Tuesday 14 July 2020

Review Spesifikasi serta Harga Kawasaki KLX 150 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Review Spesifikasi serta Harga Kawasaki KLX 150 2020

Kawasaki semakin gencar merilis produk-produk baru untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. Setelah merilis Kawasaki Athlete Pro, kini pabrikan asal Jepang yang identik dengan warna hijau itu kembali mengenalkan unit sepeda motor yang selama ini dikenal sebagai ‘raja’ motor adventure kelas 150 cc di Tanah Air, yaitu KLX.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengenalkan All New Kawasaki KLX 150 yang merupakan versi facelift dari Kawasaki KLX generasi lama. Tampil dengan ubahan desain yang lebih segar, semakin terlihat gagah dan agresif.

Sebagai salah satu produsen motor papan atas di Indonesia, inovasi tentunya menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh Kawasaki setiap tahunnya supaya tidak tertinggal dengan para kompetitornya.
Motor trail yang memiliki sejarah panjang di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1970an kembali diramaikan oleh salah satu pemain lamanya yaitu Kawasaki dengan meluncurkan motor seri KLX pada 2009. Dalam kategori yang satu ini Kawasaki lebih unggul dari para kompetitornya di kategori mainstream seperti di kelas matic dan bebek. Beberapa perubahan dari sisi desain yang dibawa oleh All New Kawasaki KLX 150 2020 juga mampu membuatnya memikat hati para pecinta motor trail Indonesia.

Secara produksi, motor trail besutan Kawasaki ini masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Hal inilah yang menyebabkan kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 terhitung cukup mahal. Masih membawa mesin SOHC 2 katup berkubikasi 150 cc, unit baru motor trail besutan Kawasaki ini menawarkan beberapa pembaruan yang membuat penampilannya semakin gahar. Salah satu pembaruan yang diusung All New Kawasaki KLX 150 adalah bentuk headlamp baru yang terlihat lebih stylish. Selain bentuk lampu depan yang baru, motor trail besutan Kawasaki ini juga memiliki bentuk muffler (knalpot) baru yang semakin menguatkan kesan adventure-nya.

All New Kawasaki KLX 150 dibandrol dengan harga lebih murah dibandingkan KLX 150 BF. Salah satu faktor yang membuatnya lebih murah adalah belum menggunakan suspensi depan Upside Down. Sehingga Anda harus puas dengan suspensi teleskopik standar yang memiliki diameter 33 mm. Walaupun memiliki kekurangan, namun motor ini tetap menawarkan performa off-road sejati yang bisa diandalkan untuk berkendara di segala medan dengan aman dan nyaman.
All New Kawasaki KLX 150 selalu menjadi pilihan konsumen yang hobi berpetualang ke mendan offroad. Salah satu alasan membeli motor ini adalah harga All New Kawasaki KLX 150 dibanderol cukup murah. Motor trail besutan Kawasaki ini juga bisa dipakai dijalan raya, karena telah menggunakan ban dual purpose.

Bodi All New Kawasaki KLX 150 juga ramping dan memiliki ketinggian jok yang rendah, sehingga menghasilkan posisi riding yang nyaman serta kontrol yang mudah. Terlebih motor ini sudah menggunakan mesin 150cc yang bisa menghasilkan tenaga dan torsi cukup besar. Sayangnya All New Kawasaki KLX 150 belum menggunakan teknologi Fuel Injection, jadi jangan heran apabila konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan Honda CRF150L.



Desain
All New Kawasaki KLX 150 didesain khas seperti motor trail pada umumnya. Motor trail besutan Kawasaki ini dihadirkan dengan tampilan yang lebih futuristik dan kokoh. Dengan desain yang disuguhkannya tersebut pengendara akan semakin percaya diri saat mengendarainya.


Motor trail besutan Kawasaki ini memang mengusung desain baru yang membuatnya terlihat semakin gahar. Desain baru All New Kawasaki KLX 150 dapat kita lihat dari bentuk headlamp yang lebih sipit dari versi lamanya. Dengan headlamp lebih kecil dan visor sedkit lebih lebar, ‘muka’ All New Kawasaki KLX 150 ini memang terlihat lebih stylish untuk ukuran sepeda motor tipe off-road.
Meskipun headlamp yang berada di atas spakbor belum menggunakan teknologi LED, namun tetap terang saat dipakai di malam hari. Kemudian untuk speedometernya masih menggunakan speedometer analog.
Panel dashboard yang berfungsi untuk mengetahui kondisi motor ini tetap memiliki bentuk sederhana namun fungsional. Pada unit speedometer tersebut, terdapat beberapa panel indikator seperti indikator kecepatan, indikator lampu, dan juga indikator penunjuk jarak tempuh. Meski berbentuk hampir sama dengan generasi lawas, namun bentuk speedometer pada All New Kawasaki KLX 150 ini sedikit lebih sempit. Hal tersebut juga tidak mempengaruhi fungsi utamanya. Di bagian panel dashboard tersebut juga terdapat indikator penunjuk BBM. Hal ini pastinya sangat berguna saat menggunakan motor trail besutan Kawasaki ini berpetualang karena pada versi sebelumnya Kawasaki tidak meyematkan panel indikator BBM.
Perubahan baru juga dilakukan pabrikan Kawasaki pada bagian shroud-nya yang terlihat lebih runcing. Dengan beberapa perubahan pada bodinya, All New Kawasaki KLX 150 benar-benar nampak semakin agresif.
Pada bagian belakang, pabrikan Kawasaki mengubah tampilan bentuk tail dan spatboard All New Kawasaki KLX 150 ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan generasi lamanya. Ubahan pada motor trail besutan Kawasaki di bagian desain juga tampak jelas terlihat dari penggunaan muffler baru yang membuat tampilan motor ini benar-benar gahar khas motorcross.
All New Kawasaki KLX 150 memiliki desain gagah dengan velg depan berukuran lebih besar. Hal ini sengaja dilakukan supaya motor trail ini bisa melewati berbagai medan jalan dengan mudah.

Dimensi
Pabrikan Kawasaki masih mempertahankan bentuk rangka All New Kawasaki KLX 150 yang berbasis KLX generasi lama. Dimensi yang dimiliki oleh motor trail besutan Kawasaki ini menjadikannya sangat nyaman untuk melibas jalan-jalan off-road dari medan tanah sampai medan bebatuan.


Motor trail besutan Kawasaki ini memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2.080 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.145 mm. Desainnya memang terlihat gagah dan menawarkan posisi riding yang sangat nyaman. Terlebih All New Kawasaki KLX 150 ini memiliki bodi ramping dengan bobot seberat 116.5kg yang otomatis membuat handling semakin ringan.
Jarak antara roda depan sampai belakang mencapai 1.340mm dan jarak terendah ke tanahnya mencapai 255 mm. Dimensi yang diusung oleh motor trail besutan Kawasaki ini menjadikan pengendara akan mudah untuk bermanuver di segala medan, dari medan yang mudah bahkan medan yang sulit sekalipun.
Pada sektor dimensi tubuh juga masih menggunakan bentuk tangki tipis yang selama ini menjadi ciri khas motor trail. Meski bentuknya pipih, namun tangki tersebut mampu menampung bahan bakar hingga 7 liter.

Mesin dan performa
Pabrikan Kawasaki masih menggunakan basis mesin yang sama dengan KLX generasi lama. All New Kawasaki KLX 150 masih mengusung mesin SOHC 2 katup. Pabrikan Kawasaki juga tetap menggunakan karburator Keihin CV24 serta sistem pengapian Digital DC-CDI.


Motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan mesin 4 tak berpendingin udara yang memiliki kapasitas 114 cc. Mesin yang dipakainya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 12 PS atau setara 8.6 kW atau setara dengan 11.7 PS. Tenaga maksimum tersebut bisa diraih apabila mengendarai All New Kawasaki KLX 150 pada putaran 8.000 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya mencapai 11.3 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan All New Kawasaki KLX 150 ini memang tergolong besar.
All New Kawasaki KLX 150 dibekali dengan sistem transmisi manual dengan 5 tingkat percepatan yang akan membuat akselerasi motor ini semakin sempurna.
Meski All New Kawasaki KLX 150 masih menggunakan karburator, namun mesin racikan pabrikan Kawasaki tersebut sudah memenuhi standar EURO 3.

Suspensi dan kaki-kaki
Secara garis besar, sebuah produk motor trail haruslah disertai dengan suspensi yang berkualitas. Hal ini karena akan mempengaruhi kenyamanan dan kemanan pengendara. Motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan jenis rangka semi double cradle yang memiliki karakter ringan dan kuat.


Motor trail besutan Kawasaki ini belum menggunakan suspensi depan Upside Down seperti yang dimiliki Kawasaki KLX 150 BF. All New Kawasaki KLX 150 menggunakan suspensi telescopic fork 33 mm untuk suspensi depan, suspensi depannya juga dilindungi karet berwarna hitam dan suspensi belakangnya menggunakan Uni-Trak dengan 5 pengaturan kekerasan yang bisa disesuaikan dengan kenyaman berkendara. Dengan adanya dua suspensi tersebut berkendara akan terasa nyaman dan aman, walaupun itu offroad.
Sebagai tambahan informasi, Kawasaki KLX 150 terbaru ini terdiri dari tiga varian berbeda. Dan, yang membedakan masing-masing seri New KLX 150 ini adalah bagian kaki-kakinya. Untuk Kawasaki KLX 150 Standar, pabrikan menyematkan suspensi teleskopik standar pada bagian depan, serta suspensi unitrack swing-arm pada bagian belakang. Dan, pada bagian rodanya, New KLX 150 Standar menggunakan velg depan 19 inci dan juga velg belakang 16 inci. Sementara itu, tipe Kawasaki KLX 150 BF memiliki ukuran kaki-kaki lebih lebar karena memang ditujukan untuk medan yang lebih berat. New KLX 150 BF dibekali dengan kaki-kaki depan menggunakan velg 21 inci dan velg belakang 18 inci yand dibalut dengan ban berukuran lebih lebar dari New KLX 150 Standar. Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 SE atau Special Edition, pabrikan menyematkan komponen Upside-Down yang akan membuatnya nampak lebih gahar serta memiliki handling lebih mantap.
Perbedaan paling mencolok pada All New Kawasaki KLX 150 BF adalah suspensinya. Motor trail besutan Kawasaki ini sudah menggunakan suspensi Upside Down yang otomatis membuatnya lebih nyaman digunakan. Upside Down juga meningkatkan kestabilan All New Kawasaki KLX 150 BF, sehingga lebih optimal saat melibas berbagai medan off-road. Selain itu, motor ini memiliki grafis yang lebih spesial sehingga membuat tampilannya lebih sporty dibanding All New Kawasaki KLX 150 standar.
All New Kawasaki KLX 150 memiliki rem depan cakram dengan diameter 240 mm dan dilengkapi dua buah piston yang memastikan pengereman semakin optimal. Sedangkan pada bagian belakang juga menggunakan rem cakram yang memiliki diameter 190 mm dan menggunakan single-piston.
Untuk fitur roda, motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan velg jari-jari pada roda depan serta belakang. Ukuran velg depan lebih besar, karena menggunakan velg ring 19 yang berpadu dengan ban berukuran 70/100-19M/C 42P. Kemudian untuk bagian belakang memakai velg ring 16 dan ban berukuran 90/100-16M/C 51P. Ban tersebut merupakan ban dual purpose, sehingga tetap nyaman saat dipakai di medan onroad ataupun off-road.

Fitur
Untuk produk barunya ini pabrikan Kawasaki tidak menyertakan terlalu banyak fitur-fitur canggih mengingat Kawasaki KLX 150 ini merupakan tipe motor off-road yang mementingkan performa mesin dan juga daya tahan rangka. Namun, pabrikan Kawasaki tetap menambahkan beberapa komponen tambahan pada All New Kawasaki KLX 150 guna menambah kenyamanan dan keamanan pengendaranya.


Untuk urusan kelistrikan atau sistem pengapian, motor trail besutan Kawasaki ini menggunakan DC-CDI. Dengan sistem tersebut tentu performa dari All New Kawasaki KLX 150 akan semakin tangguh.
Fitur tambahan yang paling bermanfaat tentu saja adalah indikator bahan bakar yang sebelumnya tidak ada pada KLX 150 generasi lama. Dengan adanya indikator BBM tersebut, Anda yang ingin membawa All New Kawasaki KLX 150 ini berpetualang pastinya akan sangat terbantu saat ingin mengetahui sisa BBM yand ada di dalam tangki. Selain itu, fitur baru yang dibawa oleh All New Kawasaki KLX 150 adalah penggunaan suspensi Upside-Down yang akan memberikan handling mantap saat menerjang jalanan berbatu. Namun, fitur USD tersebut hanya bisa ditemukan pada All New Kawasaki KLX 150 SE.


Meski hanya membawa perubahan pada bagian desain, namun tetap saja wajah baru All New Kawasaki KLX 150 ini mampu mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Dengan tampilan headlamp baru, motor trail besutan Kawasaki ini memang memiliki tampilan baru yang semakin gahar namun tetap stylish. Kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 pun juga tak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Karena dibagi menjadi tiga varian, kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 pun juga tergantung pada masing-masing tipenya.
Dihadirkan lewat proses impor utuh atau CBU (Completely Build Up) dari Jepang, Untuk tipe pertama atau All New Kawasaki KLX 150 Standar, pabrikan Kawasaki mebanderolnya dengan harga Rp 26.900.000. Harga All New Kawasaki KLX 150 versi standar tersebut tak jauh berbeda dengan KLX 150 tipe S versi lama. Kemudian, untuk varian All New Kawasaki KLX 150 yang kedua atau tipe BF, pabrikan melabeli All New Kawasaki KLX 150 BF dengan harga sekitar Rp 30.200.000. Harga All New Kawasaki KLX 150 BF ini jauh lebih mahal dari KLX 150 tipe L versi lama yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 27 jutaan. Dan, untuk varian terakhir, pabrikan membanderol All New Kawasaki KLX 150 Special Edition dengan harga paling mahal. Harga All New Kawasaki KLX 150 SE tersebut adalah sekitar Rp 31.300.000.
Sebagai informasi tambahan, All New Kawasaki KLX 150 BF tersedia dalam 3 varian berbeda, yakni tipe standar, SE, dan SE X-Treme. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan untuk harganya sama-sama dibanderol 30 Jutaan, jenis motor trail besutan Kawasaki ini diyakini mampu bersaing melawan Honda CRF150L yang dari segi teknologi dan fitur lebih canggih.
Honda CRF150L memang menjadi lawan terberat All New Kawasaki KLX 150 BF. Kedua motor trail ini sama-sama ditenagai mesin 150cc. Namun secara teknologi masih menang CRF150L. Pasalnya motor trail Honda tersebut sudah menggunakan teknologi Fuel Injection, sedangkan All New Kawasaki KLX 150 BF masih karburator.
All New Kawasaki KLX 150 BF memang memiliki daya tarik lebih. Oleh karena itulah motor ini juga tetap laris manis meski dapur pacunya belum Injeksi. Di sisi lain, harga All New Kawasaki KLX 150 BF juga cukup terjangkau dan harganya sebanding dengan spesifikasi serta fitur yang dimilikinya.
Harga diatas merupakan harga OTR untuk kota Jakarta. Dan, kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 di atas juga dipengaruhi oleh keputusan PT KMI yang masih mendatangkan motor trail besutan Kawasaki ini dengan sistem CBU, yang pajaknya pasti juga lebih mahal. Namun, jika melihat kesuksesan Kawasaki KLX 150 generasi lama yang merajai segmen sepeda motor adventure di Indonesia, rasanya All New Kawasaki KLX 150 ini masih akan mengulangi kesuksesan pendahulunya tersebut. Selama ini reputasi KLX 150 di segmen off-road Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi.
Harga All New Kawasaki KLX 150 yang tergolong terjangkau juga membuat motor ini laris manis di Indonesia. Motor ini bersaing melawan Honda CRF150L yang sama-sama mengusung mesin 150cc. Bedanya motor ini belum dilengkapi teknologi Fuel Injection dan belum menggunakan suspensi Upside Down. Untungnya harga All New Kawasaki KLX 150 2020 lebih murah dibandingkan Honda CRF150L, sehingga bisa menjadi solusi bagi konsumen yang mencari motor trail murah meriah.


pasang iklan disini




loading...