Thursday 30 August 2018

Berbagi Tips: Memilih Kuas Make-up / Brush yang Tepat ( Jenis serta Fungsinya)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                       Memilih Kuas Make-up / Brush yang Tepat

Ada banyak sekali tipe kuas makeup, mulai dari bentuk, ukuran, bahan, fungsi, hingga brand yang menawarkan pilihan yang tak terbatas.

Karena terlalu banyak pilihan, kadang kamu akan merasa bingung, kuas makeup apa yang paling tepat untukmu. Di sini kamu akan menemukan tips untuk memilih makeup brush yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Brush dengan kualitas yang baik akan terasa halus dan lembut di kulit. Sebelum membeli brush, kamu juga sudah harus tahu apa kebutuhanmu. Dan kamu perlu memutuskan untuk memakai brush dengan bulu natural atau bulu synthetic, brush dengan bulu natural lebih cocok untuk powder products, sedangkan bulu synthetic lebih cocok untuk produk dalam bentuk krim. Dan yang penting kamu juga harus tahu masing-masing kegunaan dari brush tersebut.

Syntethic Bristle
Biasanya disebut synthetic hair / bulu sintetik , dan ini buatan manusia. Ciri- Cirinya:
-Biasanya terbuat dari nylon (pada umumnya) dan taklon.
-Penampakan mengkilat.
-Warna kuasnya bisa beraneka ragam.
-Perawatannya mudah karena tidak menyerap air oleh sebab itu cocok untuk Make up cair seperti Foundation atau cream seperti concealer.
-Relatif lebih lembut  Tapi semakin lembut semakin mahal.

Keuntungan menggunakan brush berbahan sintetik, yaitu hypoallergenic. Karena untuk mereka yang kulitnya sensitif, menggunakan brush dari bulu binatang kadang bisa mencetuskan alergi.

Kuas sintetis tidak memiliki bulu yang berpori, sehingga brush ini tidak dapat mengangkat produk sebaik kuas natural.

Kuas sintetis cocok untuk digunakan dengan produk bertekstur cair dan krim yang tentunya Anda harap tidak akan terserap. Kuas sintetis juga memiliki bulu yang lebih rapat dan padat, sehingga Anda dapat mengaplikasikan riasan lebih presisi dan memiliki hasil yang smooth dan streak-free atau tidak bergaris-garis.

Kekurangan dari kuas sintetis adalah kemampuannya untuk mengangkat produk bubuk yang tidak sebaik kuas natural. Fallout yang dihasilkan bisa cukup banyak, jadi, Anda perlu untuk menggunakan produk powder yang lebih banyak.

Kuas sintetis lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat mencucinya dengan air dan sabun pencuci piring lalu mengeringkannya pada handuk.

Natural Bristle
Disebut juga natural hair / bulu natural. Terbuat dari bulu binatang. Bisa terbuat dari tupai, marmut, kuda, kambing dan babi. Untuk bulu babi, biasanya untuk sikat alis atau mascara brush. Ciri dari natural bristle, yaitu:
-Penampakannya tidak mengkilap, lebih redup.
-Warnanya biasanya natural cokelat, abu, putih atau hitam.
-Mudah menyerap pigmen, sehingga perwatannya sulit. namun ini yang membuat Make Up Artist menyenanginya sebab warna eyeshadow dapat keluar dengan maksimal.
-Lebih murah (pada umumnya).

Kuas natural memiliki tesktur bulu yang berpori sehingga membuatnya dapat mengangkat produk dengan baik tanpa banyak fallout. Hal ini merupakan keunggulan kuas natural. Sebab, untuk mengaplikasikan eyeshadow dengan tesktur powdery, dibutuhkan brush yang dapat mengangkat produk dengan baik. Sehingga, eyeshadow dapat menempel pada mata serta tidak bertaburan pada wajah dan pakaian Anda. Kuas natural juga mampu mendistribusikan warna dan membaurkan produk dengan mudah.

Meskipun sudah melalui proses pasteurisasi dan sterilisasi, bulu binatang pada kuas natural dapat menyebabkan reaksi alergi hingga iritasi pada beberapa orang. Hal ini juga mungkin akan menjadi pertimbangan beberapa orang. Terutama, jika Anda menginginkan produk yang cruelty-free.

Tekstur bulu yang berpori membuat kuas natural tidak direkomendasikan digunakan untuk mengaplikasikan produk bertekstur krim atau cair. Karena, tekstur tersebut akan menyerap produk Anda. Sehingga, hasil riasan Anda akan terlihat tidak merata dan tentunya produk yang Anda gunakanpun menjadi lebih boros.



Masing-masing kuas makeup memiliki produk yang paling sesuai untuk mengaplikasikan make-up, inilah mengapa sebelum menggunakannya, Anda harus tahu untuk produk apa dan bagaimana caranya.

Berikut ini adalah panduan bagaimana cara menggunakan dan memilih kuas makeup yang tepat.

Large / Big Fan brush
Kuas berbentuk kipas yang besar dan tebal ini berfungsi membersihkan eyeshadow yang hancur atau meluber pada riasan dengan cepat. Merapikan bronzer dan blush on (perona pipi) yang tak rata dan terlalu tebal.

Fan brush
Kuas berbentuk kipas (secara keseluruhan lebih tepat jika dibilang mirip sapu ijuk) ini mirip deng large/big fan brush, hanya bentuknya lebih kecil dan tipis, kuas ini berfungsi membersihkan eyeshadow yang hancur atau meluber pada riasan. Merapikan bronzer dan blush on (perona pipi) yang tak rata dan terlalu tebal. Namun kuas ini digunakan pada bagian yg lebih detail, serta digunakan untuk ‘sampah’ make up yang tidak tersapu bersih oleh large fan brush. Kuas ini biasa digunakan pada area sepanjang tulang pipi atau daerah bawah mata. Kuas ini sering digunakan saat mengerjakan riasan mata, agar bayangan tidak menyentuh pipi.

Powder brush
Ketika berbicara tentang powder brush, semakin tebal bulu kuasnya maka semakin baik.

Selain bekerja sangat baik pada bronzer, Anda juga bisa menggunakan kuas makeup ini untuk membubuhkan shimmer di bagian bahu, dan menutupi area yang luas.

Fungsi kuas jenis ini untuk mengaplikasikan bubuk bedak pada wajah. Bulu kuas yang tebal berfungsi meratakan bedak sehingga mengurangi risiko bedak terlalu tebal di wajah agar riasan tetap pada tempatnya. Menurut ketebalan bulunya powder brush ini ada 3 varian, yakni : large powder brush, medium powder brush, small powder brush. Dan tentu saja setiap varian mempunyai ketepatan berbeda pada wajah masing-masing orang tergantung luasan detail wajah orang tersebut.

Kuas brush kadang disebut juga Puff, memberikan hasil yang natural dibandingkan mengaplikasikan make-up dengan menggunakan sponge, menjadikan make-up merata dan tidak berkesan 'menumpuk' diwajah. Dengan kuas jenis ini kamu bisa mengatur tipis tebalnya sapuanmake-up kamu.

Blush brush
Kuas yang memiliki bentuk puffy tetapi agak gepeng dengan ketebalan bulu-nya yang sedang, namun ada juga produk dari kuas ini yang bentuknya miring diagonal/angeled.

Blush brush merupakan kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan blush on pada wajah agar lebih merata. Biasnya bentuk gagangnya lebih langsing daripada powder brush, dan ketebalannya pun lebih minim.

Untuk blush bubuk, carilah kuas yang terbuat dari serat alami. Sedangkan untuk blush krim, carilah kuas dari bahan serat sintetis dengan bulu panjang dan halus.

Contour/Shading brush
Memiliki bentuk sepeti blush brush dengan ujung yang miring diagonal supaya dapat digunakan pada tulang pipi, namun ada juga yang memiliki ujung membulat dan tebal dengan ukuran yang lebih kecil.

Dengan ujung bulu yang berbentuk meruncing miring ini, kuas ini dimanfaatkan untuk mambuat kontur pada tulang pipi, garis dahi dan garis dahu.

Memilih kuas kontur, carilah produk dengan bulu yang padat, namun memiliki fleksibilitas yang tidak akan menimbulkan garis-garis di wajah.Dengan memilih produk yang tepat, kuas makeup akan bekerja sangat baik untuk semua jenis kontur, baik bubuk maupun krim.

Eye countor brush
Dengan ujung bulu yang berbentuk meruncing miring ini, kuas ini dimanfaatkan untuk membuat kontur pada kelopak mata, sehingga perpindahan warna pada lipatan mata dan warna di bagian atas dapat berbaur dengan serasi.

Concealer / Foundation brush
Memiliki bentuk gepeng / pipih dengan ujung yang bulat melekung, supaya mampu menjangkau area tersempit seperti hidung dan sudut mata.

Kuas concealer mempunyai bentuk yang agak panjang. Kuas ini cocok digunakan untuk membubuhkan concealer, foundation, maupun bb cream agar hasilnya lebih rata pada wajah dengan warna tidak merata atau yang sedang berjerawat, juga sangat bagus sekali digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Medium angled shadow brush
Kuas ini mempunyai bentuk pipih dengan ujung meruncing diagonal, biasa digunakan unuk mengaplijasikan eyeliner berbentuk gel pada lipatan mata dan membuat bingkai alis.

Eyeshadow brush
Brush yang memiliki bentuk paling beragam serta paling rumit dan diantaranya yang perlu kamu tahu itu seperti:
Lid brush : untuk membubuhkan eyeshadow secara merata keseluruh kelopak mata.
Blending brush : berfungsi untuk membaurkan eyeshadow, jika kamu ingin membaurkan 2 (dua) warna supaya lebih kelihatan soft.
Angeled brush/Dome brush : berbentuk pipih agak miring, ada juga yang bulat seperti 'kubah'/dome untuk membuat 'cut crease'/lipatan mata.
Short eyeshadow brush : kuas ini memiliki bulu yang tertata dg bentuk pipih dan berujung bulat. Short eyeshadow ini sangat baik untuk membentuk sudut mata.
Medium eyeshadow bush : kuas untuk eyeshadow yang berukuran medium ini memiliki bentuk bulat pada ujung bulu kuasnya. fungsi dari jenis kuas yang satu ini adalah untuk membentuk sudut mata dengan pulasan yang merata, brush ini cocok dipakai untuk bagian atas kelopak mata.
Smudge brush : kuas smudge brush yang memiliki bentuk kecil dan lonjong ini bermanfaat untuk mengaplikasi eyeshadow pada garis mata dengan lembut terutama untuk membuat smooky eyes style.
Sponge eyeshadow : Stick yang dilengkapi sponge kecil diujungnya ini berfungsi sebagai aplikator eyeshadow pada kelopak mata.

Eyeliner brush
Memiliki ciri kuas yang pendek, gepeng dan setipis mungkin untuk membuat eyeliner yang tipis dan rapi. Bentuk ini juga bisa untuk membuat gambar alis.

Bentuk kuasnya yang kecil, tipis, dan memanjang mempunyai fungsi untuk membuat garis mata yang terpresisi tepat.

Dalam keadaan basah kuas ini sangat bagus untuk membentuk eyeliner bubuk, sedangkan untuk mengaplikasikan eyeliner cair gunakan kuas ini dalam keadaan kering.

Ada juga Brush yang ujungnya runcing untuk menjangkau ujung mata/Pointed Brush.

Lash fiber
Lash fiber ini berguna untuk membersihkan bulu mata dari sisa gumpalan saat pengaplikasian maskara. sikat ini juga lebih dikenal dengan nama sikat bulu mata.

Eyebrow comb
Eyebrow comb ini lebih familiar dipanggil sikat alis di pasaran, masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda. Sisi yang berbentuk sisir berfungsi untuk menyisir bulu mata baik sesudah maupun sebelum. penyisiran sesudah dibentuknya bulu mata ini, juga berguna untuk membersihan gumpalan maskara yang mungkin tertinggal saat pengaplikasian maskara. Sedangkan sisi yang lainnya berbentuk mirip sikat gigi, nah sisi inilah yang digunakan untuk menyisir alis.

Kabuki brush
Bentuknya imut dengan tungkai yang pendek. Digunakan untuk menyapukan bedak atau blush (perona pipi) jenis mineral. Memberikan kesan air brush pada wajah. Riasan wajah akan terlihat lebih rata dan halus.

Fluffy blending brush
Dengan ujung bulu menyerupai dayung perahu (oval), kuas ini cocok dipakai untuk memblend/ membaurkan eyeshadow agar garis yang terlihat kasar pada riasan mata bisa bertransisi dengan lembut, sehingga make up terlihat lebih natural.

Lip brush
Memiliki bentuk kuas yang tipis dirancang untuk membentuk garis bibir agar lebih tepat. Mengatur intensitas warna lipstik sesuai keinginan.


Demikianlah penjelasan tentang berbagai brush atau kuas make-up yang banyak dijual di pasaran. Jangan salah pakai, karena tidak semua brush dapat dipakai secara sembarangan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...