Monday 9 December 2019

Berbagi Tips : Cara Menggunakan Lip Balm yang Tepat dan Benar


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Cara Menggunakan Lip Balm yang Tepat dan Benar

Kita tentunya sudah paham bahwa lip balm merupakan produk untuk bibir. Fungsi lip balm adalah untuk menjaga kelembapan pada bibir. Masalah bibir kering memang terkadang sulit untuk dihindari, terutama jika Anda menggunakan berbagai produk bibir lainnya seperti lipstick dan lip cream yang terkadang dapat membuat bibir semakin kering. Bahkan, banyak perempuan lebih suka menggunakan lip balm dibanding lipstick. Alasannya simpel, lip balm bisa digunakan untuk mempercantik bibir supaya tidak kering dan membuat penampilan bibir menjadi terlihat lebih tebal.

Berbeda dari kulit, bibir mempunyai fungsi dan keunikannya tersendiri. Karena itulah, bibir memerlukan perawatan yang juga special, lapisan paling atas pada bibir jauh lebih tipis dan lebih halus dibanding bagian kulit wajah. Jika kulit wajah yang mempunyai 15-16 lapis kulit, bibir hanya memiliki 3-4 lapis kulit. Selain itu juga, bibir tidak memiliki banyak sel melanin, sehingga pembuluh darah di bawahnya lebih terlihat dan membuatnya menjadi tampak merah.

Bibir kita juga tidak memiliki kelenjar keringat atau folikel rambut. Artinya, bibir tidak mendapatkan kelembaban atau minyak dan mudah kering dengan cepat. Bibir juga merupakan area yang lebih sensitif saat disentuh, bibir juga lebih lebih rentan untuk kering dan pecah-pecah pada kondisi cuaca ekstrim. Menggunakan lip balm sebagai rutinitas sehari-hari akan dapat membantu mengisi kembali kelembaban dan menjaga bibir tetap terlihat indah dan tidak hitam.


Menurut Sejal Shah, seorang dokter kulit di New York, bibir manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Kulit bibir sangat tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada kulit, sehingga membuatnya lebih rentan mengalami kondisi kering dibandingkan bagian tubuh lainnya. Hal ini juga membuat bibir cenderung lebih sensitif terhadap kandungan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti fenol, sodium lauryl sulfates, dan menthol, yang faktanya sangat mudah ditemukan di dalam pasta gigi dan obat kumur pada umumnya. Jika bibir sering terpapar bahan tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa bibir Anda menjadi mudah kering serta mengelupas.

Seorang makeup artist asal London, Caroline Barnes, juga menjelaskan bahwa produk pelembab bibir yang mengandung alkohol di dalamnya dapat memperparah kondisi bibir yang kering, seperti halnya peppermint dan bahkan vitamin E bagi sebagian orang. Ia menyarankan untuk beralih kepada produk pelembab bibir yang lebih netral, yang telah terbukti menjadi alternatif yang lebih baik. Oleh karena itu, pilihlah produk lip balm yang tidak mengandung rasa atau unflavoured, sehingga lebih aman untuk bibir. Dr Surbhi Mahajan, seorang ahli dermatologis dari India, menyarankan agar Anda memilih produk lip balm yang mengandung beeswax atau petroleum jelly yang sudah dikenal sejak lama dapat melembapkan kulit. Tak hanya itu, produk ointment yang mengandung coconut oil atau cocoa butter juga dapat menjadi pilihan yang baik. Agar hasilnya lebih maksimal, Dr. Surbhi menyarankan agar Anda menggunakan lip balm setelah makan dan sebelum tidur.

Sama dengan ujung jari, bibir mempunyai reseptor sentuh terbanyak pada seluruh badan. Itulah sebabnya bibir bisa sangat sensitif dan penting untuk dirawat dengan benar. Bibir juga memiliki permukaan lebih halus dibandingkan dengan bagian kulit lainnya pada wajah. Karena itulah, sangat penting untuk menggunakan produk yang cukup lembut dan tidak menimbulkan rasa iritasi.

Bibir kering dan pecah-pecah akan membuat penampilan seseorang menjadi kurang maksimal. Jika kondisi bibir sudah terlampau kering, Anda tidak bisa menyamarkannya hanya dengan menerapkan lipstik. Anda harus mencari cara untuk mengatasi kondisi bibir kering tersebut dan mengembalikan kelembapan di permukaan bibir.

Bibir kering memang terasa tidak nyaman. Penampilanpun menjadi tidak menarik ketika bibir terlihat pecah-pecah. Lip balm menjadi salah satu cara untuk membuat bibir tetap lembab dan menghindari tampilan bibir pecah-pecah. Dokter kulit pun setuju bahwa lip balm menjadi salah satu cara untuk mengatasi bibir kering dibanding menjilat bibir dengan lidah. "Menjilat bibir akan memperparah keadaan. Bibir akan semakin kering," ujar Dr. Jessica Wu, dokter kulit dari Los Anegeles. Ia pun menambahkan terkadang kekeringan tidak hanya terjadi pada bibir saja, namun hingga ke kulit luar bibir. Karena itulah, Dr. Jessica menyarankan agar menggunakan lip balm hingga garis terluar bibir. "Jangan abaikan area luar bibir. Anda akan merasa nyaman setelah menggunakan lip balm hingga area terluar bibir," kata Dr. Jessica. Lip balm juga disarankan untuk diterapkan pada malam hari. Karena, pada malam hari kulit bibir juga mengalami kehilangan kelembaban.


Perawatan untuk bibir kering bisa menggunakan lip balm. Ini adalah produk pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan efektif untuk melembabkan permukaan bibir. Cara menggunakan lip balm memang sangat mudah. Meskipun demikian, masih ada orang yang mungkin belum mengetahui cara mengaplikasikan lip balm secara tepat.

Penggunaan lip balm ditujukan untuk mencegah bibir dari kekeringan dan menjaga kelembapannya. Lip balm yang memiliki kombinasi kandungan bahan organik dan bahan alami dianggap mengandung pelembap yang tinggi. Lip balm memang sebuah item yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Terutama, jika Anda tidak terlalu suka memakai lipstik dan lebih terbiasa berdandan dengan sederhana.

Lip balm dan lipstik adalah dua jenis kosmetik yang berbeda. Lip balm dirancang untuk memberikan kelembaban ekstra pada bibir, sedangkan lipstik untuk mewarnai bibir. Namun, Anda bisa menggunakan keduanya secara bersamaan.

Meskipun kelembaban pada kulit wajah termasuk bibir bukanlah masalah yang besar dan prioritas utama. Namun, kulit wajah dan bibir yang kering dapat menyebabkan rasa tidak percaya diri dan ketidak-nyamanan. Anda juga harus tetap menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi baik di dalam maupun di luar. Anda harus memastikan untuk meminum air dalam jumlah yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit serta bibir Anda kering. Anda juga bisa memasang humidifier di rumah guna menjaga kondisi udara tetap lembap.


Lip balm dengan kandungan minyak esensial alami paling banyak digunakan karena cocok untuk semua jenis kulit termasuk pada permukaan kulit bibir. Dan, tidak dipungkiri lip balm adalah salah satu produk kecantikan yang penting untuk dimiliki oleh hampir setiap wanita karena kebaikan fungsinya untuk bibir. Produk ini-pun mudah didapat di pasaran sehingga menjadi alasan lain mengapa produk ini merupakan salah satu produk kecantikan favorit. Lip balm dipercaya mampu menjaga kondisi kesehatan bibir.

Lip balm tersedia dalam berbagai pilihan kemasan. Salah satu jenis lip balm yang paling sering dipakai adalah yang kemasannya berbentuk tabung seperti lipstik. Namun, ada juga lip balm yang berbentuk krim dan dikemas dalam kemasan toples (jar) berukuran kecil.

Lip Balm Tabung (Tube)
Dikemas dalam bentuk tabung, lip balm jenis ini merupakan yang paling mudah diaplikasikan. Anda dapat mengaplikasikan lip balm jenis ini sebagaimana sedang menggunakan lipstik tabung.


Berikut ini adalah panduan cara memakai lip balm tabung secara tepat :
Lakukan eksfoliasi bibir terlebih dahulu dengan menggunakan scrub. Tindakan eksfoliasi dilakukan untuk mengelupas sel kulit mati pada bibir. Untuk scrub-nya, Anda bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan gula.
Kemudian, bersihkan bibir dari sisa scrub, Anda dapat menggunakan cleanser atau pembersih khusus bibir. Segera keringkan permukaan bibir menggunakan tisu bersih.
Oleskan sedikit bedak tabur (boleh bedak bayi atau bedak untuk make up) pada permukaan bibir. Fungsi bedak di sini adalah untuk menjaga supaya lip balm dan lipstik lebih awet bertahan hingga berjam-jam saat ditrapkan.
Usapkan lip balm ke seluruh permukaan bibir, pastikan bagian tepi bibir juga sudah ter-cover oleh pelembab ini. Setelah itu, diamkan selama 5 menit supaya lip balm melekat pada permukaan bibir.
Dalam mewarnai bibir, Anda dapat menerapkan terlebih dahulu produk lip liner di tepi dan bagian sisi bibir untuk memberikan kesan bibir yang lebih bervolume dan bentuk kontur yang lebih rapi. Kemudian, aplikasikan lipstik pilihan Anda. Jenis lipstik yang direkomendasikan untuk dikombinasikan dengan lip balm adalah lipstik palette karena memiliki tekstur yang tidak terlalu glossy dan kompatible saat diaplikasikan dengan kuas.

Lip Balm Krim atau Gel
Selain lip balm padat yang dikemas dalam tabung, ada juga lip balm bertekstur krim ataupun gel yang kemasannya berbentuk toples (jar) mini. Produk jenis ini tidak menyediakan aplikator sehingga Anda harus menggunakan tangan untuk mengaplikasikannya.


Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum memakai lip balm. Anda bisa mengeksfoliasi bibir dengan minyak zaitun dan gula atau campuran madu murni dan gula. Pastikan tidak ada kulit bibir mengelupas yang tertinggal setelah melakukan tindakan eksfoliasi ini. Kemudian, bersihkan bibir dari sisa scrub pasca eksfoliasi.
Setelah itu, keringkan bibir dengan tisu dan cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu karena Anda akan menggunakan jari untuk mengaplikasikan lip balm krim atau gel ini. Gunakan jari telunjuk atau jari tengah untuk mengambil sedikit krim/gel lip balm. Kemudian, usapkan ke seluruh permukaan bibir, termasuk tepi-tepi bibir.
Cuci kembali tangan Anda untuk menghilangkan bekas lip balm dan katupkan bibir beberapa kali untuk meratakan lip balm yang sudah Anda aplikasikan tadi.


Terdapat dua cara penggunaan lip balm yang sesuai dengan tampilan lipstik dalam penggunaan sehari-hari, baik itu tampilan matte ataupun glossy yang mengkilap. "Kalau mau hasil akhirnya glossy, setelah pakai lipstik timpa lagi dengan lip balm," kata Abel Cantika, seorang Beauty blogger usai peluncuran Nivea Lip Balm Pop Ball di Jakarta. Sedangkan untuk tampilan bibir cantik dengan lipstik matte, Abel merekomendasikan untuk mengaplikasikan lip balm di bibir sebelum memakai lipstik untuk menjaga kelembapan kulit. "Kalau mau matte, habis pakai tunggu dulu sampai meresap, lalu sisanya dilap dengan tisu agar tidak terlalu berminyak," katanya.


Ada juga sebuah tindakan pengaplikasian lip balm yang biasa disebut double lip care atau lip balm berlapis.
Lipstik matte memiliki tekstur kering, akan kurang baik digunakan pada bibir yang sedang tidak sehat. Kerana itulah diperlukan sebuah cara khusus dalam menerapkan beauty item ini.
Cara aplikasi lip balm berlapis :
Pertama, pilih warna lipstik yang ingin digunakan. Sebelum menggunakan lipstik, lindungi kulit bibir dengan lip balm. Kemudian, aplikasikan lipstik. Terakhir, tambahkan lip balm kembali. Fungsi double lip balm adalah untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Hasilnya, kulit bibir akan terlihat seperti menggunakan lip gloss. Namun dengan hasil yang lebih natural.


Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.

Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.

Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.


Penggunaan lip balm yang baik adalah sebatas kebutuhan. Sebab, seperti yang diketahui bersama, mengaplikasikan lip balm terlalu sering dapat menyebabkan bibir mengalami ketergantungan dan akan membahayakan dari segi kesehatan. Seperti penjelasan Joshua Zeichner, seorang dermatologis asal New York, yang memberi alasan mengapa kecanduan menggunakan lip balm justru tidak baik untuk kesehatan bibir. Pertama, jika lip balm tersebut memiliki kandungan yang dapat mengiritasi, hal tersebut akan memicu inflamasi dan hilangnya kelembapan pada kulit bibir. Sehingga, bibir Anda perlu terus menerus menggunakan lip balm tersebut dan mengakibatkan siklus ganas yang membahayakan bibir. Karena itulah, sebelum membeli lip balm, cek daftar kandungan bahannya dan hindari produk lip balm yang mengandung fragrance, camphor, menthol atau salisylic acid yang dapat membuat kulit sekitar bibir menjadi rentan. Permasalahan lainnya akan terjadi jika Anda sering menggunakan produk yang dapat membentuk penghalang pada kulit. Contohnya adah petrolatum atau petroleum jelly. Kandungan dalam petrolatum dapat membentuk penghalang buatan yang biasanya ditujukan untuk mengunci kelembapan. Akan tetapi, jika digunakan secara berlebihan, justru membuat kulit bibir mengurangi kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Sehingga, saat sudah terbiasa menggunakan lip balm, bibir Anda akan seketika menjadi kering saat tidak lagi menggunakan lip balm. Akibatnya, Anda akan kecanduan menambahkan beberapa lapis produk lip balm tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan lip balm yang tepat, carilah lip balm yang mengandung lanolin.Karena, bahan tersebut bersifat semi-barrier, artinya bahan tersebut dapat menjadi pengahalang untuk mempertahankan kelembapan bibir selain dapat membuat kulit bibir masih bisa tetap bernapas.

Demikianlah beberapa tips dalam mengaplikasikan produk lip balm secara tepat, semoga bermanfaat.


pasang iklan disini




loading...