Friday 6 March 2020

Promo Smartphone Xiaomi Redmi 8 – Spesifikasi Produk


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Xiaomi Redmi 8

Smartphone dengan kapasitas baterai yang besar dan harga yang terjangkau tentu menjadi dambaan. Belum banyak produk yang menawarkan hal tersebut. Padahal, spesifikasi seperti itu kini banyak dibutuhkan, terutama bagi orang dengan aktivitas di lapangan yang tidak memiliki banyak waktu untuk sering mengecas. Sedangkan, ponsel menjadi alat yang sangat penting untuk menunjang pekerjaannya.

Menjawab kebutuhan tersebut, Redmi 8 dari Xiaomi bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik. Salah satu keunggulan dari smartphone ini adalah kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang mendukung fitur fast charging sampai 18W pada port Type-C.


Setelah diluncurkan di India, Xiaomi akhirnya resmi merilis ponsel entry-level terbarunya di Indonesia, Redmi 8, lewat acara peluncuran di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019). Redmi 8 dibekali dua kamera (12 MP + 2 MP) di punggung, berikut pemindai sidik jari berbentuk bundar dan modul LED flash. Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, seri Redmi 8 tampil lebih cantik dibandingkan generasi sebelumnya. “Redmi 8 kini tampil dengan desain premium mengilap dengan nuansa lengkungan seperti huruf 'S',” kata Alvin saat peluncuran Redmi 8 series yang digelar Xiaomi di Hall Patiunus. Meskipun ekonomis, smartphone yang meyasar segmen menengah ke bawah ini memiliki sejumlah keunggulan.

Xiaomi Redmi 8 hadir dengan desain yang lebih fress dan perfoma yang tangguh. Dimana ponsel ini hadir dengan membawa layar IPS LCD dengan ukuran 6.2 mm yang akan menawarkan resolusi HD. Selain itu ponsel ini juga hadir dengan membawa sebuah chipset jenis Snapdragon 439 yang diperkuat dengan prosessor jenis Octa core.


Xiaomi Redmi 8 merupakan ponsel entry-level terbaru yang mengedepankan fitur memikat. Ponsel ini menyasar pengguna yang lebih mementingkan fungsi dan kinerja utama dari sebuah perangkat komunikasi, tanpa melupakan hiburan dan estetika keindahan. Dapat dikatakan bahwa Redmi 8 mengadopsi desain serta teknologi dari ponsel-ponsel kelas mid dan high level dari Xiaomi. Penempatan kamera dan pemindai sidik jari, serta model layar depan dengan notch pada ponsel ini menjadi beberapa hal yang banyak ditemui pada ponsel yang lebih mahal. 

Bodi 3D
Membahas tentang bobot dan dimensi, Redmi 8 termasuk berbodi bongsor dengan berat 190 gram. Meskipun demikian, smartphone ini tetap nyaman digenggam karena memiliki desain bodi melengkung 3D dengan tekstur halus dan balutan kaca. Tagline “Designed by Xiaomi” menambah kesan ponsel ini memang dikreasikan dengan sungguh-sungguh. Penulisan tagline semacam ini dapat mendorong sugesti penggunanya untuk merasa bangga menggunakan sebuah produk.


Xiaomi Redmi 8 memiliki tampilan body yang cukup menarik dan juga dinamis. Dimana ponsel ini memiliki ukuran panjang ponsel mencapai 156,4 mm dan lebar mencapai 75.4 mm. Sementara itu ponsel ini juga terlihat lebih tipis dan dinamis, dengan memiliki ketebalan body yang berkisar hingga 9.4 mm.
Desain yang dibawa Xiaomi Redmi 8 cukup cantik dan elegan. Dengan desain unibody dan dibalut warna-warna cantik dengan finishing yang glossy, menghasilkan kesan premium. Layarnya yang di desain memiliki sisi melengkung menjadikannya nyaman untuk digenggam. Kamera belakang yang disusun berjejer vertikal di tengah, bukan berada di pinggir sehingga memberi nuansa keseimbangan simetrik.
Xiaomi Redmi 8 menggunakan desain cangkang mengkilap yang disebut aura mirror untuk memberikan tampilan dengan kesan premium serta nyaman ketika dipegang di tangan. Smartphone ini dikemas dengan tampilan glossy sehingga menimbulkan pantulan holografik layaknya tren smartphone saat ini.


Vendor Xiaomi mengklaim sudah menerapkan desain baru dengan cetakan 3D yang lebih baik pada Redmi 8. Efeknya terasa pada saat Anda menggenggam ponsel ini. Genggaman memang terasa lebih mantap karena memang dimensi ponselnya sendiri tidak terlalu besar. Silicon case transparan yang disertakan dalam paket pembelian menjadikan warna dan desainnya otomatis langsung terlihat.
Penempatan tombol fungsi dan beberapa port seperti biasa dapat ditemukan di bagian sisi. Tombol power dan volume ada di sisi kanan. Slot kartu SIM dan micro SD ada di sisi kiri. Speaker, mic, port audio dan charger USB type C ada di bagian bawah. Sedangkan lubang noise cancellation dan infrared ada di sisi atas Redmi 8.

Layar 6.22 inci FHD+
Menengok tampilan depan ponsel Xiaomi Redmi 8 ini memang terbilang cukup keren dan lebih dinamis. Dimana pada tampilan depan ponsel Xiaomi Redmi 8 ini telah dilengakapi sebuah layar IPS LCD.


Varian ini datang dengan layar berukuran 6.22 inci untuk memanjakan para pengguna dalam menjalankan beragam aktifitas. Panel IPS LCD yang digunakan memiliki rasio 19:9 dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Layar pada Xiaomi Redmi 8 ini juga mampu menghasilkan kerapatan pixels hingga 271 ppi yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih bening dan lebih jernih.
Secara desain, Redmi 8 memiliki layar dengan diagonal 6,2 inci (IPS LCD, 1.520 x 720 piksel, aspect ratio 19:9) dan resolusi HD Plus, serta dilengkapi kaca pelindung layar Gorilla Glass 5 serta teknologi nano-coating yang membuat smartphone aman dari percikan air. "Corning gorilla glass 5 biasanya hanya digunakan di ponsel premium," kata Alvin. Ponsel ini mampu menghadirkan sentuhan premium dengan permukaan yang mengkilap dan glossy. Untuk kebutuhan sehari-hari, seperti media sosial maupun menonton video, kualitas layarnya tergolong baik, panel layar ponsel dapat menampilkan visual yang cerah meski digunakan di luar ruangan. Smartphone ini mengadopsi layar berponi (notched) yang menampung kamera selfie 8 MP (f/2.0).
Keberadaan notch di bagian atas menjadikannya sangat menarik perhatian karena lekukannya termasuk lebar dengan lensa kamera kecil. Layar bermaterial LCD IPS ini juga memiliki model bingkai bezel dengan tulisan Redmi yang ditaruh pada bagian bawah layar.


Daya tahan material Gorilla Glass 5 memang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga Xiaomi tidak merasa perlu memberikan anti gores tambahan di layar Redmi 8. Layarnya sendiri termasuk terang dan mampu beradaptasi dengan baik ketika digunakan di bawah cahaya matahari langsung. Ketika terkena sinar matahari langsung Anda dapat melakukan antisipasi dengan mengatur tingkat kecerahan layar.
Dan, menariknya layar pada Redmi 8 ini memiliki kadar cahaya biru yang rendah sehingga aman bagi mata serta nyaman digunakan dalam rentang waktu lama.

Dapur pacu Snapdragon 439
Xiaomi Redmi 8 dibekali chipset octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53) Qualcomm Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12 nm sebagai dapur pacunya serta GPU adreno 505 yang mampu menghasilkan grafis yang lebih halus dan mulus. Dapur pacu ini dipadankan dengan beragam opsi RAM 3G/32GB dan RAM 4GB/64GB. Kapasitas media penyimpanan ini bisa diperluas dengan micro SD (dedicated) hingga 512 GB.


Prosesor Xiaomi Redmi 8 dalam pengujian di notebookcheck.net, mampu mencapai kemampuan kerja menyamai Snapdragon 625 lama.
Dengan grafis dan RAM yang cukup tangguh, Xiaomi Redmi 8 ini mampu menjalankan game android terbaru seperti PUBG Mobil dan juga Battle Royal.
Dalam pengujian gaming menggunakan Asphalt 8, Redmi 8 menyuguhkan kualitas grafik bagus dengan proses rendering berjalan halus. Untuk bermain game sekelas PUBG, tentu perlu melakukan setting rata kiri atau minimum supaya gameplay berjalan lancar. Secara umum, smartphone ini sanggup menjalankan berbagai aktivitas secara multitasking dengan lancar.
Untuk sektor antar muka, Xiaomi Redmi 8 menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan balutan antarmuka terbaru dari Xiaomi, MIUI Global 11 dan mendukung dual SIM. Ada beberapa hal menarik dari fitur di antarmuka terbaru dari Xiaomi ini. Di antaranya yaitu; Dark Mode yang saat ini mulai populer. Mimoji dalam kameranya, serta ambient display. 

Dual kamera utama
Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada kamera milik Xiaomi termasuk yang paling asyik dinikmati. Sangat memudahkan pengguna yang awam dengan teknik fotografi. Kemampuannya dalam proses pengaturan fungsi lensa dengan membaca situasi lingkungan dan cahaya relatif cepat. Untuk menghadirkan hasil foto yang baik. Dan hal ini cukup mendorong performa dari kamera di ponsel Redmi 8 ini.


Bagian belakangnya Redmi 8 dilengkapi dengan dua kamera utama. Lensa pertama beresolusi 12MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa 2MP dengan bukaan f/2.0 sebagai fungsi depth sensor, untuk memburamkan latar belakang objek (bokeh).
Kamera utama pada Xiaomi Redmi 8 juga sudah dilengkapi dengan fitur kamera tambahan seperti LED flash, HDR, panorama yang mampu memberikan hasil yang sempurna terhadap foto-foto yang Anda ambil. Serta masih ada fitur pengayaan lain seperti filter dan beauty, dan juga Pro untuk pengaturan manual. Fitur yang tersaji pada kamera belakang dan depan relatif sama. Kamera Xiaomi Redmi 8 ini tidak mendukung mode wide angle.


Pemanfaatan teknologi Dual-Pixel PDAF sangat membantu proses pengambilan foto. Kemampuan menyesuaikan fokus untuk objek jauh dan dekat dengan teknologi tersebut mampu menyajikan hasil foto yang lebih baik. Meskipun, ketika dipakai untuk memfoto dengan efek bokeh, hasilnya menjadi lebih menarik. Kamera Redmi 8 memiliki fitur HDR (High Dynamic Range) dengan pilihan aktif, auto, dan mati. Anda dapat memanfaatkannya untuk hasil  foto dengan luminosity lebih baik. Biasanya untuk mendapat efek foto yang dramatis. Kedua fitur ini menjadi pokok dari pemanfaatan kamera Redmi 8.
Tambahan lain ialah keberadaan Google Lens yang dapat Anda gunakan dalam kondisi ponsel terhubung dengan internet menggunakan WiFi atau paket data. Bagi yang mungkin belum tahu, Google Lens merupakan fitur untuk mengidentifikasi objek yang tertangkap lensa kamera untuk dicari informasi lewat sistem dari Google.
Kamera ganda yang disematkan pada Redmi 8  disusun secara vertikal, diikuti dengan modul pemindai sidik jari di bagian paling bawah dan modul LED flash di bagian paling atas. Smartphone ini memakai kamera selfie 8MP, kamera depan maupun belakang dapat memotret dengan AI Portrait mode.


Untuk urusan selfie, Redmi 8 menyematkan fitur HDR pada kamera depannya serta mampu merekam video beresolusi 1080p@30fps.
Kualitas video kamera Redmi 8 sudah mencapai Full HD 1080p pada 30 frame per detik. Dengan opsi 720p di hitungan fps yang sama. Terdapat fitur time-lapse ketika lensa video diaktifkan. Kualitasnya terhitung baik dengan kualitas piksel tetap terjaga serta tanpa distorsi cahaya berlebih. Sementara mode “video pendek” membantu untuk merekam gambar dengan durasi di 15 detik saja.

Baterai 5000 mAh
Baterai besar menjadi nilai utama dari keberadaan Redmi 8. Di tengah rapatnya beragam aktivitas menggunakan smartphone, keberadaan baterai berkapasitas besar untuk mendukung kinerja dan performa tahan lama sangatlah dibutuhkan.


Dalam urusan daya, Xiaomi Redmi 8 ditopang dengan baterai jumbo Non-removable Li-Po yang berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi fast charging 18 watt melalui port USB tipe C. Kombinasi yang memang diperlukan. Karena baterai besar tanpa pengisian kapasitas yang cepat justru akan menghambat aktivitas. Pengisian daya sekitar 40% – 50% dapat dipenuhi dalam waktu sekitar 60 menit. “Redmi 8 merupakan ponsel seri Redmi dengan baterai paling besar,” kata Alvin. Kapasitas baterai sedemikian besar relatif dapat digunakan dalam durasi lebih lama. Mengingat spesifikasi lain dari ponsel ini yang berada pada level relatif ringan. Sehingga tidak memerlukan pasokan daya berlebih. Selain itu, Xiaomi juga telah mengoptimalkan kinerja baterai menggunakan teknologi AI dengan manajemen daya dinamis, mode hemat daya, kontrol peluncuran aplikasi, dan alokasi tugas pintar. Daya baterainya diklaim mampu bertahan 25 hari waktu standby, 180 jam untuk memutar musik, 28 jam telepon, 12 jam main game, 9 jam merekam video dan 17 jam pemutaran video. Secara keseluruhan ponsel diklaim bisa bertahan selama 4 hari untuk penggunaan reguler. Alvin Tse menambahkan "Banyak juga fitur optimalisasi baterai dengan AI. Baterai ini adalah baterai terbesar di seri Redmi." Dan, di bagian bawah ponsel ini terdapat konektor USB tipe-C berikut port audio 3,5mm untuk menancapkan earphone. Dengan baterai berkapasitas besar, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna, yang akan sangat memuaskan untuk menikmati hiburan, mengakses media sosial, maupun untuk merekam berbagai aktivitas harian. Namun, dalam paket penjualan, charger bawaan yang tersedia hanya 10W. Artinya, jika menginginkan fast charging 18W, Anda harus membelinya secara terpisah.


USB Type-C sejauh ini hanya hadir pada smartphone kelas atas. Namun, Redmi 8 justru sudah mendukung port USB Type-C yang penggunaannya lebih mudah dari pada microUSB. Kehadiran USB Type-C pada ponsel harga terjangkau ini jelas menjadi keunggulan tersendiri.
Sebagai tambahan untuk memikat calon konsumen, Redmi 8 juga memiliki daya tahan terhadap cipratan air alias splash resistant namun fitur ini tidak untuk dicoba dibawa berenang.



Xiaomi Redmi 8 memiliki fitur keamanan yang lengkap. Vendor Xiaomi menyematkan fingerprint pada panel belakang Redmi 8 di bawah dual-camera. Fitur pengamanan seperti ini, sedikit banyak punya peran penting agar data ponsel selalu terjaga dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Dan kemampuan membaca sidik jari pada Redmi 8 juga termasuk cepat. Opsi lain yang dapat digunakan untuk membuka kunci layar adalah face recognition berbasis AI yang terintegrasi pada kamera depan. Smartphone ini juga didukung dengan teknologi IR Blaster. Fitur ini memungkinkan bagi pengguna untuk memakainya sebagai remote bagi perangkat elektronik lain. Xiaomi Redmi 8 juga menghadirkan fitur populer, yaitu pemutar radio FM tanpa perlu memasang earphone. Jadi Anda bisa mendengarkan radio kesukaan ketika nongkrong bersama teman-teman. Terlebih, speaker boks Redmi 8 0,85cc yang besar akan mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan lantang, juga berkualitas tinggi.
Xiaomi Redmi 8 dibanderol dengan harga perkenalan (flash sale) Rp 1,7 juta (3/32 GB) dan Rp 1,8 juta (4/64 GB). Smartphone ini dihadirkan dalam beberapa pilihan warna, yaitu; Onyx Black, Ruby Red, Sapphire Blue. Xiaomi Redmi 8 tersedia di pasar sejak 12 Desember 2019.


Dengan harga Xiaomi Redmi 8 yang cukup terjangkau, Anda akan tetap bisa menikmati layanan internet super cepat dengan ponsel ini. Karena, sudah mengusung sistem jaringan internet 4G LTE yang siap membuat internetan Anda menjadi semakin lancar. Dan, fitur GPS smartphone dibantu dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS. Smartphone ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur koneksi tambahan seperti wifi, bloetooth, navigasi, serta infrared.
Xiaomi masih menjejalkan teknologi infrared di smartphone ini. Terdengar remeh. Namun teknologi masa lampau inilah menjadi salah satu highlight dari keberadaan ponsel dari Xiaomi. Infrared dapat dipakai sebagai remote control untuk mengaktifkan beragam perangkat rumah tangga seperti televisi maupun Air Conditioner (AC).
Meski dijuluki ponsel terjangkau, bukan berarti kualitas yang dihadirkan juga sembarangan. Xiaomi tetap memperhitungkan kualitas dan pelayanan kepada penggunanya. Pada kelas harganya, kualitas Redmi 8 terbilang ocukup baik untuk menunjang aktivitas keseharian. Faktor garansi juga menjadi salah satu keunggulan vendor smartphone, seri Redmi 8 disertai dengan garansi 24 bulan. Bahkan disebut-sebut hal ini menjadi yang pertama dalam industri smartphone.


Xiaomi Redmi 8 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memerlukan ponsel dengan fitur-fitur esensial sesuai kebutuhan. Baterai berkapasitas besar, USB type C, serta memori RAM minimal 3GB, terhitung sudah cukup sesuai dengan kebutuhan alat komunikasi masa kini. Harga yang ditawarkan pun cenderung masuk akal dan pas di kantong. Smartphone ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak mau ambil pusing dengan perang fitur dan gimmick yang berputar di kelas menengah dan premium.

pasang iklan disini




loading...