Monday 30 September 2019

Beberapa Faktor Penyebab Wanita Sulit Mencapai Orgasme


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Beberapa Faktor Penyebab Wanita Sulit Mencapai Orgasme

Seks ialah hak bagi setiap manusia, kepuasan seksual dalam hubungan intim tentu menjadi harapan besar bagi setiap pasangan. Tapi biasanya laki-laki lebih mudah mencapai klimaks saat berhubungan seksual dibandingkan dengan wanita.

Orgasme adalah sebuah kenikmatan mutlak yang ingin dicapai setiap orang ketika berhubungan seks. Namun, tidak semua wanita bisa merasakan orgasme semudah pria. Dibanding hampir lebih dari 90% pria yang selalu bisa ejakulasi setiap kali berhubungan seks, hanya sekitar 25 persen wanita saja yang pasti bisa orgasme setiap kalinya.

Menurut penelitian Rowland, Cempel dan Tempel, yang berjudul Atribusi Wanita Mengenai Mengapa Mereka Sulit Mencapai Orgasme, menemukan sebanyak 10 - 40 persen wanita memang sering mengalami kesulitan orgasme dalam berhubungan intim.


Dr Robert King dari University College Cork di Irlandia baru-baru ini melakukan penelitian tentang itu. Reaksi unik saat orgasme, menurutnya akan memberikan dorongan lebih kuat pada sperma untuk melakukan penetrasi ke sel telur. Temuan ini sekaligus menjawab pertanyaan seputar kesenjangan orgasme pada laki-laki dan perempuan. Pada laki-laki, orgasme umumnya dibutuhkan untuk memicu ejakulasi agar sperma keluar untuk membuahi. Pada perempuan, selama ini tidak diketahui pasti apa fungsi reproduktifnya. "Dan penelitian saya membangun bukti bahwa orgasme pada perempuan adalah secara instrinsik terkait dengan kesuburan," kata Dr. King.

Beragam faktor dapat menghambat kapasitas orgasme, selain karena pada dasarnya tubuh wanita memang lebih sulit terangsang, beberapa faktor dibawah ini juga akan dapat menjadikan wanita cenderung sulit mencapai orgasme, antara lain :

Terlalu banyak pikiran
Respon seksual terdapat pada otak Anda. Bila Anda terlalu banyak pikiran, hal ini bisa menggangu hubungan seksual sehingga Anda tidak merasa puas dan sulit mencapai orgasme.


Terlalu banyak pikiran saat bercinta adalah salah satu penyebab wanita susah orgasme yang tidak disadari. Entah itu memikirkan cucian piring dan baju yang belum selesai, proyek kantor yang sebentar lagi harus dipresentasikan, sampai masalah uang dan anak di sekolah.

Buang jauh-jauh segala pikiran yang membuat stres makin menjadi-jadi, tenangkan pikiran Anda sebelum berhubungan. Menyelesaikan masalah terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seks akan dapat menjadi sebuah solusi yang praktis, fokuslah kepada rasa nikmat yang diberikan oleh pasangan. Membicarakan pada pasangan Anda dan terbuka tentang apa yang Anda alami merupakan sebuah cara untuk membuat hubungan menjadi terbuka satu sama lain. Karena hubungan seksual berkaitan erat dengan hubungan mental, maka Anda harus sepaham dengan pasangan untuk bisa mendapatkan orgasme bersama.

Stres memiliki dampak langsung pada hubungan percintaan. Untuk wanita, stres bisa menjadi salah satu penyebab kekeringan vagina yang menyebabkan wanita sulit terangsang. Tentang orgasme juga, semakin Anda memikirkannya maka semakin kecil kemungkinan Anda akan mendapatkannya. Anda tidak bisa memaksa tubuh melakukan apa yang Anda mau, butuh kesabaran. Posisikan diri dalam kondisi tenang dan bahagia supaya bisa mendapatkan kembali gairah Anda.

Memaksa harus bisa orgasme
Ini adalah salah alasan terbesar mengapa Anda sulit mencapai orgasme, sebab Anda selalu berpikir kapan dan harus berapa lama lagi agar bisa mencapai orgasme. Semakin Anda memikirkannya, maka semakin sulit Anda mencapai klimaks. Jadi, bersantailah. Nikmati saja prosesnya.


Tidak bisa orgasme bukan menandakan tubuh Anda tidak normal. Faktanya hampir kebanyakan perempuan lain juga tidak pernah tahu seperti apa rasanya klimaks. Padahal semakin ngotot Anda ingin orgasme, justru semakin sulit kenikmatan tersebut tercapai. Dengan memaksakan harus bisa orgasme, yang ada Anda malah makin cemas dan stres sehingga tidak lagi berminat untuk bercinta.

Sebetulnya, orgasme bukan satu-satunya tolak ukur kualitas seks yang harus dipenuhi, rileks dalam berhubungan seks dan usahakan fokus pada kenikmatanya. Foreplay bersama pasangan juga merupakan sebuah solusi agar tubuh Anda semakin siap dan sensitif terhadap rangsangan.

Tidak nyaman dengan pasangan
Beberapa permasalahan dalam rumah tangga bisa jadi membuat Anda tidak nyaman melihat pasangan, sehingga Anda tidak menikmati saat berhubungan seksual dengannya.


Masalah kepercayaan diri juga menjadi penyebab utama kenapa wanita susah orgasme tiap kali bercinta. Sebagian wanita mungkin tidak pernah merasa puas dengan penampilan wajah dan bentuk tubuhnya. Anda mungkin khawatir pasangan menganggap Anda kurang cantik sehingga kurang sedap dipandang, atau terlalu gemuk dan tidak bisa memuaskan pasangan.

Padahal ketika Anda sudah merasa tidak nyaman dengan badan sendiri, tentu kepercayaan diri Anda di ranjang juga akan ikut terpengaruh.

Terus-terusan memikirkan kekurangan diri sendiri ataupun pasangan dapat membuat pikiran berkabut, sehingga Anda tidak mampu sepenuhnya mencurahkan pikiran dan tenaga saat sedang berhubungan intim dengan pasangan.

Kurang stimulasi
Salah satu kunci sukses hubungan intim adalah rangsangan yang cukup. Wanita cenderung membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai orgasme saat penetrasi penis ke dalam vagina. Karena itu, membuat diri lebih panas terlebih dahulu sejak awal akan sangat membantu. Bila Anda tidak mendapat rangsangan yang cukup, mungkin Anda akan sulit mencapai orgasme. Terkadang butuh waktu yang lebih lama untuk bisa membantu Anda menemukan gairah kembali. Sepakati dengan pasanganmu untuk melakukan pemanasan lebih lama supaya Anda bisa mendapatkan kondisi ternyaman sampai Anda benar-benar siap untuk bercinta.


Cobalah untuk saling terbuka sehingga Anda dan pasangan bisa bersama-sama mengetahui daerah mana saja yang perlu diberi stimulasi seksual. Selain sentuhan, bentuk rangsangan yang bisa dicoba untuk membantu mempercepat orgames adalah melalui suara ataupun desahan.

Tidak sedikit pasangan yang sering mengajak untuk melakukan hal baru dalam berhubungan seksual, seperti posisi, cara sentuhan rangsangan, hingga bahkan mencoba fantasi seks baru. Mungkin Anda sendiri masih merasa ragu atas semua “mimpi liar”nya sehingga merasa enggan untuk berhubungan seks selanjutnya.

Semakin Anda tidak merasa nyaman dengan posisi bercinta, maka semakin kecil juga untuk bisa mendapatkan orgasme. Cintai badan Anda untuk bisa mendapatkan orgasme, hal tersebut juga bisa termasuk menjadi penyebab wanita susah orgasme, tidak ada salahnya mulai berunding untuk mewujudkan saran dan ajakan pasangan. Berpetualang di atas ranjang justru dapat meningkatkan gairah yang bisa bikin Anda klimaks sampai orgasme.

Jangan meremehkan area klirotis. Organ seksual wanita yang menjadi kunci utama adanya rangsangan seksual ini bisa menjadi pintu untuk mendapatkan orgasme saat bercinta. Anda mungkin membutuhkan pelumas buatan untuk membuatnya terangsang. Dibenarkan oleh para peneliti seks, wanita juga membutuhkan stimulasi pada klitoris. Anda bisa menstimulasinya sejak sebelum sesi penetrasi, maupun menggabungkan keduanya secara bersamaan selagi dalam posisi yang tepat. Tapi jangan juga terlalu fokus dengan klirotis, fokuslah juga pada daerah di sekitarnya seperti labia dan vulva.

Sebuah studi menunjukkan bahwa sesungguhnya wanita secara alami lebih mudah untuk mendapatkan orgasme karena adanya celah antara vagina dan klitoris. Oleh karena kamu tidak dapat mengubah rasio vagina dan klitoris, alternatifnya adalah dengan mengenali betul G-Spot. Temukan posisi yang paling pas untukmu (tentu akan berbeda dengan orang lain), seperti mungkin dengan kedua kaki diangkat ke atas pundak pasangan, telungkup, dan semacamnya.

Kelelahan
Salah satu faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita sulit orgasme adalah kelelahan. Menurunnya kondisi fisik dan stamina, bisa membuat Anda sulit mencapai orgasme. Terutama bila Anda wanita kantoran yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk diam.


Hal ini berpotensi menyebabkan gangguan pada tulang panggul yang semakin menyulitkan Anda sulit mencapai orgasme.


Selain beberapa hal yang diterangkan di atas, wanita yang mengalami disfungsi orgasme akan sulit menjapai klimaks saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Disfungsi orgasme adalah kondisi yang membuat seseorang kesulitan mencapai orgasme, bahkan ketika mereka sedang terangsang secara seksual dan mendapat rangsangan seksual yang cukup. Masalah seksual ini lebih umum terjadi pada wanita, meski tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mengalaminya, walaupun jarang kasus yang terlaporkan.

Krystal Woodbridge, seorang psikoseksual dan terapis hubungan di College of Sexual Relationship Therapists (COSRT) mengatakan, "Kesulitan dalam memiliki orgasme sebenarnya adalah hal yang sangat umum dan sesuatu yang saya lihat banyak klien dalam terapi psikoseksual. Bagi banyak wanita, itu bukan masalah sama sekali dan bagi beberapa wanita."


Ada kondisi yang disebut anorgasmia, sering disebut sebagai disfungsi orgasme. Ini merupakan jenis disfungsi seksual di mana seorang perempuan tidak dapat orgasme meskipun ada rangsangan yang memadai. Ada empat jenis disfungsi orgasme yang Anda harus ketahui:
-Anorgasmia primer, adalah kondisi di mana Anda tidak pernah mengalami orgasme.
-Anorgasmia sekunder, adalah kondisi di mana Anda mengalami kesulitan mencapai orgasme, meskipun Anda dulu pernah mengalaminya.
-Anorgasmia situasional, adalah jenis disfungsi orgasme yang paling umum. Hal itu terjadi saat Anda hanya bisa orgasme selama situasi tertentu, seperti saat oral seks atau masturbasi.
-Anorgasmia umum, adalah kondisi di mana Anda tidak dapat mencapai orgasme dalam kondisi apapun, bahkan saat Anda sangat terangsang dan telah mendapat rangsangan seksual yang cukup.

Ciri atau gejala utama dari disfungsi orgasme adalah ketidakmampuan untuk mencapai klimaks secara seksual. Baik itu lewat hubungan seks penetrasi dengan pasangan, maupun saat masturbasi. Anda juga bisa dikatakan memiliki disfungsi orgasme ketika orgasme sudah tercapai namun tidak terasa memuaskan, atau dicapai dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.


Dalam beberapa kasus, terapi hormon estrogen bisa digunakan untuk mengatasi disfungsi orgasme ini. Terapi hormon dapat membantu meningkatkan hasrat seksual atau jumlah aliran darah ke alat kelamin untuk meningkatkan kepekaan guna mencapai orgasme. Namun, lembaga administrasi makanan dan obat-obatan di Amerika (FDA) belum menyetujui terapi hormon untuk mengobati disfungsi orgasme. Konsultasi pada konselor hubungan seks, yang mana nantinya konselor akan menengahi jika terdapat konflik penyebab Anda susah orgasme.


Jangan menggantungkan orgasme Anda sepenuhnya pada pasangan. Anda juga perlu untuk berusaha meraihnya, menggerakkan pinggul mengikuti iramanya dan mengangkat panggul misalnya merupakan sebuah tips yang akan membantu untuk merasakan kenikmatan lebih baik dan kemungkinan mencapai orgasme lebih tinggi. Kekuatan otot-otot lantai panggul alias pelvic floor juga merupakan kuncian utama untuk mencapai orgasme. Anda dapat melatihnya dengan banyak cara, selain kegel, kamu juga bisa melakukan pilates, yoga, dan beberapa gerakan latihan khusus untuk pelvic floor. Menimbulkan suara spontan seperti desahan, teriakan, dan bisikan adalah hal yang sangat wajar. Kebanyakan, karena merasa takut dianggap terlalu berisik, menjadikan Anda berfokus untuk menahan suara sehingga mengurangi sensasi bercinta yang sedang dirasakan. Bukan suatu masalah bila Anda ingin bersuara, tetapi pastikan pula bahwa situasi aman terkendali.

Setelah membaca ini, seharusnya para wanita dan juga laki-laki yang peduli pada pasangannya, bisa mencari jalan agar wanita bisa mendapat orgasme maksimal.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...