Friday 12 April 2019

Berbagi Tips: Cara Tepat dan Sehat Memilih Tas Ransel untuk Sekolah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Tepat dan Sehat Memilih Tas Ransel untuk Sekolah

Beragam cara bisa dilakukan untuk menjadi lebih percaya diri. Selain adanya dorongan dari dalam diri tentang kemampuan kita, penampilan juga menjadi salah satu yang dapat menunjang kepercayaan diri kita.

Penampilan yang baik dapat terlihat dari pemilihan fashion yang kita gunakan seperti kecocokan pakaian kita dengan aktivitas yang dilakukan. Namun, penampilan tidak hanya berpusat pada pakaian saja. Aksesoris pendukung pun harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

Saat ini tas tidak hanya sekedar menjadi aksesoris fashion saja. Tas menjadi sebuah kebutuhan yang selalu bisa menyempurnakan dan banyak membantu kegiatan sehari-hari. Tas menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap perempuan. Kaum urban juga menganggap tas sebagai aksesori penting yang keberadaannya sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Namun, berbagai model dan jenis tas yang ditawarkan mungkin terkadang membuat Anda bingung, kapan waktu yang tepat untuk memakainya. Oleh karena itu, membutuhkan banyak pertimbangan untuk mendapatkan tas yang cocok dengan selera serta aktivitas keseharian.


Tas adalah tempat atau wadah yang digunakan saat Anda sedang bepergian. Namun selain berfungsi untuk membawa barang bawaan, tas juga memiliki fungsi sebagai penunjang penampilan Anda supaya tampil lebih trendy.

Tas adalah salah satu item wajib yang menjadi bagian hidup hampir semua orang. Dalam memilih tas, seseorang mempunyai pertimbangan sendiri mulai dari jenis tas, warna, model ataupun trend terkini. Bagi kalangan remaja yang tahu tentang fashion, dalam memilih tas perlu pertimbangan yang tepat supaya sesuai dengan busana serta acara.

Hampir setiap perjalanan Anda entah itu untuk ke kantor ataupun sekedar hangout selalu membawa tas, dan nyatanya item tas telah menjadi fashion item yang wajib untuk dimiliki, umumnya kaum hawa memang lebih rempong dalam membawa berbagai macam barang ketika akan pergi. Sehingga dituntut untuk harus menyiapkan tas dalam ukuran yang pas agar semua kebutuhan masuk ke dalamnya.

Tas menjadi salah satu kelengkapan fashion yang tidak dapat dipisahkan dari para wanita. Nyatanya, terdapat sebagian orang yang tidak suka membawa barang bawaan dengan tangan kosong serta cenderung tidak merasa nyaman untuk membawa telepon seluler dan dompet mereka hanya dengan meletakkannya di saku. Karena itulah sebagian orang lebih suka membawa barang bawaannya dengan tas, meskipun hanya berisi telepon seluler dan dompet saja. Namun ada juga sebagian orang yang selalu membawa banyak barang mulai dari perlengkapan make-up, hingga peralatan kuliah dan kerja, sehingga tas sangat diperlukan untuk membantu mereka.


Tas memang memiliki beraneka ragam jenis yang dibuat dengan ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Tak hanya untuk menyimpan barang saja, penggunaan tas yang sesuai juga bisa membuat Anda semakin bergaya dan menjadi semakin percaya diri.

Mendapatkan tas yang sesuai keinginan, memang sulit karena setiap orang memiliki alasan masing-masing dalam menentukan pilihannya. Ada yang lebih mengutamakan fungsi, mengikuti tren yang sedang populer, fanatisme terhadap suatu brand, atau hanya sekadar nyaman saat dikenakan.

Bagi sebagian orang, memilih tas tidak hanya berdasarkan besar dan kecilnya ukurannya, namun juga harus disesuaikan dengan style dan fashion mereka. Oleh karena itu banyak produk penyedia tas menyediakan berbagai pilihan jenis tas yang sangat cocok sesuai kebutuhan, mulai dari fungsi dan kegunaannya, hingga kebutuhan fashion.

Semakin banyaknya peminat tas membuat para produsen memproduksi beragam model tas untuk memenuhi permintaaan. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tas pun sangat bervariasi, mulai dari kanvas, kulit, kain, hingga serat kayu dan rotan.


Aksesori produk juga selalu datang dalam berbagai ukuran, pola, bahan atau jenis yang tidak pernah ada habisnya, termasuk tas. Inilah sebabnya mengapa ketika Anda mencari tas yang tepat, terdapat serangkaian langkah yang perlu Anda ikuti dan beberapa aspek yang harus Anda fokuskan supaya tidak kewalahan dengan opsi-opsi yang beragam di pasar.

Tas ransel atau backpack adalah sejenis tas khusus yang memberikan keuntungan berbeda dari tas-tas lainnya. Tas ransel bisa membantu Anda menyimpan banyak barang, membebaskan lengan dan tangan saat dipakai, serta nyaman dan menopang tubuh manusia. Jadi, wajar saja kalau tas ransel menjadi pilihan tas populer untuk pria dan wanita segala usia dan digunakan dalam banyak situasi.

Tas ransel adalah kebutuhan penting bagi banyak orang, mulai dari pencinta aktivitas luar ruangan hingga karyawan kantor. Meskipun saat memikirkan tas ransel, hal pertama yang terbayang biasanya adalah pendaki atau seseorang di alam yang membawa tas kebesaran. Meskipun ukuran tas ransel ini wajar, sebenarnya ada banyak jenis tas ransel yang berbeda saat ini. Jadi, Anda bisa mencari jenis tas ransel yang sesuai dengan kebutuhan.

Tas ransel juga merupakan aksesori sederhana dengan satu tas besar yang menempel pada tubuh dengan tali atau strap di bahu dan digendong di punggung Anda. Meskipun sepertinya sederhana, ada banyak variasi, fitur, dan spesifikasi yang menjadikan tas ransel sebagai jenis tas paling serbaguna.


Sekarang banyak sekali beberapa tas ransel yang diproduksi dengan motif yang dirancang dengan tujuan agar terlihat fashionable oleh penggunanya. Apalagi jenis tas ransel sendiri juga sangat bervariasi. Ada yang digunakan untuk sekolah, kuliah, olahraga bahkan terdapat model Backpack dan Rucksack.

Meskipun tas ransel awalnya digunakan untuk mendaki dan berkemah, kini tas ransel bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai penggunaan. Mayoritas pemilik tas ransel masih menggunakannya untuk aktivitas luar ruangan dan aktif. Tapi, perkembangan tas ransel selama bertahun-tahun membuat tampilan dan kegunaan tas ransel berbeda dengan model-model awalnya.

Tas backpack merupakan salah satu model tas yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan atau kegiatan, mulai dari sekolah, kerja, atau bahkan travelling maupun jalan-jalan. Yang menjadikan seseorang tertarik akan tas ini dikarenakan modelnya yang simple serta memberikan rasa nyaman dan aman ketika digunakan.

Agar bisa bepergian dengan aman dan nyaman sambil membawa barang di tas ransel, Anda harus memperhatikan keamanan barang-barang berharga yang Anda bawa. Tas ransel adalah aksesori bermanfaat yang memungkinkan kita untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa membawa banyak barang di tangan dan memastikan barang kita tersimpan dengan baik.


Faktor-faktor penting lain yang harus Anda pertimbangkan dalam membeli tas ransel adalah segi kenyamanan, daya tahan, dan juga harga. Yang tidak kalah pentingnya, tampilan. Karena memiliki tas ransel laptop yang baik bukan berarti harus mengorbankan penampilan profesional.

Anda juga perlu memperhatikan fitur yang dimiliki tas ransel yang ingin Anda miliki seperti anti-theft, tahan air, dan cukup kuat untuk membawa beban barang Anda. Misalnya, untuk membawa laptop, buku dan catatan. Saat ini, tas ransel juga telah dilengkapi dengan fitur port pengisian USB yang bagus, sehingga memungkinkan Anda untuk mengisi daya ketika bepergian. Tidak semua tas ransel dibuat sama. Tas ransel memiliki sederet fitur yang masing-masing didesain untuk gaya hidup dan kebutuhan yang berbeda.

Bukan hanya bagi orang dewasa, tas juga merupakan barang yang penting untuk anak-anak. Terutama untuk anak Anda yang sudah menduduki bangku sekolah, tas merupakan barang wajib yang harus dimiliki. Bahkan tidak jarang, tas sekolah menentukan seberapa besar semangat sang anak untuk berangkat ke sekolah.

Memilih tas ransel untuk sekolah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk menemukan tas yang terbaik, pikirkan mengenai gaya namun juga pertimbangkan faktor yang penting seperti muatan dan fungsinya.


Anda tentu sepakat, tas merupakan salah satu keperluan sekolah yang penting bagi anak. Namun, memilih tas sekolah anak ternyata tak boleh sembarangan.

Memilih tas sekolah yang tepat bagi orang tua dan anak adalah hal yang menantang. Bagi anak-anak, tas sekolah harus mengikuti trend, cocok dipakai, dan terlihat keren. Memang, mungkin orangtua ingin supaya anaknya bebas mengekspresikan dirinya. Akan tetapi, perlu diingat, tas sekolah bukan hanya sekadar untuk bergaya. Orangtua perlu bercampur tangan dalam menentukan tas sekolah yang akan dipakai oleh anak, supaya selain terlihat keren, tas sekolah tersebut juga nyaman dan aman bagi kesehatan anak Anda.

Jangan hanya mementingkan modelnya saja. Sebab, ada studi yang mengatakan bahwa pemakaian tas sekolah yang tak sesuai dapat menyebabkan sakit punggung, merusak tulang belakang anak dan membuat otot bahunya tegang.

Perlu diingat bahwa cedera yang bisa diderita anak dari tas sekolah bukan skoliosis. Si kecil bukan terancam terkena skoliosis jika memakai tas sekolah yang terlalu berat. Akan tetapi, ia bisa menderita keseleo, tegang, keretakan di punggung dan bahu, serta memar. Anak-anak sangat rentan tekena cedera-cedera tersebut karena masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, orangtua sangat perlu membimbing anak untuk memilih tas sekolah yang paling tepat.


Meskipun saat ini metode mencari sumber pelajaran kebanyakan menggunakan internet, akan tetapi, untuk belajar di kelas, kebanyakan sekolah masih menerapkan metode konvensional, yaitu meminta murid-murid untuk membawa buku teks, buku catatan, buku pekerjaan sekolah, dan buku pekerjaan rumah. Coba Anda hitung, ada 4 jenis buku untuk satu mata pelajaran, dan per harinya si anak bisa mendapat 3-7 jenis mata pelajaran. Artinya, si anak akan membawa sekitar 12-28 buku setiap harinya, belum lagi ditambah bekal, botol minum, laptop (kalau diperlukan), tempat tulis, dan barang-barang lain di tas sekolahnya.

Kelihatannya memang sepele dan sangat sederhana. Kebanyakan orang tua memang tidak begitu memperhatikan kriteria tas anak yang dipilih. Sebagian besar orang tua hanya memilih tas berdasarkan suka atau tidak suka. Padahal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih tas.

Namun untuk lebih mendapatkan rasa nyaman, tentu saja Anda perlu memilih model, ukuran dan juga jenis bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan pemahaman yang benar tentang kegunaan tas ransel,Anda akan lebih menghargai tas ransel atau berniat untuk membeli tas ransel terbaru dan terbaik di pasaran. Ikuti kiat-kiat penting dibawah ini untuk mempertimbangkan hal-hal yang bisa membuat tas sekolah anak nyaman digunakan.

Pilih ukuran yang tepat
Studi yang diterbitkan oleh Australian Spine menunjukkan, 80 persen anak sekolah ternyat membawa tas yang terlalu berat. Hal itu menunjukkan tas yang mereka beli berukuran terlalu besar agar bisa bertahan lebih lama.


Nah, ada baiknya Anda memilih tas yang sesuai ukuran anak, agar si kecil tidak membawa barang terlalu banyak di pundaknya yang berpotensi menyebabkan hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan punggungnya.

Dikutip dari Young Parents, Samuel Ong, fisioterapis di Core Concepts, menganjurkan untuk mencari tas yang bertali lebar dan empuk. Hal itu dapat membuat anak Anda lebih nyaman dalam menggendong tasnya.

Menurut Dr. Kathryn Mcleod, dokter anak dan remaja di Georgia Health Sciences System, ukuran maksimal tas sekolah anak adalah 75% dari punggung anak. Atau dalam kata lain, maksimal besar tas sekolah anak sepanjang pinggang sampai bahu.

Isi tas sekolah tidak boleh terlalu berat
Hati-hati, jangan sepelekan tas sekolah anak yang terlalu berat. Berat tas sekolah yang berlebihan bisa menimbulkan nyeri punggung pada anak. Jangan sampai pertumbuhan anak terganggu akibat mengabaikan hal ini.


Beban 5 kg mungkin nampaknya tidak terlalu berat bagi Anda. Namun bagi anak-anak, terlebih yang memiliki berat badan kurang dari 22 kg, berat ini melebihi batas aman untuknya.

Para ahli menganjurkan berat tas sekolah anak tidak boleh lebih dari 15% berat anak. Paling ideal sebenarnya 10% dari berat anak. Jadi misalkan anak Anda memiliki berat badan 30 kg, maka berat tas sekolah anak Anda paling ideal 3 kg, atau maksimal 4,5 kg. Tas sekolah yang terlalu berat bagi anak dapat terlihat langsung jika si anak harus sampai membungkuk untuk membawa tas sekolah mereka. Kalau ia memang harus membawa seluruh buku tersebut, anjurkan si anak untuk membawa 1-2 buku yang paling tebal di tangan mereka.

Biasakan agar anak tidak membawa terlalu banyak barang yang tidak dibutuhkan ke sekolah. Prioritaskan isi tas hanya untuk keperluan sekolah, agar beban tas sekolah yang dibawa anak tidak terlalu berat.

Anak-anak memiliki banyak sekali kegiatan, bahkan sebagian anak juga masih memiliki les tambahan setelah jam sekolah. Dengan sekian banyaknya aktivitas yang harus mereka lakukan, tentu kasihan jika anak-anak harus memanggul tas sekolah yang berat ke sana ke mari sepanjang hari. Terlebih lagi jika sampai menyebabkan nyeri punggung. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik tas sekolah yang dibawa oleh anak.

Utamakan tas punggung
Saat ini, model tas sekolah mulai beragam. Ada tas punggung, tas dorong, tas tenteng, atau tas yang digendong di satu bahu. Kendati modelnya lebih bervariasi, utamakan membeli tas punggung.



Meskipun tak perlu digendong, tas dorong dapat membuat si kecil repot bila terburu-buru, terutama bila ia harus naik tangga menuju kelasnya. Sementara tas yang digendong di satu bahu tidak dianjurkan dipakai untuk membawa beban yang banyak. Sebab, tas jenis tersebut tidak dapat mendistribusikan beban secara merata sehingga dapat menyakiti salah satu bagian otot yang paling sering dipakai untuk membawa beban.

Bila perlu, beli tas yang memiliki tali untuk diikatkan di punggung. Tali tersebut dapat membantu penyebaran beban ke seluruh tubuh anak.

Punya banyak kantong
Tas ransel dengan kantong-kantong di bagian dalam akan sangat diperlukan. Hal ini akan menjaga isi tas bawaan si anak tetap rapih. Namun tetap perhatikan berat maksimal tas yang dapat dibawa oleh sang anak.


Tidak hanya membuat barang-barang sekolah menjadi rapi, tas yang punya banyak kantong atau kompartemen dapat membuat barang-barang tidak bergeser dan tetap di tempatnya. Letakkan benda yang lebih berat di bagian belakang tas -dekat ke tulang belakang- kemudian, taruh benda yang lebih ringan di depan. Jangan letakkan botol minum di dalam tas untuk mencegah air tumpah dan membuat anak membawa beban yang berlebih di tasnya.

Pilih bahan yang ringan
Jangan beli tas berbahan dasar kulit untuk si kecil. Tas kulit punya bobot yang lebih berat dari bahan lainnya. Idealnya, pilih tas berbahan kanvas yang ringan. Pilih juga tas yang anti-air, agar anak tidak perlu cemas bila tiba-tiba hujan di jalan. Bila tas tidak tahan air, belikan ia pelindung tas dari hujan untuk melindungi buku-buku dan tasnya dari air hujan.


Tas punggung berbahan parasut sangat cocok untuk anak sekolah serta cocok pula digunakan untuk aktivitas outdoor. Bahannya yang tahan air dan ringan, selain tidak memberatkan anak, tas parasut umumnya memiliki daya tampung yang kuat. Bahkan kuat untuk melindungi buku-buku si kecil supaya tidak terkena air hujan, membuat tidak perlu khawatir jika kehujanan ataupun terkena air.

Bantalan empuk
Periksa, apakah tas yang akan Anda beli ada bantalan empuk di bagian belakangnya.



Bantalan empuk tersebut dapat meningkatkan kenyamanan si kecil juga menghindari ia tertusuk dari barang-barang tajam yang ia bawa, seperti ujung penggaris atau pensil.

Tas sekolah harus dikenakan sesuai aturan
Jika si anak sudah bangun kesiangan dan akan terlambat pergi ke sekolah, biasanya ia buru-buru dengan satu tangan mengangkat tas sekolahnya dan memakainya satu selempang saja pada bahunya. Hal ini tidak baik untuk dilakukan. Ingatkan anak Anda untuk menekuk sedikit lututnya, lalu biarkan kakinya yang menanggung beban saat si anak mengangkat tas dari meja. Angkat tas dengan kedua tangan untuk mengecek seberapa berat tas sekolahnya, lalu langsung diselempangkan pada pundak secara bersamaan. Langkah-langkah tersebut dapat mengurangi risiko cedera.


Sangat penting untuk menyelempangkan kedua selempang daripada hanya satu saja. Jika hanya diselempangkan pada satu bahu saja, hal tersebut dapat menyebabkan beban hanya ditanggung oleh satu bagian tubuh, dan dapat menyebabkan otot sakit pada leher, pundak, dan punggung. Pastikan juga selempang ini tidak terlalu ketat tapi juga tidak terlalu kendur.

Penggunaan tas punggung juga perlu ditunjang dengan cara pemakaian yang benar. Atur kedua tali ransel sehingga pas dengan tubuh anak. Apabila tas punggung anak dilengkapi dengan sabuk pinggang, kencangkan dengan baik, namun juga jangan terlalu ketat agar anak Anda merasa nyaman.

Letakkan buku yang paling berat paling dekat dengan punggung si anak. Sebab, benda terberat membutuhkan tanggungan dari tubuh yang paling banyak.

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar cedera akibat tas ransel terjadi karena penggunaannya yang tidak benar. Misalnya cedera bahu karena salah dalam mengangkat ransel yang terlalu berat, terpukul tas ransel pada waktu bermain dengan mengayunkan tas, atau karena tersandung tas ransel.

Jika dikenakan sesuai dengan aturan, tas sekolah anak dapat ditanggung dengan baik oleh tubuh anak Anda tanpa berisiko mencederai anak Anda.

Gunakan tas beroda
Selain tas punggung, Anda juga bisa memilih tas beroda sehingga dapat memudahkan buah hati untuk membawa tasnya. Tas troli merupakan pilihan alternative untuk buah hati Anda.



Dengan menggunakan tas jenis ini Anak tidak perlu menahan beban yang berat. Cukup menariknya saja.Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa anak Anda tidak perlu melewati tangga untuk sampai ke dalam kelasnya. Karena mengangkat tas beroda pada saat menaiki tangga juga bisa menyebabkan sakit punggung.


Demikianlah beberapa tips dalam memilih tas sekolah untuk anak. Sebagai orang tua seseorang harus lebih jeli dalam memilihkan tas untuk anak. Jangan hanya memilih berdasarkan motif, warna, atau ukurannya saja. Lebih dari itu, tas sekolah yang dibawa anak sehari-hari harus nyaman dan sesuai dengan postur tubuhnya. Ingat, kesalahan dalam memilih tas bisa berpengaruh pada postur tubuh anak.


Anatomi Tas Ransel


Desain tas ransel kadang sangat sederhana atau malah memiliki banyak bagian ekstra. Jadi, untuk mempelajari anatomi detail dari tas ransel, sebagai contoh disini akan menggunakan tas ransel hiking.

Inilah bagian-bagian yang akan Anda temukan pada tas ransel serta kegunaannya.
Tas
Tas adalah tempat Anda menyimpan barang-barang dan memiliki beragam ukuran serta bentuk. Beberapa tas memiliki beberapa kompartemen dan kantung di dalamnya atau hanya terdiri dari satu ruang besar. Ada ritsleting, gesper, dan kancing untuk menyimpan semua barang dengan aman di dalam.

Strap bahu
Kedua tali atau strap ini menempel di bahu Anda dan membantu membawa tas ransel supaya tetap menempel di tubuh. Strap bahu bisa tipis dan sederhana atau tebal dan memiliki bantalan, tergantung kebutuhan ergonomis dan beban yang dibawa.

Strap penstabil
Tali atau strap ini akan membantu menyesuaikan pusat gravitasi Anda saat menggendong tas dan sangat berguna untuk beban berat. Strap ini dapat dikencangkan atau dikendurkan, tergantung situasi, dan membantu pemakainya lebih stabil dan seimbang.

Strap pengangkut
Tali atau strap ini digunakan untuk mengangkat atau menurunkan tas menggunakan tali. Strap ini ideal saat Anda harus mendaki gunung atau tempat tinggi lainnya namun tidak bisa membawa tas di punggung Anda.

Strap pemampat
Saat tas tidak terlalu penuh, Anda bisa menggunakan strap pemampat untuk mengencangkan semuanya dan membuat barang-barang Anda lebih aman.

Strap dada
Tali atau strap ini digunakan untuk menghubungkan kedua strap bahu di bagian dada, sehingga tas menempel di tubuh Anda. Strap ini juga digunakan untuk mencegah strap bahu menarik bahu Anda ke belakang sehingga mempengaruhi postur tubuh Anda.

Letaknya mungkin agak aneh dan membuat Anda terlihat seperti lontong yang diikat kekencangan, tetapi sesungguhnya tali ini akan sangat membantu. Beban dari punggung akan didistribusikan ke pinggang dan dada jika tali tersebut dikancingkan dengan benar.

Perlu diperhatikan juga, tali pada tas ransel yang dirancang untuk cewek berbeda dengan ransel yang dirancang untuk cowok. Tali pada ransel cewek lebih berlekuk untuk menyesuaikan bentuk dada dan pinggang, sedangkan tali pada ransel cowok cenderung lurus.

Bantalan pinggang
Bantalan ini memberikan perlindungan ekstra untuk pinggang Anda dengan bantalan khusus yang bertopang pada punggung bagian bawah Anda.

Sabuk panggul
Tali atau strap lain yang digunakan untuk memindahkan beban ke panggul Anda untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan yang lebih baik.


Anda memang sangat disarankan untuk memilih tas yang nyaman untuk anda gunakan. Baik dari segi ukuran, model ataupun jenis bahan yang digunakan supaya kegiatan Anda dapat berjalan dengan lancar serta menyenangkan.

Seperti yang Anda tahu, tas ransel adalah tas paling serbaguna yang pernah dibuat. Jadi, menemukan tas ransel yang tepat untuk Anda memang membutuhkan waktu. Termasuk ketika Anda sedang mencari tas ransel dengan kegunaan khusus atau hanya menginginkan tas ransel serbaguna yang bisa dibawa dari pagi hingga malam.

Dan memang, menemukan tas ransel yang tepat bukanlah suatu perkara yang mudah, terutama dengan banyaknya fitur, bahan, dan spesifikasi yang ada saat ini. Manfaatkan waktu Anda untuk mencari tas ransel yang tepat dan jangan terburu-buru membeli karena bisa membuat Anda menyesal karena kegunaannya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.


Dengan tas ransel yang tepat di punggung, Anda akan siap menghadapi aktivitas apa pun dengan bergaya, nyaman, dan efisien.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...