Tuesday 13 August 2019

Berbagi Tips: Makanan untuk Mendukung Kesuksesan Program Hamil Pasutri


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Makanan untuk Mendukung Kesuksesan Program Hamil Pasutri

Setelah menikah, sebagian besar pasangan pasti ingin segera menimang anak. Salah satu tips yang dianjurkan supaya cepat hamil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk program hamil. Selain faktor genetik dan kondisi tubuh, kesehatan sel telur perempuan juga ditentukan oleh apa yang dimakannya. Karena pada saat menjalani program hamil, seorang wanita harus menjaga asupan makanan untuk kesuksesan program hamil yang dijalaninya. Makanan saat promil yang sehat dengan nutrisi seimbang dapat menurunkan tingkat stres. Dan, perlu untuk Anda ketahui bahwa stres sering menjadi penyebab kegagalan program kehamilan. Oleh sebab itu, makanan saat menjalani program hamil harus diperhatikan kandungannya, baik makanan untuk suami maupun istri.

Di dalam dunia kesehatan makanan ada istilah superfood atau makanan super yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat padat. Padahal terdapat sebagian elemen yang dapat mempengaruhi kehamilan namun para spesialis percaya bahwa mengkonsumsi makanan yang pas dapat menjadi cara tepat sasaran untuk kesuburan seorang perempuan, untuk meningkatkan peluang kehamilan, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan reproduksi yang serius.


Mengatur diet sehat agar cepat hamil adalah cara utama dan aman yang sebaiknya dilakukan. Diet kesuburan terdiri dari makanan yang mendukung sistem reproduksi wanita, dengan mengatur ovulasi dan meningkatkan kemungkinan konsepsi (pembuahan). Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah tentang diet dan fertilitas didapat kesimpulan bahwa sejumlah nutrisi tertentu ternyata berperan besar terhadap keberhasilan kehamilan. Makanan untuk mendukung kesuburan tersebut mengandung nutrisi yang diperlukan untuk keseimbangan hormonal, dan kesehatan sperma dan sel telur. Diet kesuburan juga memainkan peran penting dalam memberikan awal yang sehat bagi anak di masa depan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya adalah dengan mengganti menu makanan menjadi lebih sehat. Ini merupakan cara alami dan lebih aman dibanding menggunakan obat penyubur kandungan. Kesempatan untuk bisa hamil akan meningkat, jika kedua belah pasangan selalu menjalani pola makan sehat dan seimbang. Mengonsumsi makanan sehat dan suplemen asam folat juga bisa mengurangi risiko cacat pada bayi.


Makanan bukan hanya sekadar untuk memberi energi bagi tubuh. Makanan menjadi penting karena kandungan nutrisi didalamnya akan diserap dan berdampak langsung pada tubuh. Oleh karena itu kecukupan nutrisi sangat diperlukan, terlebih lagi untuk pasangan yang merencanakan kehamilan. Secara keseluruhan, makanan juga menutrisi tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan Anda. Meskipun begitu, faktor makanan hanya berpengaruh untuk masalah kesulitan hamil yang bukan disebabkan oleh kasus berat seperti tertutupnya saluran tuba, adanya kista di rahim atau masalah pada sperma. Angka keberhasilan program hamil juga sangat tergantung dari kondisi kesehatan reproduksi pasangan sehingga sangat penting untuk menjaga asupan makanan sehat. Tingkat kesuburan yang baik menunjukkan bahwa kondisi hormon dalam tubuh dalam keadaan seimbang, berat badan ideal, dan kebutuhan nutrisi penting terpenuhi. Bagi wanita, semua itu akan membantu siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan tentunya bisa mempercepat serta memudahkan kehamilan.

Makanan untuk program hamil memiliki peran yang cukup besar dalam persiapan menuju kehamilan. Dengan mengonsumsi makanan yang disarankan untuk program hamil, calon ibu bisa mempersiapkan diri agar tubuh selalu sehat hingga calon bayi datang. Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, sawi hijau, atau kangkung menyediakan nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, dan folat. Nutrisi tersebut bisa memperbaiki siklus menstruasi sekaligus mengurangi gejala PMS. Selain itu, folat yang memang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk mempersiapkan kehamilan. "Konsumsi juga sayur-sayuran dan biji-bijian karena mengandung serat tinggi. Kemudian vitamin prenatal, termasuk suplemen yang mengandung asam folat tinggi," kata dr Jolinda Johary M.Med, Master in Medicine of Obstretric and Gynecology, soal makanan untuk peningkat kualitas sel telur. Perlu juga untuk Anda ketahui bahwa kuliner pedas cabai merupakan menu makanan yang dapat bertindak sebagai makanan kesuburan super. Cabai dapat meningkatkan aliran darah ke semua tubuh termasuk pasokan darah sehat ke metode reproduksi. Terlepas dari itu, cabai memiliki peran dalam proses produksi endorfin yang berpengaruh terhadap relaksasi tubuh. Tambahkan kunyit setiap kali Anda mempersiapkan menu makanan untuk meningkatkan rasa dan untuk mempromosikan kehamilan yang sehat. Kunyit kaya akan antioksidan, belum banyak orang yang menyadari tingginya khasiat rempah ini terhadap tingkat kesuburan wanita. Jahe juga merupakan golongan rempah yang mengandung antioksidan dan selenium yang baik untuk kesuburan dengan meningkatkan kemampuan gerak sperma sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.


Ketika pasutri mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk mengonsumsi kuliner yang lebih sehat dan dengan diet kesuburan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Dan, dibawah ini merupakan beberapa nutrisi untuk mendukung kesuksesan program hamil.

Protein
Menurut dr Anggia M Lubis, SpOG, bagi mereka yang sedang program hamil, baik dengan teknologi berbantu atau tidak, dianjurkan mengonsumsi protein. Penelitian menunjukkan bahwa protein nabati bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu, protein yang berasal dari tumbuhan seperti kacang polong dan lentil jauh lebih sehat karena mengandung lebih sedikit kalori. Kacang polong juga merupakan sumber zat besi yang berperan dalam proses ovulasi yang normal. Menambahkan kacang-kacangan seperti lentil dan kacang polong ke dalam menu harian Anda merupakan sebuah usaha dalam mempercepat memiliki anak.


Protein membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak dan memproduksi asam amino. Asam amino ini merupakan pembangun atau pendukung pertumbuhan sel tubuh Anda dan Janin. Selain itu, protein juga meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, serta membantu jaringan rahim dan payudara berkembang selama Anda hamil nanti. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi 75-100 gram protein setiap harinya. Asupan makanan untuk program hamil harian ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi boga bahari (seafood), telur, susu, keju, yogurt, kacang-kacangan, kacang kedelai, daging merah dan daging putih.


Kacang-kacangan di kenal bisa mengurangi resiko ketidaksuburan pada seorang perempuan. Sebuah studi di tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi kacang-kacangan akan mengurangi risiko ketidaksuburan sebesar 40 persen. Dengan begitu kacang-kacangan merupakan makanan pendukung program hamil yang dianjurkan sebagai sumber asupan nutrisi protein nabati, termasuk pula aneka makanan turunan dari hasil olahan semisal tahu, tempe, ataupun edamame. Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan fakta, wanita yang asupan protein nabati tinggi cenderung tidak memiliki masalah pada kesuburannya, sedangkan wanita yang mengonsumsi protein hewani sekitar 39 persen tidak subur.


Daging yang direkomendasikan untuk dikonsumsi guna meningkatkan kesuburan supaya cepat hamil adalah daging sapi dan ayam yang rendah lemak. Dari konsumsi makanan ini, maka Anda bisa mendapatkan asupan protein dan zat besi. Namun, jangan terlalu berlebihan, Anda cukup mengonsumsi dua porsi menu olahan daging dalam satu hari. Sebab dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein hewani juga dapat menurunkan tingkat kesuburan.

Mengonsumsi sumber protein nabati juga bisa menjadi alternatif jika Anda adalah seorang vegetarian, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti tempe, tahu, kacang polong, susu kedelai, atau sayur bayam. Bahan makanan tersebut terkadang bisa lebih murah dan lebih rendah lemak, serta sangat cocok dimanfaatkan untuk menjaga berat badan supaya tidak berlebihan.


Susu diketahui baik untuk mereka yang sedang mencoba hamil. Susu dan turunannya (keju, yoghurt, smoothie) bagus untuk kesehatan tulang dan organ reproduksi si calon ibu hamil. Selain itu, susu juga kaya dengan vitamin D yang bermanfaat dalam memproduksi hormon seksual. Dr. Neha menjelaskan bahwa seorang perempuan yang merencanakan program kehamilan sebaiknya membiasakan untuk mengonsumsi susu dikarenakan di dalam susu mengandung lemak sehat dan kalsium untuk meningkatkan kesuburan dan sangat penting untuk kehamilan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang memiliki masalah ovulasi, akan mendapat manfaat positif ketika mengonsumsi susu full-fat setiap harinya. Susu, terutama yang full-fat, bukan hanya sekedar mengandung protein dan kalsium, tapi kandungan lemaknya ternyata meningkatkan kesuburan tubuh suami-istri. Penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi satu porsi atau lebih produk olahan susu dengan lemak utuh dalam sehari memiliki tingkat kegagalan ovulasi 27% lebih rendah. Sedangkan perempuan yang mengkonsumsi produk olahan susu rendah lemak, malah dua kali lebih berisiko gagal dalam pembuahan. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa produk susu yang dikonsumsi harus yang tinggi lemak untuk meningkatkan kesuburan. Meski alasannya tidak diketahui, namun menurut studi terakhir, produk susu rendah lemak tidak memiliki efek positif yang sama untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan kesuburan. Selama berat badan Anda berada dalam kisaran normal, sebaiknya pilih susu tinggi lemak. Penelitian dari Harvard University mengungkapkan bahwa susu meningkatkan hormon estrogen yang menjadi tanda kesuburan yang prima dan siap memiliki anak. Jadi, jika ingin program hamil yang Anda jalani berhasil, ucapkan selamat tinggal pada susu skim yang encer serta keju dan yogurt rendah lemak.


Greek yogurt merupakan sumber makanan yang memiliki peran cukup penting untuk menunjang tingkat kesuburan. Karena, selain menyediakan kalsium (bahkan memiliki kadar yang lebih tinggi dari susu), yogurt juga mengandung vitamin D dan probiotik yang membantu folikel di indung telur matang dengan baik, memperkuat tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa greek yogurt berbeda dengan yogurt biasa, terutama pada kandungan protein dan probiotiknya.


Telur, selain mudah untuk diolah juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Banyak orang yang terkejut mengetahui bahwa telur merupakan makanan super kuat yang secara dramatis dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Telur mengandung tinggi protein, vitamin, dan mineral serta asam amino, seperti kolin yang meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat tumbuhnya sel telur. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Selain itu, telur juga mengandung folat yang sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf saat dilahirkan. Mengkonsumsi hanya satu telur per hari dapat meningkatkan kadar kolin yang cukup untuk meningkatkan penyerapan asam folat dua kali lipat.

Karbohidrat
Dalam beberapa tahun terakhir, karbohidrat telah mendapat cap buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat membuat lingkar pinggang besar. Beberapa wanita yang sedang berusaha untuk hamil keliru jika mereka berpikir bahwa harus menghindari karbohidrat untuk mempertahankan berat badan mereka. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Karbohidrat kompleks, semisal biji-bijian, tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesuburan.


Karbohidrat merupakan energi yang penting. Namun jangan sampai Anda salah pilih jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Pilihlah makanan untuk program hamil yang berasal dari gandum utuh, buah-buahan, kentang, oatmeal, beras merah, dan sayuran yang juga mengandung banyak serat.


Karbohidrat tinggi serat yang lebih lambat dicerna tubuh ternyata sangat bermanfat untuk meningkatkan kesuburan. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serat dapat menurunkan kadar beban glikemik dalam tubuh Anda sehingga kesempatan untuk hamil bisa lebih besar, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih. Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat olahan, maka kadar gula darah dan insulin meningkat. Hal ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi, yang dapat menunda atau mencegah pembuahan. Kadar gula darah seorang wanita tinggi, maka ia memiliki prosentase 50% lebih sulit untuk hamil dibanding wanita dengan kadar gula darah yang normal. Memilih mengonsumsi roti berwarna gelap dibanding roti putih sangat dianjurkan, serta pilihlah beras merah dibanding beras putih biasa. Chia seed sudah dikenal memiliki banyak manfaat dan serat yang berguna untuk tubuh. Namun, chia seed lebih banyak dimanfaatkan dalam bentuk pudding karena serat larut airnya sudah aktif dan dapat langsung diserap oleh tubuh. Serat larut air akan dapat mengikat semua toksin, lemak, dan kandungan makanan yang sudah tidak berguna di dalam saluran pencernaan untuk dibuang keluar dari tubuh.

Vitamin
Memenuhi asupan vitamin harian sangat penting bagi tubuh, terlebih lagi jika Anda dan pasangan ingin segera memiliki momongan.


Dari vitamin A sampai vitamin E, makanan untuk program hamil ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

-Vitamin A
Vitamin ini membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Sumber: wortel, bayam, hati, brokoli, sayuran yang berwarna kuning dan hijau.
Brokoli dianggap menjadi makanan eksotis, sumber makanan super untuk perempuan yang merencanakan kehamilan. Kandungan nutrisi penting didalamnya membuatnya menjadi makanan yang lengkap. Brokoli menyediakan jumlah vitamin tinggi yang diperlukan oleh ovarium untuk pematangan pengerjaan telur dan ovulasi.
Wortel merupakan sayuran berwarna oranye populer yang berkaitan dengan peningkatan penglihatan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pria di kamar tidur saat datang ke performa sperma mereka. Dalam suatu hasil penelitian pada tahun 2013 lalu, yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility mengungkapkan fakta bahwa asupan karotenoid berhubungan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi, dan dalam kasus lycopene, morfologi sperma yang lebih baik. Dengan kata lain, makan wortel bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma sampai delapan persen.
-Vitamin B1
Vitamin ini mengatur sistem saraf dan meningkatkan energi. Sumber: gandum utuh, telur, nasi, sayuran, kacang-kacangan.
-Vitamin B2
Kandungan vitamin B2 membantu menyehatkan kulit dan mata. Sumber: daging merah, unggas, ikan, telur, produk olahan susu.
-Vitamin B3
Untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, saraf, dan kulit. Sumber: kacang, telur, ikan, daging merah, susu.
-Vitamin B6
Kandungan ini membantu produksi sel darah merah. Sumber: hati, daging merah, ikan, ayam, kacang kedelai, wortel, bayam, pisang, brokoli.
Pisang merupakan buah yang mengandung vitamin B6 dengan kadar tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk membentuk siklus menstruasi yang teratur.
-Vitamin B12
Vitamin ini penting untuk pembentukan DNA dan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf (spina bifida). Sumber: ikan, kerang, daging merah, telur, produk olahan susu, daging ayam.
Penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogen yang abnormal, yang mana dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi. Kerang mengandung vitamin B12 yang dapat membantu memperkuat lapisan endometrium saat pembuahan sel telur dan mengurangi risiko mengalami keguguran. Berdasarkan penjelasan Dr, Vandana R. Sheth, kerang juga merupakan sumber selenium dan asam lemak esensial (antioksidan), yang mampu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas.
-Vitamin C
Vitamin ini mampu membantu sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin C yang tinggi dapat Anda dapatkan dari berbagai macam buah beri, seperti stroberi dan raspberi merah ataupun hitam. Buah dari golongan berries, termasuk juga blueberry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan produksi sel sperma dan kematangan sel telur, buah tersebut juga mengandung antioksidan alami yang membantu membuang sisa-sisa metabolisme dan hasil oksidasi keluar dari tubuh sehingga memudahkan penyerapan nutrisi ke sel dan memperlancar siklus metabolisme yang sehat. Golongan buah tersebut juga mengandung fitonutrien anti-peradangan yang keduanya memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria. Berries adalah buah yang akan sangat membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan mencegah penuaan sel. Buah ini tidak hanya memberi manfaat pada tubuh Anda, tetapi juga telur dalam saluran reproduksi. Selain itu, jenis buah tersebut juga kaya dengan serat yang mampu menurunkan berat badan, disarankan pada Anda untuk mengonsumsi satu cangkir setiap harinya.
Kentang, brokoli, delima, merupakan buah dan sayur segar yang kaya akan vitamin C dan juga diketahui dapat membantu meningkatkan libido. Namun, hindarilah mengonsumsi kentang yang sudah bertunas, karena akan dapat membahayakan kehamilan. Vitamin C sangat baik untuk proses ovulasi serta bermanfaat untuk penebalan uterus.
Buah semangka juga memiliki tinggi nutrisi yang bersifat mengikat radikal bebas diseluruh tubuh. Selain itu juga membantu melindungi serta menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak akibat radiasi.
Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk gangguan pada hormon reproduksi. Buah dan sayuran berwarna cerah adalah sumber gizi yang sangat penting bagi pria dan wanita. Selain kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting, buah-buahan segar dan sayur-sayuran kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas. Bahkan buah dan sayuran juga dapat menghilangkan racun yang dapat mengganggu pembuahan. Saat memilih buah dan sayuran, isilah piring Anda dengan berbagai warna buah yang cerah sebanyak mungkin. Sebagai aturan umum, semakin kuat warnanya, semakin lebih banyak kandungan nutrisi pada buah atau sayuran. Dan, jauhi segala macam buah serta sayur kalengan yang memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan penuh dengan bahan pengawet dan pemanis buatan. Sebuah penelitian dimana pria yang tidak subur diberi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari, menemukan bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar ke arah telur) meningkat.
-Vitamin D
Kekurangan vitamin D bisa membuat wanita mengalami kemandulan. Karenanya, makanan yang kaya akan vitamin D sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program hamil. Studi yang dilakukan oleh Universitas North Carolina menemukan bahwa vitamin D bisa memperbaiki mood dan mendorong terjadinya reproduksi. Vitamin D juga berperan dalam menyiapkan rahim sebagai tempat menempel embrio janin. Dan, Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional dan hipertensi. Anda dapat menjadikan ikan salmon sebagai sumber asupan vitamin D.
Jalan-jalan pagi saat matahari masih hangat juga sangat disarankan, karena vitamin D dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan, baik pria maupun wanita. Tubuh yang cukup asupan vitamin D mampu membantu pergerakan cepat sperma, meningkatkan kesehatan sel telur. Vitamin D juga bisa didapat dari makanan seperti minyak ikan cod, daging organik dan telur. Sebuah penelitian di Universitas Yale mengukur kadar Vitamin D dari 67 orang wanita yang mandul dan menemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D yang normal, sedangkan 93% lainnya menderita kekurangan vitamin D.

Mineral
Jangan sampai melupakan mengonsumsi mineral sebagai makanan untuk program hamil Anda. Berikut ini adalah fungsi mineral bagi tubuh.

-Kalsium
Kandungan ini berfungsi membantu fungsi saraf dan otot, mencegah penggumpalan darah, dan menyehatkan gigi dan tulang. Sumber: susu, keju, yogurt, es krim, ikan, dan sayuran berdaun hijau.
Kalsium adalah nutrisi penting bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan. Kebanyakan ibu hamil memahami pentingnya mendapatkan cukup kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, serta untuk menjaga pasokan kalsium tubuhnya sendiri. Kalsium pun penting artinya selama fase prakonsepsi untuk membantu meningkatkan kesuburan.


Menambah asupan kalsium tidak hanya akan membantu memperkuat tulang. Tetapi sebenarnya juga membantu sistem reproduksi berfungsi lebih efisien. Alasan hubungan antara susu dan meningkatnya kesuburan belum dipahami. Tetapi para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian pada subjek, yang semuanya mengarah ke manfaat asupan tinggi kalsium pada kesehatan reproduksi.
Wanita yang menjalani program hamil harus memenuhi sekitar 1.000 miligram kalsium per hari, setara dengan sekitar 8 ons gelas susu.
-Zat besi
Mineral ini untuk membantu mencegah bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan yang kurang. Zat besi juga ikut membantu produksi hemoglobin. Anda bisa mendapatkan zat besi dengan makan daging merah, bayam, dan kacang-kacangan.
Protein hewani adalah sumber zat besi yang baik sebagai dasar nutrisi penting agar cepat hamil. Anda bisa mendapatkannya dari kalkun, ayam, atau daging. Penelitian telah menyebutkan bahwa perempuan yang menggenjot asupan zat besinya saat masa pra-pembuahan, akan memiliki tingkat kesuburan lebih tinggi dibanding perempuan yang kekurangan zat besi.
Daging ayam merupakan makanan zat besi dan protein, akan sangat penting bagi perempuan yang sedang menjalani program hamil. Zat besi dan protein sangat penting bagi perempuan sebelum dan selama kehamilan. Meskipun zat besi dan protein dapat ditemukan juga pada produk non-hewani, tetapi ada hubungan yang signifikan antara protein hewani dan peningkatan kesuburan. Pastikan untuk memilih ayam yang diproses dengan teknik sehat seperti memanggang, dan menghindari ayam yang digoreng atau tinggi lemak. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih mungkin untuk menderita kemandulan daripada mereka yang kebutuhan zat besinya tercukupi. Ini tidak berarti bahwa semua protein Anda harus berasal dari daging hewan tanpa lemak, tetapi bertujuan untuk setidaknya mengonsumsi satu porsi per hari.
Udang mengandung zat besi tinggi yang merupakan nutrisi penting untuk cepat hamil. Udang juga dikenal bisa dijadikan viagra alami. Jika seorang ibu hamil tidak menyukai makanan dari udang, dapat diganti dengan gandum, kacang, telur, serta daging unggas dan sapi.


Sayuran berdaun hijau semisal bayam dan kangkung juga kaya dengan zat besi yang memberi peran sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi seimbang, karena banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur. Dengan memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam menu Anda setiap hari akan dapat meningkatkan kadar zat besi secara signifikan hanya dalam satu bulan. Dr. Neha memaparkan bahwa, “kaya akan zat besi dan asam folat, sayuran yang memiliki daun hijau merupakan makanan super yang sempurna untuk perempuan yang berencana untuk hamil. Kecuali membantu dalam pengembangan lapisan endometrium yang kuat (lapisan dalam rahim), zat besi membantu dalam lampiran zigot ke rahim”. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi sangat beresiko menderita kegagalan ovulasi dan sel telurnya tidak cukup sehat, sehingga bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 60%.
Biji labu merupakan sumber makanan kaya dengan zat besi non-heme atau zat besi yang terdapat dalam tanaman. Studi menunjukkan mengonsumsi suplemen ini cenderung 40 persen tidak mengalami sulit hamil.
-Zinc atau seng
Menurut American Pregnancy Association, zinc memengaruhi ovulasi dan kesuburan pada wanita, serta produksi mani dan testosteron pada pria. Zinc juga memiliki manfaat untuk melancarkan menstruasi, serta memperbanyak produksi sel telur. Karenanya, mengonsumsi makanan yang mengandung zinc sangatlah penting. Makanan yang kaya akan zinc antara lain adalah daging merah, daging unggas, kerang, kacang-kacangan, gandum utuh, dan produk olahan susu. Sumber makanan penyubur kandungan yang mengandung zinc juga bisa Anda dapatkan dari kuning telur, bawang putih, biji wijen dan hati sapi.
Kacang tanah, pistachio, dan biji-bijian seperti wijen bisa meningkatkan peluang keberhasilan promil Anda. Kacang-kacangan kaya akan zinc yang berfungsi pada produksi sperma dan ovulasi. Makanan ini mengandung coenzyme Q10 (CoQ10), zat antioksidan yang beperan dalam produksi energi sel di dalam tubuh, termasuk sel telur. Penelitian awal tentang antioksidan menunjukkan, zat yang satu ini mampu meningkatkan mobilitas sperma dan kualitas sel telur.


Biji labu juga tinggi kandungan seng serta memiliki peran penting dalam proses pembelahan sel selama tahap embrionik. Di dalam biji labu terdapat beragam nutrisi yang bagus bagi kesehatan reproduksi.
Seafood semacam tiram dan kerang juga mengandung seng yang tinggi. Jika khawatir tiram mengandung merkuri, Anda bisa memilih alternatif makanan penyubur kandungan lainnya supaya lebih aman untuk kesehatan. Mineral Zinc dibutuhkan untuk kesuburan, kekurangan seng dalam tubuh akan menurunkan kualitas sel telur. Suami juga butuh mineral ini karena mampu meningkatkan hormon testosteron yang akan meningkatkan kualitas sperma.

Lemak
Tidak semua lemak tergolong  jahat dan berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa lemak baik yang justru sangat penting dikonsumsi sebagai makanan untuk program hamil. Misalnya saja, asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua asam lemak tersebut diperlukan guna membantu perkembangan dan kesehatan bayi kelak. Lemak membantu pertumbuhan dan perkembangan plasenta serta berbagai jaringan tubuh janin, seperti otak dan mata. Bahkan menurut penelitian, ada lemak yang dapat membantu mencegah bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Lemak baik tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, minyak canola, minyak kacang, dan minyak kedelai.


Senada dengan apa yang dikatakan oleh dr Anggia M Lubis, SpOG. "Yang harus ada juga itu lemak. Jadi jangan diet tanpa lemak, karena bahan dasar dari hormon itu lemak," ucap dr Anggia. Ikan macam salmon memiliki lemak dan kandungan omega-3 yang tinggi untuk membantu masa kesuburan. Asam lemak omega-3 mampu membantu regulasi hormon dalam tubuh, meningkatkan kualitas mukus area serviks dan meningkatkan ovulasi. Dengan mengasup lemak ikan salmon, akan dapat memperlancar peredaran darah ke organ dan hormon reproduksi. Salmon juga menjadi sumber protein yang baik selain dari daging ayam atau sapi. Ikan berlemak ini mengandung DHA yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.Wanita yang kelebihan berat bahan atau obesitas cenderung kekurangan DHA. Nutrisi dari ikan salmon memiliki peran yang sangat penting sehingga direkomendasikan sebagai makanan penyubur kandungan sekaligus nutrisi yang harus dipenuhi bila Anda merencanakan kehamilan. Mengonsumsi ikan salmon juga akan dapat mendorong kelancaran aliran darah ke rahim untuk meningkatkan kesuburan. Namun, ikan jenis ini masih rentan dengan merkuri(zat logam yang membahayakan kesehatan) sehingga asupannya harus diperhatikan. Menurut Kim Ross, MS. RD. CN, seorang ahli nutrisi dan kesuburan, batas maksimal mengonsumsi ikan salmon adalah 12 ons per minggu. Anda juga bisa mendapatkan sumber makanan omega-3 dari ikan tuna, sarden, teri dan salmon.


Minyak hati ikan cod juga mengandung Omega 3 yang merupakan ragam lemak sehat yang bisa menolong pertumbuhan dan perkembangan dalam kesehatan perempuan. Minyak hati ikan cod adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk mendukung kesuksesan program kehamilan serta memiliki manfaat untuk membantu merangsang pembentukan hormon reproduksi perempuan dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kesuburan.


Walnut atau lebih dikenal dengan kacang kenari, merupakan satu-satunya makanan vegetarian yang mengandung asam lemak omega 3. Selain itu juga, kacang walnut kaya akan serat dan magnesium. Berbagai nutrisi tersebut membantu produksi progesteron dan meningkatkan suplai darah ke rahim yang mendukung kesuburan. Bahkan, kandungan magnesium dari kacang ini bisa meredakan gejala morning sickness yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Kenari merupakan makanan ringan yang bermanfaat yang sehat untuk sperma pria . Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biology of Reproduction menemukan bahwa mengonsumsi 75 gram, atau 2/3 cangkir omega 3 yang berasal dari kacang kenari menyebabkan peningkatan vitalitas sperma, motilitas, dan morfologi bagi laki-laki . Perempuan juga dapat mendapatkan profit dari mengonsumsi kacang kenari, menjadikannya camilan yang pas untuk pasutri. Kalori terdapat pada kacang ini cukup tinggi sehingga Anda perlu memperhatikan seberapa banyak kacang ini sebaiknya dimakan. Disarankan juga bagi Anda untuk mengonsumsi buah apel. Karena, kandungan nutrisi pada buah apel dapat membantu menurunkan tumpukan lemak di pembuluh darah sehingga memudahkan nutrisi terdistribusi ke seluruh tubuh termasuk organ reproduksi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian akan dicerna lebih lambat di dalam tubuh, sehingga akan membantu mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Kacang dan biji-bijian juga sangat tinggi antioksidan. Selain menghilangkan radikal bebas, antioksidan akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tubuh wanita dari menyerang sperma pria. Antioksidan akan melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah kerusakan kromosom, yang mana diketahui dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran. Biji rami selain tinggi kadar asam lemak  omega 3 juga mengandung lignin yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesuburan pada wanita. Lignin membantu dalam pengurangan ukuran fibroid sehingga mampu meningkatkan kesuburan wanita.


Minyak zaitun juga mengandung asam lemak Omega-3 yang diyakini memiliki efek sangat besar pada peningkatan kesuburan. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma ataupun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil. Minyak zaitun sudah di ketahui bisa menjaga kesehatan jantung, kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun akan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh (radang dapat mengganggu ovulasi, pembuahan dan perkembangan embrio tahap awal) sehingga akan dapat membantu mengurangi komplikasi kehamilan. Minyak zaitun mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Gunakan minyak zaitun untuk kulner salad atau untuk memasak sebagai pengganti mentega atau minyak goreng biasa.

Asam folat
Asam folat adalah nutrisi dari makanan untuk program hamil yang paling penting. Karena, mengonsumsi asam folat sebelum dan selama Anda hamil mampu menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi hingga 70%. Tidak hanya itu, asam folat juga diduga membantu mengurangi risiko preeklamsia dan menurunkan risiko Si Kecil menderita cacat jantung, bibir sumbing, dan kelainan pembentukan mulut.


Untuk mempersiapkan kehamilan dan selama hamil, Anda disarankan mengonsumsi suplemen asam folat dengan dosis 400 mcg per hari. Asam folat ini juga terkandung dalam kacang-kacangan, kacang polong, alpukat, sayuran berdaun hijau tua (bayam, brokoli, asparagus), dan jeruk.

Buah jeruk merupakan salah satu sumber folat, serta vitamin C terbaik. Satu buah jeruk menyediakan kalium, kalisum, dan vitamin B yang dapat mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur. Anda bisa menikmati buah jeruk secara langsung atau dibuat jus. Penuhi kebutuhan harian dengan setidaknya sebuah jeruk (grapefriut) ukuran sedang, atau tiga buah jeruk ukuran kecil.


Folat diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Penelitian juga menemukan bahwa asam folat membantu meningkatkan kesuburan ovulasi dan sperma yang sehat. Alpukat, buah berdaging hijau dan kuning, selain sumber asam folat, juga mengandung vitamin K, dan tinggi kalium yang bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga keseimbangan hormon, dan mengatur tekanan darah. Alpukat terbilang cukup aman di antara semua buah atau sayur organik, karena pestisida (zat pembasmi hama) sulit menembus kulit alpukat yang cukup tebal. Sehingga, kandungan nutrisi pada buah masih terjaga dengan baik. Selain itu, alpukat bisa menjadi menu diet karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu dipergunakan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Perlu Anda ketahui bahwa berat badan memengaruhi keseimbangan hormon estrogen yang berperan penting dalam kesuburan. Alpukat juga mengandung vitamin E yang berguna untuk menstabilkan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Pastikan setengah piring calon ibu terisi buah dan sayur. Menu andalan untuk cepat hamil antara lain semangka dan asparagus. "Kale juga termasuk sayuran super karena mengandung elemen penting untuk metabolisme esterogen," tambah Alisa Vitti, penulis buku WomanCode: Perfect Your Cycle, Amplify Your Fertility, Supercharge Your Sex Drive, and Become a Power Source. Bayam merupakan sumber asam folat yang baik serta mudah didapatkan. sayuran jenis ini akan memperlancar proses ovulasi pada wanita dan meningkatkan produksi sperma pada pria. Sayuran jenis ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko keguguran dan kelainan genetik.


Penjelasan diatas merupakan beberapa jenis makanan pendukung program hamil yang bisa Anda masukkan dalam menu harian. Jadi jika Apabila Anda berencana untuk hamil jangan lupa untuk menyertakan makanan pendukung kesuburan ke dalam daftar makanan, karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk sebuah proses kehamilan yang sehat. Semua daftar makanan di atas cukup mudah untuk ditemukan dan harganya pun terbilang ekonomis sehingga sangat ideal untuk Anda masukkan dalam agenda program kehamilan Anda. Jika Anda memiliki kendala terkait masalah kehamilan, bisa langsung memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Buatlah janji dengan dokter pilihan, Anda dapat melakukannya di rumah sakit yang sesuai dengan domisili atau keinginan.

Mengonsumsi berbagai makanan di atas tidaklah lantas membuat Anda langsung hamil. Nutrisi dari makanan tersebut berfungsi menjaga atau mempersiapkan tubuh Anda agar selalu sehat dan bisa menjadi rumah yang baik bagi calon bayi kelak.

Sebagai referensi tambahan, Anda juga dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kemandulan ketika menjalani program kehamilan, diantaranya yaitu:

Lemak trans
Lemak trans bisa menyebabkan inflamasi yang memicu terjadinya endometriosis dan kemandulan. Selain itu, lemak trans dapat mempengaruhi ovulasi, serta produksi hormon dan pembuahan. Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan 2% konsumsi lemak trans pada seporsi menu karbohidrat berkaitan dengan peningkatakan 73% risiko kemandulan indung telur. Lemak trans juga membuat sperma kesulitan membuahi sel telur dan embrio susah menempel di dinding rahim. Lemak trans yang biasanya terdapat dalam makanan olahan serta makanan yang digoreng hingga kering, lemak ini mampu mempengaruhi kemampuan tubuh bereaksi dengan insulin yang membuat ovulasi menjadi tidak teratur.


Oleh sebab itu, lemak trans termasuk ke dalam makanan yang harus Anda hindari saat menjalani program hamil. Contoh makanan yang mengandung lemak trans ialah donat kemasan, krimer tanpa lemak, atau roti buatan supermarket yang menggunakan setengah minyak sayur. Baca dengan teliti kemasan makanan yang Anda beli, apakah di dalamnya mengandung lemak trans atau tidak.

Karbohidrat tinggi gula
Selama menjalani program hamil, sangat disarankan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula, semisal roti putih, beras putih, kue, kentang, fast food, minuman bersoda, hingga minuman manis. Apalagi kalau mengonsumsinya tanpa diimbangi dengan olahraga dan makanan sehat lainnya.


Karbohidrat tinggi gula dapat memicu tingginya kadar beban glikemik (BG) dalam tubuh Anda. Sebuah studi menyebutkan perempuan yang memiliki BG paling tinggi memiliki risiko 92% mengalami kemandulan dibandingkan  mereka yang memiliki kadar BG sangat rendah. Oleh sebab itu, makanan saat menjalani program hamil yang harus Anda hindari adalah makanan manis mengandung karbohidrat yang bisa membuat proses ovulasi mengalami kegagalan.

Meningkatnya kadar gula dapat menyebabkan beberapa risiko. Mulai dari peradangan, membuat produksi hormon tidak stabil, hingga menghambat terjadinya ovulasi atau pembuahan. Padahal, untuk terjadinya kehamilan, keseimbangan hormon-hormon reproduksi harus tetap terjaga.

Perbanyaklah mengonsumsi karbohidrat tinggi serat, protein, dan makanan rendah lemak. Jika Anda tidak bisa melepaskan makanan manis, setidaknya Anda bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut. Imbangi dengan konsumsi kayu manis agar lebih sehat. Penelitian menyebutkan bahwa, kayu manis bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

Daging
Daging sapi dan babi bisa membuat program hamil Anda menjadi gagal. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi tinggi dari protein hewani bisa membalikkan kondisi kesuburan. Bagi pecinta steik, terutama yang dimasak setengah matang atau medium rare, sebaiknya mulai menghindari makanan ini jika ingin sukses dalam menjalani program hamil.


Namun, Anda masih tetap bisa mengkonsumi daging dengan jumlah yang dibatasi. Ragam makanan yang boleh dikonsumsi wanita selama menjalani program hamil harus dimasak dengan tingkat kematangan sempurna, mengonsumsi telur setengah matang dan sushi juga harus dihindari. Makanan-makanan yang tidak matang bisa saja mengandung beberapa bakteri berbahaya, seperti salmonela, coliform, dan toxoplasmosis. Sehingga, usahakan setiap masakan yang disajikan matang sempurna serta perbanyak mengonsumsi sayuran yang mengandung omega 3 untuk mengimbanginya.

Minuman dalam kemasan botol plastik
Untuk meningkatkan kesuburan, baik pada wanita dan laki-laki, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bebas bisphenol A (BPA). Sebab, senyawa BPA dapat menurunkan tingkat kesuburan. Ironisnya, senyawa kimia satu ini banyak terkandung pada botol-botol plastik minuman kemasan.


Jika keadaan terdesak untuk membeli minuman dalam kemasan, sebaiknya memilih kemasan dalam botol kaca atau yang berbahan stainless steel. Lebih amannya, disarankan untuk membawa botol minum sendiri. Selain aman dan sehat, tentunya lebih ramah lingkungan.

Makanan dan minuman yang mengandung listeria
Apel impor, susu murni yang tidak dipasteurisasi, dan beberapa jenis keju termasuk bahan makanan yang mengandung bakteri listeria. Selain dapat menyebabkan keracunan, bakteri ini juga meningkatkan potensi keguguran.


Proses kehamilan memang biasanya baru terdeteksi pada satu bulan pertama. Sehingga lebih baik untuk menghindari bahan makanan yang mengandung listeria sebelum kehamilan terdeteksi. Tujuannya untuk menjaga organ kandungan dan kesuburan suami-istri.

Produk susu low fat
Tidak hanya susu low fat, produk yoghurt rendah lemak juga termasuk dalam golongan ini. Saat dikonsumsi, produk low fat dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon androgen, yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita.


Jika siklus wanita berubah-ubah dan menjadi tidak teratur, tentunya akan sulit menghitung masa subur wanita.

Seafood yang mengandung merkuri
Meski memiliki banyak manfaat, faktanya beberapa produk laut banyak yang terkontaminasi merkuri. Kadar merkuri sendiri dapat mengendap dalam tubuh, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi janin.


Merkuri dapat membahayakan dan merusak sistem saraf janin. Padahal, proses pembentukan sistem saraf biasanya dimulai pada saat seorang wanita belum menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Sebagai gantinya, penuhi kebutuhan protein dari daging ayam, sapi, atau kacang-kacangan.


Dalam menjalani program hamil, perlu diingat untuk selalu menjaga kesehatan reproduksi, yang merupakan kunci kesuksesan program hamil. Apabila kita mampu menjaga kesehatannya dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, maka tingkat keberhasilan kehamilan akan semakin tinggi. Semoga dengan adanya penjelasan diatas, Anda dan pasangan bisa segera menimang bayi yang sehat. Dan perlu Anda ingat, bahwa makanan untuk program hamil tetap harus didukung dengan gaya hidup sehat.

*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...