Tuesday 14 July 2020

Review Spesifikasi Dan Harga Yamaha All New Soul GT AKS / AKS SSS 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Review Spesifikasi Dan Harga Yamaha All New Soul GT AKS / AKS SSS 2020

Pada tahun 2015 banyak perusahaan-perusahaan otomotif yang meluncurkan produk terbarunya yang berjenis motor metic, dan Indonesia menjadi salah satu target penjualan motor matic terbesar di dunia.
Seperti sebelumnya, pasar motor di Indonesia masih dikuasai oleh duo asal Jepang yakni Honda dan Yamaha. Bahkan di sektor motor matic sekalipun, persaingan keduanya nampak semakin meruncing.
Di saat Honda tengah menikmati kesuksesan peluncuran Honda Beat, Yamaha mencoba menyaingi dengan menelurkan beberapa motor matic sekaligus, salah satunya adalah Yamaha All New Soul GT. Sejak beberapa tahun lalu, PT. Yamaha Motor Manufactur Indonesia (YMMI) telah merilis salah satu motor yang masih berkerabat dengan Yamaha Mio ini. Maka jangan heran jika pembaruan Soul GT dari masa ke masa terus mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mio Soul GT 2013, Mio Soul GT 2015, hingga Mio Soul GT 2016 /2017 mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan motor matic tangguh dalam berbagai jenis medan tempuh.

Kini Yamaha kembali membuktikan kiprahnya sebagai perusahaan otomotif dunia dengan meluncurkan sebuah produk terbarunya yang di lengkapi dengan teknologi Blue Core. Yakni Yamaha All New Soul GT 125 yang diharapkan mampu memberikan gebrakan baru pada pasar otomotif Indonesia.
Semenjak hadirnya teknologi terbaru yang diciptakan oleh Yamaha yakni BlueCore, membuat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus berbenah untuk memperbaharui line up motor andalan mereka pada pasar otomotif Indonesia supaya memiliki teknologi Blue Core yang semakin menjamin performa dan keiritan bahan bakarnya.
Pada dasarnya Yamaha All New Soul GT 125 ini merupakan pembaharuan dan juga peningkatan dari yamaha Soul versi lamanya. Dengan menampilkan disain motor yang yang lebih terlihat maskulin serta lebih sporty motor matic 125cc besutan Yamaha ini mempu memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumennya. Selain terkesan lebih maskulin bentuk body motor metic ini juga terlihat gagah serta lebih futuristik dengan banyaknya lekukan-lekukan tajam yang terdapat pada body motor matic ini dan sebagian besar body motor ini telah meruncing.

Yamaha All New Soul GT berfokus pada segmen bikers pria ini memiliki tampilan yang lebih maskulin dan gagah sehingga sangat cocok untuk dikendarai oleh kaum pria yang menginginkan kepraktisan. Dengan teknologi Blue Core terbaru yang disematkan pada matic ini maka akan membuat performa lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Beberapa fitur-fitur bermanfaat pun ditanamkan pada Yamaha All New Soul GT ini. Dan, diharapkan dengan diterapkannya teknologi Blue Core yang terbaru pada matic ini dapat meneruskan kesuksesan Mio Soul dan Soul GT yang masuk dalam deretan motor matic unggulan di pasar otomotif Indonesia.


Yamaha All New Soul GT 125 Blue Core Bravery Black/Hitam

Yamaha All New Soul GT 125 Blue Core Challenger Gunmetal/Silver-Hitam

Yamaha All New Soul GT 125 Blue Core Victory Red/Merah-Hitam

Yamaha All New Soul GT 125 Blue Core AKS SSS Green/Hijau Striping Kuning

Yamaha All New Soul GT 125 tersedia dalam 2 varian berbeda, yaitu tipe AKS dan tipe AKS SSS. Keduanya sama-sama dibanderol Rp. 17 Jutaan, sehingga cukup terjangkau dan bisa menjadi alternatif selain Yamaha Mio S.
Harga tersebut sangatlah pantas mengingat jika motor matic ini telah dibekali dengan teknologi canggih dan juga fitur-fitur modern dari Yamaha. Seperti yang kita tahu Yamaha memiliki teknologi terbaru yang saat ini mencoba diterapkan kepada setiap produknya untuk mendapatkan perfoma mesin yang lebih maksimal. Dan, Yamaha All New Soul GT 125 merupakan produk ketiga dari Yamaha yang dibekali dengan teknologi Blue Core setelah Yamaha Mio M3 dan Yamaha Nmax.
Desain Yamaha All New Soul GT 125 memang terkesan bongsor, namun tidak sebesar Yamaha Nmax ataupun Lexi. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan mesin 125cc seperti yang digunakan Mio S dan sudah dilengkapi teknologi Blue Core untuk meningkatkan kinerja mesin.

Yamaha memang selalu memberikan inovasi-inovasi terbarunya kepada setiap produk yang dibuatnya untuk memperoleh hasil yang sempurna sebagai alat transportasi yang aman dan nyaman saat dikendarai. Selain itu dengan menawarkan perfoma mesin yang lebih bertenaga, lebih tangguh dan lebih irit dalam setiap produknya, konsumen menjadi lebih mudah tertarik.
Mesin Yamaha All New Soul GT 125 telah dilengkapi teknologi Blue Core yang membuat mesin lebih efisien, bertenaga dan handal. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar, sehingga bisa mendongkrak performa motor matic besutan Yamaha ini saat berakselerasi. Kemampuan mesin 125cc milik Yamaha memang sudah teruji, karena sudah menjadi standar wajib bagi motor matic Yamaha masa kini. Inilah yang membedakan Yamaha dan Honda, karena sampai saat Honda masih mengeluarkan motor matic bermesin 110cc.



Desain
Yamaha All New Soul GT 125 hadir dengan membawa disain yang lebih futuristik dan terkesan sangat lebih maskulin dibandingkan dengan versi lamanya. Hal ini dapat di lihat dari konsep “Kepala” motor yang lebih kecil ukurannya ditambah dengan desain yang body yang lebih menjorok ke depan.


Bentuk body yang sebagian besar telah meruncing serta didukung dengan banyaknya lekukan-lukukan yang aerodinamis disetiap bagian tubuh matic Yamaha ini, menjadikan Yamaha All New Soul GT 125 ini terlihat gagah dan rasanya sangat pas apabila dipakai oleh kaum pria yang ingin tampil beda dengan tunggangan barunya.
Perubahan yang terjadi pada desain Yamaha All New Soul GT ini memang terlihat signifikan karena memiliki kesan yang lebih tegas, gahar dan maskulin yang ditimbulkan dari desain body dengan lekukan tajam.
Mulai dari sisi depan, pabrikan memberikan konsep yang serupa dengan motor bebek kelas atas mereka yakni Yamaha Jupiter MX 150 King serta motor matic besar premium mereka yakni Yamaha Nmax yang dapat ditemukan pada lampu seinnya yang berteknologi LED. Yamaha All New Soul GT memiliki desain head lamp berbentuk bulat dengan sorot lebih tajam hampir sama dengan mata yang dimiliki oleh elang. Begitu juga dengan sisi kanan dan kiri yang jauh lebih lebar dengan beberapa sentuhan serta hiasan yang lebih keren.
Yamaha All New Soul GT bisa menjadi alternetif selain Yamaha Lexi yang dibanderol lebih mahal. Walaupun lebih murah, namun motor matic 125cc besutan Yamaha ini tetap memiliki lampu depan berteknologi LED yang menghasilkan cahaya lebih terang dan awet. Desain head light All New Soul GT yang terlihat sangat agresif dan dibawahnya terpasang lampu sein berukuran besar yang menambah kesan agresif pada tampilan Yamaha All New Soul GT.
Lampu utama motor matic 125cc besutan Yamaha ini memiliki desain projector yang terlihat lebih sipit serta terpadu dengan body dan fairing yang tampak meruncing proporsional, sehingga memberikan kesan yang agresif dan gahar.
Headlamp yang dipakai lebih tajam dan letaknya pun terpisah dengan lampu sein. Teknologi lampu LED menjadikannya mampu memancarkan cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan lampu biasa. Bukan hanya bagian headlamp saja yang di lengkapi dengan teknologi lampu jenis LED, akan tetapi stoplamp Yamaha All New Soul GT 125 ini juga dilengkapi dengan lampu jenis LED.
Pada bagian atas Yamaha All New Soul GT terlihat memiliki kemudi yang kecil khas motor matic sehingga akan memberikan ergonomi yang nyaman karena dukungan jok yang empuk serta pijakan kaki yang luas. Bagian sampingnya pun cukup simpel karena hanya memiliki 2 layer dengan desain yang elegan.
Sedangkan, untuk bagian belakang dari Yamaha All New Soul GT ini terlihat lebih berani, modern dan sporty karena lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein dalam satu tempat tersebut memiliki bentuk meruncing serta memiliki ukuran yang proporsional.
Yamaha All New Soul GT memiliki jok yang berbusa tebal untuk membuat dudukan terasa semakin empuk dan nyaman saat berkendara setiap saat. Motor matic 125cc besutan Yamaha ini juga memiliki Board Rest atau tempat pijakan kaki yang luas di bagian bawah untuk memberikan kenyamanan yang maksimal bagi pengemudi saat berkendara.

Dimensi
Desain bongsor dengan lekukan body tajam membuat Yamaha All New Soul GT terlihat lebih sporty dibandingkan Yamaha Mio S ataupun Mio Z. Yamaha All New Soul GT 125 mengusung dimensi berukuran 1.870 mm x 685 mm x 1.070 mm dengan jarak sumbu roda hingga 1.260 mm.


Ukurannya hampir sama dengan Honda Vario 125, sehingga motor matic 125cc besutan Yamaha ini tetap nyaman dikendarai. Yamaha All New Soul GT memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 135 mm sehingga akan mencegah gesekan pada bodi bawah motor ketika berkendara di jalan yang bergeronjal. Selain itu, motor matic 125cc besutan Yamaha ini memiliki tinggi tempat duduk 760 mm dari atas tanah yang membuatnya semakin nyaman dikendarai.
Yamaha All New Soul GT ini memiliki berat mencapai 96 kg, yang menjadikan motor ini lebih ringan saat dikendarai. Sementara itu untuk tangki BBM motor ini mampu menampung sekitar 4,2 liter bahan bakar, membuat matic ini dapat menempuh jarak yang cukup jauh pada sekali pengisian bensin secara penuh. Kemudian untuk bagian bagasi memiliki ruang penyimpanan hingga 14 Liter yang bisa kita gunakan untuk menyimpan satu buah helm. Bagasi yang luas dan lega ini menjadi salah satu kelebihan All New Yamaha Soul GT.
Dengan disain yang lebih terkesan maskulin dan disertai ukuran dimensi yang pas untuk jenis motor metic, jadi pantas saja jika harga Yamaha All New Soul GT 125 dibanderol sekitar Rp 17 jutaan.

Perfoma mesin
Seperti yang kita ketahui, motor matic 125cc besutan Yamaha ini hadir dengan membawa teknologi canggih terbaru dari yamaha yakni Blue Core Technology. Teknologi tersebut mampu menghasilkan perfoma mesin yang lebih maksimal dengan tingkat konsumsi bahan bakar seefisiensi mungkin, 50 % lebih efisien jika dibandingkan mesin karburator. Dengan kata lain Yamaha All New Soul GT 125 hadir dengan membawa perfoma mesin yang lebih tangguh, lebih handal dan lebih irit. Dengan adanya Blue Core Technology tersebut, tidak heran jika harga Yamaha All New Soul GT 125 lebih mahal dari versi sebelumnya yang masih belum dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut.


Yamaha All New Soul GT 125 dibekali dengan mesin motor yag berkapasitas 125cc, 4 tak, SOHC, bersilinder tunggal, dengan sistem pendinginan berupa udara ( Air Cooled ) untuk mengatur suhu mesin. Motor matic 125cc besutan Yamaha ini memiliki perbandingan kompresi mesin 9,5 : 1 serta mampu menghasilkan akselerasi yang cepat. Selain itu dengan kapsitas mesin serta pebandingan kompresi tersebut, motor matic 125cc besutan Yamaha ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 7.0 kW pada perputaran mesin 8.000 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimum yang mampu dihasilkan oleh Yamaha All New Soul GT 125 ini mencapai 9.6 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm. Dengan tenaga tersebut membuat motor matic 125cc besutan Yamaha ini terasa sangat pas untuk melaju di jalanan perkotaan yang memiliki karakter ‘Stop and Go’.
Tenaga yang dihasilkan tersebut akan disalurkan ke roda belakang sebagai penggerak Yamaha All New Soul GT 125 ini dengan melalui sistem transmisi V Belt Outomatic yang akan menghasilkan akselerasi bertenaga maksimal dan lebih terasa nyaman saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Sementara itu untuk sistem penyuplai bahan bakar menggunakan teknologi Fuel Injection yang di padukan dengan Blue Core Technology untuk mampu menghasilkan perfoma mesin yang lebih maksimal serta pembakaran bahan bakar yang lebih efisien. Dan, gas buang atau emisi yang dihasilkanpun lebih bersih serta memenuhi standar Euro 3.
Untuk menghidupkan mesin telah tersedia starter bertipe Electric dan Kick starter. Sayangnya motor ini belum mengadopsi teknologi SMG Starter yang berguna untuk menghaluskan mesin saat pertama kali di hidupkan.

Rangka dan kaki-kaki
Yamaha All New Soul GT 125 dilengkapi dengan sistem kaki-kaki yang kuat dan mantap untuk dikendarai. Untuk bagian rangka, motor matic 125cc besutan Yamaha ini menggunakan sistem rangka berbahan pipa baja yang kuat dengan jenis Underbone (tulang punggung). Rangka jenis ini diklaim akan memberikan kestabilan berkendara, nyaman untuk dikendarai dalam waktu yang lama serta mampu untuk diajak bermanuver dengan baik.


Rangka tersebut sangat ideal untuk jenis motor matic, karena jenis ini memiliki kestabilan yang baik saat melakukan manuver. Sistem rangka tersebuta akan lebih terasa nyaman saat dipadukan dengan suspensi-suspensi yang handal di kelasnya.
Untuk sistem Suspensi yang digunakan adalah suspensi berjenis Teleskopik pada bagian depan motor, sedangkan untuk bagian belakang motor matic 125cc besutan Yamaha ini mengandalkan suspensi dengan jenis Unit Swing. Kedua suspensi tersebut mampu meredam getaran yang terjadi pada motor, sehingga pengendara akan marasa nyaman walaupun melewati medan yang bergelombang.
Untuk menghentikan laju motor, pabrikan membekali Yamaha All New Soul GT 125 dengan sistem pengereman yang canggih. Untuk sektor depan motor matic 125cc besutan Yamaha ini menggunakan rem dengan jenis Single Disc Brake dan untuk sektor belakang menggunakan rem berjenis Drum Brake. Kedua rem tersebut terpasang rapi pada kedua roda yang memiliki ukuran ban 80/80-14 M/C 43P untuk ban depannya dan untuk ban belakang menggunakan ukuran ban 100/70-14 M/C 51P.
Tapak ban yang lebar menjadikan Yamaha All New Soul GT lebih stabil dan membuat tampilannya semakin gagah. Sayangnya ban tersebut belum tubeless, sehingga rawan bocor saat terkena paku ataupun benda tajam lainnya. Motor matic 125cc besutan Yamaha ini menggunakan velg ring 14. Dan, bagian belakang menggunakan rem jenis tromol. Wajar apabila masih memakai rem tromol, karena harga Yamaha All New Soul GT dibanderol dibawah 20 Juta Rupiah.

Fitur
Yamaha All New Soul GT merupakan sebuah motor pengembangan dari yamaha Soul Gt versi sebelumnya. Perubahan yang ditampilkan mungkin tidak terlalu signifikan akan tetapi pada sektor mesin motor metic ini mangalami banyak perubahan. Sektor kelistrikan motor matic 125cc besutan Yamaha ini mungkin tidak terlalu banyak perubahan. Untuk sistem pengapiannya Yamaha All New Soul GT masih menggunakan sistem TCI, serta menggunakan batteray yang bertipe GTZ4V atau YTZ4V, sedangkan untuk businya menggunakan tipe NGK / CR6HSA.


Fitur speedometer dengan desain baru yang ada pada Yamaha All New Soul GT terlihat maskulin dan sporty. Speedometer tersebut juga menampilkan ECO Indicator yang bisa menjadi acuan untuk berkendara lebih irit dan ekonomis. Informasinya fitur EcoLamp Indikator ini akan berfungsi secara otomatis pada saat skutik ini melaju di kecepatan 40 sampai dengan 60 km/jam.
Spedometer motor matic 125cc besutan Yamaha ini memiliki desain pentagon sama dengan generasi sebelumnya dan sama dengan Yamaha Mio M3 sehingga memberikan kesan yang futuristik serta sporty dengan konsep 2 cluster pentagon yang menyatu. Meski masih bertahan dengan tampilan analog, akan tetapi penyajiannya di buat lebih sporty dan menjadikannya kian terlihat begitu maskulin, dan pastinya menggoda untuk dimiliki.
Pada desain pentagon pertama terdapat panel speedometer yang dilengkapi dengan indikator kecepatan, indikator trip meter, indikator lampu utama, indikator lampu sein, indikator mesin atau injeksi dan indikator eco lamp.
Sedangkan pada cluster pentagon kedua dikhususkan untuk indikator bahan bakar yang tersedia. Tentunya dengan tampilan spedometer yang sangat futuristik, sporty, dan mudah dibaca informasinya tersebut membuat Yamaha All New Soul GT semakin nyaman untuk dikendarai setiap saat. Dengan desain unik dan panel informasi yang lengkap maka akan membuat setiap pengendaranya akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor matic ini ketika dikendarai. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa panel indikator pada motor matic 125cc besutan Yamaha ini memang cukup lengkap, akurat, dan informatif.
Apabila memiliki uang lebih, disarankan untuk membeli All New Soul GT AKS SSS yang telah dilengkapi fitur Stop and Start System (SSS). Fitur ini memiliki fungsi layaknya Idling Stop System pada motor matic Honda. Dimana fitur tersebut akan mematikan mesin motor secara otomatis ketika berhenti lebih dari 5 detik. Mesin akan langsung hidup saat Anda menarik tuas gas, sehingga konsumsi bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia. Lalu ada pula fitur Advance Key System (AKS) yang terintegrasi pada fitur Answer Back System untuk mencari lokasi motor saat parkir, Anda akan mudah menemukan menemukan motor ketika berada di parkiran hanya dengan menekan satu kali panel tombol yang berada di kunci kontak, secara otomatis motor akan berbunyi dan mengedipkan beberapa lampu yang terdapat pada bagian body-nya.
Untuk fitur standarnya sendiri, motor matic 125cc besutan Yamaha ini dilengkapi sistem keamanan terkini seperti Smart Lock System yang akan memberikan sistem pengereman yang praktis dan aman saat digunakan di jalanan menanjak atau menurun.
Terdapat pula fitur Integrated Key Shutter yang akan memberikan keamanan kunci serta kemudahan membuka bagasi atau jok matic ini. Selain itu, juga disematkan fitur Smart Stand Switch yang akan memberikan sistem keamanan berkendara yang terjamin karena jika standar samping dalam kondisi menyangga maka mesin tidak dapat dihidupkan.


Perubahan yang diaplikasikan pada Yamaha All New Soul GT ini lebih berkelas, modern, maskulin dan sporty khususnya pada bagian desain body dari bagian depan hingga belakang. Dan, sesuai dengan segmentasinya yakni Matic Muscle Premium tentunya harga Yamaha All New Soul GT yang dipasarkan akan lebih mahal dibandingkan varian matic low-end lainnya. Namun, semahal-mahalnya matic premium kecil, harganya masih terjangkau dan pastinya lebih murah dibandingkan matic besar premium Yamaha diatasnya.
Dengan banderol 17 Jutaan ( OTR Jakarta dan sewaktu-waktu bisa berubah )merupakan sebuah nominal harga yang cukup masuk akal dan bisa bersaing melawan Honda Vario 125 yang sama-sama mengusung mesin 125cc berteknologi Fuel Injection.
Yamaha All New Soul GT dihadirkan dengan dua varian yang memiliki selisih harga antara Yamaha All New Soul GT AKS dan AKS SSS hanya 500 Ribu Rupiah. Selisihnya sangat sedikit, jadi lebih baik membeli tipe AKS SSS yang memiliki fitur lebih canggih. Bahkan untuk varian AKS SSS telah menggunakan velg racing berwarna emas yang membuatnya terlihat lebih sporty. Namun yang paling penting All Soul GT AKS SSS memiliki fitur Stop and Start System yang merupakan fitur eksklusif dengan sistem otomatis yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Fitur ini membuat konsumsi bahan bakar lebih irit, sehingga lebih efisien dibandingkan varian AKS.


pasang iklan disini




loading...