Kawasaki semakin gencar merilis produk-produk baru untuk
meramaikan pasar otomotif Indonesia. Setelah merilis Kawasaki Athlete Pro, kini
pabrikan asal Jepang yang identik dengan warna hijau itu kembali mengenalkan
unit sepeda motor yang selama ini dikenal sebagai ‘raja’ motor adventure kelas
150 cc di Tanah Air, yaitu KLX.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengenalkan All New
Kawasaki KLX 150 yang merupakan versi facelift dari Kawasaki KLX generasi lama.
Tampil dengan ubahan desain yang lebih segar, semakin terlihat gagah dan
agresif.
Sebagai salah satu produsen motor papan atas di Indonesia,
inovasi tentunya menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh Kawasaki
setiap tahunnya supaya tidak tertinggal dengan para kompetitornya.
Motor trail yang memiliki sejarah panjang di pasar otomotif Indonesia
sejak tahun 1970an kembali diramaikan oleh salah satu pemain lamanya yaitu
Kawasaki dengan meluncurkan motor seri KLX pada 2009. Dalam kategori yang satu
ini Kawasaki lebih unggul dari para kompetitornya di kategori mainstream
seperti di kelas matic dan bebek. Beberapa perubahan dari sisi desain yang
dibawa oleh All New Kawasaki KLX 150 2020 juga mampu membuatnya memikat hati
para pecinta motor trail Indonesia.
Secara produksi, motor trail besutan Kawasaki ini masih
didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Hal inilah yang menyebabkan kisaran
harga All New Kawasaki KLX 150 terhitung cukup mahal. Masih membawa mesin SOHC
2 katup berkubikasi 150 cc, unit baru motor trail besutan Kawasaki ini
menawarkan beberapa pembaruan yang membuat penampilannya semakin gahar. Salah
satu pembaruan yang diusung All New Kawasaki KLX 150 adalah bentuk headlamp
baru yang terlihat lebih stylish. Selain bentuk lampu depan yang baru, motor
trail besutan Kawasaki ini juga memiliki bentuk muffler (knalpot) baru yang
semakin menguatkan kesan adventure-nya.
All New Kawasaki KLX 150 dibandrol dengan harga lebih murah
dibandingkan KLX 150 BF. Salah satu faktor yang membuatnya lebih murah adalah
belum menggunakan suspensi depan Upside Down. Sehingga Anda harus puas dengan
suspensi teleskopik standar yang memiliki diameter 33 mm. Walaupun memiliki
kekurangan, namun motor ini tetap menawarkan performa off-road sejati yang bisa
diandalkan untuk berkendara di segala medan dengan aman dan nyaman.
All New Kawasaki KLX 150 selalu menjadi pilihan konsumen
yang hobi berpetualang ke mendan offroad. Salah satu alasan membeli motor ini
adalah harga All New Kawasaki KLX 150 dibanderol cukup murah. Motor trail
besutan Kawasaki ini juga bisa dipakai dijalan raya, karena telah menggunakan
ban dual purpose.
Bodi All New Kawasaki KLX 150 juga ramping dan memiliki
ketinggian jok yang rendah, sehingga menghasilkan posisi riding yang nyaman
serta kontrol yang mudah. Terlebih motor ini sudah menggunakan mesin 150cc yang
bisa menghasilkan tenaga dan torsi cukup besar. Sayangnya All New Kawasaki KLX
150 belum menggunakan teknologi Fuel Injection, jadi jangan heran apabila
konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan Honda CRF150L.
Desain
All New Kawasaki KLX 150 didesain khas seperti motor trail
pada umumnya. Motor trail besutan Kawasaki ini dihadirkan dengan tampilan yang
lebih futuristik dan kokoh. Dengan desain yang disuguhkannya tersebut
pengendara akan semakin percaya diri saat mengendarainya.
Motor trail besutan Kawasaki ini memang mengusung desain
baru yang membuatnya terlihat semakin gahar. Desain baru All New Kawasaki KLX
150 dapat kita lihat dari bentuk headlamp yang lebih sipit dari versi lamanya.
Dengan headlamp lebih kecil dan visor sedkit lebih lebar, ‘muka’ All New
Kawasaki KLX 150 ini memang terlihat lebih stylish untuk ukuran sepeda motor
tipe off-road.
Meskipun headlamp yang berada di atas spakbor belum menggunakan
teknologi LED, namun tetap terang saat dipakai di malam hari. Kemudian untuk speedometernya
masih menggunakan speedometer analog.
Panel dashboard yang berfungsi untuk mengetahui kondisi
motor ini tetap memiliki bentuk sederhana namun fungsional. Pada unit
speedometer tersebut, terdapat beberapa panel indikator seperti indikator kecepatan,
indikator lampu, dan juga indikator penunjuk jarak tempuh. Meski berbentuk
hampir sama dengan generasi lawas, namun bentuk speedometer pada All New
Kawasaki KLX 150 ini sedikit lebih sempit. Hal tersebut juga tidak mempengaruhi
fungsi utamanya. Di bagian panel dashboard tersebut juga terdapat indikator
penunjuk BBM. Hal ini pastinya sangat berguna saat menggunakan motor trail
besutan Kawasaki ini berpetualang karena pada versi sebelumnya Kawasaki tidak
meyematkan panel indikator BBM.
Perubahan baru juga dilakukan pabrikan Kawasaki pada bagian
shroud-nya yang terlihat lebih runcing. Dengan beberapa perubahan pada bodinya,
All New Kawasaki KLX 150 benar-benar nampak semakin agresif.
Pada bagian belakang, pabrikan Kawasaki mengubah tampilan bentuk
tail dan spatboard All New Kawasaki KLX 150 ini lebih sederhana jika
dibandingkan dengan generasi lamanya. Ubahan pada motor trail besutan Kawasaki di
bagian desain juga tampak jelas terlihat dari penggunaan muffler baru yang
membuat tampilan motor ini benar-benar gahar khas motorcross.
All New Kawasaki KLX 150 memiliki desain gagah dengan velg
depan berukuran lebih besar. Hal ini sengaja dilakukan supaya motor trail ini
bisa melewati berbagai medan jalan dengan mudah.
Dimensi
Pabrikan Kawasaki masih mempertahankan bentuk rangka All New
Kawasaki KLX 150 yang berbasis KLX generasi lama. Dimensi yang dimiliki oleh
motor trail besutan Kawasaki ini menjadikannya sangat nyaman untuk melibas
jalan-jalan off-road dari medan tanah sampai medan bebatuan.
Motor trail besutan Kawasaki ini memiliki dimensi dengan ukuran
panjang 2.080 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.145 mm. Desainnya memang terlihat
gagah dan menawarkan posisi riding yang sangat nyaman. Terlebih All New Kawasaki
KLX 150 ini memiliki bodi ramping dengan bobot seberat 116.5kg yang otomatis
membuat handling semakin ringan.
Jarak antara roda depan sampai belakang mencapai 1.340mm dan
jarak terendah ke tanahnya mencapai 255 mm. Dimensi yang diusung oleh motor
trail besutan Kawasaki ini menjadikan pengendara akan mudah untuk bermanuver di
segala medan, dari medan yang mudah bahkan medan yang sulit sekalipun.
Pada sektor dimensi tubuh juga masih menggunakan bentuk
tangki tipis yang selama ini menjadi ciri khas motor trail. Meski bentuknya
pipih, namun tangki tersebut mampu menampung bahan bakar hingga 7 liter.
Mesin
dan performa
Pabrikan Kawasaki masih menggunakan basis mesin yang sama
dengan KLX generasi lama. All New Kawasaki KLX 150 masih mengusung mesin SOHC 2
katup. Pabrikan Kawasaki juga tetap menggunakan karburator Keihin CV24 serta
sistem pengapian Digital DC-CDI.
Motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan mesin 4 tak
berpendingin udara yang memiliki kapasitas 114 cc. Mesin yang dipakainya bisa
mengeluarkan tenaga sebesar 12 PS atau setara 8.6 kW atau setara dengan 11.7 PS.
Tenaga maksimum tersebut bisa diraih apabila mengendarai All New Kawasaki KLX
150 pada putaran 8.000 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya mencapai 11.3 Nm
pada putaran mesin 6.500 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan All New Kawasaki
KLX 150 ini memang tergolong besar.
All New Kawasaki KLX 150 dibekali dengan sistem transmisi
manual dengan 5 tingkat percepatan yang akan membuat akselerasi motor ini
semakin sempurna.
Meski All New Kawasaki KLX 150 masih menggunakan karburator,
namun mesin racikan pabrikan Kawasaki tersebut sudah memenuhi standar EURO 3.
Suspensi
dan kaki-kaki
Secara garis besar, sebuah produk motor trail haruslah
disertai dengan suspensi yang berkualitas. Hal ini karena akan mempengaruhi
kenyamanan dan kemanan pengendara. Motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan
jenis rangka semi double cradle yang memiliki karakter ringan dan kuat.
Motor trail besutan Kawasaki ini belum menggunakan suspensi
depan Upside Down seperti yang dimiliki Kawasaki KLX 150 BF. All New Kawasaki
KLX 150 menggunakan suspensi telescopic fork 33 mm untuk suspensi depan, suspensi
depannya juga dilindungi karet berwarna hitam dan suspensi belakangnya
menggunakan Uni-Trak dengan 5 pengaturan kekerasan yang bisa disesuaikan dengan
kenyaman berkendara. Dengan adanya dua suspensi tersebut berkendara akan terasa
nyaman dan aman, walaupun itu offroad.
Sebagai tambahan informasi, Kawasaki KLX 150 terbaru ini
terdiri dari tiga varian berbeda. Dan, yang membedakan masing-masing seri New
KLX 150 ini adalah bagian kaki-kakinya. Untuk Kawasaki KLX 150 Standar, pabrikan
menyematkan suspensi teleskopik standar pada bagian depan, serta suspensi
unitrack swing-arm pada bagian belakang. Dan, pada bagian rodanya, New KLX 150
Standar menggunakan velg depan 19 inci dan juga velg belakang 16 inci.
Sementara itu, tipe Kawasaki KLX 150 BF memiliki ukuran kaki-kaki lebih lebar
karena memang ditujukan untuk medan yang lebih berat. New KLX 150 BF dibekali
dengan kaki-kaki depan menggunakan velg 21 inci dan velg belakang 18 inci yand
dibalut dengan ban berukuran lebih lebar dari New KLX 150 Standar. Sedangkan
untuk Kawasaki KLX 150 SE atau Special Edition, pabrikan menyematkan komponen
Upside-Down yang akan membuatnya nampak lebih gahar serta memiliki handling
lebih mantap.
Perbedaan paling mencolok pada All New Kawasaki KLX 150 BF adalah
suspensinya. Motor trail besutan Kawasaki ini sudah menggunakan suspensi Upside
Down yang otomatis membuatnya lebih nyaman digunakan. Upside Down juga
meningkatkan kestabilan All New Kawasaki KLX 150 BF, sehingga lebih optimal
saat melibas berbagai medan off-road. Selain itu, motor ini memiliki grafis
yang lebih spesial sehingga membuat tampilannya lebih sporty dibanding All New
Kawasaki KLX 150 standar.
All New Kawasaki KLX 150 memiliki rem depan cakram dengan
diameter 240 mm dan dilengkapi dua buah piston yang memastikan pengereman
semakin optimal. Sedangkan pada bagian belakang juga menggunakan rem cakram
yang memiliki diameter 190 mm dan menggunakan single-piston.
Untuk fitur roda, motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan
velg jari-jari pada roda depan serta belakang. Ukuran velg depan lebih besar,
karena menggunakan velg ring 19 yang berpadu dengan ban berukuran 70/100-19M/C
42P. Kemudian untuk bagian belakang memakai velg ring 16 dan ban berukuran
90/100-16M/C 51P. Ban tersebut merupakan ban dual purpose, sehingga tetap
nyaman saat dipakai di medan onroad ataupun off-road.
Fitur
Untuk produk barunya ini pabrikan Kawasaki tidak menyertakan
terlalu banyak fitur-fitur canggih mengingat Kawasaki KLX 150 ini merupakan
tipe motor off-road yang mementingkan performa mesin dan juga daya tahan
rangka. Namun, pabrikan Kawasaki tetap menambahkan beberapa komponen tambahan
pada All New Kawasaki KLX 150 guna menambah kenyamanan dan keamanan
pengendaranya.
Untuk urusan kelistrikan atau sistem pengapian, motor trail
besutan Kawasaki ini menggunakan DC-CDI. Dengan sistem tersebut tentu performa
dari All New Kawasaki KLX 150 akan semakin tangguh.
Fitur tambahan yang paling bermanfaat tentu saja adalah
indikator bahan bakar yang sebelumnya tidak ada pada KLX 150 generasi lama.
Dengan adanya indikator BBM tersebut, Anda yang ingin membawa All New Kawasaki
KLX 150 ini berpetualang pastinya akan sangat terbantu saat ingin mengetahui
sisa BBM yand ada di dalam tangki. Selain itu, fitur baru yang dibawa oleh All
New Kawasaki KLX 150 adalah penggunaan suspensi Upside-Down yang akan
memberikan handling mantap saat menerjang jalanan berbatu. Namun, fitur USD
tersebut hanya bisa ditemukan pada All New Kawasaki KLX 150 SE.
Meski hanya membawa perubahan pada bagian desain, namun
tetap saja wajah baru All New Kawasaki KLX 150 ini mampu mencuri perhatian
siapa saja yang melihatnya. Dengan tampilan headlamp baru, motor trail besutan
Kawasaki ini memang memiliki tampilan baru yang semakin gahar namun tetap
stylish. Kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 pun juga tak berbeda jauh
dengan generasi sebelumnya. Karena dibagi menjadi tiga varian, kisaran harga
All New Kawasaki KLX 150 pun juga tergantung pada masing-masing tipenya.
Dihadirkan lewat proses impor utuh atau CBU (Completely
Build Up) dari Jepang, Untuk tipe pertama atau All New Kawasaki KLX 150 Standar,
pabrikan Kawasaki mebanderolnya dengan harga Rp 26.900.000. Harga All New
Kawasaki KLX 150 versi standar tersebut tak jauh berbeda dengan KLX 150 tipe S
versi lama. Kemudian, untuk varian All New Kawasaki KLX 150 yang kedua atau
tipe BF, pabrikan melabeli All New Kawasaki KLX 150 BF dengan harga sekitar Rp
30.200.000. Harga All New Kawasaki KLX 150 BF ini jauh lebih mahal dari KLX 150
tipe L versi lama yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 27 jutaan. Dan, untuk
varian terakhir, pabrikan membanderol All New Kawasaki KLX 150 Special Edition
dengan harga paling mahal. Harga All New Kawasaki KLX 150 SE tersebut adalah
sekitar Rp 31.300.000.
Sebagai informasi tambahan, All New Kawasaki KLX 150 BF tersedia
dalam 3 varian berbeda, yakni tipe standar, SE, dan SE X-Treme. Ketiganya
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan untuk harganya
sama-sama dibanderol 30 Jutaan, jenis motor trail besutan Kawasaki ini diyakini
mampu bersaing melawan Honda CRF150L yang dari segi teknologi dan fitur lebih
canggih.
Honda CRF150L memang menjadi lawan terberat All New Kawasaki
KLX 150 BF. Kedua motor trail ini sama-sama ditenagai mesin 150cc. Namun secara
teknologi masih menang CRF150L. Pasalnya motor trail Honda tersebut sudah
menggunakan teknologi Fuel Injection, sedangkan All New Kawasaki KLX 150 BF masih
karburator.
All New Kawasaki KLX 150 BF memang memiliki daya tarik lebih.
Oleh karena itulah motor ini juga tetap laris manis meski dapur pacunya belum
Injeksi. Di sisi lain, harga All New Kawasaki KLX 150 BF juga cukup terjangkau
dan harganya sebanding dengan spesifikasi serta fitur yang dimilikinya.
Harga diatas merupakan harga OTR untuk kota Jakarta. Dan, kisaran
harga All New Kawasaki KLX 150 di atas juga dipengaruhi oleh keputusan PT KMI
yang masih mendatangkan motor trail besutan Kawasaki ini dengan sistem CBU,
yang pajaknya pasti juga lebih mahal. Namun, jika melihat kesuksesan Kawasaki
KLX 150 generasi lama yang merajai segmen sepeda motor adventure di Indonesia,
rasanya All New Kawasaki KLX 150 ini masih akan mengulangi kesuksesan pendahulunya
tersebut. Selama ini reputasi KLX 150 di segmen off-road Indonesia memang sudah
tidak bisa diragukan lagi.
Harga All New Kawasaki KLX 150 yang tergolong terjangkau juga
membuat motor ini laris manis di Indonesia. Motor ini bersaing melawan Honda
CRF150L yang sama-sama mengusung mesin 150cc. Bedanya motor ini belum
dilengkapi teknologi Fuel Injection dan belum menggunakan suspensi Upside Down.
Untungnya harga All New Kawasaki KLX 150 2020 lebih murah dibandingkan Honda
CRF150L, sehingga bisa menjadi solusi bagi konsumen yang mencari motor trail
murah meriah.