Saturday 24 August 2019

Berbagi Tips : Berbagai ragam Fungsi Maskara


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Fungsi Maskara

Dalam aplikasi make-up kaum wanita memiliki pilihan sendiri untuk menonjolkan bagian wajah yang paling dianggap menarik. Dan, bagian mata seringkali menjadi fokus riasan untuk membentuk wajah terlihat lebih menarik. Riasan mata terdiri dari alis, kelopak mata, hingga bulu mata. Pemilihan warna yang tepat juga akan mampu membuat mata menjadi lebih hidup.

Sepasang mata bisa menyampaikan berjuta hal. Mulai dari perasaan Anda hingga apa yang sedang Anda pikirkan. Tampil sempurna dengan make-up sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh wanita. Sebuah treatment diperlukan untuk dapat menonjolkan kelebihan wajah sehingga make-up terlihat sempurna. Tidak mengherankan apabila mata menjadi salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan, khususnya bagi orang yang suka berdandan atau hobi bereksperimen dengan kosmetik.

Peralatan make-up adalah hal yang penting bagi kaum wanita. Dengan menggunakannya, mereka dapat membuat penampilannya menjadi lebih cantik sekaligus menambah rasa percaya diri. Make-up adalah senjata bagi setiap wanita untuk bisa tampil semakin sempurna. Termasuk juga maskara, dengan memakai maskara, seorang wanita bisa merias bulu mata mereka menjadi lebih lentik yang tentu saja dapat membuat wajah terlihat menjadi lebih cantik. Maskara merupakan make-up yang dibutuhkan untuk menciptakan bulu mata yang lentik sempurna.


Maskara merupakan salah satu produk kosmetik andalan yang tentunya tidak boleh tertinggal keberadaannya di dalam tas kosmetik. Maskara sudah menjadi produk kecantikan yang sangat populer. Maskara merupakan sebuah produk kecantikan yang berperan seperti alat sulap untuk menjadikan mata terlihat lebih atraktif. Sebuah beauty item yang dapat menjadikan mata terlihat lebih indah. Maskara memiliki peran dalam mempercantik mata karena dapat mempertebal, memanjangkan, sekaligus melengkungkan bulu mata. Collins English Dictionary mendefinisikan maskara sebagai "zat kosmetik untuk mempergelap, memperpanjang, mengeritingkan, mewarnai, dan mempertebal bulu mata, yang dipakai dengan sebuah sikat atau kuas".

Maskara bisa menjadikan tampilan bulu mata menjadi terlihat lebih tebal, panjang, dan indah, apalagi jika disertai dengan rutinitas perawatan bulu mata yang baik, menjadikan bulu mata semakin lentik dan indah. Di iringi pula perusahaan kosmetik yang kini semakin mengembangkan produk maskara.

Pada era 4000 tahun sebelum masehi, ketika kohl dan ointments digunakan untuk menggelapkan bulu mata dan alis serta untuk melindungi mata dari sinar yang menyengat. Pada jaman tersebut, bukan hanya wanita yang menggunakan maskara tetapi juga para pria pun melakukan hal yang sama.

Orang-orang Mesir kuno memainkan peranan penting dalam sejarah maskara. Pada 3400-30 BC, orang Mesir menggunakan tulang dan gading sebagai aplikator maskara, dan campuran kotoran buaya, air dan madu sebagai maskara pertama yang dibuat. Campuran tersebut telah digunakan sebagai eyeliner dan maskara. Karena mata dipercaya sebagai jendela jiwa, mereka meyembunyikan mata untuk mencegah roh gaib dan energi yang buruk.

Zaman kuno juga menunjukan Cleopatra memiliki pengaruh besar dalam penggunaan maskara dan body painting hingga menyebar secara luas, baik untuk perlindungan, perayaan, peperangan dan kematian.

Meskipun orang-orang Mesir diketahui sebagai era pertama yang diketahui menggunakan maskara. Namun, maskara baru mulai terkenal ketika memasuki era Victorian (Ratu Inggris, 1837 – 1901) pada tahun 1830-an ketika produk pembuatan bulu mata mulai marak. Wanita Victorian saat itu telah terkenal sangat formal dan terelaborasi, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpakaian dan mempercantik diri.

Eugene Rimmel merupakan salah satu pencipta maskara yang tidak beracun pada abad ke-19. Penemuan terjadi Pada 1917, Eugene Rimmel membuat kemasan maskara pertama yang dibuat dari campuran petroleum dan abu batu-bara hitam, sejarah maskara dimulai dari maskara padat (cake mascara). Kata maskara sendiri diambi dari bahasa Italia maschera yang berarti topeng. Tapi di beberapa negara, kata “rimmel” ternyata masih diartikan sebagai maskara, “rimmel” menjadi sebuah nama household dan menjadi nama dari maskara itu sendiri seperti dalam bahasa Portugis, Turki, atau Romania.

Pengaruh dan promosi konstan dari berbagai aktris film pada 1930-an, 40-an dan 50-an membuat maskara dapat diterima secara sosial dalam berbagai situasi dan menjadi bagian penting pada tiap gaya berpakaian, hingga terciptanya produk maskara dengan kemasan tube dan kuas yang muncul sekitar tahun 1957 yang dipopulerkan oleh Helena Rubinstein. Maskara modern dipromosikan serta dipasarkan hingga mendapatkan popularitas (1870-1965). Ia menjadi revolusioner yang telah mengubah formula maskara dan kemasannya. Dari awal mulanya maskara berbentuk padat (cake mascara) menjadi berwujud lotion (based cream) yang kemudian disertai sikat dan menjadi tube.


Saat ini bulu mata lentik menjadi tren sendiri, orang lebih bebas dalam mengkreasikan bentuk bulu mata sesuai dengan keinginan, produk maskara pun memiliki formula yang lebih beragam, begitu pula dengan varian warna maskara yang semakin berinovasi.

Maskara adalah produk make-up yang biasa digunakan untuk memperindah mata. Pada umumnya kaum wanita mengetahui fungsi maskara untuk melentikkan bulu mata. Namun, sebenarnya fungsi maskara bukan hanya itu saja. Dan, di bawah ini merupakan penjelasan tentang beragam fungsi dari maskara, yaitu :

Memanjangkan (Lengthening Mascara)
Maskara berguna untuk memanjangkan bulu mata. Umumnya, jenis maskara ini mengandung plastic polymers yang menempel di ujung bulu mata dan membuatnya terlihat lebih panjang. Bentuk sikatnya berukuran kecil dengan bulu yang lebih jarang.

Bulu mata yang panjang tentunya membuat Anda tampak lebih menarik tanpa terlihat berlebihan. Maskara jenis ini akan sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki bulu mata tebal namuni ingin lebih mempercantiknya. Selain itu, jenis maskara ini juga bagus untuk Anda yang ingin terlihat lebih natural.

Melentikkan (Curling Mascara)
Maskara jenis ini memiliki sikat aplikator yang memiliki bentuk melengkung dan tebal. Desain sikat maskara berbentuk melengkung mampu menciptakan bulu mata yang lentik dengan lengkungan tampak sempurna.

Menebalkan (Thickening Mascara)
Maskara bermanfaat untuk menebalkan bulu mata. Jika Anda ingin membuat bulu matanya tampak tebal sebaiknya pilih maskara yang bentuknya tebal, panjang, dan bergelombang. Maskara jenis ini cocok digunakan bagi orang yang memiliki bulu mata panjang, tapi tidak tebal atau bulu mata pendek namun lentik.

Maskara yang berfungsi untuk menebalkan jika diaplikasikan dengan benar maka akan dapat membuat Anda tampil menawan. Maskara jenis ini umumnya diperkaya dengan kandungan lilin dan silikon yang padat supaya mampu menambah volume bulu mata sehingga tampak tebal dan cantik. Namun, Anda harus lebih hati-hati dalam pengaplikasian maskara jenis ini. Bulu mata tidak boleh dalam keadaan kusut dan cairannya pun tidak boleh menggumpal.

Melembapkan (Moisturizing Mascara)
Jenis maskara ini tidak berwarna atau bening, karena memang bukan termasuk pelengkap riasan, tapi untuk merawat bulu mata, di dalam formulanya terdapat kandungan pelembap yang berguna untuk memberi nutrisi untuk menguatkan dan melembapkan bulu mata.

Maskara jenis ini umumnya diperkaya dengan kandungan provitamin B5 dan protein yang bisa menjaga kelembaban bulu mata dan merawatnya supaya bulu mata tetap sehat. Walaupun memiliki kandungan protein dan vitamin, tapi maskara ini tidak bisa membuat bulu mata Anda lebih panjang atau lebih tebal. Anda juga dapat mengaplikasikan maskara ini setelah menerapkan jenis maskara lainnya.

Anti Air (Waterproof Mascara)
Maskara waterproof memang menjadi incaran dan favorit kaum wanita. Teksturnya cair dan terbuat dari bahan anti luntur. Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak dan mudah berkeringat dapat mengandalkan waterproof maskara untuk menjaga supaya bulu mata lentik Anda tahan lama.

Menebalkan, memanjangkan, dan melentikkan (3 in 1 Mascara)
Bentuk sikat dari produk maskara 3 in 1 cenderung tebal, tapi di bagian salah satu ujungnya mengecil dan menipis. Fungsi maskara jenis ini biasa digunakan oleh kaum hawa saat ingin tampil glamor ke pesta.


Di atas merupakan fungsi maskara untuk digunakan pada bulu mata yang perlu Anda ketahui khususnya untuk para pemula. Dan, jangan lupa dalam memilih maskara sangat disarankan untuk menyesuaikan dengan bentuk bulu mata Anda supaya memberikan hasil yang maksimal.

Selain dapat digunakan untuk mempercantik tampilan bulu mata Anda, maskara ternyata juga memiliki fungsi lain yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Hal ini sama dengan beberapa alat make-up lainnya yang bisa digunakan untuk banyak hal. berikut ini merupakan manfaat tersembunyi dari produk maskara, yaitu :

Menggantikan eyeliner
Ketika Anda tidak memiliki persediaan eyeliner, jangan khawatir karena Anda dapat memanfaatkan maskara sebagai pengganti eyeliner. Anda dapat menggunakan brush eyeliner untuk mengambul produk maskara pada bagian spuli. Aplikasikan pada bagian bawah kelopak mata Anda seperti biasa.

Pewarna rambut
Jangan berpikir maskara untuk mewarnai rambut Anda keseluruhan. Maskara dapat membantu menyembunyikan uban yang tidak disangka muncul diantara helaian rambut Anda. Anda dapat menyapukan maskara pada bagian rambut yang putih dan maskara akan bekerja dengan baik pada rambut.

Pensil alis
maskara ternyata juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti pensil alis. Karena warna dari maskara yang lebih tebal, Anda dapat mengaplikasikannya perlahan secara perlahan pada pada helaian alis Anda.

Gunakan di tas atau sepatu
Tas atau sepatu Anda mengalami goresan? Jika Anda belum sempat memperbaikinya, tutupi tanda gores tersebut dengan maskara yang sewarna dengan warna kulit tas atau sepatu Anda.


Bila Anda dapat menggunakan satu alat untuk beberapa tujuan yang berbeda, Anda akan memiliki tiga keuntungan. Menghemat uang, ruang penyimpanan, dan tentunya tampil cantik di segala kondisi. Dan, salah satu alat kecantikan yang memiliki kegunaan lainnya, ialah sikat maskara.

Mungkin Anda tidak pernah menduga bahwa sikat maskara dapat digunakan untuk berbagai hal. Selain untuk mengaplikasikan maskara pada bulu mata. Harga sikat maskara cukup murah, dan Anda dapat menemukannya dengan mudah. Anda juga dapat menggunakan sikat maskara yang telah ada dalam satu kemasan produk. Tinggal membersihkannya dengan menggunakan make-up remover, Anda sudah bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain. Berikut ini beberapa kegunaan sikat maskara di luar fungsi seharusnya.

Menata alis
Hal ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan paling berguna untuk memanfaatkan sikat maskara. Anda dapat menggunakan sikat maskara untuk merapikan alis. Sapukan saja sikat maskara yang sebelumnya sudah dibersihkan dan dikeringkan.

Jika ingin mempertegas alis, semprotkan hair spray atau oleskan vaseline pada sikat maskara. Ini akan membuat alis Anda terlihat lebih tebal dan rapi.

Merapikan rambut-rambut kecil
Jika Anda terganggu dengan rambut-rambut kecil yang mencuat dari tatanan rambut, sikat maskara dapat menjadi solusinya. Semprotkan hair spray pada sikat maskara dan rapikan rambut-rambut kecil Anda.

Tampilan maskara yang lebih sempurna
Pernahkah Anda hanya menyukai sikat maskara sebuah brand, tapi untuk formula maskaranya, Anda lebih menyukai brand lainnya.

Jangan ragu untuk menukar sikat sebuah brand maskara yang Anda beli. Namun, tentu cara ini akan merogoh anggaran Anda lebih banyak dan tidak semua tabung maskara punya ukuran yang sama.

Anda juga bisa menggunakan sikat maskara untuk menyisir bulu mata sebelum Anda mengaplikasikan produk maskara, pastikan sikat tersebut dalam keadaan bersih.

Menebalkan bulu mata dan alis
Minyak jarak sering digunakan oleh banyak perempuan untuk menumbuhkan rambut mereka. Anda pun dapat menerapkan hal ini pada bulu mata dan alis Anda. Aplikasikan minyak jarak pada sikat maskara yang telah dibersihkan sebelumnya dan gunakalah pada alis dan bulu mata Anda. Selain dapat menebalkan, minyak jarak dapat membuat bulu mata dan alis lebih kuat dan lebih bersinar.

Ketika Anda dapat memanfaatkan produk kecantikan untuk melakukan beberapa fungsi sekaligus, tentu hal tersebut dapat menghemat anggaran. Produk maskara yang sudah habis juga bisa Anda manfaatkan sebagai alat bantu untuk merawat bulu mata. Caranya yaitu dengan membersihkan botol bekas maskara serta sikatnya hingga bersih. Kemudian, isi wadah maskara dengan minyak almond dan tutup kembali. Anda bisa dengan mudah mengaplikasikan minyak almond dalam botol maskara tersebut.

Sikat maskara yang sudah tidak terpakai juga masih bisa dimanfaatkan untuk menyisir alis. Ini bertujuan supaya alis terlihat rapi sebelum Anda menggambarnya menggunakan pensil alis.

Membuat nail art
Sikat maskara dapat membantu memberikan efek nail art yang menarik yaitu motif abstrak. Mulailah menggunakan warna dasar untuk kuku Anda. Kemudian setelah kering gunakan sikat maskara untuk memberikan warna yang berbeda di atasnya. Anda bisa membuat motif abstrak, atau efek gradasi warna.


Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Untuk acara sehari-hari gunakan make-up yang ringan sehingga Anda tidak perlu terlalu repot membersihkan wajah setiap kali usai menggunakan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...