Monday 5 March 2018

Berbagai Manfaat Asam Amino Untuk Tubuh


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
               Berbagai Manfaat Asam Amino Untuk Tubuh


Asam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Dalam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit: keduanya terikat pada satu atom karbon yang sama (disebut atom C “alfa” atau α). Gugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifat basa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam. Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu fungsinya sangat penting dalam organisme, yaitu sebagai penyusun protein.

Asam amino merupakan komponen pembentuk protein. Asam amino berperan penting karena membantu pembentukan protein sebagai bahan dasar pembentuk sel, otot, serta sistem kekebalan tubuh.

Asam Amino terbagi menjadi dua jenis :

Asam Amino non esensial
Yaitu asam amino yang mampu diproduksi dan dihasilkan oleh tubuh manusia.  Yang termasuk golongan ini ialah alanin (alanine), asparagin (asparagine), asam aspartat (aspartatic acid), sistein (cysteine), asam glutamat (glutamaic acid), glutamin (glutamine), glisin (glycine), prolin (proline), serin (serine), tirosin (tyrosine).

Asam amino esensial
Yaitu asam amino yang tidak mampu disintesis oleh tubuh dan harus didatangkan dari dari asupan makanan. Yang termasuk golongan ini ialah arginin (sebagian arginin diproduksi oleh tubuh secara alami), isoleusin (isoleucine), histidin (histidine), leusin (leucine), metionin (methionine), lisin (lisin), fenilalanin (phenylalanine), triptofan (trptophan), treonin (threonine), valin (valine).

Asam amino esensial bisa diperoleh dari aneka makanan yang kita makan sehari-hari. Berikut daftar makanan yang banyak mengandung asam amino:

Daging - Ayam, domba, ikan, hati, kalkun, daging sapi, daging merah, kerang, udang
Sayur – Bunga kol, peterseli, bit, tomat, persik, jamur, rumput laut, kentang, biji labu, labu kuning, seledri, apricot.
Buah – Pisang, alpukat, manga, papaya, apel, pir, semangka.
Kacang – Kacang polong, kacang kenari, kedelai, kacang mete, almond, hazelnut, gandum, wijen, kecambah, kacang tanah.
Susu – Susu kedelai, yogurt, keju
Telur

Setelah melalui proses penguraian dan pencernaan, asam amino yang ditinggalkan di dalam tubuh memberikan beragam manfaat penting bagi tubuh. Mulai dari memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan normal, menguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh. Karena dapat memberikan sumber energi bagi tubuh, kekurangan asam amino esensial dianggap sebagai malnutrisi protein energi.

Asam amino berfungsi sebagai penyusun protein, termasuk enzim, dan juga merupakan kerangka dasar terhadap sejumlah senyawa dalam proses metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat). Dari fungsi tersebut, terdapat sejumlah manfaat yang bisa kita ambil bila kebutuhan terhadap asam amino tercukupi:

Meningkatkan Massa Otot
Asam amino dapat membantu meningkatkan berat badan, dan massa otot. Hal ini dikarenakan otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino baik esensial maupun non-esensial. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk kesehatan. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.

 Menjaga Keseimbangan Enzim dan Hormon
Kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormone dalam tubuh, terutama hormone pertumbuhan. Asam amino berfungsi memicu pelepasan insulin sehingga dengan demikian akan dapat membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Sedangkan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energy. Asam amino juga berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.
Asam amino membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Asam amino berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

Mencegah Kerontokan Rambut
Makanan yang banyak mengandung asam amino dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut dan sekaligus dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker, termasuk tumor pada rahim, yaitu miom. Selain itu, asam amino juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung
Asam amino yang terdapat dalam makanan dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat. Mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya asam amino sangat baik untuk meredakan stress sebagai penyebab penyakit jantung.

Meningkatkan Stamina
Asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.

Melancarkan Sistem Reproduksi.
Asam amino memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi.
Segala sesuatu makanan apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan dampak negatif, dan juga apabila terlalu kurang mengkonsumsi akan berdampat negatif  juga, untuk itu disarankan mengkonsumsi zat asam amino secara teratur.



Akibat Kelebihan Asam Amino

Berdampak bahaya obesitas
Seperti yang telah kita ketahui bersama jika grup protein layaknya asam amino ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembentukan keseluruhan jaringan dalam tubuh. Bisa kita bayangkan jika keberadaannya senantiasa menumpuk di dalam tubuh tanpa pengendalian yang baik maka yang terjadi adalah semakin menimbunnya zat bahan melebihi dari apa yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Timbunan protein akan menambah masa oto yang apabila tidak diberikan penanganan lebih seksama layaknya diimbangi dengan minum air putih secara mencukupi serta berolahraga secara teratur maka timbunan grup protein ini justru akan berdampak mengacaukan keseimbangan kinerja tubuh yang bisa saja berujung salah satunya pada gejala kelebihan berat badan.

Gangguan organ
Segala sesuatu yang berlebih memanglah tidak akan berdampak baik sekalipun hal tersebut memiliki manfaat jika ditilik dari tabiat umumnya. Asam amino memanglah bermanfaat bagi kemaksimalan kinerja tubuh jika diimbangi dengan jumlah normal dengan berbagai jenis komponen nutrisi lainnya secara seimbang. Namun jika keberadaannya sudah sampai sangat berlebih maka grup protein satu ini bisa saja justru mengganggu kinerja organ tubuh yang paling utama yakni organ ginjal. Untuk segala sesuatu yang berlebih dan tidak normal mau tidak mau organ ginjal harus bekerja demi menyeimbangkannya. Segala zat yang berlebih butuh diencerkan oleh cairan dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang salah satunya dalam bentuk urine. Dan jika kelebihan jenis asam amino ini terus berkelanjutan tanpa adanya penanggulangan yang serius maka dalam jangka panjang ginjal pun akan terpengaruh fungsinya mengalami penurunan yang diakibatkan karena terlalu beratnya kinerja yang harus dia kerahkan di setiap waktunya dalam menyeimbangkan kondisi tubuh kita.

Akibat Kekurangan Asam Amino

Gangguan pertumbuhan
Asam amino merupakan salah satu penyokong terpenting dalam penyusunan protein. Protein sangatlah diperlukan tubuh perihal dalam masa pertumbuhan jaringan apapun. Jika jumlah asam amino tubuh dalam kondisi kurang dari normal maka yang terjadi adalah ketidaksempurnaan ketersediaan protein tubuh sehingga sistem pertumbuhan tubuh pun akan terganggu. Dalam masa janin ini akan mempengaruhi pertumbuhan yang kurang sempurna. Pun pada masa dewasa kekurangan asam amino bisa saja menghambat perkembangan keadaan tubuh kita sehingga tidak bekerja secara maksimal. Beberapa gangguan bisa dirandai dengan melemahnya fungsi otot yang diakibatkan karena tidak mencukupinya kebutuhan bahan penguat otot yang sebagian besar adalah merupakan tanggung jawab dari jajaran pembentuk zat protein di dalam tubuh. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein)

Gangguan pencernakan
Asupan protein layaknya asam amino termasuk dalam jenis makanan yang sangat ramah terhadap sistem cerna manusia. Tak membutuhkan kerja keras bagi sistem cerna untuk mengurai grup asupan protein yang masuk dalam tubuh. Ini menjadi alasan jika keberadaan asam amino dalam tubuh kurang dari normal maka mau tak mau hal ini pun juga akan berpengaruh pada kinerja sistem cerna kita. (baca juga: amakanan yang mengandung serat tinggi)

Gangguan kulit
Secara lebih lanjut gangguan akibat kekurangan protein asam amino ini juga akan berdampak pada pembentukan pigmen tubuh yang kurang maksimal serta mengalami penurunan. Hal ini secara otomatis akan menimbulkan potensi munculnya gejala albino yang mungkin diserita oleh orang dengan gejala kurang protein asam amino dalam waktu berkepanjangan. (baca juga: kelainan genetika)

Penurunan sistem imun
Karena kurang lengkapnya zat nutrisi pendukung sistem imun untuk senantiasa bertahan dan menjadi lebih tangguh dalam membentengi tubuh dari gangguang zat asing dan radikal bebas maka secara berkala sistem imun pun akan mengalami penurunan. Jenis protein asam amino merupakan pendukung terbentuknya sistem imun secara optimal. Jika keberadaan jumlahnya di dalam tubuh kurang dari normal maka secara tidak langsung hal ini juga akan membuat tubuh jadi lebih mudah untuk terserang berabagi potensi penyakit. 


Demikian sedikit artikel tentang Asam amino semoga bisa bermanfaat dan berguna, Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...