Monday, 28 January 2019

Cantik Sehat: Sejarah Perkembangan Kosmetika Dunia


Sejarah Perkembangan Kosmetika Dunia

Kosmetik merupakan produk yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Meski lebih banyak digunakan oleh wanita, namun seiring perkembangan zaman, kini banyak muncul juga kosmetik yang diperuntukan khusus bagi para pria.

Alam yang kaya akan tanaman obat, rempah-rempah, dll, oleh masyarakat dahulu digunakan sebagai kosmetik tradisional yang mereka olah secara tradisional pula. Misalnya rempah-rempah, ginseng dll, bahan-bahan tersebut telah biasa digunakan sebagai campuran mandi  putri-putri raja dahulu. Hingga sekarang kosmetik tradisional tersebut juga masih diminati oleh banyak masyarakat karena dipercaya lebih alami dan memberikan efek yang lebih sehat.

Dari cerita dan legenda Ken Dedes, Dewi Ratih dan roro Jongrang, dapat diperkirakan adanya usaha dan cara untuk meningkatkan kecantikan dengan kosmetik tradisional. Sekarang kosmetika dibuat manusia tidak hanya dari bahan alami saja tetapi juga bahan buatan untuk maksud meningkatkan kecantikan (Wasitaatmaja, S.M, 1997).

Sejarah menunjukkan bahwa sejak semula kosmetika diramu oleh para tabib atau dukun yang sekaligus juga menjadi pakar pengobatan di suatu negeri. Ketika kemudian terjadi kemajuan dalam segala bidang kehidupan termasuk bidang sains dan teknologi, kosmetik berubah menjadi komoditi yang diproduksi secara luas dan diatur oleh berbagai peraturan dan persyaratan tertentu untuk memenuhi standar mutu (kualitas) dan keamanan bagi konsumen. peraturan dan perundang-undangan yang berlaku untuk pembuatan kosmetika berbeda dari satu Negara dengan Negara lainnya.

Sejak berabad abad yang lalu, kosmetik telah digunakan dan dikenal masyarakat. Hasil riset serta penyelidikan antropologi, arkiologi, dan etnologi di Mesir dan India membuktikan adanya pemakaian ramuan seperti bahan pengawet mayat dan salep salep aromatik, yang dianggap sebagai bentuk awal kosmetik yang kita kenal sekarang ini. Orang Mesir Kuno juga telah menggunakan berbagai bahan alami baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan maupun bahan alam lain seperti tanah liat, lumpur, arang, batu bara, bahkan api, air, embun, pasir atau sinar matahari. Penggunaan susu, akar, daun, kulit pohon, rempah, minyak bumi, minyak hewan, madu dan lainnya sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat dahulu. Hal ini diketahui melalui naskah-naskah kuno yang ditulis dalam papirus atau dipahat pada dinding piramida.

Kosmetik sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “ kosmetikos “  yang berarti ketrampilan menghias, mengatur, namun pada perkembanganya istilah kosmetik telah dipakai oleh banyak kalangan dan profesi yang brbeda, sehingga pengertian kosmetik menjadi begitu luas dan tidak jelas, istilah kosmetologi telah dipakai sejak tahun 1940 di Inggris, Perancis, Jerman. Istilah ini tidak sama bagi tiap profesi yang menggunakanya. Di Amerika, badan yang menggatur peredaran kosmetik yaitu FDA (Food and Drug Administration) mendefinisikan kosmetik sebagai “produk yang digunakan pada tubuh manusia untuk mempercantik, membersihkan, mempromosikan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh”. Definisi ini turut merangkum segala bahan yang digunakan untuk pembuatan suatu produk kosmetik. Satu-satunya produk yang sesuai definisi, namun dianggap tidak termasuk dalam kategori kosmetik adalah sabun.

Kosmetik sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Pada zaman Mesir Kuno para wanita bangsawan menggunakan lilin lebah, minyak zaitun dan air mawar sebagai krim kulit. Bahkan Patung Dada Nefertiti yang berusia 3.300 tahun menunjukan bahwa penggunaan celak telah digunakan di masa tersebut sebagai simbol kecantikan wanita.


Pria dan wanita di Mesir menggunakan minyak wangi dan salep untuk membersihkan dan melembutkan kulit mereka dan menutupi bau badan. Mur, thyme, marjoram, chamomile, lavender, lily, peppermint, rosemary, cedar, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak almond menjadi bahan dasar parfum yang digunakan sehari-hari dan dalam ritual keagamaan.

Perempuan Mesir juga menggunakan galena mesdemet (terbuat dari tembaga dan bijih timah) dan perunggu (pasta hijau terang mineral tembaga) ke wajah mereka untuk membuat warna. Mereka menggunakan kombinasi dari almond bakar, tembaga yang teroksidasi, bijih tembaga yang berbeda warna untuk menghiasi mata.

Sejarah membuktikan bahwa Cleopatra pada 200 tahun yang lalu menggunakan susu sebagai rendaman saat mandi. Dia begitu senang karena mendapat manfaat dari laktosa susu untuk kemulusan kulitnya. Sejak saat itu susu digunakan semacam kosmetik dan obat.

Pengetahuan kosmetik menyebar keseluruh penjuru dunia melalui jalur komunikasi yang terjadi dalam kegitan perdagangan, agama, budaya, politik dan militer. Di Indonesia sendiri sejarah tentang kosmetologi telah dimulai jauh sebelum zaman penjajahan Belanda, sayangnya tidak ada catatan yang jelas mengenai hal tersebut yang dapat dijadikan sumber utuh.

Pada tahun 3000 SM, orang-orang Tiongkok mulai mengecat kuku mereka dengan gom arab, gelatin, lilin lebah dan telur. Warna yang digunakan juga mewakili kelas sosial. Dimana kelas bawah dilarang memakai warna-warna cerah pada kuku mereka, sementara wanita Grecian (American, Norwegian, Virginian) melukis wajah mereka dengan timah putih dan menggunakan mulberry sebagai pemoles pipi. Alis palsu juga digunakan yang terbuat dari bulu lembu.

Seiring perkembangan kosmetik warga Tiongkok dan Jepang menggunakan tepung beras untuk membuat wajah mereka putih. Alis mereka dicukur, gigi dicat emas dan pewarna henna hitam digunakan untuk mewarnai rambut, sementara bangsa Grecian memutihkan kulit mereka dengan kapur atau bedak dan lipstik yang terbuat dari tanah liat dengan besi merah.


Hippocrates ( 460 – 370 SM ) dan kawan-kawanya mempunyai peran yang penting dalam sejarah  awal pengembangan kosmetik dan kosmetologi modern melalui dasar-dasar dermatologi, diet, dan olahraga sebagai sarana yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, Beberapa ahli yang berperan aktif dalam pengembangan kosmetik, antara lain, adalah Comelius Celcus, Discorides, dan Galen, mereka adalah para ahli yang memajukan ilmu kesehatan gigi, bedah plastek, dermitologi, kimia, dan farmasi.

Pada jaman Renaissance ( 1300 – 1600 ), Banyak universitas didirikan di Inggris, Eropa Utara, Eropa Barat, dan Eropa Timur  kemudian pada masa itu ilmu kedokteran semakin bertambah luas, hingga kemudian ilmu kosmetik dan kosmetikologi di pisahkan dari ilmu kedokteran ( Henri De Medovile, 1260 – 1325 ).

Kemudian dikenal ilmu kosmetik untuk merias atau decoration yang dipakai untuk pengobatan  kelainan patologi kulit, Hingga pada tahun 1700 – 1900, pembagian tersebut dipertegas lagi dengan Cosmetic  treatment  yang berhubungan dengan ilmu kedokteran dan ilmu pengetahuan lainya. Misalnya dermatologi, farmakologi, kesehatan gigi, ophthal –mology, diet, dan sebagainya. Disinilah konsep kosmetologi mulai diletakkan, yang kemudian dikembangkan di Perancis, Jerman, Belanda, dan Italia.

Pada tahun 1970 oleh Jellinek, kosmetologi diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari hukum-hukum fisika, Biologi, maupun mikrobiologi tentang pembuatan, penyimpanan, dan penggunaan (aplikasi) kosmetik, Selanjutnya di tahun 1997 Mitsui menyebut kosmetologi sebagai ilmu kosmetik yang baru, yang lebih mendalam dan menyeluruh.

Mulai abad ke 19, kosmetik mulai mendapat perhatian, dan kosmetik tidak hanya untuk kencantikan saja, melainkan juga untuk kesehatan, Perkembangan ilmu kosmetik serta industri secara besar-besaran baru dimaulai pada abad ke-20 ( Wall, Jellinek, 1970 ). Kosmetik menjadi sebuah alat usaha, Bahkan sekarang dengan kemajuan teknologi , kosmetik menjadi sebuah perpaduan antara kosmetik dan obat ( Pharmaceutical ), atau yang sering desebut kosmetik medis (cosmeticals).

Meski memiliki sejarah yang panjang penggunaan kosmetik juga pernah mendapatkan larangan. Ratu Victoria dari Inggris, di abad kesembilan belas pernah mengungkapkan bahwa penggunaan kosmetik adalah hal yang vulgar dan tidak pantas, juga hanya boleh digunakan oleh para pemain teater. Namun, perkembangan indrustri kosmetik tidak berhenti begitu saja karena adanya larangan tersebut.

Perkembangan ilmu kosmetik serta industrinya dimulai secara besar- besaran pada abad ke-20. Kosmetik menjadi salah satu bagian dunia usaha. Bahkan sekarang teknologi kosmetik begitu maju dan merupakan paduan antara kosmetik dan obat (pharmaceutical) atau yang disebut kosmetik medik (cosmeceuticals) (Tranggono, 2007).

Sejak 40 tahun terakhir, industri kosmetik semakin meningkat , Industri kimia memberi  banyak bahan dasar dan bahan aktif kosmetik, Kualitas dan kuantitas bahan biologis untuk digunakan pada kulit terus meningkat, Banyak para dokter yang terjun langsung dan meningkatkan perhatian terhadap ilmu kecantikan kulit ( cosmetodermatology ), serta membangun kerja sama yang saling menguntungkan  dengan para ahli kosmetik dan ahli kecanikan, Misalnya dalam hal pengetesan bahan baku atau bahan jadi, dan penyusunan formula berdasarkan konsepsi dermatologi atau kesehatan.

L’Oréal merupakan salah satu perusahaan kosmetik tertua dan terbesar di dunia. Eugene Schueller mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1909 di Prancis. L’Oréal mulai merambah ke seluruh dunia dengan memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 1910-an, dan masih terus berkembang hingga sekarang. Perancis merupakan salah satu negara tempat industri kosmetik memainkan peran penting, baik secara nasional maupun internasional. Seperti halnya busana, sebagian besar produk kosmetik yang memiliki label “Made in France” atau terdapat kata “Paris” di belakangnya akan memiliki nilai dan daya tarik lebih di pasar internasional. Merek kosmetik terkenal yang diproduksi di Perancis antara lain L’Oréal, Vichy, Yves Saint Laurent, Yves Rocher, dan masih banyak lagi.

Selain L’Oréal, Maybelline juga memiliki sejarah panjang dalam industri kosmetik. Di dirikan pada 1915 oleh T.L. Williams di New York, Amerika Serikat, Maybelline memilih maskara sebagai produk perdananya. Maybelline Cake Mascara resmi diluncurkan pada tahun 1917. Maybelline menciptakan slogan “Maybe She’s Born With It. Maybe It’s Maybelline” pada tahun 1991 dan masih menjadi andalannya hingga saat ini. Perusahaan ini diambil alih oleh L’Oreal Group pada tahun 1996.

Maraknya pemakaian kosmetika menyebabkan timbulnya berbagai efek samping terhadap kosmetika. Kosmetika tidak hanya dibuat oleh pabrik-pabrik kosmetika yang resmi dan mempunyai legalitas. Berbagai kalangan lain ternyata ikut membuat produk kosmetika, di rumah, salon kecantikan, maupun di klinik kecantikan atau kesehatan. Teknologi pembuatan kosmetika sendiri tidak jauh berbeda dengan teknologi pembuatan obat topical lain, memerlukan pengetahuan dan keahlian teknik kimia, farmasi, biokimia, mikrobiologi dan dermatologi. Tidak setiap orang mampu membuat produk kosmetika yang baik ( memenuhi standart mutu atau kualitas ) dan aman. Penggunaan kosmetik memang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kecantikan seseorang. Namun, tetaplah bijak dalam penggunaannya.

Berbagai masalah kosmetika di Indonesia ditangani oleh Direktorat Kosmetika Ditjen POM Departemen Kesehatan RI. Oleh karena itu Pemerintah melalui Departemen Kesehatan RI telah menyusun berbagai peraturan dan undang-undang yang berkaitan dengan masalah pembuatan kosmetika. Salah satunya adalah Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 85/Menkes/SK/III/1981 tentang penggunaan Kode Kosmetika Indonesia sebagai Buku Persyaratan Mutu Bahan Kosmetika. Dengan demikian dapat dilihat bahwa seseorang yang ingin membuat kosmetika harus mempunyai izin produksi dari Departemen Perindustrian RI. Tanggung jawab dan kewajiban sebagai insan Negara hukum adalah mematuhi hukum yang berlaku di Negara tersebut.

Menurut PERMENKES N0.220 THN 1976 : KOSMETIKA adalah:
Bahan/campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan, dipercikkan atau di semprotkan pada, dimasukkan dalam, dipergunakan pada badan atau bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik atau mengubah rupa tetapi tidak termasuk obat.

Definisi tersebut jelas menunjukkan bahwa kosmetika bukan satu obat yang dipakai untuk diagnosis, pengobatan maupun pencegahan penyakit. Obat bekerja lebih kuat dan dalam, sehingga dapat mempengaruhi struktur tubuh (Wasitaatmadja, 1997).

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri kosmetika di Indonesia, telah terjadi peningkatan produksi kosmetika yang beredar di masyarakat. Pada umumnya dalam pembuatan kosmetika secara teknologi sering digunakan bahan-bahan kimia yang kadarnya perlu diperhatikan pada penentuan komposisi produk, khususnya bahan- bahan aktif (active ingredients). Dimana bahan aktif (active ingredients) merupakan bahan kosmetika terpenting dan mempunyai daya kerja diunggulkan dalam kosmetika tersebut. Konsentrasi bahan aktif kosmetika pada umumnya kecil, namun dapat pula tinggi apabila bahan aktif kosmetika tersebut sekaligus berperan sebagai bahan dasarnya, misalnya bahan aktif dalam preparat pembersih muka ( cleansing cream ). Contoh bahan aktif: PABA, sulful, PPDA, hydrogen peroksida, dan aluminium klorida.(Wasitaatmadja , 1997).

Terdapat ribuan kosmetika di pasar bebas. Kosmetika tersebut adalah produk pabrik kosmetika di dalam dan luar negeri yang jumlahnya telah mencapai angka ribuan. Data terakhir menunjukkan lebih dari 300 pabrik kosmetika terdaftar secara resmi di Indonesia, dan diperkirakan ada sejumlah dua kali lipat pabrik kosmetika yang tidak terdaftar secara resmi yang berupa usaha rumahan atau salon kecantikan. Jumlah yang demikian banyak memerlukan usaha penyederhanaan kosmetika, baik untuk tujuan pengaturan maupun pemakaian. Usaha tersebut berupa penggolongan kosmetika.

Jellinek (1959) dalam Formulation and Function of Cosmetics membuat penggolongan kosmetika menjadi :
Preparat pembersih, Preparat deodoran dan antiperspirasi, Preparat protektif, Emolien, Preparat dengan efek dalam, Preparat dekoratif / superfisial, Preparat dekoratif / dalam, Preparat buat kesenangan.

Adapun Wells FV dan Lubowe-II (Cosmetic and The Skin, 1964), mengelompokkan kosmetika menjadi :
Preparat untuk kulit muka, Preparat untuk higienis mulut, Preparat untuk tangan dan kaki, Kosmetika badan, Preparat untuk rambut, Kosmetika untuk pria dan toilet, Kosmetika lain.

Brauer EW dan Principles of Cosmetics for The Dermatologist membuat klasifikasi sebagai berikut :
-Toiletries:  sabun,  sampo,  pengkilap  rambut,  kondisioner  rambut,  penata, pewarna, pengeriting, pelurus rambut, deodoran, antiperspirasi dan tabir surya.
-Skin care: pencukur, pembersih, astringen, toner, pelembab, masker, krem malam, dan bahan untuk mandi.
-Make up: foundation, eye make up, lipstick, rouges, blusher, enamel kuku.
-Fragrance: perfumes, colognes, toilet waters, body silk, bath powders, after shave agent.

Direktorat Jenderal POM Departemen Kesehatan RI yang dikutip dari berbagai karangan ilmiah tentang kosmetika, membagi kosmetika dalam :
Preparat untuk bayi, preparat untuk mandi, preparat untuk mata, preparat wangi-wangian, preparat untuk rambut, preparat untuk rias (make up), preparat untuk pewarna rambut, preparat untuk kebersihan mulut, preparat untuk kebersihan badan, preparat untuk kuku, preparat untuk cukur, preparat untuk perawatan kulit, preparat untuk proteksi sinar matahari.

Sub bagian Kosmetika Medik Bagian/SMF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FKUI/RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, membagi kosmetika atas:
Kosmetika pemeliharaan dan perawatan, yang terdiri atas:
Kosmetika pembersih (cleansing), Kosmetika pelembab (moisturizing), Kosmetika pelindung (protecting), Kosmetika penipis (thinning).

Kosmetika rias / dekoratif, yang terdiri atas:
Kosmetika rias kulit terutama wajah, Kosmetika rias rambut, Kosmetika rias kuku, Kosmetika rias bibir, Kosmetika rias mata.

Kosmetika pewangi / parfum. Termasuk dalam golongan ini:
Deodoran dan antiperspiran, after shave lotion, parfum dan eau de toilette.

Dengan penggolongan yang sangat sederhana ini, setiap jenis kosmetika akan dapat dikenal kegunaannya dan akan menjadi bahan acuan bagi konsumen di dalam bidang kosmetologi. Penggolongan ini juga dapat menampung setiap jenis sediaan kosmetika (bedak, cairan, krim, pasta, semprotan, dan lainnya) dan setiap tempat pemakaian kosmetika (kulit, mata, kuku, rambut, seluruh badan, alat kelamin, dan lainnya) (Wasitaatmadja, 1997).


Sediaan kosmetik sendiri bukanlah racun. Akan tetapi, karena dibuat dari bahan-bahan kimia, terutama bagi kulit orang-orang tertentu, dapat menyebabkan timbul reaksi yang tidak dikehendaki seperti reaksi alergi, iritasi, dan fotosensitisasi, selain yang disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaannya.(Sartono, 1999). Maka dari itu, penggunaan serta komposisi zat yang terkandung didalam sediaan suatu kosmetik perlu diperhatikan dan diwaspadai bagi kesehatan. Karena apabila digunakan dan dikonsumsi secara berlebihan dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

Berbagi Tips: Cara Memakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah


Cara Memakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah

Memiliki wajah putih memang menjadi impian banyak wanita, namun sayangnya, polusi, make-up, life style yang tidak sehat seperti sering begadang, plus penggunaan berbagai produk make-up maupun skincare terkadang membuat kita kehilangan warna kulit asli kita.

Dan bukan merupakan suatu rahasia lagi, untuk menghandle atau mengcover wajah pucat ataupun kekurangan wajah lainnya, para perempuan membutuhkan bantuan make-up untuk kembali terlihat menarik. Untuk menutupi jerawat, kantung mata, mata panda atau bekas-bekas jerawat dan pori-pori umumnya para perempuan akan menggunakan produk-produk seperti foundation, bb cream, pelembap, ataupun bedak. Namun produk-produk tersebut terkadang tidak mampu menyembunyikan wajah pucat sehabis begadang. Untuk mengakalinya, selain menggunakan lipstik dan eyeshadow berwarna cerah, mereka juga membutuhkan bantuan blush-on untuk mengembalikan rona di wajah.


Blush-on adalah alat kosmetik yang memiliki fungsi sebagai perona pipi. Dengan sentuhan blush-on, menjadikan penampilan menjadi semakin cantik. Memperhatikan bentuk wajah Anda merupakan suatu tahapan penting dalam mengaplikasikan blush-on. Jika Anda sudah tahu kategori wajah Anda, barulah menyesuaikan penggunaan blush-on secara tepat.

Kurang lengkap rasanya memang jika perempuan belum memakai blush-on untuk riasan wajahnya. Perona pipi memang dapat membuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan merona, terutama untuk menghadiri acara-acara khusus.

Menurut make-up artist Katey Denno, blush-on bisa mengaksentuasi wajah jika diaplikasikan dengan tepat. Di Indonesia, masih banyak perempuan yang jarang menggunakan produk blush-on. Mungkin karena alasan ribet, ataupun takut terlalu menor, perempuan Indonesia lebih suka menggunakan blush-on hanya untuk menghadiri acara penting saja. Padahal, blush-on juga sangat cocok diaplikasikan untuk tampilan sehari-hari.Karena itulah, sangat penting untuk memilih blush-on yang tepat.


Memiliki penampilan yang sempurna adalah dambaan semua wanita. Mendapatkan pipi yang merah merona memang bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan blush-on. Alasan inilah yang mendasari setiap wanita untuk berdandan. Tetapi setiap rangkaian make-up memiliki teknik tersendiri dalam memakainya. Penggunaan blush-on yang tepat akan membuat pipi terlihat tirus dan terlihat merona secara alami. Selain merupakan satu langkah penting dalam menyempurnakan riasan. Pemakaian perona pipi juga akan membuat rona wajah terlihat lebih hangat, menciptakan kesan lebih segar dan muda serta memberi ilusi tulang pipi. Teknik memakai blush-on yang tepat juga akan bisa memberikan efek yang sama seperti contouring.

Salah satu hal yang juga sangat penting untuk mendapatkan hasil blush-on yang cantik dan sesuai adalah dengan cara memakai blush-on sesuai bentuk wajah. Pemakaian blush-on pun memiliki beberapa teknik terhadap setiap bentuk wajah. Oleh karena itu, Anda tidak bisa sembarangan mengulas blush-on pada pipi. Bukan hanya memutar-mutar kuas di sekitar pipi, namun harus tepat sesuai dengan bentuk wajah. Dan hal ini sangat penting, karena jika Anda mengaplikasikan blush-on dengan cara yang salah, maka dapat menjadikan wajah Anda terlihat sangat aneh.


Berbeda bentuk wajah, berbeda pula tips yang harus dilakukan. Blusher yang tidak diaplikasikan dengan benar akan dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Cara memakai blush-on sesuai bentuk wajah

Wajah oval
Wajah oval berupakan merupakan bentuk wajah paling proportional dan Anda memiliki kebebasan untuk mengaplikasikan blush sesuka Anda. Pemilik wajah oval biasanya jarang menemui kesulitan dalam menyesuaikan make-up. Intinya Anda bisa memakai perona pipi pada lekukan tulang pipi atau juga di sepanjang tulang pipi, yang tentunya akan membuat penampilan lebih girly dan cantik. Tetapi,  Anda dianjurkan untuk fokus dalam mempertegas area tulang pipi. Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah oval, aplikasikan blush-on secara memutar di bagian tengah pipi, kemudian ke arah menuju bagian pelipis mata. Cara ini dapat memberikan kesan menonjolkan tulang pipi dengan baik.Untuk pemilik wajah berbentuk oval, Anda tidak perlu konturing sama sekali, tetapi jika untuk acara malam hari Anda dapat menambahkan sedikit blush-on pada bagian tulang hidung.


Untuk pemilik wajah oval, Anda dapat memilih blush-on dengan warna yang berani, tetapi tidak dianjurkan untuk mengaplikasikan blush-on yang memiliki warna matte.

Wajah lonjong
Untuk pemilik wajah lonjong atau panjang, Aplikasikan blush-on menggunakan kuas dengan gerakan memutar pada area apple of the cheek (bagian pipi yang membulat dan naik saat seseorang tersenyum), ataupun tepat di atasnya. Jika blush-on yang Anda gunakan memiliki efek shimmer, Anda dapat mengaplikasikannya sedikit di bagian tertinggi tulang pipi untuk memberi efek pipi lebih 'terangkat'.


Memulaskan blush-on dari arah tulang pipi ke arah telinga lurus secara horizontal pada wajah berbentuk lonjong dimaksudkan supaya wajah Anda terlihat lebih lebar. Pastikan Anda menyapukannya secara merata dengan menyapukannya berulang ke kanan dan kiri. Pilihlah blush-on dengan warna cerah untuk memberi kesan lebar, sehingga dapat menyeimbangkan bentuk wajah yang panjang. Anda juga dapat menambahkan shading pada area dagu dengan pemilihan warna yang lebih gelap dari warna blush-on yang digunakan. Hasil akhir dari pemakaian blush-on ini akan membuat Anda terlihat feminim dan lembut.

Wajah bulat
Pemilik wajah bulat bisa jadi mengalami kebingungan saat akan mengaplikasikan blusher karena takut justru akan membuat wajah terlihat semakin membulat.


Untuk yang memiliki wajah bulat, jangan langsung menggunakan blush-on pada wajah dulu, sebaiknya Anda mengkontur wajah dengan menggunakan highlihter terlebih dahulu. Mengkontur wajah dengan highlighter ini bertujuan untuk mengangkat dan menonjolakan tulang pipi agar terlihat lebih tirus.

Ada satu tips blush-on untuk pemilik wajah bulat yang sangat penting untuk Anda patuhi, yaitu jangan mengaplikasikan blush pada apples of your cheek atau bagian ‘bola pipi Anda’, karena hal tersebut akan membuat wajah Anda terlihat semakin bulat. Anda dapat mengaplikasikan blush-on secara diagonal, mulai dari samping bibir bergerak ke atas ke arah telinga. Caranya mirip seperti ketika Anda mengaplikasikan teknik shading yang memberi efek pipi lebih tirus.

Pemakaian blush-on yang dimulai pada bagian bawah tulang pipi ke arah sudut mata dengan gerakan dari atas kebawah dapat memberikan efek pada wajah bentuk bulat menjadi lebih tirus dan ramping. Definisikan wajah dengan memakai blush-on dengan sudut 45 derajat mengikuti bentuk tulang pipi.


Kunci dari mengaplikasikan blush-on untuk bentuk wajah bulat adalah menegaskan tulang pipi supaya proporsi wajah menjadi lebih seimbang. Make-up artist Jenny Patinkin menyarankan untuk menggunakan blush dari tulang pipi hingga ke sudut luar mata. Hal ini untuk menciptakan angle dan ilusi optik pada wajah.

Tips blush-on untuk wajah bulat yang lainnya adalah dengan tidak mengaplikasikan blush-on terlalu dekat dengan hidung. Dan dianjurkan bagi Anda yang memiliki bentuk wajah bulat untuk menggunakan warna-warna blush yang agak gelap.


Pemilik wajah bulat juga dianjurkan untuk mengetahui daerah yang paling menonjol pada pipi. Caranya, Anda bisa tersenyum lalu menemukan tonjolan tersebut ketika tersenyum. Anda bisa mengaplikasikan pemakaian blush-on pada tonjolan tersebut. Menemukan tulang pipi bisa menjadi tantangan tersendiri. Cara lain yang dapat Anda dilakukan adalah dengan mengerucutkan bibir, Anda bisa melihat perubahan dimensi pada wajah dan akhirnya menemukan garis tulang pipi Anda. Dengan menggunakan cara pemakaian blush-on ini akan dapat menyamarkan pipi Anda yang chubby.

Wajah hati
Bentuk wajah hati merupakan bentuk wajah yang bagian keningnya melebar, kemudian semakin ke dagu akan semakin mengecil. Wajah berbentuk hati ini juga bisa disebut dengan tipe wajah berbentuk segitiga terbalik.


Bentuk wajah hati selalu mendambakan untuk memiliki tulang pipi tinggi dan ingin ditonjolkan. Namun, jangan sampai pengaplikasian blush-on Anda malah menyembunyikan tulang pipi cantik Anda.

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah hati, sebaiknya Anda mengkontur wajah dengan highlighter juga, barulah kemudian menggunakan perona pipi.

Dalam mengaplikasikan blush-on Anda perlu mengawali mencari tulang pipi dengan jari Anda. Kemudian, aplikasikan blush pilihan Anda, tepat dibawah tulang pipi, kemudian dibaurkan ke atas ataupun ke area apple cheek. Penggunaan blush-on yang semacam ini akan mempertegas bentuk wajah menjadi lebih proporsional.


Anda juga dapat mengimbangi bentuk wajah yang lebih lebar pada bagian atas dengan mengaplikasikan blush-on membentuk huruf C, mulai dari hollow of the cheek (tulang pipi bagian bawah), daun telinga, hingga ke arah temple (pelipis).  

Wajah persegi
Mempunyai bentuk wajah kotak memang serba salah, karena tulang rahang terlalu menonjol dengan sisi wajah dan garis rahang yang lurus. Tetapi, Anda bisa membuat struktur wajah Anda terlihat lebih ‘halus’ dengan penggunaan blush yang benar. Kalau Anda salah mengaplikasikan blusher pada wajah kotak Anda, maka bentuk wajah Anda justru terlihat semakin kaku. Jika Anda memiliki wajah persegi, tips memakai blush-on yang benar adalah dengan menyapukan kuas tepat di bawah tulang pipi, kemuadian baurkan mengarah ke garis rambut dan dan tegak lurus mengarah ke bagian dekat telinga. Teknik memakai blush-on ini akan membuat tampilan wajah lebih terfokus pada pipi dan bukan pada rahang serta memberikan efek memperlembut garis rahang yang tegas pada wajah. Anda bisa menambahkan shimmer pada wajah untuk mendapatkan hasil wajah yang lebih cerah.


Pemilik wajah kotak memerlukan warna ekstra untuk menimbulkan kesan bulat pada sudut rahang. Pemakaian blush-on pada wajah kotak sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar, dan fokus pada bagian bulatan pipi.

Mengaplikasikan blush-on dengan cara memutar dan fokus pada bulatan pipi pemilik bentuk wajah persegi akan dapat menyamarkan bentuk rahang. Jika Anda menginginkan bentuk rahang bulat, maka Anda dapat menyapukan blush-on dari dagu ke bagian bawah telinga secara ringan. Dan dianjurkan jangan memulaskan blush-on terlalu dekat dengan hidung, karena cara ini akan membuat wajahmu yang kotak semakin tirus.

Untuk menciptkan tulang rahang yang terlihat kecil Anda dapat menyapukan blush-on tipis-tipis pada tulang dagu, dan bagian tengah telinga, di sepanjang tulang pipi.


Ketika mengaplikasikan blush-on Anda membutuhkan kuas khusus blush-on atau yang dikenal dengan istilah blush brush. Bentuk kuas ini umumnya bulat dengan bagian ujungnya sedikit meruncing agar dapat mengaplikasikan blush-on hanya pada area wajah yang diinginkan. Meski banyak yang menyarankan untuk menerapkan blush-on dengan jari, tetapi teknik ini hanya bisa dilakukan oleh make-up artist pro.

Demikianlah beberapa cara menggunakan blush-on yang tepat sesuai dengan bentuk wajah. Anda dapat memaksimalkan penampilan dengan pemakaian blush-on untuk mendapatkan kesan wajah yang terlihat lebih tirus dan merona sepanjang hari. Pastikan blush-on yang Anda pakai akan memberikan efek yang memberi kesan penampilan yang cantik dan manis. Dengan pemakaian yang tepat, maka blush-on tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan wajah, namun juga dapat menciptakan ilusi-ilusi tertentu yang akan menyempurnakan bentuk wajah. Pastikan Anda memperhatikan bentuk wajah terlebih dahulu Dengan menyesuaikan pengaplikasian blush-on sesuai bentuk wajah, Anda akan mendapatkan hasil yang super gorgeous dan pastinya bisa menyembunyikan kekurangan-kekurangan bentuk wajah Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

ORIFLAME: Love Nature Lip Balm - Strawberry


Oriflame cosmetics adalah perusahaan Swedia yang menawarkan berbagai macam produk perawatan berkualitas tinggi yang menggabungkan kebijaksanaan alam dengan ilmu pengetahuan terbaik di 61 negara di dunia. Oriflame menghormati alam dan berusaha menggunakan bahan alami yang berasal dari buah-buahan, bunga, dan tumbuhan. Menghasilkan produk yang ramah lingkungan, tidak ada bahan yang berasal dari hewan yang mati, atau yang menyebabkan kerusakan saat digunakan. Hanya produk sampingan hewan seperti susu, madu, lanolin dan lilin lebah, yang  bersumber tanpa menyebabkan penderitaan atau membahayakan hewan saat digunakan.

Produk dan bahan Oriflame belum pernah diuji pada hewan.
Jika kesejahteraan hewan adalah perhatian Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa Oriflame tidak menguji hewan, melainkan bekerja dengan relawan manusia. Itu juga berarti bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang reaksi yang merugikan dan iritasi pada kulit Anda.

Oriflame menjadi salah satu produsen kosmetik yang memiliki sederetan produk unggulan untuk semua kebutuhan kosmetik mulai dari cream perawatan kulit hingga produk untuk perawatan tubuh, aksesoris, merchandise yang bergelora di seluruh dunia dan salah satunya seperti Love NatureProduk ini menjadi produk unggulan yang memiliki segudang manfaat untuk menunjang penampilan supaya lebih maksimal dan bisa di aplikasikan sesuai dengan kebutuhan.

Oriflame adalah visioner yang kuat, yang telah menaklukkan industri kecantikan dengan rangkaian perawatan kulit serta perawatan rambut yang menyenangkan. Memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam memberikan hasil yang terlihat dalam berbagai masalah kecantikan yang dihadapi oleh jutaan orang, yang menjadikan Oriflame salah satu merek yang paling dicintai adalah hasratnya yang tak terbantahkan untuk menciptakan setiap produk dengan sejumput cinta yang berharga.

Korporasi Oriflame menggunakan pengaturan promosi multi level untuk memberi kompensasi kepada pemasok. Oriflame menawarkan berbagai macam produk kecantikan berkualitas tinggi serta peluang bisnis terkemuka bagi orang-orang.

Cinta Alam Berkisar dari Oriflame
Oriflame merayakan bahan-bahan dari alam yang berbau dan merasa fantastis. Setiap produk yang menyenangkan telah diciptakan untuk memberi manfaat bagi tubuh Anda dan menghormati planet ini.

Love Nature produk ini terdiri dari bahan-bahan alami terbaik yang berasal dari alam dan tentu saja ramah lingkungan.

Koleksi Love Nature menjanjikan resep baru yang ramah bagi kita dan alam. Produk ini tidak mengandung silikon serta dapat terdegradasi dan ramah lingkungan.

Love Nature, sesuai dengan namanya yang artinya adalah berbahan dasar alami. Produk ini tersedia dalam beberapa varian perawatan kulit yang sudah mengalami transisi dari Pure Nature menjadi Love Nature yang tentunya juga sudah mengalami penyempurnaan untuk hasil yang lebih baik.

Bahan-bahan  alami dari produk perawatan ini antara lain adalah raspberry, cherry, wild rose, aloe vera, tea tree, grape dan chamomile yang merupakan ekstrak berbagai bahan untuk kebutuhan kulit spesifik.

Komposisi alami yang akan menyenangkan kulit Anda dan memberikan kelembutan serta hidrasi yang diperlukan.

Love Nature memberi pengalaman alami yang sesungguhnya - setiap hari. Menampilkan ekstrak terpilih dari alam untuk memberikan keseimbangan dan kesegaran alam dalam kehidupan sehari-hari.

Love Nature Lip Balm - Strawberry
31075

Jaga bibir Anda untuk tetap terlihat cantik kapan saja dengan infusi nutrisi penting. Love Nature Lip Balm – Strawberry, dengan ekstrak Strawberry alami, akan menghaluskan dan mengisi kembali bibir Anda sambil meninggalkan sedikit warna karang. Menjadikan Anda pasti ingin membawanya kemana saja. Love Nature Lip Balm – Strawberry dikemas dengan isi 7 gr.

Love Nature Lip Balm – Raspberry akan memberikan aroma Strawberry ketika Anda aplikasikan pada bibir Anda. Produk ini memiliki tekstur yang ringan, lembut dan terkesan sedikit lengket, Pastikan memberikan sedikit waktu pada produk ini untuk mengering ketika mengaplikasikannya. Love Nature Lip Balm – Strawberry mampu bertahan lama pada bibir saat diaplikasikan dan tidak cepat hilang saat digunakan untuk makan ataupun minum, warna karang yang dihasilkan masih akan tetap timbul di bibir.


Love Nature Lip Balm – Strawberry memiliki aroma manis yang lembut, sebagai lip balm yang langsung akan terlihat hasilnya secara instan Anda dapat memulaskan lipstik favorit setelahnya untuk hasil yang lebih tahan lama. Produk ini mampu memperbaiki kondisi kulit bibir dengan formula yang diperkaya ekstrak Strawberry alami, yang dikenal dengan sifat perawatannya yang menutrisi, menjadikan bibir Anda halus dan lembut. Love Nature Lip Balm – Raspberry sangat mudah untuk diaplikasikan, menghasilkan kesan glossy serta fresh dengan hasil akhir yang mengkilap dan merupakan pilihan yang bagus untuk penggunaan sehari-hari.

Love Nature Lip Balm – Raspberry dirancang dengan indah serta diperkaya dengan ekstrak Strawberry yang memberi perawatan dan melembutkan secara alami, membantu memberikan kehalusan kulit yang luar biasa. Produk ini memiliki tekstur seperti lip balm pada umumnya dan akan transparan saat diaplikasikan pada bibir. Pada awal pengaplikasian akan tampak berminyak, tetapi setelah beberapa detik produk ini akan diserap kulit dan bibir menjadi lembab.


Love Nature Lip Balm – Strawberry produk ini memiliki warna merah muda yang gemerlap, cukup cerah dalam toples. Dan saat diaplikasikan pada bibir akan meninggalkan jejak glossy pink yang lembut. Memiliki kilau serta rasa harum yang instan dan langsung terlihat ketika produk ini diterapkan, warna pink gloss yang menyamarkan ketidaksempurnaan bibir.

Love Nature Lip Balm – Strawberry memberi hit yang tepat serta melembabkan dengan pigmen gloss yang memiliki rasa manis ketika diaplikasikan pada bibir Anda. Produk yang memberi hidrasi dengan kandungan nutrisi yang signifikan, sehingga menjadikan bibir Anda terasa segar, Love Nature Lip Balm – Strawberry merupakan produk pelembap bibir keluaran dari Oriflame – Sweden yang dibuat di Inggris. Love Nature Lip Balm – Strawberry akan melembutkan kulit bibir Anda dengan baik serta menyembunyikan kulit yang mengelupas.


Love Nature Lip Balm – Strawberry mampu bertahan pada bibir dengan baik dan tidak mudah pudar, produk ini akan secara bertahap lepas serta tidak meninggalkan pigmen dan menghilang sepenuhnya setelah 4 jam. Keteduhan yang halus, Anda akan diberi kesan gloss pada lapisan pertama dan jika Anda mengaplikasikan lapisan kedua, Anda dapat melihat beberapa jenis perubahan, produk ini akan memberi bibir Anda warna merah muda yang halus, Anda akan melihat warna pink yang lembut dengan nada karang.

Love Nature Lip Balm – Strawberry dengan kemasan jar yang memiliki penutup atas putih serta dasar transparan. Varian Raspberry memiliki tekstur balm berwarna pink ketika Anda melihatnya melalui pot. Produk ini memiliki pigmentasi kilau yang kuat dengan lapisan satin yang indah tetapi tidak terasa berat ketika diaplikasikan pada bibir, memberi kesan natural yang memelihara bibir Anda dengan baik, mencegah timbulnya retakan bibir serta melindunginya dari sinar matahari yang berbahaya, kotoran dan debu lingkungan ataupun cuaca kering dengan aroma Strawberry yang manis dan akan mampu bertahan selama sekitar tiga jam pada bibir Anda.


Love Nature Lip Balm – Strawberry hadir dengan kemasan yang unik dan imut. Berbeda dari Lip Balm biasa yang kadang berbentuk tube atau roll on, tapi Love Love Nature Lip Balm – Strawberry ini memiliki kemasan dengan bentuk jar kecil, serta mudah dibuka. Lip Balm ini tidak disertai kardus atau kotak untuk tempatnya. Untuk detail manufactured terdapat di samping badan jarnya. Sedangkan, untuk keterangan netto ada di bagian jar paling bawah.

Love Nature Lip Balm – Strawberry memiliki kemasan berbentuk jar yang terbuat dari plastik dengan sistem penutupan ulir. Produk yang tergolong memiliki ukuran kecil namun jar memiliki ukuran leher yang lebar dan lebih nyaman untuk mengambil isi produk lip balm ini. Dengan bagian atas tutupnya bertuliskan Oriflame Sweden Love Nature Lip Balm dan pada bagian bawahnya terdapat sticker yang ditempel dan bertuliskan beberapa hal tentang produknya termasuk keterangan tentang kadaluarsa dari produk ini. Di bagian samping terdapat juga sticker berisi keterangan tentang komposisi, importir, dan nomor BPOM-nya.


Cara Pakai:
-Ambil sedikit produk dengan ujung jari Anda dan oleskan dengan lembut pada bibir Anda.
-Oleskan sesering yang Anda inginkan.
Jika Anda mengaplikasikan produk ini dengan menggunakan jari, maka Anda perlu memastikan hanya setelah tangan Anda dibersihkan dan benar-benar kering, untuk memastikan tidak adanya risiko kotoran dan bakteri masuk ke dalam dan lip balm akan berubah menjadi sarang kuman.
Umur simpan: 2 tahun.

Love Nature Lip Balm – Strawberry, produk ini memiliki aroma yang ringan serta mudah diserap sehingga dapat diaplikasikan sehari-hari. Menampilkan ekstrak terpilih dari alam untuk memberikan keseimbangan dan kesegaran alami pada bibir Anda. Produk ini memiliki tekstur yang lembut dan nyaman untuk diaplikasikan. Dapat diaplikasikan baik dengan kuas maupun jari.


Love Nature Lip Balm – Strawberry merupakan produk yang dianjurkan ketika bibir Anda membutuhkan perawatan ekstra. Love Nature Lip Balm – Strawberry akan melembabkan kulit bibir dengan sempurna, membantu melawan pengelupasan serta pecah-pecah, melindungi serta memberi nutrisi pada bibir. Anda dapat menggunakan balm ini sebagai penganti lipstik.

Love Nature Lip Balm – Strawberry memberi warna sangat lembut serta menutup bibir dengan sempurna, melembabkan dan mentransformasi dengan hasil yang instan. Lip balm ini juga akan menjadikan aplikasi lipstik matte Anda lebih mudah. Produk yang mampu menghidupkan kembali kulit bibir dengan meninggalkan jejak warna alami yang halus, sehingga memberi efek awet muda, kecerahan dan kelembutan.


Love Nature Lip Balm – Strawberry merupakan produk yang ekonomis jika Anda mengaplikasikannya setiap hari produk ini akan habis dalam waktu 1 sampai 2 bulan. Produk ini mampu diserap kulit dengan cepat, memberikan efek pada bibir terlihat sangat indah dengan kemilau lembut tanpa menghilangkan warna alaminya serta tidak membuat bibir terasa lebih berat. Anda juga dapat mengoleskan lip balm ini saat malam hari untuk memelihara dan melembabkan kulit bibir.Jika Anda pemilik kuku yang cukup panjang, sangat disarankan untuk menggunakan kuas dalam menerapkan produk ini.


Prophylparaben yang terdapat dalam bahan produk ini merupakan golongan dari paraben yang boleh digunakan dan memenuhi terhadap peraturan ambang batas formulasi, Ambang batas penggunaan Paraben adalah 1,9 g untuk setiap kilogram produk yang dihasilkan.

BAHAN:
RICINUS COMMUNIS SEED OIL, CAPRYLIC/CAPRIC TRIGLYCERIDE, LANOLIN, CERA ALBA, AROMA, HYDROGENATED CASTOR OIL, CANDELILLA CERA, POLYGLYCERYL-3 BEESWAX, ETHYLHEXYL METHOXYCINNAMATE, SILICA, CARTHAMUS TINCTORIUS SEED OIL, SIMMONDSIA CHINENSIS SEED OIL, PROPYLPARABEN, SACCHARIN, AQUA, GLYCERIN, TOCOPHEROL, HELIANTHUS ANNUUS SEED OIL, FRAGARIA VESCA FRUIT EXTRACT, POTASSIUM SORBATE, SODIUM BENZOATE, CI 77891, CI 15850, CI 19140.

Love Nature

Dengan begitu banyak produk kimia yang kita gunakan, menyebabkan kerusakan pada kulit kita. Dengan begitu banyak bepergian dan penggunaan make-up, kulit menjadi tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk meremajakan. Oleh karena itu, Oriflame menghadirkan produk yang alami dan bebas bahan kimia untuk pasokan harian kulit Anda.

“Selama lebih dari 50 tahun pengalaman dengan fasilitas riset teknologi dan pengembangan produk terdepan, Oriflame terus mencari solusi yang lebih baik untuk menciptakan produk yang lebih inovatif namun ramah lingkungan. ’Love Nature’ hadir sebagai rangkaian perawatan kulit dan rambut dengan formula biodegradable—kami ingin Anda merasa nyaman dan tenang bahwa produk berkualitas yang Anda gunakan ini juga baik untuk lingkungan,” terang Niclas Palmquist, Vice President for Southeast Asia and Head of Indonesia.

Selama bertahun-tahun, merek ini terus menerus berusaha untuk menjadi merek kecantikan yang berkesinambungan dan sadar di negara ini dengan beragam prakarsa mereka. Ini berarti hidup dalam batas planet kita, menghormati lingkungan kita dan berkontribusi pada masyarakat yang adil di mana semua orang bisa makmur. Sebagai bagian dari usaha yang sama, Oriflame telah dikaitkan dengan Fairtrade dan Ecocert untuk memastikan hal yang sama.

Love Nature adalah seri rangkaian perawatan kulit tubuh yang sangat alami dari Oriflame terdiri dari basic skincare untuk perawatan wajah dan body care  untuk perawatan tubuh.

Kandungan utama dalam semua produk Love Nature adalah hasil alam yaitu diambil dari daun, bunga maupun buah dari tanaman tertentu yang dikenal memiliki khasiat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit tubuh.

Love Nature amat sangat ramah lingkungan :
Artinya bahan bahan yang digunakan tidak membawa efek negatif bagi lingkungan terutama perairan.

Oriflame Indonesia menghadirkan ’Love Nature’ rangkaian produk perawatan tubuh terbaru yang mengandung bahan alami terbaik dari alam dan ramah lingkungan karena semua produk bilasnya bersifat Biodegradable yang artinya meminimalisir dampak negatif pada lingkungan perairan setelah penggunaan. Selain itu, produk perawatan ’Love Nature’ juga tidak mengandung silikon, dan semua produk bilas yang mengandung butiran eksfolian berasal dari bahan alami, bukan plastik.

Mengapa memilih LOVE NATURE ?
Salah satu yang menyebabkan lingkungan terutama perairan menjadi tercemar berasal dari limbah penggunaan produk produk bilas ( seperti sabun, shampoo ) yang terlalu berbusa, mengandung partikel yang tidak mudah terurai / tidak mudah larut dalam air.

Komitmen Oriflame adalah menciptakan produk untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit TANPA mencemari lingkungan dan di implementasikan pada rangakain Love Nature yang dikembangkan semakin peduli dengan lingkungan.

Dengan kehadiran produk terbaru dari ’Love Nature’, Anda tidak perlu repot pergi ke tempat spa, karena produknya sangat mudah digunakan dan kandungannya berasal dari bahan alami yang dapat meningkatkan, memperbaiki dan mengembalikan kulit dan rambut Anda menjadi lebih segar, lembut dan bernutrisi. Dengan menggunakan rangkaian produk ini, Anda dapat merasakan sensasi spa yang menyegarkan dirumah. Rayakan kebaikan alam yang berlimpah setiap hari dengan melengkapi semua produk perawatan tubuh ’Love Nature’ yang ramah lingkungan; mulai dari shower gel, shower cream, lotion, shampoo, conditioner dan sabun batang dengan beragam aroma, tekstur dan warna seperti stroberi, alpukat, kelapa, gandum, chamomile, lidah buaya, lavender dan masih banyak lagi.

Temukan inspirasi di alam dan hormati lingkungan, tiga cara di mana Cinta Alam bertanggung jawab terhadap lingkungan, membantu lautan kita.

BIODEGRADABLE
Dengan jalur baru Oriflame,  Love Nature,  menunjukkan rasa hormat terhadap alam, dan khususnya untuk air, mengurangi dampak produk-produk yang dapat diolah pada lingkungan. Perbaikan pertama yang Oriflame lakukan adalah mengubah semua formula produk yang dibilas menjadi biodegradabel. Ini berarti bahwa mereka terurai secara alami tanpa menyebabkan dampak negatif apapun pada lingkungan akuatik.

Oriflame berusaha untuk turut serta mengurangi dampak negatif pada lingkungan perairan dengan konsep Biodegradable. Formula Biodegradable artinya meminimalisir dampak negatif pada lingkungan.

Tanpa kita sadari, banyak produk kecantikan tubuh yang kita pakai mengandung zat berbahaya dan turut berkontribusi dalam pencemaran lingkungan terutama perairan. Dan bila produk kecantikan tersebut dapat mencemari lingkungan, tentunya kita juga jadi bertanya-tanya apakah koleksi produk kecantikan yang kita miliki aman untuk tubuh.

OLAHRAGA LUAR BIASA ASLI ALAMI
Oriflame hanya menggunakan butiran eksfoliasi yang berasal dari alam, biji stroberi dan cangkang almond dalam produk-produk Exfoliating Love Nature yang baru. Ini memiliki basis mineral dan kembali ke tempat asal mereka, atau basis tanaman dan hancur secara alami.

Oriflame berkomitmen tidak menggunakan plastic microbeads (unsur plastik) didalam produk yang mengandung Scrub.

BEBAS SILIKON
Meskipun silikon dapat melembutkan rambut, tetapi mereka sintetis dan merusak lingkungan pada saat penguraian. Selain itu, seiring waktu, mereka dapat berakumulasi dan berakhir di rantai makanan manusia. Karena itu, Oriflame telah membuat keputusan untuk merumuskan semua produk rambut Love Nature, bebas dari silikon.

Love Nature pun di klaim bebas silikon (silicone free) . Sebenarnya silikon tidak berbahaya maupun beracun, namun beberapa jenis silikon dikenal tidak dapat larut dalam air (seperti minyak).


Sejak awal perusahaan oriflame didirikan yaitu pada tahun 1967, pendiri Oriflame Mr. Robert dan Mr. Jonas af Jochnick dua kakak beradik yang berasal dari Swedia memutuskan untuk menciptakan produk-produk dengan berbahan dasar alami yang bersumber langsung dari alam.

“Mendapatkan inspirasi dari alam dan menghormati lingkungan hidup adalah salah satu inti dari filosofi kami dan bahan-bahan alami terus menjadi bagian terpenting dari portofolio produk kami. Mulai dari proses pembuatan hingga kemasan yang semakin etis, berkelanjutan dan aman sepanjang masa.”

Perusahaan Oriflame didirikan pada 1967 di Swedia. Produk mereka, dijual melalui konsultan independen, dan Oriflame memperoleh popularitas dengan cepat hingga sekarang produk Oriflame tersedia di lebih dari enam puluh negara di seluruh dunia.

Rangkaian perawatan Oriflame mencakup ratusan produk yang hanya mengandung bahan-bahan terbaik. Oriflame sangat khusus tentang penelitian mereka dan mempekerjakan banyak ilmuwan top yang terus-menerus mengerjakan formula baru dan lebih baik.

Produk produk Skin Care Oriflame dibuat terinspirasi dari impian untuk membuat Anda selalu tampil  segar alami dan awet muda , menghadirkan kebijakan terbaik dari alam, dan dibuat dengan  Ilmu pegetahuan, teknologi  terbaik dan Tren terkini dari Swedia. Ini yang membedakan Skin Care Oriflame dan membuatnya lebih unggul dari produk sejenis dipasaran. Tanggung jawab terhadap keamanan kulit dan kealamian bahan yang digunakan tanpa merusak alam.

Oriflame memiliki Pusat Penelitian dan Pengembangan khusus perawatan kulit yang mempekerjakan lebih dari seratus ilmuwan dan para ahli teknis, yang mencakup berbagai macam disiplin ilmu termasuk ilmu formulasi, penelitian kulit, uji klinis, proses pengembangan, teknologi kemasan, mikrobiologi, toksikologi, ilmu lingkungan, dukungan paten, dan masalah peraturan global.

Mari berinvestasi sedini mungkin dengan rutin merawat kulit mulai sekarang, untuk hari esok yang lebih bersinar.

Semua produk perawatan wajah/skin care Oriflame telah teruji secara klinis dan penelitiannya membutuhkan 2-7 tahun sebelum produk di luncurkan untuk di jual kepada konsultant oriflame di seluruh dunia.

Oriflame adalah perusahaan kecantikan terkemuka dengan sistem penjualan langsung, dan menjadi pemimpin pasar di lebih dari setengah pasar internasional. Portofolio produk kecantikan yang inovatif dan terinspirasi dari alam asal Swedia ini dipasarkan melalui sekitar 3 juta konsultan independen Oriflame. Oriflame kini telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan perawatan kulit terbesar di dunia dan telah membantu memenuhi impian jutaan orang di seluruh dunia melalui model penjualan yang unik.

Menghargai orang lain dan alam memperkuat prinsip operasional Oriflame dan hal ini tercermin dalam kebijakan sosial dan lingkungan Oriflame. Oriflame mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia dan merupakan co-founder dari World Childhood Foundation. Di Indonesia, Oriflame didirikan pada tahun 1986 dan saat ini memiliki 14 cabang dan ratusan ribu konsultan di seluruh negeri. Oriflame sekarang telah menjadi perusahaan kecantikan nomor satu dengan penjualan langsung di Indonesia.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.