Wednesday 23 October 2019

Bedah Manfaat: Berbagai ragam Khasiat Oat untuk Kesehatan Kulit dan Wajah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Khasiat Oat untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

Oatmeal dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oatmeal juga sering dijadikan bahan pengganti nasi bagi orang-orang yang sedang melakukan diet sehat. Manfaat oatmeal untuk kesehatan antara lain adalah membantu menurunkan kolesterol jahat, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, oatmeal memiliki karakter lama diserap dalam lambung sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu diet. Namun tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan lainnya yang baik untuk kecantikan wajah.

Oatmeal memang sudah sejak dulu dipercaya bisa menyehatkan organ tubuh, terutama jantung. Nutrisi baik pada oatmeal ini juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Rendah gula, sehingga khasiatnya bisa menekan kadar gula dalam darah. Secara gizi, oatmeal dikenal kaya akan serat, seperti vitamin B kompleks, fitokimia, dan berbagai jenis mineral. Ditambah lagi dengan adanya kandungan protein, tembaga, seng, dan asam lemak Omega-3. Tidak hanya baik digunakan sebagai menu sarapan, oat memiliki beragam manfaat lain untuk kulit. Manfaat oat untuk wajah dan kulit mungkin belum banyak diketahui. Nutrisi pada oatmeal, dipercaya dapat mengatasi jerawat dan komedo pada kulit sensitif, kering dan berminyak.

Masker oatmeal merupakan salah satu jenis masker rumahan banyak direkomendasikan oleh para beauty vlogger. Selain harganya terjangkau, oatmeal juga sangat mudah didapat. Penggunaan gandum (Oat) untuk perawatan kulit telah terdokumentasikan sejak 2000 SM. Selain itu, oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang telah mendapat pengakuan dari FDA (BPOM Amerika) yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.


Bahan dasar dari oatmeal ini adalah gandum utuh, dan biasanya diseduh dengan susu maupun air hangat. Salah satu makanan yang mudah dan cepat disajikan, dan tentu saja manfaat dari oatmeal ini sangat baik bagi tubuh.

Pasta oatmeal merupakan produk alami yang dihasilkan dari biji-bijian gandum yang ditumbuk halus kemudian direbus untuk menghasilkan ekstrak yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan lemak yang bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Kulit manusia terdiri dari kulit normal, kulit berminyak, kombinasi, kering dan sensitif. Jenis kulit sensitif adalah paling rentan dan mudah teritasi serta dibutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati, termasuk ketika memilih sebuah produk kosmetik atau pelembab untuk perawatan wajah harian. Masker oatmeal banyak disukai karena cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit mulai dari berminyak, berjerawat, kulit kering, hingga kulit sensitif.

Kulit sensitif mudah beraksi dan peka pada cuaca, pemakaian produk kosmetik yang salah atau perubahan hormon dapat membuat permukaan kulit sensitif menjadi kering, bersisik, gatal, ruam kemerahan, terkadang terasa pedih ketika seseorang beraktifas dibawah sinar matahari.

Ciri ciri kulit sensitif secara umum:
-Memiliki struktur permukaan kulit yang tipis sehingga garis-garis halus yag berwarna kebiruan, kehijauan atau kemerahan pada pembuluh darah dapat terlihat .
-Jika sembuh dari serangan jerawat relatif meninggalkan bekas yang tidak mudah dihilangkan.
-Mudah beraksi menjadi kemerahan, pedih atau gatal ketika wajah diolesi kosmetik atau pelembab wajah yang sebenarnya terbuat dari ramuan tradisional ataupun bebas alkohol.
-Kulit mudah menjadi kering dan bersisik pada siang hari ataupun ketika berada diruangan ber-AC dalam beberapa menit saaja.
-Mudah terserang alergi berupa gatal gatal, ruam kemerahan atau bengkak karena perubahan cuaca dan adanya debu hasil radikal bebas lingkungan.
-Mudah terluka dan tergores ketika mengaplikasikan pelembab wajah yang cenderung membuat wajah kemerahan dan terasa panas.
-Tidak mudah mengalami proses penyembuhan yang cepat ketika permukaan kulit terjadi cedera , luka dan ketika terjadi infeksi.

Beberapa kondisi yang membuat kulit sensitif menjadi tidak stabil :
-Karena genetik atau keturunan.
-Perubahan cuaca.
-Kesalahan memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
-Terlalu sering melakukan perawatan wajah.
-Ketidakpahaman seseorang dalam merawat kulit dengan benar.
-Tidak pernah merawat wajah.
-Kurangnya asupan gizi seimbang.
- Serangan radikal bebas termasuk paparan sinar maataahari dan polusi udara.
-Gaya hidup yang kurang sehat.
-Kurang berolahraga.


Oatmeal telah terbukti mampu memperbaiki, mempetahankan dan melindungi kondisi kulit sensitif supaya tetap baik dan lebih sehat. Oatmeal memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh kulit sensitif. Meskipun demikaian, manfaat oatmeal untuk kecantikan bisa berbeda-beda bergantung pada campuran masker yang Anda pilih. Jika Anda ingin mengetahui apa saja khasiat oat untuk kulit dan wajah Anda, simak penjelasannya berikut ini.

Sebagai larutan untuk berendam
Supaya kulit lebih kenyal dan lembap, Anda bisa menambahkan oat dalam air rendaman. Tidak hanya dapat membuat kulit menjadi nyaman, Anda pun akan lebih rileks dan tenang.


Oat mengandung saponin yang bermanfaat sebagai pembersih alami dan dikenal 'ramah' terhadap berbagai jenis kulit, meskipun jenis kulit sensitif.

Caranya sangat mudah, setelah air hangat untuk berendam sudah siap, masukan 1 cangkir oat. Kemudian tuangkan sedikit tetesan minyak lavender untuk memberikan aroma. Anda bisa berendam dalam air campuran oat ini selama 15 sampai 30 menit untuk mendapatkan kulit yang lembap. Rutin melakukan ritual ini minimal seminggu tiga kali diyakini tidak hanya akan mengurangi masalah alergi kulit, tapi juga akan dapat menjaga kelembapan serta membuat pikiran lebih rileks.

Pembersih muka
Manfaat oat untuk wajah yang satu ini mungkin sudah tidak terdengar asing.Karena, sudah ada cukup banyak produk kecantikan yang mengandalkan oat sebagai bahan pembersih muka.


Terdapat kandungan saponin di dalam oatmeal, sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini memproduksi busa saat dilarutkan dalam air, saponin berfungsi seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekul minyak sehingga bisa dibilas. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun wajah, karena pembersihan yang dilakukan hanya bekerja di permukaan kulit.

Saponin telah umum ditambahkan ke dalam produk shampo dan deterjen karena kemampuannya sebagai emulsi dan menciptakan busa. Bagi Anda yang punya kulit sensitif, Anda bisa mengambil manfaat oat untuk wajah ini. Karena, oat cukup aman bagi Anda yang punya kulit sensitif dan mudah iritasi.

Oatmeal tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi wajah secara alami. Sehingga menggunakan oatmeal untuk kulit yang cenderung sensitif, sangat baik dan tidak membuat kulit mengering dan terkelupas.

Selain sebagai pembersih muka, oat juga dapat dimanfaatkan sebagai masker, cleanser ,dan sabun. Cara buatnya cukup mudah, tuangkan 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat, aduk hingga menyerupai pasta lalu oleskan pada wajah Anda. Tambahkan beberapa gerakan memutar atau memijat wajah Anda, seperti saat menggunakan produk face scrub.Kemudian, bilas wajah Anda dengan air hingga bersih.

Eksfoliator alami
Rutin mengeksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati sangatlah penting supaya pori-pori tidak tersumbat di mana dapat memicu timbulnya jerawat. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah juga dapat menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Karena itulah, kita memerlukan proses ekfoliasi yang harus dilakukan secara rutin pada wajah.


Saat ini sudah banyak DIY scrub oatmeal yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah mencampur oatmeal mentah dengan air panas dan sedikit madu. Ramuan ini bisa digunakan untuk wajah maupun tubuh Anda.

Masker oatmeal dapat menjadi eksfolian yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Oatmeal merupakan salah satu bahan exfoliant yang paling ringan, memiliki partikel yang kecil dengan tekstur yang sedikit kasar sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan scrub guna menghilangkan sel kulit mati. Dengan melakukan ekfoliasi, tidak hanya sel kulit mati yang terangkat, kandungan saponin pada oatmeal juga dapat secara maksimal membersihkan wajah dari segala kotoran serta minyak berlebih. Kandungan polisakarida dan asam amino yang ada di dalam oat juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan alami dan meregenerasi jaringan kulit.

Mungkin Anda ingin mencoba produk eksfoliator tapi takut iritasi. Atau bahkan sudah mencoba produk tersebut dan memang tidak cocok. Oat bisa menjadi pilihan eksfoliator alami yang tepat, karena tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan.

Anda juga tidak perlu khawatir akan mengalamai iritasi atau kemerahan jika melakukan tindakan ekfoliasi kulit wajah dengan oatmeal karena oatmeal memiliki sifat menenangkan kulit.

Untuk membuat eksfoliator sendiri, Anda bisa mencampurkan oat dengan sedikit minyak kelapa, gula yang bertekstur kasar, dan air hangat. Campur semuanya hingga bertekstur seperti pasta dan jangan sampai terlalu cair. Kemudian gosokkan ke kulit wajah Anda seperti menggunakan scrub pada umumnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam oatmeal dapat membantu meregenerasi kulit Anda sehingga menghasilkan kulit baru yang lebih sehat dan kenyal.

Mengobati jerawat
Manfaat oat untuk wajah lainnya adalah menyerap kelebihan minyak di kulit dan membantu menyembuhkan jerawat. Oatmeal mempunyai zat anti bakteri, yang ampuh membunuh bakteri pemicu munculnya jerawat, penggunaan oatmeal sebagai masker wajah menjadikan bakteri akan sulit untuk masuk ke dalam pori-pori.


Salah satu penyebab jerawat ialah pori-pori yang besar dan minyak berlebih. Kotoran, sisa make up, sel kulit mati, hormon, dan sebagainya adalah sejumlah faktor pemicu munculnya jerawat yang mengganggu penampilan wajah. Pori-pori besar juga dapat menurunkan kepercayaan diri karena cukup mengganggu penampilan. Sekalipun berbagai cara untuk mengatasi jerawat sudah banyak beredar di internet, tidak semua orang dapat cocok dengan metode yang diinstuksikan. Karena itulah, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan masker oatmeal sebagai tindakan mengatasi jerawat serta menjaga pori-pori sehingga kulit menjadi lebih halus dan hasil make-up akan lebih tahan lama.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dimiliki oleh oatmeal, mampu untuk mengatasi segala jenis peradangan di wajah, termasuk juga jerawat. Kandungan saponin dalam oatmeal juga membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori.

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang paling banyak dialami oleh para remaja. Jerawat yang sedang meradang tentunya sangat mengganggu penampilan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat serta membunuh bakteri - bakteri penyebab jerawat. Selain itu juga oatmeal memiliki kandungan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah Anda. Oatmeal bekerja mengatasi jerawat dengan cara menyerap minyak berlebih dan mencegah pori-pori kulit membesar.

Anda hanya perlu merebus 1/3 cangkir air yang telah terisi setengah cangkir oat di dalamnya. Kemudian, diamkan campuran tersebut hingga dingin. Jika sudah dingin, oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama ±20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Oat juga mengandung zink yang dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Menyamarkan noda dan kulit kusam
Kita memang tidak bisa sembarangan memakai masker untuk kulit wajah. Salah menggunakan produk masker bisa merusak kulit wajah. Lebih aman jika Anda memakai bahan alami sebagai rutinitas perawatan wajah.


Anda bisa memakai masker oatmeal untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih bersih dan mulus. Dalam oatmeal terdapat nutrisi yang dapat menyamarkan noda pada area wajah dan lama kelamaan akan menghilang.

Nutrisi yang ada pada oatmeal dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Pigmen kulit hitam akan memudar secara pasti, jika Anda rutin memakai masker oatmeal ini. Kondisi kulit yang semula kusam dan cenderung gelap lambat laun akan berubah menjadi lebih cerah dan muda, memudarnya pigmentasi termasuk flek hitam.

Pelembab alami
Bila Anda memiliki wajah yang cukup kering dan kulit wajah yang mudah terkelupas, tidak ada salahnya mencoba oatmeal sebagai bahan perawatan wajah Anda. Oat dapat mengangkat sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembab alami. Beta glukan yang terkandung dalam oat dapat menjadi lapisan yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Beta glukan dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan kelembaban alami kulit.


Oat mengandung polisakarida dimana zat ini memiliki sifat mudah menjadi kenyal bila terkena air, zat polisakarida inilah yang dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari masalah rona kulit yang kusam dan mudah dehidrasi. Untuk mengatasi dehidrasi pada kulit, Anda juga bisa mengombinasikan oatmeal dengan susu, air hangat, dan pisang yang telah dihaluskan untuk dijadikan sebagai masker wajah.

Masker oatmeal dapat mengembalikan kelembapan kulit wajah dan bersifat menenangkan kulit. Bukan hanya kulit yang kering saja, kulit kasar dan juga iritasi pada wajah juga bisa diredakan menggunakan masker oatmeal. Hal ini disebabkan karena oatmeal memang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan.

Cukup campurkan 2 cangkir oat dengan 1 cangkir susu, 1 sendok makan madu. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama ±15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Manfaat dari krim pelembap alami ini adalah membantu melindungi epidermis saat menyembuhkan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang.

Melembutkan kulit
Menurut Mary Helen Leonard, pengarang buku The Natural Beauty Solution, oatmeal mengandung asam lemak yang mampu membantu kulit menjadi lebih lembut.


Nutrisi lengkap yang dimiliki oatmeal dapat menjaga ketersediaan minyak alami yang terletak dibawah kulit dan melindungi kehalusan kulit supaya tetap dalam kondisi yang stabil. Struktur kulit tetap halus dan mulus tanpa harus khawatir akan teritasi atau timbul ruam kemerahan.

Anda juga bisa menggunakan oatmeal untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Caranya gosok oatmeal pada kaki yang kering dan mengalami pengelupasan. Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan membuat kulit mati terangkat sempurna.

Melindungi dari radiasi sinar UV
Adanya protein yang tinggi dan antioksidan pada oatmeal akan sangat berguna untuk melindungi kulit. Apalagi ditambah adanya kandungan minyak dan lemak yang mampu memberikan perlindungan alami terhadap kulit dari racun kimia akibat polusi, kosmetik, ataupun radiasi sinar ultraviolet.


Oatmeal mengandung 18 asam amino yang dapat memperkuat lapisan permukaan kulit supaya tidak mudah teriritasi karena serangan radikal bebas termasuk paparan sinar matahari dan polusi udara.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa mengaplikasikan masker oatmeal yang telah dicampur dengan putih telur dan madu. Dan, lakukan tindakan perawatan tersebut setiap 1 minggu sekali.

Mencegah penuaan dini
Manfaat masker oatmeal lainnya adalah dapat membuat wajah Anda tampak awet muda, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan kolagen yang terdapat di dalamnya memiliki kemampuan extra untuk bekerja dalam mencegah penuaan dini pada kulit.


Nutrisi yang ada pada oatmeal sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, terutama kandungan Vitamin B dan karbohidrat kompleksnya dapat menjaga ketersediaan protein, sehingga kolagen dan jaringan kulit terdalam tetap stabil dan sehat. Tampilan kulit akan lebih segar, bersih dan dapat menjadi pelindung dari serangan radikal bebas.

Oatmeal mampu menjaga kadar minyak alami, air alami dan sel kolagern yang terdapat di lapisan bawah kulit untuk selalu sehat dan stabil, serta mampu menghambat proses penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, radikal bebas dan kesalahan memakai kosmetik. Oatmeal bisa bertindak sebagai anti penuaan dini yang efektif jika dijadikan masker harian.

Menjadikan wajah lebih glowing
Wanita mana yang tak ingin memiliki wajah glowing seperti artis Korea, namun perawatan wajah artis Korea yang terkenal mahal menjadi masalah utamanya. Tidak usah khawatir, masker oatmeal juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan wajah glowing alami. Sudah sangat banyak beauty blogger yang me-review khasiat dari masker ini dalam membantu kulit wajah tampak glowing.


Penggunaan masker oatmeal secara rutin akan dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat oatmeal yang mampu membersihkan wajah dengan maksimal dan juga mengatasi berbagai masalah kulit akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Setelah semua masalah kulit berkurangan dan kulit selalu dalam keadaan bersih dan sehat, maka efek kulit yang lebih cerah juga akan Anda dapatkan.

Masalah kulit wajah yang kusam akibat debu dan kotoran, dapat juga Anda atasi menggunakan oatmeal sebagai masker. Karena oatmeal dapat bekerja luar biasa untuk membersihkan dan membuat kulit wajah tampak berkilau. Sponin yang terkandung didalam gandum memang memiliki sifat yang dapat menyerap minyak dengan sangat baik dan membersihkan pori-pori tanpa meninggalkan bekas luka yang menyebabkan iritasi pada kulit. Karena itulah masker oatmeal dapat bekerja untuk mengontrol minyak berlebih sehingga kulit Anda bebas kilap seharian.

Meringankan kulit gatal
Oatmeal telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk menghilangkan rasa gatal. Seperti bekas luka, sunburns, dan ruam. Menurut American Academy of Dermatology, kulit gatal dan kulit kering seringkali memiliki tingkat pH yang tinggi, dan oatmeal bisa membantu menormalkan pH kulit sehingga dapat meredakan gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit.


Kondisi kulit yang terlalu kering memang akan sering mengalami peradangan dan iritasi. Oatmeal termasuk obat alami anti-inflamasi yang baik untuk menyembuhkan iritasi, vitamin dan beberapa mineral lengkap yang ada pada Oatmeal dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam melindungi kulit dari peradangan akibat serangan bakteri penyebab bisul, bintil kecil yang gatal, inflamasi, dan juga alergi pada kulit.

Efek anti gatal dari oatmeal dikarenakan adanya avenanthramides. Sekelompok alkaloid fenolik, yang membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit. Caranya sangat mudah, tuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal pada bak mandi Anda dan gunakan untuk berendam selama beberapa menit. Kulit Anda akan lebih lembut, dan tenang. Selain itu, oatmeal juga mampu membantu melindungi kulit terhadap iritan dari luar.

Oatmeal juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Khasiatnya ini bahkan dimanfaatkan oleh beberapa brand shampoo untuk membuat rangkaian produk berbasis oatmeal. Tidak hanya rasa gatal, oatmeal juga ampuh untuk mengurangi ketombe di rambut.

Mengatasi kulit kepala kering
Karena oat memiliki sifat melembabkan yang luar biasa dan sangat bagus untuk kulit secara umum, tidak heran bahwa kulit kepala kering juga dapat diatasi oleh oatmeal. Cara mengaplikasikannya dengan mengoleskan masker oat ke kulit kepala dengan jangka waktu beberapa kali dalam sebulan untuk menghilangkan kekeringan dan gatal.


Kandungan vitamin B pada oatmeal berfungsi sebagai moisturizer alami pada rambut. Anda dapat menggunakannya sebagai masker rambut dengan mencampur oatmeal, air dan sedikit coconut oil. Selain melembapkan rambut, penggunaan oatmeal secara teratur juga terbukti mampu mengurangi rambut patah dan bercabang.

Oatmeal mampu membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran pada rambut, shampoo kering yang terbuat dari oatmeal ini juga membantu meringankan gatal pada kulit kepala. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa rambut Anda dalam kondisi yang agak basah supaya penyerapan lebih bekerja secara maksimal.


Oatmeal sangat disarankan untuk dijadikan bahan dasar masker yang akan memberikan efek lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Terdapat beberapa bahan yang umum dicampurkan dengan oatmeal untuk dijadikan masker. Dibawah ini merupakan beberapa kombinasi yang direkomendasikan sebagai campuran oat untuk meningkatkan efek perawatan kulit.


-Kombinasi oat dengan madu untuk mencerahkan wajah
Madu sudah cukup lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Oleh karena itu, perpaduan antara oatmeal dan madu sebagai masker bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan wajah tampak lebih sehat.

Oatmeal dan madu sangat mudah ditemukan di mana saja dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.  Masker oatmeal dan madu dapat membuat kulit wajah lebih lembap. Kandungan betaclugan yang terdapat dalam oatmeal berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit wajah serta mampu menutrisi kulit secara optimal.

Madu dapat mempromosikan tampilan kulit lembap alami dan membantu dalam menyembuhkan luka. Kombinasi kedua bahan ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Selain itu juga mampu menutrisi kulit yang kering sehingga lembap alami dan lebih halus.

Perpaduan antara oatmeal dan madu memang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki wajah tampak lebih cerah. Kandungan hypoallergenic pada oatmeal berfungsi untuk memutihkan, serta madu yang juga mampu berperan sebagai eksfoliator yang sangat baik. Sehingga Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan juga cerah alami.
Cara membuat masker oatmeal dan madu:
Siapkan mangkok kecil, spatula, oatmeal, madu, dan air.
Masak atau seduh 2 sendok makan oatmeal tawar, kemudian tuangkan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk.
Aduk hingga tercampur.
Jika masih terlalu kental, tambahkan sedikit air sesuai dengan kebutuhan.
Tunggu beberapa menit hingga tekstur oatmeal menjadi seperti bubur dan mudah diaplikasikan pada wajah.
Aplikasikan pada wajah secara merata dan tunggu ±10-20 menit hingga masker mengering.
Bilas dengan air hangat.
Oleskan pelembab wajah sesudahnya.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan masker oatmeal dan madu ini 2 kali seminggu.


-Kombinasi oat dan almond
Bila dipakai secara teratur, masker berbahan oatmeal bisa menjadikan wajah lebih kenyal dan berseri.

Almond memiliki beragam vitamin baik untuk kulit. Vitamin A dan B serta E. Kandungan vitamin pada almond mampu memberi nutrisi pada kulit untuk tingkat yang lebih baik. Bahan ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan menjadikan wajah tampak putih alami.

Ambil beberapa sendok oatmeal yang telah dihaluskan, lalu campur dengan beberapa sendok almond yang juga sudah dihaluskan. Campur kedua bahan tersebut menggunakan air lemon sampai rata. Aplikasikan sebagai masker, lalu diamkan beberapa saat sebelum membilasnya hingga bersih.


-Kombinasi oat dan susu
Susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk perawatan kulit. Karena itulah, susu juga dapat dibuat sebagai masker.

Kombinasi masker oatmeal dan susu terbukti sangat baik digunakan sebagai tindakan perawatan wajah supaya lebih mulus. Cukup dengan mencampurkan kedua bahan tersebut secukupnya dan aplikasikan pada area wajah secara merata.


-Kombinasi oat dan yoghurt
Anda bisa menggunakan kombinasi oatmeal dan yoghurt untuk mempromosikan kondisi pori-pori yang kencang. Kandungan asam pada yoghurt juga bersifat anti-bakteri sehingga dapat mecegah pertumbuhan berbagai bakteri jahat penyebab jerawat.

Caranya, campurkan 2 sendok makan oat organik dengan dua sendok makan yoghurt. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta, kemudian simpan terlebih dahulu di dalam lemari es selama 4 sampai 6 jam.

Kemudian, terapkan olahan masker oatmeal ke area wajah Anda. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal 3 minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terhindar dari ganguan masalah kulit.


-Kombinasi oat dan dadih untuk membersihkan pori-pori
Anda bisa mencoba mengombinasikan oatmeal dengan dadih. Campuran ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, karena bisa membersihkan pori dengan maksimal. Selain itu juga dapat menghaluskan kulit dan mencegah adanya infeksi kulit. Jerawat akan hilang dan kulit menjadi lebih putih berseri.

Dalam dadih terdapat kandungan asam laktat yang bisa melembapkan serta menutrisi kulit. Kaya juga akan vitamin B12 yang bisa meningkatkan warna kulit serta adanya kandungan astringen untuk menyehatkan kulit.

Caranya, siapkan susu kerbau murni sebanyak 250 ml, lalu masukkan ke dalam ruas bambu ukuran kecil yang bersih. Tutup bambu menggunakan daun pisang yang telah dilayukan di atas api. Diamkan 48 jam pada suhu 30 derajat Celcius. Bakteri alami akan terbentuk dalam bambu, serta membuat susu menjadi menggumpal dan menjadi dadih.

Lanjutkan dengan membuat masker dadih dan oatmeal. Siapkan 3 sendok makan oatmeal yang sudah dilembutkan. Lalu campur dengan 4 sendok makan dadih hingga membentuk krim kental. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama ±15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air bersih dan lakukan 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.


-Kombinasi oat dan kopi
Oatmeal bisa menjadi bahan masker yang paling efektif untuk mencerahkan wajah. Sedangkan kopi memiliki banyak antioksidan, polifenol, dan flavonoid yang baik untuk wajah. Kombinasi kedua bahan tersebut mampu menjadikan tampilan kulit yang lembut, cerah, dan pori-pori mengecil.

Kopi yang dipadukan denga menggunakan oatmeal dapat dijadikan sebagai masker yang sangat baik untuk melindungi kulit wajah dari panasnya sinar UV. Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan kopi dan oatmeal bubuk. Kemudian, aplikasikan pada wajah Anda.


-Kombinasi oat dan lidah buaya
Anda pasti telah mengetahui bahwa lidah buaya dapat membantu berbagai macam masalah perawatan kulit. Untuk itu, lidah buaya dapat di gabungkan dengan oatmeal untuk dijadikan masker. Kombinasi kedua bahan ini juga akan cocok untuk digunakan sebagai masker rambut yang sesuai dengan manfaatnya.

Lidah buaya mampu menjaga nutrisi kulit dan dapat menyamarkan noda hitam di area wajah.


-Kombinasi oat dan timun
Timun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan wajah Anda. Bahan ini dapat dipadukan dengan oatmeal untuk dijadikan sebagai masker. Penggunaan masker dari kedua bahan ini sangat baik untuk digunakan secara rutin. Penggunaanya harus dihaluskan terlebih dahulu, kemudian oleskan pada area wajah.


-Kombinasi oat dan tepung beras
Campurkan oatmeal dan tepung beras dengan takaran seimbang.
Tambahkan air hingga teksturnya selembut pasta gigi.
Pijat lembut pada wajah dan leher dengan alur melingkar.
Tunggu sampai masker oatmeal mengering.
Bilas dengan air.
Ulangi metode ini hingga 3 kali seminggu.


-Kombinasi oat, putih telur, dan minyak zaitun
Putih telur memiliki manfaat yang baik untuk perawatan wajah Anda. Karena itu, kombinasi masker ini juga dianjurkan.

Nutrisi dalam putih telur mampu membersihkan kotoran dan mencegah munculnya komedo. Selain itu juga bisa mengurangi garis halus di wajah, mencegah munculnya keriput, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan wajah.

Campurkan 1 putih telur, 1/2 cangkir oatmeal matang, dan satu sendok teh minyak zaitun.
Balurkan pada wajah.
Tunggu hingga 30 menit.
Basuh dengan air hangat.
Ulangi metode ini secara teratur.


-Kombinasi oat, tomat dan lemon
Lemon mampu mempromosikan tampilan kulit wajah lebih putih secara alami. Namun, untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif tidak disarankan menggunakan masker dengan bahan ini, karena dapat membuat kulit semakin kering.

Blender 1 tomat bersamaan dengan 2 sendok makan oatmeal dan 1 lemon.
Oleskan pada wajah.
Tunggu hingga 15 ment.
Basuh wajah dengan kain hangat.
Ulangi tahap ini setiap hari.


-Kombinasi oat dan pepaya
Buah pepaya mudah didapatkan karena dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis. Buah ini memiliki banyak sekali vitamin serta antioksidan yang baik untuk kulit. Gunakan bahan ini sebagai campuran masker oatmeal untuk mempromosikan tampilan wajah yang lebih cerah alami.

Ambil 2 sendok makan oatmeal lalu haluskan. Selanjutnya campur dengan 2 sendok makan pepaya. Tambahkan setengah sendok makan minyak almond kemudian blender sampai kental. Gunakan masker ini, diamkan sebentar pada wajah, kemudian bilas menggunakan air bersih.


-Kombinasi oat dan bawang putih
Haluskan 1 siung bawang putih.
Campurkan setengah gelas oatmeal matang, 2 sendok makan madu, dan air secukupnya.
Aduk merata hingga mendapatkan tekstur creamy.
Balurkan masker oatmeal pada wajah.
Tunggu 20 menit.
Basuh dengan air dingin dan keringkan.
Ulangi 3 kali seminggu.


Sebelum menggunakan masker dari bahan oatmeal, sangat disarankan bagi Anda untuk memahami apa saja tipsnya. Simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

-Gunakan sesuai prosedur
Dalam penggunakan masker oatmeal, Anda harus melakukan tindakan dengan benar dan sesuai prosedur. Menggunakan masker oatmeal setiap hari sangat tidak dianjurkan karena penggunaan masker oatmeal setiap hari akan berakibat fatal.

-Menggunakan kuas
Dalam mengaplikasikan masker, Anda disarankan menggunakan kuas sebagai aplikator. Kuas akan memberi Anda kemudahan dalam pengaplikasian masker.

- Bersihkan wajah
Sebelum menggunakan masker oatmeal, Anda disarankan untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Karena, masker akan bekerja dengan lebih optimal pada kulit yang bersih. Gunakan air bersih dan jangan mengeringkan wajah Anda dengan menggunakan handuk kotor.

-Menggunakan uap
Kerap kali, Anda melihat penggunaan uap dalam sebuah tindakan perawatan wajah. Faktanya, penggunaan uap diperlukan untuk membuka pori-pori wajah. Karena, pori-pori wajah harus dibuka sebelum masker diaplikasikan. Hal ini akan menjamin masker lebih merekat ketika diaplikasikan.

-Jangan terlalu lama
Banyak yang masih menggunakan cara salah yaitu memakai masker dalam waktu yang lama. Bahkan, digunakan untuk bersamaan dengan tidur. Hal ini ternyata tidak baik. Justru, masker akan menjadi kotoran yang kemudian menempel pada wajah Anda.

-Gunakan bahan campuran alami
Menggunakan bahan campuran harus dari bahan yang alami. Karena, tidakan tersebut akan mampu meminimalkan adanya efek samping pada penggunanya.


Efek samping penggunaan masker oatmeal


Menggunakan masker oatmeal bisa saja menjadi berbahaya jika Anda tidak mengetahui prosedur pengaplikasiannya. Dan dibawah ini merupakan efek yang dapat timbul jika Anda tidak melakukan tindakan perawatan dengan tepat.

-Terjadi peradangan kulit
Peradangan yang terjadi pada kulit dapat disebabkan karena adanya reaksi penolakan kulit dari penggunaanya. Nutrisi dan gizi yang seharusnya diberikan justru di tolak oleh kulit. Jika sudah terjadi peradangan, maka Anda harus segera memberhentikan pemakaiannya karena dapat berbahaya untuk kulit Anda.

-Munculnya bintik merah
Bintik merah pada wajah dapat terjadi sebagai tanda dari efek samping penggunaan masker dari oatmeal. Bisa jadi, Anda memiliki alergi terhadap masalah yang terjadi. Bintik merah sebagai salah satu tanda dari penggunaan masker yang tidak cocok pada tubuh Anda.

- Wajah menjadi gatal
Oatmeal merupakan gandum mentah yang dapat diolah menjadi masker. Namun, beberapa orang dapat menjadi gatal karena penggunannya. Umumnya, wajah akan menjadi gatal setelah menggunakan masker. Untuk itu, pahami terlebih dahulu reaksi oatmeal pada kulit Anda sebelum menggunakannya terlalu sering.

-Wajah kering
Masker dapat membuat wajah Anda semakin bertambah kering. Hal ini dapat terjadi karena nutrisi yang seharusnya diberikan tidak berlaku dengan baik. Bisa jadi, campuran bahan yang digunakan tidak baik.


Masker oatmel merupakan salah satu rekomendasi untuk anda yang menginginkan wajah cerah dan halus. Cara ini sangat direkomendasikan karena efek samping yang diberikan cukup sedikit.

Manfaat oatmeal untuk kecantikan bisa Anda rasakan dengan tindakan perawatan yang rutin dalam waktu beberapa minggu. Pilihan oatmeal sebagai bahan perawatan kulit merupakan sebuah solusi yang sangat praktis karena bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit wajah. Selamat mencoba!



pasang iklan disini




loading...