Wednesday 23 October 2019

Berbagi Tips : Penjelasan Tentang Lip Gloss serta Cara Pemakaiannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan Tentang Lip Gloss serta Cara Pemakaiannya

Begitu banyak jenis makeup yang dapat diaplikasikan untuk bibir, dari mulai lipstick, lip liner hingga lip balm. Dan, berbagai jenis make up bibir tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi remaja anak sekolah yang lahir sekitar tahun 90-an sampai awal tahun 2000, pasti telah mengenal Lip Gloss. Produk kecantikan ini sering dipakai untuk memberikan efek tampil cantik di sekolah tanpa harus terlihat terlalu norak dan mencolok. Lip gloss atau disebut juga sebagai minyak bibir akan memberikan efek mengkilat atau glossy pada bibir. Selain itu, lip gloss juga dapat melembabkan bibir meskipun tidak sekuat lip balm. Tampilan bibir anda menjadi terlihat berkilau dan lebih sehat.

Lip gloss kerap menjadi lipstik favorit wanita, hal tersebut dikarenakan dengan sekali pulasan tampilan bibir akan langsung berkilau. Namun, karena teksturnya yang cenderung cair, warna lip gloss akan lebih cepat memudar dibanding lipstick matte.

Memakai lipstick dan lip gloss itu jauh berbeda fungsinya. Lipstick memiliki pilihan warna pigmented yang melekat pada bibir dengan lembut. Dengan formula yang matte serta creamy yang dapat mengubah warna bibir dan membuatnya lebih segar sepanjang waktu. Sedangkan lip gloss memiliki formula yang cenderung liquid dan juicy. Seringkali warna akhir yang dihasilkan terkesan lembut dan bening, membuat bibir menjadi lebih berkilau.

Anda tidak perlu setiap kali memulaskan lip gloss di bibir Anda sepanjang hari. Idealnya lip gloss sangat tepat diterapkan pada siang hari, atau untuk menghadiri acara casual. Sedangkan lipstick bisa Anda pakai sepanjang hari di berbagai event yang disesuaikan dengan warna kulit dan acara yang dihadiri.

Jika Anda ingin memberikan kesan glamour pada bibir, sangat disarankan memakai lipgloss dengan sparkling di dalamnya. Sehingga bibir akan tampak berkilau dan glamour.

Lip gloss berbeda dengan lipstick yang cenderung memiliki versi colorstay. Lip gloss umumnya hanya bertahan beberapa saat saja, sehingga disarankan Anda membawa lip gloss untuk menunjang penampilan yang dapat dikoreksi setiap waktu. Lip gloss juga cenderung akan hilang terbawa usapan lidah atau bibir ketika membasahi bibir.


Anda sangat dianjurkan untuk menghindari membeli lip gloss dengan iming-iming harga murah, tanpa Anda tahu keamanan dan kenyamanan saat dikenakan. Umumnya lip gloss dengan harga murah mengandung kimia berbahaya yang dapat memberikan efek samping saat tertelan.

Seperti yang diterangkan oleh make up artist, Margina Dennis, lip gloss dibuat lebih ke arah 'menghias' bibir Anda. Semisal ketika Anda selesai mengecat kuku, Anda perlu melapisi cat kuku dengan cat bening agar tidak mudah pudar atau rusak. Begitu juga fungsi dari lip gloss yaitu untuk membuat tampilan bibir Anda tampak lebih penuh, lebih cerah dan segar karena akan memberi kesan glossy atau mengkilap serta basah.

Namun, seiring berkembangnya produk make up, lip gloss saat ini sudah memiliki banyak warna dan pilihan seperti full color, sheer, glitter, dan mengandung SPF. Lip gloss akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki bibir kering, karena lip gloss memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga lebih mudah hilang dibandingkan lipstick. Banyak juga yang mengaplikasikan lip gloss setelah lipstik untuk menambahkan kesan berkilau. Lipstick glossy memiliki formula yang lebih cair dengan efek shimmer, akan sangat cocok digunakan untuk acara pesta di malam hari.


Cara memilih serta memakai Lip Gloss


Pemakaian Lip gloss yang salah dapat berakibat terlihat berantakan dan menggumpal. Teksturnya yang cenderung cair juga cepat pudar setelah beberapa jam dipulaskan. Dibawah ini merupakan tips mudah yang bisa Anda terapkan supaya lip gloss tidak mudah berantakan dan tetap tahan lama.

Kenali jenis Lip Gloss
Lip gloss didesain dengan beragam bentuk seperti roll on, aplikator dan lipstik. Namun, pemakaiannya tetap membutuhkan penyapu lip gloss supaya mempermudah penerapannya karena teksturnya yang cenderung cair. Pilihlah jenis lip gloss yang nyaman digunakan pada bibir.


Untuk pemakaian harian, ada baiknya jika Anda menggunakan lip gloss dengan tekstur sheer. Lip gloss jenis ini memiliki warna yang tipis (namun masih terlihat) dan sedikit transparan. Jika Anda memilih lip gloss jenis ini, Anda bisa mengombinasikan dengan lipstick warna apa saja, mulai shade yang terang hingga gelap. Karena sheer, hasil akhir warnanya tidak akan terlalu mencolok. Dan, jika Anda lebih suka lip gloss yang memiliki warna pekat. Pastikan Anda memilih lip gloss yang memiliki kilau yang lebih teduh.

Sesuaikan dengan warna kulit
Sama seperti lipstik, sangat disaran pada Anda untuk memilih produk lip gloss yang sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit.


Meskipun warna lip gloss umumnya terlihat tipis, namun akan tetap memberikan efek pada penampilan wajah. Anda yang berkulit terang bisa menggunakan warna-warna yang juga terang, seperti pink atau beige. Sedangkan pemilik kulit medium, warna yang akan bagus di wajah Anda adalah warna pink mawar, mauve, dan berry. Dan, jika Anda berkulit gelap, warna yang tepat adalah plum, coklat, dan merah.

Sesuaikan dengan acara
Supaya terlihat lebih profesional, pemakaian lip gloss juga bisa Anda sesuaikan dengan acara atau suasana yang Anda kunjungi. Terdapat kesan yang bisa Anda tampilkan dengan pemilihan warna yang tepat.


Menerapkan shade lip gloss dengan naungan gelap seperti merah atau ungu gelap, akan dapat memberi kesan seksi dan sensual. Dan, jika Anda ingin tampil terlihat imut, sangat disarankan untuk memilih warna-warna terang dan lembut, seperti pink atau warna kulit. Jika menginginkan shade yang lebih eksperimental untuk acara bersenang-senang, Anda bisa menerapkan warna oranye atau bahkan metalik.

Hindari pemakaian hingga sudut bibir
Lip gloss dapat berfungsi untuk menebalkan dan membuat bibir tampak penuh. Namun, hindari pemakaian lip gloss hingga sudut bibir karena justru membuatnya mudah berantakan. Terutama jika Anda memakai lipstik terlebih dahulu. Sapukan lip gloss hanya untuk memberikan efek shimmer di bibir.


Menggunakan lipstick matte sebagai dasar make up bibir (Anda juga direkomendasikan mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu supaya bibir tidak kering) kemudian menerapkan lip gloss hanya di bagian tengah pada bibir atas dan bawah akan menjadikan tampilan bibir menjadi terlihat lebih sempurna, namun pada saat yang sama akan menampilkan sebuah make up yang tidak berlebihan.

Gunakan foundation
Memakai foundation sebelum lip gloos dapat menjaga riasan bibir tetap rapi.


Tuangkan foundation cair di ujung jari atau kuas kemudian oleskan secara merata. Lalu pulaskan lipstik terlebih dahulu atau bisa langsung mengoleskan lip gloss di bibir.

Memakai bedak tabur
Selain foundation, bedak tabur juga cukup dapat diandalkan untuk membuat lip gloss awet seharian. Taburkan bedak pada permukaan bibir kemudian tunggu beberapa menit untuk menyerap kelembaban. Kemudian barulah Anda terapkan lip gloss diatasnya untuk melengkapi penampilan.


Tindakan menepuk-nepukan bedak tabur di bibir sebelum aplikasi, bertujuan untuk menjadikan warna lip gloss lebih awet.

Lip liner
Pewarna garis bibir atau lip liner akan membantu aplikasi lip gloss lebih rapi dan mencegahnya berantakan. Selain itu lip liner dapat mencerahkan bentuk bibir dan membuatnya lebih penuh. Aplikasikan lip liner di sepanjang garis bibir.


Lip gloss secara umum memiliki pigmentasi yang kurang pekat, kadang bibir akan terlihat apa adanya. Anda juga tidak disarankan untuk mengaplikasikan lip gloss secara berulang-ulang dengan maksud supaya warnanya terkesan tebal, justru hal tersebut dapat membuat lip gloss terlihat berlebihan. Penggunaan lip liner merupakan sebuah solusi, Anda dapat menerapkan lip liner warna putih atau coklat muda. Gunakan lip liner pada seluruh kontur bibir, setelah merata, kemudian aplikasikan lip gloss. Dengan cara ini, warna bibir akan terlihat seolah rata dan cerah!


Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.

Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.

Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



pasang iklan disini




loading...