dengan cukup responsif dan akurat.

Layar Redmi Note 8 menggunakan notch berbentuk tetesan air yang menjadi rumah untuk kamera depannya. Bezel di sisi kiri, kanan dan atas terbilang cukup tipis, Ponsel ini memiliki dagu di bagian bawah untuk menaruh logo Redmi. Sedangkan, pada bagian ujung kiri, kanan dan bawah layar dihiasi lis berwarna yang membuat tampilan ponsel terlihat berbeda dibandingkan Vendor kompetitor.



Bagian bawah menjadi tempat USB-C untuk pengisian daya, yang diapit oleh headphone jack 3,5 mm di sisi kiri dan speaker di sisi kanan. Tombol volume dan power ditempatkan di sisi kanan ponsel dan slot untuk dual SIM dan microSD berada di sisi kiri.

Dapur pacu Redmi Note 8 ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 665. Kombinasi RAM dan memori internal Redmi Note 8 memiliki storage yang besar, mencapai 128 GB serta dihadirkan dalam tiga varian RAM dan memori internal, yang terdiri dari 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB.

Dalam urusan daya, Redmi Note 8 didukung baterai dengan kapasitas 4.000 mAh dan sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W.
Untuk sistem operasinya, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI Global 10.3.2. Smartphone ini membawa fitur Dark Mode yang bisa membuat mata pengguna menjadi lebih nyaman ketika menggunakan ponsel di ruangan yang gelap. Xiaomi Redmi Note 8 juga dibekali dengan beberapa aplikasi bloatware bisa di-uninstall jika tidak digunakan.

Meskipun hanya menyediakan satu speaker, suara yang dihasilkan Redmi Note 8 saat menikmati musik atau video terdengar cukup keras, harga Redmi Note 8 di Indonesia dipatok sebesar Rp 1.999.000 untuk varian 3 GB/ 32 GB, Rp 2.199.000 untuk varian 4 GB/ 64 GB, dan Rp 2.799.000 untuk varian 6 GB/128 GB. Smartphone ini mulai dipasarkan semenjak 23 Oktober 2019. Banderol harga tersebut merupakan harga perkenalan. Dimana, harga jual varian Redmi Note 8 di pasaran bisa lebih tinggi sebesar Rp 100.000 dari harga introductory price.



Bodi berlapis kaca
Desain maupun tampilan Redmi Note 8 terlihat seperti smartphone pada umumnya. Smartphone ini memiliki dimensi 158.3 x 75.3 x 8.4 mm, dengan bobot 190 gram.


Xiaomi Redmi Note 8 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Blue, Black, dan White. Menariknya, Vendor Xiaomi meracik bodi perangkat ini dengan material berlapis kaca di bagian depan dan bodi belakangnya.
Bodi Xiaomi Redmi Note 8 ini sudah tahan percikan air (splash resistant) berkat lapisan nano pada bodinya.


Untuk sektor keamanan dan juga akses ke smartphone, pada bagian belakang Redmi Note 8 terdapat sensor fingerprint konvensional. Panel sidik jari yang memiliki desain bulat ini bermanfaat untuk menjaga data pada smartphone dengan baik.

Layar bersertifikat TÃœV Rheinland
Display Redmi Note 8 menggunakan panel LCD berukuran 6,3 inch dengan rasio screen to body 81,7%. Layarnya memiliki resolusi 1080 x 2340 pixel (FullHD+) dengan rasio aspek 19,5:9 serta hiasan poni di bagian atasnya. Dengan layar yang lebar, smartphone Xiaomi Redmi Note 8 ini cukup nyaman digunakan sebagai gaming phone dan lebih puas saat digunakan untuk berfoto.


Walau hanya menggunakan panel IPS, Redmi Note 8 tetap bisa mereproduksi warna dengan cukup tajam dan akurat. Ponsel ini juga mendapat sertifikasi Widevine L1 sehingga bisa menikmati konten YouTube dan Netflix dengan kualitas HD tertinggi tanpa masalah. Meskipun ditargetkan untuk kelas bawah, namun Xiaomi begitu serius mempersiapkan perangkat ini.
Sertifikat TUV Rheinland semakin memastikan kemampuan layar Xiaomi Redmi Note 8 untuk melindungi mata dari sinar biru, Redmi Note 8 dilengkapi dengan Reading mode yang bisa membuat layar terlihat lebih hangat dan mata menjadi lebih nyaman.

Kamera
Daya tarik Redmi Note 8 juga didukung dengan adanya empat kamera belakangnya. Kamera utamanya adalah 48MP dengan teknologi 4-in-1 pixel binning yang secara default mengambil gambar 12MP. Selanjutnya terdapat kamera ultrawide 8MP, kamera macro 2MP dan depth sensor 2MP.


Performa kamera Redmi Note 8 ini cukup memuaskan. Kamera utamanya, baik dalam mode default maupun 48MP, akan mampu mengambil gambar dengan warna yang cukup akurat dan detail yang jelas.
Kombinasi sensor Samsung GM1 dan bukaan f/1.8 diharapkan dapat membantu Redmi Note 8 mengambil gambar pada saat kondisi minim cahaya dengan cukup baik. Meskipun objek dengan detail yang ramai seperti gedung dan pohon ketika dipotret dalam kondisi minim masih terlihat noisy serta kurang mampu direproduksi. Untuk mendukung fotografi dalam keadaan minim cahaya tersebut, Xiaomi menyediakan fitur Night Mode yang bekerja seperti HDR untuk  mendistribusikan highlight dengan lebih merata.


Sedangkan untuk kemampuan kamera ultrawide pada smartphone ini, performanya yang diberikan cukup lumayan. Sensor makro juga menjadi fitur tambahan yang sangat menarik bagi pengguna, terutama jika Anda sangat hobi terhadap fotografi makro. Sensor yang disematkan pada smartphone ini memang memungkinkan kamera untuk mendekati objek dalam jarak yang sangat dekat.
Depth sensor yang diusung Xiaomi Redmi Note 8 memudahkan pengambilan foto bokeh dengan hasil yang cukup memuaskan. Deteksi ujung-ujung objek cukup mantap dan efek blur yang dihasilkan terlihat alami. Anda dapat mengatur level blur-nya dari indikator yang ada pada viewfinder.


Untuk urusan selfie, Xiaomi Redmi Note 8 dibekali dengan kamera depan 13MP. Selfie yang diambil dalam kondisi cahaya yang cukup akan terlihat memuaskan, dengan reproduksi warna yang baik. Dalam mode default, kamera ini mampu membuat wajah terlihat lebih mulus dari aslinya. Smartphone ini juga dibekali teknologi Algoritma AI Beautify untuk semakin mempercantik photo Anda.
Kamera depan Redmi Note 8 juga bisa digunakan untuk mengambil mode foto Portrait. Meskipun tidak menggunakan sensor khusus, selfie dengan efek bokeh yang diambil akan menghasilkan gambar yang bagus dengan deteksi objek yang mantap.

Performa serta RAM hingga 6GB
Redmi Note 8 menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 665 yang membawa sejumlah peningkatan dari segi performa dan efisiensi daya dibanding pendahulunya. Tersedia tiga pilihan model yaitu dengan kapasitas RAM 3GB, 4GB dan 6GB dengan dukungan GPU Adreno 610.


Xiaomi Redmi Note 8 menawarkan internal storage terkecil 32GB, selanjutnya 64GB, dan yang terbesar berkapasitas 128GB. Vendor Xiaomi juga telah melengkapi smartphone ini dengan eksternal microSD berdaya tampung hingga 256GB.
Dengan spesifikasi ini aktivitas harian yang umumnya dilakukan di ponsel, termasuk multitasking dan gaming bisa dilakukan dengan mulus. Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa berjalan tanpa lag dan gangguan berarti.
Performa Redmi Note 8 terbilang cukup memuaskan ketika dilakukan pengujian oleh pengguna dengan tiga aplikasi benchmark yaitu Antutu, Geekbench dan PCMark memberikan hasil sebagai berikut:
Antutu: 169.430
Antutu CPU: 70.376
Antutu GPU: 32.851
Geekbench single-core: 313
Geekbench multi-core: 1.323
PCMark: 6.656
Dan ketika dilakukan uji menjalankan beberapa game seperti PUBG Mobile mode default yang terpilih adalah Low untuk gameplay supaya berjalan dengan mulus dan mode pengaturan display paling tinggi yang bisa digunakan dan diaktifkan secara manual adalah grafis Balanced dengan frame rate Medium. Dengan konfigurasi ini, gameplay tetap berjalan dengan mulus.
Sedangkan ketika dilakukan uji untuk memainkan Asphalt 9 dengan kualitas visual default akan terasa cukup mulus. Meskipun demikian masih terjadi stuttering dan nge-lag saat memasuki balapan.
Pengujian diatas dilakukan pada Xiaomi Redmi Note 8 serie 6 GB/128 GB.

Baterai
Untuk mendukung performa Redmi Note 8, Vendor Xiaomi membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Ketika diuji, baterai ini mampu bertahan dari pagi hingga malam dalam pemakaian normal, seperti browsing media sosial, chatting dan memainkan game sesekali.


Untuk mengisi ulang daya, Xiaomi menyediakan pengisian ulang cepat 18W. Anda dapat melakukan pengisian dari kapasitas baterai 20% hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam.


Xiaomi Redmi Note 8 menghadirkan paket cukup lengkap. Hardware yang cukup solid mulai dari empat kamera belakang yang memuaskan hingga baterai yang awet. Spesifikasinya smartphone ini sudah lebih dari cukup untuk multitasking sehari-hari. Dengan harga yang terjangkau, Xiaomi berhasil mendatangkan fitur-fitur mutakhir kepada banyak konsumen. 

NASA: More Parfum NASA Habib - Parfum Bebas Alkohol


PT. Natural Nusantara

Natural Nusantara atau nama singkatnya “NASA” berdiri sejak bulan Oktober 2002 di Yogyakarta. Sejak lahirnya, PT. Natural Nusantara (NASA) memiliki visi yaitu “Menuju Indonesia Makmur Raya Berkeadilan” dan memiliki komitmen untuk bergerak memajukan usaha di bidang agrokomplek, kesehatan dan lain-lain yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Mengingat Indonesia sebagai negara luas, agraris dan mayoritas masyarakat terjun di dunia agro-dalam artian luas.

PT. Natural Nusantara memiliki nama dari 2 kata yaitu kata Natural yang berarti mengutamakan teknologi yang alami dan ramah lingkungan, dan kata yang kedua yaitu Nusantara yang artinya mengutamakan hasil karya anak bangsa. Dari kedua nama tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa PT. Natural Nusantara adalah sebuah perusahaan yang memiliki konsep produk-produk yang terbuat dari bahan organik herbal dan merupakan hasil karya dari negeri sendiri dan bukan import. PT. NASA bergerak di bidang perdagangan yang menyediakan produk-produk alami berkualitas yang bahan bakunya 100% dari Indonesia.


Dalam aktifitas produksinya, PT. Natural Nusantara melakukan berbagai prosedur dan proses yang amat teliti dan teratur. Sebelum melakukan pemasaran terhadap produknya PT. Natural Nusantara harus melewati lulus uji dan mendapatkan sertifikat resmi dari BPOM dan MUI.

PT. NASA mampu tetap bertahan dan berkembang di tengah era persaingan global yang luar biasa. Dan, pada tahun 2010 mulai mengekspor produknya ke Malaysia, Brunei, Singapore, Hongkong, Yunani, Taiwan, negara-negara timur tengah, Korea dll. Perkembangan yang sangat luar biasa yang mampu dicapai oleh perusahaan lokal karya anak bangsa.

Seiring berkembangnya waktu dan kebutuhan masyarakat terhadap obat sehat maka PT. NASA mulai memiliki inovasi untuk membuat sebuah produk obat herbal alami yang tentunya juga mempunyai kualitas yang sudah teruji dan melalui pengecekan serta standariasi dari berbagai ahli tanaman obat yang sudah terlatih.

Berbekal pengalaman dalam meracik obat sesuai dengan kadar yang tepat membuat PT. Natural Nusantara semakin maju untuk mengembangkan berbagai produk kesehatan antara lain, yaitu ; crystal x, royal jelly, lechitin, chloropyllin, amne, cordimune, acaiplus, dan masih banyak produk lagi, PT. Natural Nusantara selalu berinovasi memberikan yang terbaik untuk Nusantara maupun international.

Sejarah PT. Natural Nusantara

Lahir dari sebuah keprihatinan mendalam umumnya terhadap kondisi ekosistem di muka bumi yang mengalami proses kerusakan akibat pengembangan dan rekayasa kimia dasar dasar dengan dosis dan pengaplikasian yang kurang bijaksana yang di antaranya melanda dunia Agrokomplek (pertanian, perkebunan,perikanan) untuk sarana mewujudkan “Indonesia Makmur Raya Berkeadilan”,Disisi Obyeknya aspek Kuantitas-Kualitas-Kelestarian. Produksi Agrokomplek masih jauh dari potensi optimalnya sementara di sisi Subyeknya, aspek pola pikir-Mental-Motivasi-Keilmuan-Modal juga masih belum mencapai kompetensinya.

Berawal dari aktivitas budidaya di Tahun 1985 oleh Ir. Soemarno khususnya di sub sektor hortikultura. Tanggap terhadap kondisi, maka semenjak tahun tersebut mulai dilakukan penelitian dan pengembangn untuk perbaikan lingkungan yang terutama di tujukan untuk aspek obyeknya dahulu yang sehingga sekarang telah menghasilkan banyak produk dan teknik budidaya di bidang agrokompleks dan teknologi perbaikan / reklamasi lahan-lahan yang rusak atau tercemar yang semuanya berasaskan Back To Nature(Kembali Ke Alam) sesuai agenda 21 hasil Konfrensi Tingkat Tinggi(KTT) BUMI di bawah panji PBB bertepat di Rio de Janairo tahun 1992.

Pengembangan aspek Subyek (SDM Pertaniannya) di lakukan melalui pola networking sehingga di harapkan dapat ter-up grade (meningkat) di sisi pola pikir, mental, motivasi, keilmuan dan permodalan dengan cukup efektif, efisien dan cepat.

Aktivitas budidaya sekaligus mencermati kondisi lingkungan hidup, maka orientasi berkembang ke bidang penelitian dan pengembangan (R andD) khususnya perbaikan lingkungan hidup/ekosistem.

Khusus aspek bahan baku utama produk pupuk organik NASA, terjamin ketersediaannya (terlepas dari proses produksinya yang harus bertahap sesuai perkembangan pasar). Hanya 30% deposit bahan baku utama yang dipergunakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh Indonesia selama ± 16 ribu tahun, dimana sisanya ( 70 % ) dapat dipergunakan untuk Dunia guna menunjang Agenda 21 (Back To Nature), karena sepanjang catatan, bahan baku utama tersebut mayoritas di dunia hanya terdapat di Indonesia.

Mengingat potensi luar biasa keanekaragaman hayati Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya maka mulai tahun 2003 dikembangkan juga pengolahan keanekaragaman hayati untuk membantu kesehatan manusia. Banyak produk food supplement telah diluncurkan untuk memelihara kesehatan maupun membantu penyembuhan berbagai macam penyakit yang beberapa diantaranya telah didokumentasikan dalam bentuk Video (VCD/DVD) dan Flashdisk (UFD). Selain teknologi alami untuk membantu kesehatan manusia dikembangkan juga beragam teknologi kosmetik dan perawatan tubuh / body care alami serta home care yang lebih efektif dan aman dipergunakan.


Secara intensif, perusahaan ini melakukan pengembangan SDM meliputi pola pikir, mental, motivasi, keahlian dan modal. Tidak hanya menciptakan produk berkualitas untuk pertanian, peternakan dan perikanan saja. Pada tahun 2003, PT. NASA mulai mengembangkan produk yang bermanfaat untuk kesehatan manusia dengan mengolah keanekaragaman hayati Indonesia. Salah satunya Crystal X yang dikenal sebagai pusaka wanita. Kemudian, di tahun 2007, PT. NASA melakukan 7 pengembangan teknologi inovatif, bekerja sama dengan perusahaan lain yang sevisi. Contohnya penciptaan mesin Reserve Osmosis yang bisa mengubah air kran menjadi air minum.

Ke depan PT. NASA group akan terus berkomitmen senantiasa meriset dan mengembangkan semua jenis teknologi dalam bentuk produk, baik riset mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain, utamanya semua jenis teknologi berkualitas yang bisa dihasilkan oleh Anak Bangsa sendiri guna lebih memperkokoh semangat Neo-Nasionalisme.


Parfum atau minyak wangi adalah salah satu aksesoris sehari-hari yang cukup penting. Parfum digunakan pada beragam objek keseharian seperti pakaian, ruangan, mobil dan terutama tubuh untuk menghilangkan bau badan. Dalam definisi umumnya, parfum adalah suatu campuran atau ramuan cair yang menghasilkan aroma wangi yang terdiri dari beragam minyak aroma, material wewangian hingga bahan kimia.

Parfum merupakan benda yang tidak asing lagi dalam kehidupan manusia. Apalagi saat ini aroma parfum yang ditawarkan sudah semakin beragam, baik yang dikhususkan untuk pria, wanita, atau unisex. Dan tidak jarang, aroma parfum bisa menjadi sebuah pick up line andalan seorang pria ketika ingin berkenalan dengan wanita.

Dunia wewangian dapat benar-benar membawa kita ke tempat dan menceritakan kisah tentang siapa kita. Namun, ada begitu banyak fakta menarik tentang aroma yang belum ditemukan. Ada berbagai teori ketika datang ke asal parfum, tetapi paling sering Mesopotamia, Persia dan Mesir sama-sama disebutkan sebagai pencipta parfum pertama di dunia.

Pada tahun sekitar 2005 silam para arkeolog melakukan penggalian di sebuah situs di daerah Siprus, 120 km sebelah barat Suriah dan menemukan artefak parfum tertua yang umurnya 4000 tahun. Namun tidak ada catatan resmi mengenai sejarah awal wewangian dari negara ini. Tokoh pembuat parfum pertama yang tercatat adalah seorang kimiawan perempuan bernama Tapputi, nama wanita ini muncul pada sebuah prasasti kuno sebagai seorang peramu parfum di Mesopotamia sekitar 2000 SM.

Legenda perfumer Tapputi tercatat dalam tulisan paku pada tablet dari tahun 2000 SM di Mesopotamia. Ia menciptakan aroma pertama dengan mur, minyak dan bunga di Babylonian Mesopotamia. Di Mesir, hampir 4000 tahun yang lalu, orang-orang menggunakan aroma dalam segala hal mulai dari upacara keagamaan hingga persiapan pemakaman, dan bahkan pakaian sehari-hari. Fragrance dianggap keringat dewa matahari Ra, dan karena itu dianggap sebagai atribut suci. Orang Mesir bahkan memiliki dewa parfum bernama Nefertum yang mengenakan gaun kepala yang terbuat dari bunga lili air, yang merupakan salah satu bahan parfum paling umum saat ini.

Epic Gilgamesh bercerita tentang raja legendaris Ur di Mesopotamia (modern Irak) membakar dupa dari getah kayu cedar dan mur untuk menempatkan para dewa dan dewi dalam suasana hati yang menyenangkan. Sebuah tablet dari Babilonia juga berisi perintah impor untuk cedar, mur dan cemara; sebagai bahan resep untuk salep wangi dan obat herbal. Esensi aromatik asli yang digunakan dalam wewangian berupa bumbu dan rempah- rempah; bunga baru digunakan sebagai bahan pembuat wewangian setelah jauh hari kemudian.

Parfum merupakan salah satu item yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menunjang penampilan. Konon, parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Kata “parfum” berasal dari bahasa Latin “per fume” yang memiliki arti “melalui asap”. Dahulu, aroma wangi parfum didapat dari pembakaran dupa dan herbal aromatik yang dipakai dalam upacara keagamaan.

Sejarah kuno parfum masih banyak yang diselimuti misteri. Parfum merupakan bagian penting dari kehidupan di zaman kuno yang tercermin dari bukti arkeologis. Wewangian telah digunakan selama ribuan tahun dalam upacara keagamaan, meditasi, praktek penyembuhan dan kosmetik.

Mesir merupakan negara pertama yang memasukkan parfum ke budayanya. Pada 1000 SM, Mesir sudah memakai botol parfum yang terbuat dari kaca. Negara-negara lain seperti Cina kuno, Hindu, Israel, Charthaginians, Arab, Yunani, dan Romawi kemudian juga menyusul Mesir mempopulerkan parfum. Orang Persia juga pengagum parfum, dan aroma sering digunakan sebagai simbol status politik. Mereka bahkan menggunakannya begitu banyak sehingga umum bagi raja untuk digambarkan dengan botol parfum dalam lukisan Persia! Tidak sampai kemudian ketika orang-orang Yunani dan Romawi mengambil alih Persia dan berkenalan dengan parfum yang mulai dilihat sebagai bentuk seni. Perlahan-lahan menyebar ke seluruh dunia dan pada tahun 1190, ketika parfum datang ke Paris, itu mulai tumbuh secara komersial dan berkembang menjadi industri besar seperti sekarang ini.

Bukti arkeologi juga menunjukkan penghuni awal benua India telah mampu mengekstraksi dan melakukan penyulingan tanaman berharga untuk minyak aromatik. Indikasi awal dari kegiatan ini tersedia dari temuan guci parfum dan wadah terakota dari peradaban Lembah Indus, di mana pekerjaan arkeologi telah mengungkapkan temuan wadah tembaga bulat, digunakan untuk proses distilasi yang berusia setidaknya lima ribu tahun, wadah ini disebut degs.

Nusantara juga mengambil peranan penting dalam bahan pembuatan parfum. Karena merupakan negeri yang sangat kaya akan bahan baku wewangian dan memiliki khasanah tradisi aromatik yang beragam. Menurut catatan sejarah, salah satu perdagangan rempah yang paling tersohor dimasa lalu adalah kayu manis (Cinnamomum verum). Kayu manis menjadi primadona lantaran aromanya yang kuat, manis dan pedas. Kayu manis juga merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia sebagai bahan pembuat wewangian / aromatik. Kayu manis sudah digunakan di Mesir Kuno pada sekitar tahun 3000 SM.

Wewangian telah menjadi bagian dari gaya hidup yang melengkapi penampilan. Wewangian yang mewah dan memancarkan kesegaran, kepercayaan diri dan bisa merefleksikan karakter yang siap menghadapi tantangan.

Sampai sekarang, parfum menjadi sumber wewangian yang paling populer. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, kini parfum dibuat dari campuran minyak esensial, senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut. Aromanya yang wangi dan memanjakan hidung ini tidak hanya disukai oleh kaum perempuan saja, laki-laki pun juga ada yang menggemari parfum.



Manfaat parfum tak sekedar menunjang penampilan
Parfum tidak hanya sekedar membuat aroma tubuh Anda lebih segar. Banyak pula manfaat dari parfum salah satunya adalah untuk menambah kepercayaan diri. Saat mengetahui bahwa Anda memancarkan aroma yang menyenangkan, hal ini dapat memberikan kekuatan batin yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia luar.

Banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan, memakai parfum untuk menyamarkan bau badan. Tujuannya supaya tubuh mereka menjadi lebih wangi. Ada pula yang memakai parfum untuk aromaterapi supaya menjaga mood sehingga berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Sebenarnya, selain bisa menunjang penampilan dan kesehatan, parfum juga memiliki manfaat untuk menciptakan karakter. Karakter seseorang bisa dilihat dari parfum pilihannya. Misalkan kalau ada perempuan memakai parfum dengan aroma bunga-bungaan bisa dikatakan dia seseorang yang feminin. Jika perempuan itu memakai parfum beraroma buah-buahan atau kayu kemungkinan dia seorang yang easy going atau bahkan tomboy.

Selain itu parfum juga bisa digunakan untuk memikat lawan jenis/ pasangan. Tubuh manusia sebenarnya mengeluarkan aroma alami yang disebut pheromones (feromon). Feromon ini ternyata dapat memikat lawan jenis dengan memberi sinyal ke indra penciuman lalu langsung ke otak (hipotalamus).

Menurut para ahli, secara tidak sadar biasanya seseorang jika memilih parfum pasti yang aromanya tidak jauh berbeda dengan aroma tubuhnya. Sehingga parfum tersebut sebenarnya hanya memperkuat aroma tubuh aslinya. Aroma tersebutlah yang kemudian akan disukai oleh lawan jenisnya. Ada kecenderungan tiap pasangan untuk menyukai aroma parfum yang sama.

Produksi parfum pun semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tidak hanya di Eropa, hampir seluruh negara di dunia memiliki produk parfum andalan. Teknologi pembuatan parfum juga semakin canggih. Kita bisa memilih varian parfum yang paling sesuai dengan selera dan keinginan kita.

Saat ini parfum sudah menjadi suatu kebutuhan yang termasuk penting di kalangan masyarakat moderen, Dengan seiring perkembangan zaman, pabrik-pabrik parfum maupun bibit parfum (biang) yang biasa disebut dengan parfum refill pun sudah sangat banyak dan berdiri di berbagai negara.

Saat ini sudah lebih dari 30.000 parfum desainer di pasar, dan produk parfum tidak lagi untuk golongan kalangan tertentu. Industri parfum telah mengalami beberapa perubahan dalam teknik, material dan gaya. Semua telah menciptakan industri wewangian modern, salah satu penggabungan kreativitas, mistik dan asmara bersama dengan pemasaran untuk menarik massa.

Produk-produk parfum merupakan hasil dari keterampilan teknik tingkat tinggi, yang dicapai melalui eksperimentasi serta perbaikan alat dan perangkatnya secara terus menerus. Banyak mesin yang berlainan yang harus diuji coba sebelum versi finalnya menjadi alat penyulingan modern. Dan secara umum, terdapat lima teknik yang digunakan untuk memproduksi parfum, yaitu:
-Maceration, merupakan teknik yang paling kuno, yakni penyatuan antara wewangian dan lemak melalui pemanasan.
- Enfleurage, menyatukan wewangian dan minyak namun dengan cara yang berbeda, yakni penyerapan wewangian melalui lemak dan benzoin. Cara ini dapat menghasilkan parfum setara bunga.
- Distilasi, berbagai bahan wewangian dilumatkan dan dimasukkan kedalam mesin penyuling, lalu dicampur dengan air dan dipanaskan hingga mendidih. Melalui pipa leher angsa, uapnya didinginkan dan menjadi cairan, proses tersebut akan mengakibatkan air terletak di bagian bawah, sedangkan esensnya yang berupa minyak mengambang di bagian atas. Dari esens itu, biasanya kemudian dipisahkan. Namun kadang-kadang air bercampur esens itu dijual dalam bentuk murni.
- Ekstraksi, mengingat tidak semua bunga atau tanaman dapat di distilasi, misalnya mawar centifolia, narcissus, atau mimosa. Maka para ahli mengembangkan teknik ekstraksi. Bahan-bahan parfum tidak dilumatkan tapi dicampur dengan air dan diputar berulang-ulang hingga mengeluarkan pelarut. Pelarut ini kemudian ke taruh dalam wadah ruang hampa udara, dipanaskan, dijadikan uap dan seterusnya sama dengan proses distilasi.
- Ekspresi, adalah teknik terakhir. Cara ini digunakan untuk mengekstraksi minyak citrus dan buah-buahan semisal jeruk orange, lemon, dan mandarin. Minyak alami dari buah-buahan tersebut terdapat dalam kelenjar kecil di bagian kulitnya. Dengan pengupasan dan pemerasan, minyak yang merupakan esens wewangian dan air tersebut dapat keluar. Prinsip yang sama diterapkan dalam pabrikasi parfum.

Di dalam ilmu wewangingan, sebuah produk parfum umumnya memiliki tingkatan dan dapat digambarkan seperti piramida dengan tiga tingkatan dari atas kebawah. Tingkatan ini disebut "note/notes" (nada), disebut demikian dikarenakan setiap tingkatan aroma akan menimbulkan harmoni aroma yang akan tercium secara berangsur-angsur.
Berikut ketiga note tersebut:
-Top notes: merupakan aroma yang tercium pertama kali sesaat setelah disemprotkan.
-Heart notes/middle notes: merupakan aroma yang tercium beberapa saat setalah top notes dan merupakan inti dari aroma parfum tersebut.
-Base notes/bottom notes: merupakan aroma yang mencakup keseluruhan aroma parfum dari top notes dan juga heart notes.

Moreskin Parfum NASA

More Parfum NASA menjadi salah satu produk yang diluncurkan pada acara Grand Launching Produk NASA Menuju Nasa 4.0. Produk ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen setia NASA akan penampilan atau kesan dalam pergaulan tanpa mengabaikan kekhalalan produk pewangi tersebut.

More Parfum NASA tidak mengandung alkohol. Dan, semua varian parfum dikemas dengan disertai “HOLOGRAM” sebagai tanda keaslian produk. Dikemas dengan isi 6 ml.


More Parfum NASA terdiri dari beberapa pilihan, yaitu:
-SULTHON     POM NA 18180602325
-YUSUF            POM NA 18180602327
-AMINAH        POM NA 18180602328
-ZAHRA           POM NA 18180602329
-AL FALAH     POM NA 18180602330
-DELILAH       POM NA 18180602333
-HABIB            POM NA 18180602325



Masing-masing parfum 100% bebas alkohol dan memiliki aroma yang berbeda sehingga sangat cocok untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.

Moreskin Parfum Habib NASA (POM NA 18180602325)



Semenjak ditemukannya parfum beberapa ribu tahun silam, parfum menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk tampil lebih wangi dan percaya diri. Kata parfum sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Per fume yang artinya melalui asap. Awalnya, parfum diperkenalkan oleh bangsa Mesir sekitar 1000 tahun Sebelum Masehi. Parfum, pertama kali digunakan oleh Ratu Elizabeth dari Hungaria dengan aroma thyme dan rosemary. Pada perkembangannya, parfum tidak hanya digunakan untuk tubuh, tetapi juga bagian lain. Karena sebab itulah, terdapat beragam jenis parfum seperti parfum ruangan, pelembut pakaian, pengharum mobil, kamper, dan lain-lain. Kini, hadir Moreskin Parfum Habib, parfum tubuh bebas alkohol terbaik dari NASA.

Moreskin Parfum Habib NASA merupakan sebuah terobosan terbaru dari PT. Natural Nusantara (NASA) yang merupakan produk parfum untuk mengharumkan, menyegarkan tubuh dan kepercayaan diri Anda sepanjang hari. Dengan terus menggunakan Moreskin Parfum Habib NASA, Anda tidak perlu khawatir dengan keringat berlebih yang Anda keluarkan karena dapat tertutupi oleh Moreskin Parfum Habib NASA. Tidak seperti parfum lain yang beredar di pasaran dengan kandungan alkohol, Moreskin Parfum Habib NASA 100% bebas alkohol sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bisa menggunakannya saat sholat atau sedang bersuci, apapun aktivitas yang Anda lakukan, tidak perlu khawatir, cukup satu parfum dalam genggaman.

Memiliki aroma tubuh yang wangi dan segar tentunya menjadi dambaan setiap orang. Apalagi, jika dalam keseharian merupakan seseorang yang disibukkan dengan aktivitas outdoor yang menyebabkan Anda sering berkeringat dan menguras tenaga, tentu saja, keberadaan parfum menjadi kebutuhan. Karena, tidak semua orang bisa bekerja di ruang ber-AC dengan posisi duduk tanpa harus banyak gerak dan mengeluarkan tenaga dalam kesehariannya. Ada juga beberapa orang yang bekerja dengan jadwal lapangan atau outdoor yang super padat sehingga sering berkeringat karena mengeluarkan tenaga lebih besar.

Moreskin Parfum Habib NASA merupakan produk parfum berlogo halal dan lolos dari MUI, serta telah memiliki izin dari BPOM RI. Jajaran parfum Moreskin dari NASA ini memiliki aroma khas yang sangat berbeda dari parfum lainnya karena 100% tidak menggunakan alkohol dan memiliki keharuman yang ringan sehingga sangat cocok, nyaman, dan aman digunakan untuk menemani padatnya aktivitas yang Anda miliki. Sebuah produk parfum yang direkomendasikan bagi siapapun yang ingin tampil wangi, segar, dan percaya diri.

Moreskin Parfum Habib NASA dihadirkan untuk menjaga kesegaran dan keharuman tubuh dengan aroma wewangian yang khas dan menenangkan. Produk parfum ini hanya terbuat dari bahan-bahan alami pilihan, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan parfum NASA ini meskipun dalam keadaan bersuci atau sedang beribadah. Bahan-bahan alami pilihan yang terkandung didalamnya dapat memberikan aroma khas yang mampu mengembalikan mood atau pun suasana hati Ada. Selain awet dan diklaim mampu bertahan higga 12 jam dengan aktivitas padat sehari-hari yang Anda lakukan, sehingga Anda tidak harus menyemprotkannya berulang-ulang karena hal ini sangat tidak efisien.

Moreskin Parfum Habib NASA memiliki aroma wewangian yang ringan serta tidak menyengat sehingga tidak menjadikan kepala Anda pusing meskipun berlama-lama menggunakan parfum ini. Sebuah produk yang layak untuk dijadikan sebuah pilihan untuk menemani kesibukan Anda sehari-hari. Dan, penggunaan parfum ini akan memberikan manfaat, antara lain:
-100% murni tanpa kandungan alkohol.
-Memberikan aura positif sepanjang hari.
-Membangkitkan mood Anda yang sedang loyo atau tidak bersemangat.
-Membuat Anda merasa lebih rileks.
-Membangkitkan rasa simpati kepada orang-orang yang berada di sekitar Anda.
-Jika Anda sedang jatuh cinta, parfum ini mampu menarik lawan jenis.
-Membuat pasangan Anda menjadi lebih bergairah.

Moreskin Parfum Habib NASA telah terdaftar di Badan POM RI sehingga Anda tidak perlu khawatir dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan parfum ini setiap hari dalam jangka panjang.

Cara Penggunaan Moreskin Parfum Habib NASA :
-Lakukan Sebelum Anda Berpakaian
Biasanya parfum untuk tubuh digunakan dengan cara disemprotkan pada pakaian. Padahal, pengaplikasian parfum dengan cara ini dapat merusak pakaian yang Anda kenakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan Anda menggunakan parfum setelah mandi dan menerapkan pada tubuh sebelum Anda berpakaian.
-Jangan Digosokkan pada Pergelangan Tangan
Menggosokkan parfum pada pergelangan tangan adalah tindakan yang tidak efektif karena aroma parfum tidak akan bertahan lebih lama. Saat menggosokan Moreskin Parfum Habib NASA di kedua pergelangan tangan Anda, justru aromanya akan cepat hilang, dan Anda harus menggunakan parfum lagi supaya aromanya kembali.
-Aplikasikan pada Titik Tertentu
Pastikan Anda menyemprotkan Moreskin Parfum Habib NASA ke titik-titik tertentu pada tubuh untuk mendapatkan keharuman yang segar dan tahan lebih lama. Anda bisa menyemprotkan parfum di titik nadi, di tengah-tengah tenggorokan, belakang telinga, betis, pergelangan kaki, dan kedua pergelangan tangan tanpa menggosoknya.
- Moreskin Parfum Habib NASA Dapat Digunakan pada Rambut
Menariknya, Moreskin Parfum Habib NASA tidak hanya dapat diaplikasikan pada bagian tubuh saja. Anda juga dapat menyemprotkannya pada sisir yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, gunakan sisir tersebut untuk menyisir rambut Anda. Ini adalah salah satu trik yang dapat Anda gunakan untuk membantu parfum Anda bertahan lebih lama.



Dapatkan Moreskin Parfum Habib NASA dengan harga terjangkau dan terjamin keasliannya hanya dari Stockist resmi atau Mitra Usaha NASA yang tersebar di seluruh Indonesia. Tampil beda, wangi, segar, kharismatik, dan percaya diri dengan aroma wewangian yang khas dengan Moreskin Parfum Habib NASA.

Beberapa tips dalam penggunaan parfum:

-Tidak disarankan untuk menyemprotkan parfum di udara dan berjalan melewatinya. Hal itu perlu dihindari karena akan dapat menciptakan noda berminyak, dimana sejumlah kecil parfum akan turun ke lantai dan Anda harus membersihkannya.
-Pengaplikasian parfum pada area rambut, sebaiknya menggunakan produk parfum khusus (Hair mist).
- Jangan pernah menyemprotkan parfum ke bahan sutra. Karena akan dapat merusak sutra tersebut.
-Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki aroma kuat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering. Karena, aroma parfum akan lebih menempel pada kulit berminyak, untuk mensiasatinya oleskan sedikit pelembab kulit alami berbasis minyak pada kulit Anda sebelum memakai parfum.
-Tempat terbaik untuk memakai parfum: bagian tengkuk (belakang) leher, siku bagian dalam, belahan dada, belakang telinga dan di sepanjang bahu.
-Untuk memperpanjang usia botol parfum, tempatkan produk di tempat kering yang sejuk. Paparan sinar matahari ataupun lampu bisa menyebabkan perubahan warna, bau dan penguapan.
-Jika Anda telah sangat jatuh cinta dengan sebuah aroma parfum, namun produk tersebut membuat kulit Anda alergi. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan produk parfum tersebut untuk aroma tas, dompet, rambut, jaket atau pakaian yang tidak langsung kontak dengan kulit Anda. Dan, ini merupakan sebuah solusi yang cerdas.
-Untuk menguji apakah kulit Anda alergi terhadap parfum tertentu, cobalah cara ini: oleskan sedikit pada pergelangan tangan, atau siku bagian dalam atau bagian belakang tangan / lengan dan jika terjadi reaksi setelah 1 jam, maka parfum tersebut mungkin tidak cocok untuk Anda gunakan.
-Anda hanya disarankan untuk melakukan pengujian pada 4 jenis parfum yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Terlalu banyak variasi akan dapat membingungkan hidung Anda. Atau Anda dapat mencium bubuk kopi untuk menetralkan dan kemudian melanjutkan pengujian. Anda juga harus menguji bagaimana suatu aroma memberikan kebenarannya setelah sekitar 10 menit, setelah alkohol menguap dan parfum telah bercampur dengan minyak alami dari kulit Anda.
-Bila cuaca panas, hindari menerapkan aroma pada daerah yang terkena sinar matahari karena reaksi panas dapat menyebabkan iritasi kulit. Sinar matahari dapat bereaksi dengan bahan kimia yang terdapat dalam parfum, sehingga dapat menyebabkan pigmentasi seperti terlihat pada leher orang-orang setelah bertahun-tahun menerapkan parfum di tempat yang sama.

Anggota PT Natural Nusantara

PT Natural Nusantara tidak menjual produk-produknya sendiri. Strategi marketing yang dijalankan yaitu memasarkan produk lewat cabang-cabang distributor dalam bentuk Stokicst Nasa sebagai pusat informasi dan distribusi barang bagi para distributor.

Natural Nusantara memiliki cabang-cabang untuk pendistribusian produk-produknya. Distributor PT. Natural Nusantara (NASA) inilah yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produknya ke konsumen.

Marketing plan yang dikembangkan oleh perusahaan ini juga tidak hanya semata-mata mengutamakan perolehan omzet. Para distributor memiliki peluang jenjang karir dan tingkat penghasilan. Jenis rabat yang ditawarkan meliputi rabat penghasilan dan rabat karir. Itulah mengapa menjadi distributor PT. NASA cukup menguntungkan. Terlebih lagi ada potongan harga hingga 50% dan perolehan laba penjualan produk hingga 100%.


Dengan mengedepankan aspek 3K (kuantitas, kualitas dan kelestarian), PT. NASA memastikan tidak hanya distributornya saja yang memperoleh keuntungan. Para konsumen juga mendapatkan jaminan mendapatkan produk asli apabila langsung membeli dari agen resmi. Untuk membedakan dengan reseller ilegal atau yang menawarkan produk palsu dan oplosan, semua distributor diberikan kartu keanggotaan khusus. Kartu identitas ini bisa dijadikan bukti bahwa agen tersebut memiliki ijin resmi khusus dari PT. Natural Nusantara serta menjamin keaslian, keamanan dan garansi penggunaan produk bagi konsumen.

Hingga kini Natural Nusantara telah berkembang pesat dengan jumlah member 500.000 lebih. Produk yang didistribusikan antara lain berbagai macam produk agrokomplek, kosmetik kecantikan, suplemen kesehatan, body care, herbal, home care, pertanian, perikanan dan peternakan.

Produk nasa kini memiliki lebih dari 150 macam produk dengan memberikan manfaat baik untuk kehidupan maupun untuk perekonomian.

Ciri-ciri Distributor Asli (Resmi) PT. Natural Nusantara:


Distributor asli dari PT. Natural Nusantara tidak pernah menjual produk dengan harga di bawah harga standar konsumen atau di bawah harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan, karena itu merupakan etika bisnis yang harus ditaati oleh distributor.

Distributor PT. Natural Nusantara yang asli tidak mernah merasa ragu dalam melakukan penjualan produk, misalnya saat melakukan transaksi penjualan produk seorang distributor mampu memantapkan keaslian produk tersebut, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan calon konsumen dengan tepat dan benar serta tidak terlihat mengada-ada.

Seorang distributor asli PT. Natural Nusantara akan memasang foto produk asli NASA pada iklan mereka termasuk mencamtumkan ciri-ciri produk asli yang sedang dijualnya.

Distributor asli PT. Natural Nusantara akan mampu menjelaskan ciri-ciri khusus produk yang asli dan yang palsu, seperti perbedaan pada kemasan atau perbedaan pada isi produk.

Distributor asli PT. Natural Nusantara pasti memiliki kartu member distributor sebagai bukti bahwa dia dalah distributor resmi NASA dan mampu menunjukkannya kepada Anda jika memang diperlukan.

Keberhasilan PT. Natural Nusantara dalam mengelola dan mengangkat produk berbahan organik telah memberikan kemanfaatan yang nyata dan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ke depan PT. Natural Nusantara group akan terus berkomitmen senantiasa meriset dan mengembangkan semua jenis teknologi dalam bentuk produk. Baik melakukan riset mandiri maupun bekerja sama dengan pihak lain, utamanya semua jenis teknologi berkualitas yang bisa dihasilkan oleh anak bangsa agar dapat lebih memperkokoh semangat Neo-Nasionalisme.


Alamat PT Natural Nusantara :
Jl. Ring Road Barat no 72 Salakan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogjakarta.

Call Center. 0274-6499191, Fax. 0274-6499192