Thursday 5 March 2020

Cantik Sehat: Ragam Jenis Minyak Nabati yang Bermanfaat Untuk Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Ragam Jenis Minyak Nabati yang Bermanfaat Untuk Kecantikan

Minyak nabati merupakan minyak yang disari/diekstrak dari berbagai bagian tumbuhan. Minyak ini digunakan sebagai makanan, menggoreng, pelumas, bahan bakar, bahan pewangi (parfum), pengobatan, dan berbagai penggunaan industri lainnya.  Pada minyak nabati yang berasal dari biji-bijian, terkandung banyak asam lemak tidak jenuh, seperti omega 3 dan omega 6 yang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mudah menggumpal dalam darah. Selain itu, minyak dari biji-bijian juga mengandung vitamin E yang merupakan faktor penting untuk mencegah penuaan.

Suatu hal yang wajar jika perempuan selalu ingin tampil cantik dan menarik sepanjang waktu. Ada saatnya perempuan rela menghabiskan waktu dan uang untuk menjadi cantik dengan perawatan yang canggih dan mutakhir. Ada juga yang suka melakukan perawatan sederhana di rumah dengan bahan-bahan alami.

Minyak memang bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit lebih lebih cepat daripada pelembab biasa. Minyak memiliki tekstur ringan yang dengan cepat menyerap ke kulit sehingga tidak perlu menggunakannya secara berlebihan.


Wanita memang paling selektif untuk urusan memilih produk kecantikan. Dan, sebagian dari mereka paling anti memakai produk berbasis minyak esensial karena dianggap membuat kulit menjadi penuh noda. Tapi hal itu justru keliru. Sebab, produk kecantikan dengan bahan dasar minyak esensial terbukti mampu membuat kulit benar-benar indah. Bahan ini mampu bekerja menenangkan dan menyehatkan kulit.

Mulai dari memelihara kulit dan mengurangi garis-garis halus hingga berfungsi sebagai makeup primer dan mengecilkan pori-pori, minyak esensial (essential oil) dapat memberikan banyak manfaat dalam perawatan kulit.

Perempuan zaman sekarang semakin menyadari pentingnya merawat kulit. Perawatan kulit kini tidak hanya sekedar menggunakan krim atau losion yang melembapkan. Berbagai jenis produk yang berasal dari minyak alami pun kini semakin digandrungi sebagai alternatif bagi perawatan kesehatan kulit. Dan, berikut ini penjelasan dari ragam minyak nabati yang bermanfaat untuk kecantikan, selain itu Anda juga bisa melihat kandungan apa yang terdapat di dalam setiap jenisnya.

Minyak zaitun
Kandungan antioksidan, vitamin, mineral dan asam lemak alami pada minyak zaitun ini baik untuk dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Selain itu, kandungan anti aging dalam minyak zaitun dapat memelihara, meremajakan, dan mencegah kerusakan kulit.


Minyak zaitun sudah lama dikenal ampuh sebagai perawatan kulit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk melembapkan dan mencerahkan. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan khasiat minyak zaitun, mulai dari menjadikannya make up remover, masker wajah dan rambut, mencampurkannya dalam bathtub mandi, atau mengoleskannya seperti body lotion di seluruh tubuh. Bukan hanya untuk perawatan luar, Anda juga bisa menjadikan minyak zaitun sebagai topping salad.
Minyak zaitun kaya akan asam lemak, vitamin A, dan vitamin E sehingga sangat cocok untuk kulit dehidrasi dan kering. Hal ini sangat mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit, itu sebabnya mereka mudah diserap oleh kulit. Semua elemen yang terkandung di dalam minya zaitun bagus untuk membuat kulit elastis dan kandungan anti-oksidan dalam minyak ini sanggup mencegah kanker kulit.
Minyak zaitun tinggi akan kandungan asam oleat, sehingga sangat cocok untuk diterapkan pada jenis kulit kering, normal, atau yang mengalami penuaan dini. Minyak yang kaya asam oleat umumnya memiliki sifat antioksidan yang baik, bisa membantu melawan peradangan kulit internal maupun eksternal.

Minyak jojoba
Jojoba merupakan tumbuhan herbal parenial buxaceae yang tumbuh di daerah gurun seperti Meksiko dan California. Ekstrak dari biji tumbuhan inilah yang menghasilkan minyak atau dikenal dengan minyak jojoba.


Minyak essensial ini umumnya digunakan untuk luka bakar, jerawat, atau perawatan rambut. Keunggulan minyak jojoba yaitu memiliki tingkat alergi paling rendah sehingga aman bagi kulit. Anda juga bisa memanfaatkan minyak ini untuk bayi sebagai baby oil.

Minyak delima
Selain memiliki rasa manis dan enak untuk dimakan, minyak ini dikenal memiliki khasiat yang baik bagi tubuh berkat kandungannya yang kaya antioksidan serta baik untuk kulit.


Minyak delima dipercaya mampu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, mengurangi garis keriput, mengencangkan kulit, dan menjaga kulit dari bahaya sinar matahari.

Marula oil
Berasal dari buah marula berwarna kuning-oranye pucat dari asal Afrika Selatan, minyak bertekstur ringan dengan aroma kacang ini cukup populer sebagai bahan perawatan kulit. Hal ini bukan tanpa alasan, minyak marula tidak hanya memiliki tingkat hidrasi tinggi dan sangat lembut diterapkan pada kulit, minyak marula juga memiliki bahan anti aging yang dapat membuat kulit Anda terlihat muda.


Minyak marula sudah lama digunakan sebagai perawatan kulit alami. Minyak ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Anda tidak perlu khawatir, marula oil cocok untuk semua jenis kulit, bahkan mampu mengurangi produksi minyak berlebih bagi kulit berminyak dan mengurangi munculnya jerawat. Minyak marula juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berkhasiat untuk mencerahkan serta mengurangi tanda penuaan pada kulit.
Minyak marula mengandung antioksidan tinggi dan asam lemak penting seperti omega-6 dan omega-9, minyak marula bahkan dapat melindungi kulit dari efek buruk berbagai elemen. Senyawa essensial yang terkandung dalam minyak marula memiliki daya serap cenderung cepat ketika diaplikasikan pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena molekul dalam minyak marula berukuran kecil dan akan menembus lebih dalam dari jenis minyak lain.
Bagi yang sedang bermasalah dengan jerawat, minyak marula dapat menjadi sebuah solusi karena tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, minyak marula juga mengandung bahan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan mengatasi breakout.

Rosehip oil
Minyak rosehip dipercaya dapat mencerahkan kulit karena kaya akan vitamin C. Minyak mawar ini juga bisa digunakan untuk mengurangi stretch mark.


Rosehip oil berasal dari tanaman sejenis mawar yang tumbuh di daerah Cina dan Amerika Selatan. Rosehip oil diambil dari biji buah rosehip yang diproses secara cold press. Khasiat dari rosehip di antaranya mampu memudarkan noda hitam di kulit yang berasal dari bekas luka atau bekas jerawat. Minyak ini juga berguna untuk melembabkan dan mencegah penuaan dini pada kulit.
Jika Anda memiliki masalah dengan bekas luka atau kulit berjerawat, minyak rosehip adalah pilihan terbaik bagi Anda. Minyak essensial ini mampu membantu produksi kolagen dan sel-sel regenerasi karena mampu menembus hingga ke dalam kulit. Selain itu minyak essensial ini juga mengandung vitamin C, Omega-3, dan Omega-6 asam lemak untuk penyembuhan luka dan mengurangi radang.
Selain dimanfaatkan untuk menjaga kelembutan kulit, rosehip juga biasanya digunakan sebagai obat oleh penduduk asli Amerika dan Mesir Kuno untuk menyembuhkan luka karena mengandung vitamin A, C, D, dan E. Minyak rosehip mengandung asam lemak penting yang dapat meregenerasi jaringan dan mengurangi luka, membuatnya bagus bagi Anda yang sedang berjerawat atau mengalami eksim. Kaya akan antioksidan, minyak bertekstur ringan ini juga dapat membantu meminimalisir munculnya keriput dan garis-garis halus. Minyak biji rosehip bahkan sangat bagus untuk memperbaiki skin tone karena fungsinya dalam menghidrasi dan melindungi kulit Anda dari diskolorasi akibat sinar UV matahari.

Minyak argan
Minyak argan memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang tinggi, sehingga kulit akan menjadi lembab, lembut dan bercahaya.


Biji argan banyak tumbuh di daerah Maroko. Minyak yang dihasilkannya memiliki manfaat kecantikan dari ujung kepala dan ujung kaki. Minyak argan juga mengandung antioksidan, yang dipercaya dapat menghaluskan dan melembapkan kulit, mencegah penuaan dini, dan membuat rambut berkilau.
Minyak argan ini merupakan favorit di kalangan ahli kecantikan dan sering disebut sebagai “cairan emas” karena tampilannya yang berkilau. Minyak argan sangat cocok bagi Anda yang ingin merawat kulit kering. Sama seperti minyak marula dan biji rosehip, tidak hanya bagus untuk anti penuaan dan hidrasi kulit, minyak argan juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda dan mengembalikan elastisitasnya. Jika Anda merasa kulit wajah mulai membutuhkan perawatan khusus untuk membuatnya kembali lembut dan kenyal, coba gunakan jenis minyak ini.
Minyak argan dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah kulit gatal, kering, atau flaky, berkat kemampuannya dalam melembutkan kulit dan mencegah terjadinya kekeringan serta inflamasi lebih lanjut. Dan, tidak seperti produk-produk lain, jenis minyak ini dapat digunakan secara aman dalam bentuk aslinya dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai perawatan yang efektif untuk rambut dan kuku.

Minyak almond
Minyak almond kaya akan vitamin E dan D, mineral seperti kalsium, dan magnesium, menjadikan minyak almond sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan, mengurangi jerawat dan lingkaran hitam. Minyak almond juga bisa digunakan sebagai krim bawah mata dan lip balm untuk mengembalikan kelembaban serta menyembuhkan bibir pecah-pecah.


Minyak almond sering digunakan untuk memelihara dan meregenerasi sel-sel kulit. Minyak almond juga memiliki kandungan anti jamur. Bagi para wanita yang ingin memiliki kuku yang cantik, minyak almond bisa menjadi solusi. Minyak ini juga dapat membuat kuku lebih kuat dan terlihat sehat.

Minyak kembang sepatu
Kandungan vitamin C dalam minyak kembang sepatu dapat membuat kondisi rambut Anda lebih hitam bercahaya dan terlihat sehat. Minyak essensial ini dapat meningkatkan jumlah produksi kolagen pada rambut dan kandungan asam aminonya dapat menguatkan akar rambut.


Ada beberapa produk shampoo yang sudah menggunakan minyak ini sebagai salah satu bahan alaminya. Jika sulit menemukannya maka Anda bisa mencoba membuat masker rambut sendiri dengan memadukan minyak kembang sepatu dengan elemen herbal lainnya seperti minyak kelapa, dan lemon. Minyak kembang sepatu bisa membuat rambut tumbuh dengan lebih tebal dan kuat.

Minyak biji bunga matahari
Minyak bunga matahari adalah minyak yang didapat dari pemrosesan biji-biji bunga matahari. Minyak bunga matahari rendah akan lemak jenuh dan mengandung asam linoleat yang dapat menyehatkan jantung, dan merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Beta karoten dapat dikonversi menjadi vitamin A dan senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang mencegah terjadinya penuaan dini dan baik untuk kesehatan kulit.


Minyak biji bunga matahari mengandung asam lemak yang baik dan vitamin E, menjadikan minyak essensial ini dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan energi, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mencegah penyakit jantung, mengurangi keparahan arthritis dan asma, dan meningkatkan regenerasi sel kulit.
Minyak biji bunga matahari banyak digunakan dalam industri kosmetik dan dapat menjadi bahan dalam salad, saus, krim sandwich dan granola.

Minyak wijen
Meskipun sebagian besar minyak ini digunakan sebagai minyak goreng, minyak wijen juga dapat digunakan sebagai produk kecantikan. Hal ini dikarenakan, minyak wijen memiliki kandungan gizi yang tinggi hingga dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerusakan kulit sampai 30 persen dari sinar UV.


Minyak wijen kaya akan mineral seperti seng, tembaga, kalsium, magnesium, serta berbagai asam lemak tak jenuh ganda, dan tirosin (asam amino). Minyak essensial ini dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi peradangan, serta mengurangi bintik-bintik usia.

Minyak biji anggur
Tidak hanya menjadi makanan ringan yang sehat dan kunci di balik kelezatan wine, anggur juga ternyata menawarkan sejumlah manfaat kecantikan yang bisa Anda rasakan.


Ketika biji anggur ditekan, maka keluarlah minyak biji anggur. Dengan tekstur ringan dan lembut, minyak biji anggur sering kali digunakan ahli perawatan kulit untuk membantu mengatur produksi minyak alami. Hal ini bagus untuk Anda yang sedang bermasalah dengan noda-noda hitam pada wajah.
Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan bahan anti-inflamasi, minyak buah satu ini akan mengencangkan kulit Anda, mengecilkan pori-pori, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, dan minyak biji anggur juga mampu menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Minyak kelapa
Menurut seorang dermatologi, Dr Rashmi Shetty, minyak kelapa mengandung asam linoleat, yang bisa menghidrasi dan melindungi kulit dari sinar UV serta membantu menyembuhkan penyakit eksim.


Minyak kelapa merupakan minyak tropis yang populer, serta memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Dikenal juga sebagai minyak kopra, minyak ini didapatkan dari ekstraksi daging kelapa. Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu mencegah rambut rontok, penuaan dini dan meningkatkan imun tubuh.
Banyak orang yang sudah mengetahui khasiat minyak kelapa untuk kulit, seperti mencegah kulit kering karena panas matahari atau radiasi dari sinar UV. Karena, saat mengaplikasikan minyak kelapa,  Anda akan merasakan efek menenangkan. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga bisa mengatasi bibir pecah-pecah dan kulit kering. Bahkan, minyak essensial ini mampu menjadikan kulit yang bermasalah menjadi berkilau kembali. Beberapa jenis minyak kelapa bahkan bisa dikonsumsi langsung untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-inflamasi. Karena struktur molekulnya lebih kecil, menjadikan minyak essensial ini mampu melakukan penyerapan lebih baik dan kulit menjadi lebih lembut serta halus. Minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang membantu melawan eksim untuk menjadikan kulit tetap lembap, serta mengandung asam laurat yang melindungi permukaan kulit, minyak kelapa sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kulit kering dan kasar.
Minyak kelapa dapat diaplikasikan untuk seluruh jenis kulit. Baik kulit terang, gelap, kering, berminyak. Ketika disimpan, minyak kelapa memang terlihat agak padat dan terasa waxy ketika disentuh. Namun, ketika Anda mengambilnya dan mengusapkannya di antara kedua telapak tangan, minyak kelapa akan langsung mencair dan berubah menjadi lebih lembut. Dengan panduan antioksidan yang kaya dan tekstur yang unik, minyak kelapa merupakan pelembap yang baik untuk digunakan sehari-hari dan dapat memerangi keriput serta iritasi kulit.
Minyak kelapa juga dapat bekerja sebagai minyak pembersih (cleansing oil) untuk menghapus riasan dan bahkan bisa berfungsi sebagai krim mata, krim cukur, body scrub, dan pelembap kutikula.


Itulah beberapa jenis minya nabati yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan kulit. Minyak alami dipercaya lebih aman karena belum terkontaminasi dengan zat kimia sehingga baik untuk kulit.



pasang iklan disini




loading...