Thursday 2 November 2017

Beragam Jenis Ikan Hias Manfish (Angle Fish) yang Populer di Dunia


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Beragam Jenis Ikan Hias Manfish (Angle Fish) yang Populer di Dunia

Membahas tentang ikan hias memang tidak akan pernah habis. Banyak sekali jenis ikan hias  yang bisa Anda pelihara di rumah. Ada jenis ikan hias air tawar, jenis ikan hias air laut bahkan ada juga jenis ikan hias predator. Adapun untuk manfish sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar yang unik dan menawan.

Ikan manfish (Angle Fish) berasal dari Amerika Selatan, tetapi telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan manfish disebut juga Angle Fish (Ikan Bidadari), karena bentuk dan warnanya menarik serta memiliki gerakkan yang tenang. Secara umum budidaya ikan manfish tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan dalam aquarium atau paso dari tanah, sehingga tidak membutuhkan investasi besar dalam proses budidayanya.

Kita sering menyebutnya dengan nama ikan layang-layang. Ikan hias jenis ini sangat direkomendasikan untuk dipelihara sebagai ikan hias di rumah.Ikan manfish dengan nama ilmiah pterophylium scalare mempunyai ciri khas yang unik dan menawan sehingga tidak heran jika disebut sebagai Angelfish.


Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang cukup populer karena keindahannya. Ikan Manfish ini banyak ditemukan di perairan Amazon dan termasuk ke dalam family cichlid. Ikan ini walaupun tampak damai, tetapi akan terlihat agresif terhadap sesama jantan ketika setelah berumur 8-12 bulan. Merekan akan aling menggigit mulut (jaw-locking). Walaupun pada manfish gigitan tersebut tidak mematikan seperti ikan cichlid lain yang berukuran besar.

Perairan Amazon, Brazil, Columbia, serta Peru di lokasi Amerika Selatan adalah habitat asli ikan manfish. Sekarang ikan manfish atau angelfish ini sudah banyak yang di budidayakan oleh pecinta ikan Indonesia. Ikan manfish tergolong kedalam family Cichlidea, ciri-iri morfologis ikan manfish sangat unik, dengan bentuk tubuh pipih dan sirip bagian atas serta sirip bagian perut yang membentang lebar ke arah ekor menjadikan bentuk ikan manfish mirip busur panah. Dengan sirip di dada yang panjang dan menjuntai hingga ke ekor membuat ikan manfish sangat menarik.

Bentuk tubuh ikan manfish yang pipih dilengkapi dengan sirip bagian atas dan bawah dengan ekor yang panjang serta gerakannya yang lambat membuat ikan hias ini mirip seperti gerakan layang-layang yang sedang terbang di atas udara.

Ikan manfish hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) yang memiliki arus air tenang serta punya banyak tanaman air. Suhu air ideal untuk Manfish berkisar 24 – 30 ˚C. Ukuran ikan Manfish bisa mencapai panjang 7,5 cm (dalam sebuah penemuan ada yang menyatakan panjangnya bisa lebih dari 25 cm). Ikan ini dapat menerima pakan seperti bloodworm, jentik nyamuk, cacing kering, dan pellet.


Dari segi warna secara umum ikan manfish memiliki tubuh keperakan dengan mata merahnya. Kemudian terdapat garis-garis vertikal melintang di antara tubuhnya. Akan tetapi, semuanya tergantung jenis ikan manfish itu sendiri. Setiap jenis manfish memiliki warna dan varians yang berbeda.

Secara fisiologi ikan manfish tidak memiliki sifat agresif terhadap ikan yang lain, sehingga dalam sebuah aquarium dapat dicampur dengan ikan hias yang lain.

Ikan manfish merupakan jenis ikan omnivora (hewan pemakan segala). Hal ini memudahkan Anda dalam memelihara ikan ini. Tetapi meskipun begitu, ikan manfish ini tergolong ikan yang melindungi anaknya (burayak) sejak kecil. Tidak memangsanya seperti ikan cupang atau ikan mujair.

Terdapat beberapa jenis ikan manfish yang populer dikalangan para penggemar ikan hias diantaranya yaitu :


Zebra Angelfish
Jenis ini memang sering kita temukan di toko aquarium. Angelfish yang satu ini mempunyai garis vertikal yang menyerupai zebra, karena itulah, dia kerap disebut sebagai zebra manfish. Adapun ciri-ciri utama adalah memiliki warna dasar perak kehijauan. Memiliki sirip dada berwarna putih dan mata berwarna merah. Ditambah 4 garis hitam di tubuhnya.

Secara morfologi ikan manfish jenis ini mempunyai tubuh dengan warna dasar kehijauan, warna putih pada sirip dada, dan mata yang berwarna merah. Dan terdapat ciri khas pada tubuhnya yaitu ada 4 garis yang berwarna hitam sehingga tampak seperti warna pada zebra.

Umunya ikan zebra manfish memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari manfish lainnya, tetapi ini juga membuat mereka lebih gesit. Perawatannya biasa saja, tetapi Anda disarankan untuk tidak memelihara mereka di aquarium yang sama dengan ikan besar yang dapat membahayakan mereka.

Untuk harga ikan manfish jenis ini sangat bervariasi, tergantung wilayah. Ada satu wilayah tertentu harga lebih murah dan di wilayah lain yang lebih mahal.


Manfish Silver (Perak)
Jenis ikan manfish silver juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan warna khas perak disertai garis vertikal hitam di tubuhnya membuat mata kita betah memandangnya. Menurut pengalaman, ikan ini mudah dipelihara dan tidak mudah mati. Sebab ketahanan tubuhnya sangat bagus.
Ciri-ciri ikan manfish silver secara umum adalah :
-Warna dasarnya perak.
-Umumnya hanya memiliki 3 garis hitam di tubuhnya yang pipih.
-Terdapat warna kuning kehitaman tepat di atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor ikan.

Secara fisiologi, ikan hias jenis ini mempunyai ketahanan tubuh yang bagus yang membuat ikan manfish silver mampu hidup di lingkungan ekstrim. Sehingga menambah keunikan lain dari ikan ini. Bahkan ikan hias ini tidak gampang mati sehingga lebih mudah untuk dipelihara.

Sudah banyak masyarakat yang mengembangkan dan membudidayakan ikan hias jenis manfish silver, sehingga kita tidak akan kesulitan menemukan ikan hias jenis manfish silver ini di banyak wilayah di negara Indonesia.


Manfish Gold
Di Indonesia Manfish golden marble kerap dipanggil sebagai ikan manfish emas. Sebab warna emasnya lebih mendominasi dibandingkan warna perak.  Menurut catatan sejarah, ikan ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Jadi wajar kalau jenis ini juga populer di Indonesia.
Ciri-ciri detailnya:
-Warna tubuhnya perak keemasan. Lebih dominan emas.
-Matanya berwarna hitam. Bukan merah seperti jenis lainnya.
-Warna sirip dadanya putih.
-Sedangkan bagian punggung ikan ini berwarna emas orange.
- Bagian sirip, ekor dan perut berwarna emas bening.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa warna-warna tersebut tidak akan keluar jika ia masih kecil. Biasanya semakin tua usia ikan tersebut maka warna emasnya akan semakin mencolok.

Meskipun ikan muda tidak memiliki warna emas yang sangat jernih, pada tahun pertama kehidupan mereka dan dalam kondisi yang tepat mereka akan mengembangkan rona emas. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang perawatan mereka, tetapi Anda harus memastikan bahwa aquariumnya memiliki pencahayaan yang tepat.


Manfish Blushing
Blushing berasal dari bahasa Inggris yang artinya memerah. Sehingga ikan ini identik dengan warna merah pada bagian tubuhnya seperti sedang memakai make up blush on. Meskipun warnanya hanya merah, namun tetap membuat para pecinta ikan tertarik dengannya.
Ciri ciri :
-Mata ikan berwarna hitam.
-Semua sirip dan tubuh ikan berwarna putih tulang.
-Warna dasar ikan putih.
-Pipi ikan berwarna merah seperti memakai make up blush on.


Manfish Koi
Seperti namanya, ikan manfish ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan ikan koi. Ikan tersebut biasa dikenal dengan sebutan Koi Angelfish.
Ciri ciri Angelfish Koi yaitu sirip ikan berwarna putih bening. Warna dasar putih bercampur orange kemerahan dan terdapat bercak-bercak hitam di tubuhnya.


Manfish Dusky Blushing
Sama dengan ikan manfish jenis blushing angelfish. Ikan ini juga memiliki corak warna merah di pipinya. Tapi terdapat efek dusky-nya. Dusky sendiri memiliki makna hitam. Jadi, pipi ikan tersebut berwarna merah dan mata berwarna hitam.
Selain pipinya yang cenderung berwarna kemerahan, dia memiliki warna dasar tubuh putih. Matanya hitam dan terdapat garis hitam di setiap sirip ikan.
Dalam bahasa Inggris kata dusky artinya sedikit hitam, dan kata blushing artinya kemerahan. Dan jika digabungkan, artinya menjadi ikan yang mempunyai warna sedikit hitam dan pipi memerah.


Manfish Althum
Althum merupakan salah satu jenis ikan manfish terbesar dan yang paling mahal harganya. Sebab dalam bahasa Inggris sendiri althum artinya tinggi. Dan apabila kalian merawat ikan ini dengan baik, mungkin bisa mencapai ukuran maksimal 40 cm. Sifatnya pun tidak galak.
Ikan angelfish althum memiliki ciri-ciri warna hitam kecoklatan ada pula yang berwarna putih keabu-abuan. Dia mempunyai 3 garis vertikal berwarna hitam dari atas sampai bawah. Pada ujung ekornya terdapat warna belang-belang orange dan putih.


Manfish Marble
Jenis ikan manfish ini mempunyai warna campuran hitam dan putih yang memebentuk garis vertikal.
Marble artinya marmer. Sehingga jenis ikan manfish ini memiliki warna dasar marmer. Ciri-ciri siripnya bergaris hitam dan terdapat sedikit warna emas atau kuning lemon di sisi kepala. Ikan yang akan cocok apabila diletakkan di aquarium rumah kita.


Manfish Veil
Ini adalah jenis manfish paling populer yang ditemukan di pasaran dan salah satu yang paling indah. Siripnya panjang, tetapi jika Anda mencoba memelihara ikan ini dengan spesies ikan agresif lainnya, siripnya kemungkinan akan digigiti. Kabar baiknya veil manfish dapat dikombinasikan dengan manfish jenis lainnya. Perhatikan suhu air karena ikan ini sensitif terhadap perubahan suhu.


Manfish Albino
Albino manfish dianggap sebagai mutasi genetik karena tidak memiliki warna hitam di tubuhnya, Ikan yang satu ini memiliki mata merah dan rentang hidup yang pendek, tidak peduli sebaik apapun perawatan yang Anda lakukan. Tubuh mereka dapat memiliki garis-garis emas atau kuning dan mereka sangat sensitif terhadap penyakit apa pun.


Manfish Leopard
Jenis ini tidak sepopuler lainnya, tetapi terlihat luar biasa di aquarium yang terorganisir dengan baik. Leopard manfish memiliki ciri bintik-bintik mirip macan tutul. Untuk menjaga pola ini ketika mereka dewasa, Anda perlu memberikan pencahayaan yang tepat. Jika tidak, pigmennya akan berubah dan bintik-bintiknya akan hilang.


Manfish Ghost
Ghost manfish memiliki bentuk tubuh yang sama, tetapi satu-satunya perbedaan adalah warnanya. Ikan ini tidak memiliki jejak pigmentasi sehingga keseluruhan tubuhnya berwarna perak.


Black Lace Manfish
Kebalikan dari ghost manfish, tipe ini hampir sepenuhnya hitam karena pigmentasi berlebihan. Ikan ini sangat umum di aquarium, meskipun banyak orang lebih suka jenis yang lebih berwarna. Namun jika aquarium mendapat pencahayaan yang tepat, Anda terkadang dapat melihat jejak pola alami mereka.


Smokey Manfish
Ikan ini memiliki kombinasi warna hitam dan perak, tetapi penampilannya adalah abu-abu.


Manfish Half-Black
Jenis ikan manfish warna hitamnya menghiasi separuh tubuhnya pada bagian belakang sedangkan warna putinya menghiasi separuh bagian depan termasuk bagian kepala.
Meski cukup menarik. Namun sayangnya jenis ini kurang terkenal di pasaran. Jenis ini memiliki ciri mata berwarna merah, corak dasarnya setengah putih kuning di bagian depan, begitu juga pada sirip punggung dan perutnya memiliki warna setengah hitam. Adapun sirip dada atas berwarna putih, lalu di bagian atas depan warnanya kuning keemasan.


Mainfish Slayer Black White
Jenis manfish slayer merupakan jenis yang paling unik dibandingkan jenis ikan layang-layang lainnya. Panjang slayer ikan manfish jenis ini dapat mencapai hampir 20 cm atau bahkan bisa lebih dari itu. Untuk warna sama seperti kebanyakan manfish lainnya yaitu berwarna hitam dan putih.

Manfish jenis ini merupakan jenis yang paling disukai karena mempunyai karakter yang unik dan khas, menarik untuk dijadikan peliharaan. Harga ikan manfish biasanya dipengaruhi oleh ukuran ikan itu sendiri dan wilayah / tempat dimana Anda membeli, karena biasanya setiap daerah harganya berbeda-beda.


Itulah beberapa jenis ikan manfish atau angelfish. Disertai penjelasan secara detail dan mudah dibaca. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pecinta ikan hias di Indonesia.


pasang iklan disini




loading...