Monday 27 January 2020

Berbagi Tips : Beragam Bahan Alami Terpopuler Untuk Perawatan Rambut Yang Rusak


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Beragam Bahan Alami Terpopuler Untuk Perawatan Rambut Yang Rusak

Ungkapan, “rambut adalah mahkota wanita.” memang sudah sangat familiar di telinga kita. Karena itulah, untuk menunjang keindahan rambutnya, para wanita biasanya melakukan berbagai macam perawatan di salon. Sayangnya, penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat kimia serta alat-alat perawatan rambut bisa menjadikan rambut mudah rapuh.
Memiliki rambut yang sehat dan lembut merupakan impian semua orang. Sebab, rambut yang lembut merupakan salah satu syarat penampilan yang menarik. Terutama untuk kaum wanita, banyak yang rela mengeluarkan anggaran yang besar untuk melakukan perawatan sebagai cara melembutkan rambut.


Bagi setiap wanita, memiliki rambut yang sehat dan berkilau akan memberikan kepercayaan diri yang lebih pada setiap penampilannya. Untuk memenuhi keinginan tersebut, banyak penawaran produk dari salon kecantikan hadir untuk memberikan tindakan perawatan. Sayangnya, tidak semua perawatan tersebut bisa memberikan hasil yang signifikan.
Seiring berjalannya waktu, rambut bisa saja menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi diduga berperan terhadap perubahan dan kerusakan rambut. Belum lagi pemakaian blow dry, pelurus atau catokan (flat iron), pengeriting, dan pewarna rambut. Rambut kering bisa juga disebabkan karena penggunaan produk rambut yang terlalu keras, terlalu sering dicuci, hingga kekurangan gizi.
Mewujudkan sebuah tampilan rambut yang sehat tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Setiap orang perlu tahu cara merawat rambut. Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya terletak pada tingkat rutinitas perawatan yang Anda lakukan. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur.

Mendapatkan rambut yang lembut berkilau juga bisa dilakukan dengan langkah mudah di rumah. Salah satunya dengan menggunakan kondisioner secara tepat dan rutin setelah keramas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami serta memperhatikan langkah perawatan rambut sehari-hari.
Menggunakan bahan-bahan tradisional untuk merawat rambut terbukti tidak kalah berkhasiat. Merawat rambut dengan cara memanfaatkan bahan-bahan alami dapat menjadi sebuah pilihan yang baik supaya terhindar dari efek samping ketika kita sering menggunakan obat kimia. Dan, dibawah ini merupakan cara serta bahan alami yang bisa Anda terapkan dalam tindakan perawatan rambut.

Lidah Buaya dan Alpukat
Selain untuk menyembuhkan luka luar, panas dalam, merawat wajah, sumber vitamin dan mineral, lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Kombinasi unik vitamin, mineral, dan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang sangat baik untuk merawat rambut kering. Lidah buaya sudah sejak lama dipercaya dapat menyuburkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga mempunyai nutrisi yang dapat menjaga kelembaban dan sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Sehingga, perawatan dengan menggunakan lidah buaya secara teratur dapat menjadikan rambut tebal, sehat, lembut dan indah. Lidah buaya juga mampu membuat rambut menjadi hitam alami serta menjaga kulit kepala dari ketombe.


Cara menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Ambil satu buah daun lidah buaya, utamakan bagian yang sudah tua kemudian pisahkan daging daun dengan kulit luarnya. Tumbuk kasar daging daun hingga mengeluarkan getah, lalu usapkan hasil tumbukan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama ±30 menit, masker rambut dari bahan lidah buaya dapat juga dibiarkan semalaman. Kemudian cuci rambut Anda menggunakan sampo.
Lidah buaya dan alpukat sama-sama memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Alpukat adalah buah yang memiliki zat asam amino yang berguna untuk membantu memperbaiki rambut rusak. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Karena itulah, untuk Anda yang ingin memiliki rambut panjang, Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut. Kandungan lemak yang ada dalam buah alpukat terbukti mampu memenuhi kebutuhan rambut dengan berperan sebagai pelembab alami. Berkat kandungannya, Alpukat juga bermanfaat untuk mencegah masalah rambut kering dan rambut bercabang. Selain itu, kandungan vitamin di dalam buah alpukat juga akan menjadikan rambut senantiasa sehat dan indah.
Langkah menggunakan alpukat sebagai bahan untuk melembutkan rambut secara alami dapat Anda lakukan dengan cara:
Ambil satu buah alpukat yang sudah benar-benar masak, lalu kupas dan pisahkan dengan bijinya. Blender daging buah dengan mencampur air secukupnya, gunakan adonan sebagai masker rambut. Tunggu selama 15 – 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur dengan interval 3 kali seminggu.
Mengkombinasikan lidah buaya dengan buah alpukat sebagai bahan alami perawatan rambut dapat Anda lakukan dengan mudah serta dapat diterapkan di rumah. Jika dikombinasikan, maka keduanya dapat menjadi masker yang mampu melembabkan kondisi rambut yang kering. Caranya; siapkan lidah buaya serta potongan alpukat. Kemudian campurkan daging lidah buaya dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan masker rambut tersebut secara merata ke seluruh bagian rambut. Siapkan handuk basah hangat dan tutup bagian rambut selama ±30 menit. Terakhir, bilas rambut Anda dengan air dingin hingga bersih secara menyeluruh. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 minggu sekali. Masker lidah buaya dan alpukat ini cocok sekali untuk Anda gunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok.

Minyak Zaitun
Bukan sebuah hal yang baru lagi jika minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan, bahkan bahan alami ini telah digunakan sejak zaman Romawi kuno. Diolah dari hasil penggilingan buah pohon zaitun, minyak yang sering digunakan oleh masyarakat Mediterania ini mampu meningkatkan kandungan lemak baik, serta mengandung banyak vitamin E, vitamin K. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, penggunaan minyak zaitun juga merupakan salah satu cara untuk merawat rambut secara alami. Beberapa masalah seperti rambut mengembang, rontok, kasar, berketombe, dan bercabang dapat diatasi dengan olesan minyak zaitun.


Minyak zaitun sudah sejak lama dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya, terutama vitamin E merupakan nutrisi yang banyak diperlukan rambut supaya tetap sehat.
Minyak zaitun terbukti mampu melembutkan rambut secara alami. Minyak zaitun berguna untuk mencegah kerusakan rambut serta menghaluskannya.
Bagi Anda yang memiliki rambut kering, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, dari pangkal hingga ujung. Kemudian lakukan pijatan secara lembut, lalu tutup kepala dengan handuk bersih selama ±20 menit. Kemudian cuci rambut hingga bersih menggunakan sampo. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini seminggu sekali
Sedangkan untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan secara merata pada kulit rambut dengan cara dipijat perlahan selama 15 menit. Bungkus rambut dengan handuk bersih, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.
Kombinasi minyak zaitun dengan kayu manis dan ditambah dengan madu akan menjadi sebuah komposisi alami yang ideal untuk merawat rambut. Kayu manis memiliki kandungan gizi gula, vitamin A, protein, karbohidrat, dan senyawa antioksidan. Sejumlah zat bermanfaat itu mampu mengobati kerontokan rambut secara alami. Kayu manis dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melawan rambut rontok secara cepat. Caranya; oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Minyak Jarak
Minyak jarak merupakan solusi alami bagi banyak permasalahan rambut, termasuk sebagai cara melembutkan rambut. Perawatan rambut menggunaan minyak jarak yang dilakukan secara teratur dipercaya akan membuat rambut semakin kuat, lembut dan mudah diatur. Selain itu kandungan asam risinolat yang tinggi menjadikan minyak jarak berkhasiat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga dapat menjaga kebersihan akar rambut serta bagian rambut lain. Kandungan penting minyak jarak lainnya ialah omega 3 dan asam lemak yang baik untuk sumber nutrisi folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan.


Cara menggunakan minyak jarak sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Hangatkan 100 ml minyak jarak kemudian usapkan ke seluruh bagian rambut. Lakukan pijatan perlahan sampai kulit kepala. Selanjutnya, rapikan rambut dan bungkus menggunakan handuk atau kain hangat, diamkan sekitar 30 menit. Cuci rambut dengan sampo dan bilas hingga bersih.

Minyak Kelapa
Selain minyak zaitun dan minyak jarak, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Hal ini dikarenakan, minyak kelapa mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh rambut diantaranya vitamin E dan K, lemak esensial, asam laurat, asam kaprat, dan beberapa senyawa anti-mikroba. Minyak kelapa mampu diandalkan sebagai bahan alami untuk menjaga kelembaban dan sebagai cara melembutkan rambut.


Cara menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Usapakan minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut, lakukan pijatan ringan dan tunggu hingga 10-15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dan sampo hingga bersih.
Anda dapat pula mengkombinasikan minyak kelapa dengan buah strawberry sebagai cara alami dalam melakukan perawatan rambut.Kandungan vitamin C dalam buah strawberry akan dapat membantu mengatur pH dan produksi minyak kulit kepala Anda! Caranya; Campurlah satu sendok makan minyak kelapa dengan beberapa buah strawberry segar, tambahkan satu sendok makan madu kemudian aplikasikan pada rambut Anda. Diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air serta rasakan kelembutannya.

Santan
Siapa sangka bahwa santan adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Apabila Anda merasa kondisi rambut kekurangan protein, santan merupakan sebuah bahan yang tepat dimanfaatkan sebagai media perawatan. Tidak hanya sehat, santan juga dapat membuat rambut Anda tampak berkilau setelah tiga kali pemakaian. Anda dapat menggunakan santan untuk memperbaiki rambut yang rusak. Kamdungan protein yang tinggi pada santan akan membantu Anda untuk memperbaiki rambut yang rusak.


Cara merawat rambut rusak dengan santan sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan santan kurang lebih 50 ml, oleskan pada seluruh bagian kulit kelapa dan rambut. Diamkan selama ±30 menit hingga 1 jam, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Kemiri
Perawatan rambut dengan menggunakan kemiri sudah dilakukan sejak lama. Kemiri diketahui memiliki kandungan minyak yang terdapat di dalamnya serta dapat memberi manfaat dalam memperindah dan menjaga kesehatan rambut. Manfaat kemiri bagi rambut yang lain ialah menghitamkan, menebalkan, serta merupakan sebuah cara melembutkan rambut secara alami. Tidak sebatas itu, minyak kemiri ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membantu merawat rambut rontok dengan sangat baik.


Perawatan dengan kemiri sebagai cara melembutkan rambut secara alami dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Oleskan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut, lakukan pijatan perlahan pada kulit kepala. Biarkan beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Minyak Almond
Kondisi rambut yang kering serta kusam bisa membuat rambut Anda mudah rapuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanfaatkan minyak almond sebagai cara merawat rambut kering.


Minyak almond dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala, minyak almond juga bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok dan memperbaiki kerusakan rambut. Pengaplikasian minyak almond untuk merawat rambut berbeda-beda berdasarkan pada permasalahan rambut yang dialami oleh setiap orang. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan minyak almond kemasan dimana pun, baik secara online maupun offline. Namun, untuk Anda yang memiliki alergi terhadap kacang, akan lebih baik apabila Anda mencobanya terlebih dahulu dalam jumlah sedikit untuk memastikan bahwa alergi Anda tidak akan kambuh saat menggunakannya.
Cara penggunaannya pun cukup sederhana, seperti ketika Anda menggunakan vitamin rambut. Yaitu; cukup tuangkan minyak almond ke dalam mangkuk atau panci lalu panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 40 menit. Diamkan hingga tidak terlalu panas. Setelah hangat, aplikasikan minyak almond pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama ±15-30 menit, kemudian bilas rambut Anda hingga benar-benar bersih. Jika terasa sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan sampo dan conditioner untuk membantu membersihkan sisa minyak almond.

Daun Seledri
Bukan hanya rasa segarnya yang menyehatkan badan, namun jus daun seledri juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk merawat rambut. Daun seledri mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan rambut, semisal mineral, zinc, anti-oksidan, protein, zat anti-mikroba serta vitamin A yang dapat membantu menghitamkan, meluruskan dan menyuburkan rambut. Anda bisa memanfaatkan jus daun seledri ini untuk kembali menyehatkan rambut dan kulit kepala hingga bebas ketombe, sehingga membuat Anda tampil lebih percaya diri. Daun seledri juga merupakan bahan alami yang dapat diandalkan untuk mengatasi ketombe.


Cara membuatnya; bersihkan 7-10 batang dan daun seledri, kemudian haluskan menggunakan blender. Anda bisa menggunakan wadah berupa botol untuk menyimpan jus tersebut dalam kulkas semalaman. Gunakan di pagi hari dengan mengoleskannya secara merata pada rambut Anda. Kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan tindakan ini dua kali dalam seminggu.

Cuka Apel
Banyak beauty vlogger dan para blogger yang memperkenalkan cuka apel sebagai cara untuk merawat rambut. Manfaat cuka apel bagi rambut yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah untuk mengatasi rambut rontok, mengatasi ketombe, membuat rambut berkilau, dan membuat rambut menjadi lebih halus. Bahan ini juga direkomendasikan untuk Anda gunakan sebagai sebuah cara merawat rambut secara alami dan membuatnya terlihat mengembang.


Caranya; siapkan beberapa bahan yang diperlukan, gunakan cuka apel, air, lavender dan rosemary essential oil. Campur secara merata, lalu oleskan pada rambut dengan disertai pijatan ringan selama lima menit. Lalu diamkan selama ±30 menit dan bilas dengan air bersih.
Cara lain yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan cara mencampur dua sendok cuka apel dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes aroma terapi, kemudian aplikasikan pada rambut Anda dan diamkan selama ±15 menit. Terakhir, bilas dengan shampoo hingga bersih.
Sebagai catatan, cuka apel memiliki aroma yang sangat kuat, pastikan untuk membilas rambut Anda hingga benar-benar bersih.

Madu dan Lemon
Sejak dahulu, madu memang merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Madu memiliki kandungan zat yang kompleks, madu sudah lama dipakai untuk berbagai perawatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk merawat rambut, madu telah banyak digunakan sebagai salah satu cara melembutkan rambut. Madu memiliki manfaat untuk menjaga keindahan dan membuat rambut menjadi lebih lembut, khasiat lain dari madu untuk rambut adalah mampu menjaga kelembaban sehingga membuatnya senantiasa lembut dan tidak kering atau kasar.


Penggunaan madu sebagai cara melembutkan rambut secara alami dapat Anda terapkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Keramas terlebih dahulu. Lalu, oleskan madu ke seluruh bagian rambut dan tunggu beberapa saat. Kemudian, bilas rambut menggunakan air hangat hingga bersih.
Perasan buah lemon ini juga bisa digunakan sebagai sebuah cara merawat rambut rusak supaya kembali sehat. Jus lemon bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut yang kusam hingga kembali berkilau. Caranya adalah, setelah membilas rambut saat keramas, aplikasikan jus lemon pada rambut Anda lalu diamkan selama ±5-10 menit. Kemudian, bilas kembali rambut Anda dengan air hingga bersih. Gunakan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih optimal.
Mengkombinasikan bahan alami madu dengan lemon akan sangat cocok diterapkan bagi Anda yang ingin mengatasi rambut kering. Cukup mudah melakukan tindakan perawatan rambut menggunakan madu dan perasan lemon. Caranya; peras air lemon, lalu campurkan dua sendok air lemon dengan satu sendok madu. Oleskan secara perlahan ke bagian rambut sampai ke akar. Diamkan selama 20 menit dan setelah itu bilas dengan shampoo hingga bersih.
Mengkombinasikan madu dengan susu sebagai bahan alami untuk merawat rambut merupakan sebuah cara yang sangat tepat ketika Anda menginginkan kondisi rambut yang sehat dan berkilau. Susu kaya akan nutrisi serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rambut Anda lebih sehat. Cara merawat rambut dengan memanfaatkan campuran madu dan susu tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok makan madu dan satu gelas susu. Campurkan madu ke dalam susu lalu oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut secara merata dan diamkan selama 15 – 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih, untuk hasil yang maksimal gunakan cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

Pisang
Manfaat pisang dalam perawatan rambut adalah sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Berkat kandungan vitaminnya, buah berwarna kuning ini berguna untuk menjaga kelembaban, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam serta mengatasi ketombe.


Pisang memiliki kandungan vitamin E untuk kulit kepala yang sehat, vitamin A, kalium serta vitamin C, yang bisa membantu mengatur produksi minyak.
Memanfaatkan pisang sebagai cara melembutkan rambut secara alami dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Ambil satu atau dua buah pisang, kupas bersih. Kemudian haluskan daging buah pisang, ratakan adonan pisang ke seluruh permukaan rambut dan diamkan selama ±10-15 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih, untuk hasil yang lebih baik, tambahkan ±3-5 sdm madu murni dalam adonan pisang tersebut.

Yoghurt dan Telur
Selain memiliki rasa yang enak, telur juga memiliki banyak nutrisi untuk rambut Anda! Sudah banyak yang memanfaatkan telur sebagai bahan untuk perawatan diri, telur adalah bahan makanan yang mengandung banyak lesitin yang membantu memperbaiki dan menguatkan rambut rusak, sehingga membuatnya lembap dan berkilau. Telur mengandung protein yang mampu merangsang pertumbuhan rambut, komponen rambut yang terdiri dari 70% protein keratin, sehingga tidak mengherankan jika telur dapat membantu menyembuhkan kerusakan pada rambut.


Masker putih telur tidak hanya bermanfaat untuk wajah, namun juga dapat melembabkan kulit kepala, mencegah kerontokan rambut yang disebabkan seringnya mengalami proses pewarnaan, dan membuat rambut Anda menjadi halus. Masker putih telur akan sangat cocok untuk Anda yang senang mengecat rambut. Cara membuat masker putih telur pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 2 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih telur tersebut kemudian kocok hingga mengental. Aplikasikan pada kepala disertai dengan pijatan ringan, diamkan selama ±20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat dan akhiri dengan pembilasan menggunakan air dingin.
Campuran antara telur dan yoghurt merupakan perpaduan yang sangat cocok untuk perawatan rambut. Kombinasi keduanya dapat menjaga kesehatan rambut, membuatnya lebih kuat, mengatasi rambut bercabang dan kerusakan rambut lain serta sebagai cara melembutkan rambut secara alami.


Langkah perawatan dengan yoghurt dan telur sebagai cara melembutkan rambut secara alami dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Campur satu butir telur dengan enam sendok makan yoghurt, aduk hingga tercampur rata. Oleskan adonan ke seluruh permukaan rambut kemudian bungkus rambut dengan handuk dan tunggu sekitar 10 menit. Setelah itu bilas rambut menggunakan air hangat hingga bersih.
Apabila Anda memiliki masalah rambut kering maka campuran yoghurt dan pisang adalah bahan alami yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki rambut kering Anda. Nutrisi yang dimiliki yoghurt dan pisang akan sangat membantu Anda untuk memiliki rambut sehat yang indah. Cara merawat rambut rusak dengan masker yoghurt dan pisang ini adalah; siapkan 1 sendok makan yoghurt, 3 sendok makan madu, ½ potong pisang yang matang, dan 1 sendok teh perasan jeruk lemon. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut lalu mengaplikasikan pada kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilans menggunakan air bersih dan sampo.

Jeruk Nipis atau Lemon
Jeruk nipis atau lemon juga dapat digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu menjadikan rambut tampak lebih lembut dan berkilau.


Lemon memiliki kadar pH rendah yang efektif untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak penyebab rambut tidak sehat di kepala. Lemon terbukti bisa membuat rambut Anda lebih kuat karena nutrisi yang dimilikinya memiliki dampak langsung pada folikel rambut.
Rambut rontok bisa disebabkan karena kondisi rambut kering dan folikel rambut yang tersumbat. Ketika folikel rambut tersumbat dan kekurangan minyak, kondisi ini akan membuat bakteri menumpuk dan minyak yang sehat menjadi langka, sehingga menyebabkan kerontokan rambut serta berpotensi menyebabkan kebotakan.
Langkah perawatan dengan jeruk nipis atau lemon sebagai cara melembutkan rambut secara alami dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Ambil dua atau tiga buah jeruk nipis, lalu peras jeruk nipis dan tambahkan 500 – 1000 ml air. Gunakan air tersebut setelah keramas, tunggu beberapa saat kemudian bilas kembali menggunakan air bersih.

Pepaya
Pepaya mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan rambut.


Cara menggunakan pepaya sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
-Bahan:
1/2 gelas pepaya matang.
1/4 gelas yogurt tawar (opsional).
-Langkah perawatan:
Kupas pepaya dan haluskan daging buahnya. Setelah itu campur dengan yogurt. Oleskan campuran masker mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Kemudian tutup kepala dengan shower cap dan diamkan selama ±30 menit lalu dibilas dengan air dingin.

Teh Hijau
Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan tubuh saja. Teh yang kaya akan nutrisi ini akan mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, menjadikan rambut bersinar alami serta bermanfaat sebagai cara melembutkan rambut.


Cara menggunakan teh hijau sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Seduh teh hijau celup atau 1 sendok makan teh hijau kasar dengan segelas air panas. Tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan pada kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan ringan selama 2-5 menit. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Urang Aring
Urang aring memang telah terkenal khasiatnya sebagai bahan perawatan rambut sejak dahulu. Selain terkenal sebagai penyubur rambut yang alami, urang aring adalah tanaman yang memiliki fungsi untuk mengatasi gatal pada kepala, ketombe, kerontokan, hingga uban.


Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan urang aring yang telah tersedia dalam bentuk minyak. Nutrisi yang dimiliki oleh urang aring dapat membantu Anda untuk menyelesaikan berbagai macam masalah rambut. Anda hanya perlu mengoleskan minyak urang aring pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10 – 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Jus Labu Botol
Labu botol mungkin masih tidak banyak didengar di Indonesia, tetapi sayuran yang juga dikenal sebagai labu cina atau labu air ini memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai bahan yang digunakan untuk merawat rambut secara alami supaya cepat panjang.


Caranya; ambil beberapa potongan buah labu botol dan blender halus seperti jus. Setelah itu oleskan jus labu botolnya ke seluruh bagian rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya ramuan jus labunya meresap ke dalam kulit kepala. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan tindakan perawatan ini setiap seminggu sekali.


Menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan mudah, Anda dapat menerapkan cara-cara diatas untuk dijadikan rutinitas perawatan. Dan, jangan malas untuk merawat rambut di kepala Anda, karena rambut yang indah tentunya akan turut serta meningkatkan kepercayaan diri. Semoga tips cara merawat rambut secara alami di atas bisa membantu dalam mengatasi segala permasalahan pada rambut Anda.



pasang iklan disini




loading...