Monday 6 April 2020

Berbagi Tips : Cara Merawat Kuku Supaya Sehat dan Kuat


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Cara Merawat Kuku Supaya Sehat dan Kuat

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar berbagai hal saat beraktivitas sehari-hari, dari mengetik di depan komputer, memegang uang, hingga mengolah makanan di dapur. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan, terutama kuku.
Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menjadi perhatian karena mencerminkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan kuku. Kuku bersih dan indah juga bisa menambah percaya diri seseorang, membuat tampilan seorang wanita semakin menarik dan menjadi poin plus tersendiri. Hal ini telah umum di lakukan oleh kaum wanita.
Kuku terbuat dari protein khusus disebut keratin yang diproduksi oleh matriks kuku di dasar kuku, tepatnya di bawah kutikula. Kondisi kuku yang sehat seharusnya kuat dan tidak mudah patah, permukaannya rata dan halus, dan warnanya jernih (putih jernih pada ujungnya dan sedikit terlihat pink pada bantalan permukaannya). Kondisi kuku yang sehat juga terlihat selalu bersih.
Memiliki kuku idaman tentunya tidak didapat begitu saja. Ada usaha dan treatment khusus yang harus diberikan. Memanjangkan kuku adalah hal yang umum dilakukan banyak wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren, atau lebih tepatnya fashion. Bagi kaum wanita membiarkan kuku tumbuh panjang merupakan sebuah kesenangan pribadi. Karena selain memperindah tangan, kuku yang panjang juga dapat memberikan kesenangan tersendiri karena bisa dengan mudah diwarnai menggunakan cat kuku.
Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan karena banyak di antara para wanita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit pula yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Namun seringkali banyak wanita yang tidak tahu bagaimana caranya merawat kuku panjang yang baik dan benar sehingga dalam kurun waktu tertentu kuku yang telah berhasil tumbuh panjang malah patah. Dan bahkan menjadi terlihat tidak terawat.


Pada dasarnya merawat kuku tidak hanya sekedar untuk memperindahnya saja, namun juga untuk menjaga kesehatannya. Karena itulah Anda tidak boleh menganggap sepele hal ini. Sebab, kuku yang bersih dan sehat dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit. Adapun ciri-ciri kuku yang sehat adalah tampak mengkilap, cantik, dan halus.
Anda sangatlah dianjurkan untuk memperhatikan setiap perubahan pada kuku Anda. Kuku putih, kuning, atau kecokelatan bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan tubuh Anda. Kuku dapat mendeteksi penyakit tubuh, masalah di hati, paru-paru, atau jantung Anda.
Kuku yang sehat alami harus diperlakukan secara tepat, banyak dari wanita yang tidak segan-segan untuk melakukan perawatan di salon untuk menjaga kecantikan kuku mereka. Tidak sedikit orang yang mengeluarkan biaya ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah dan bersih. Jika kuku tidak dirawat dengan baik, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan.
Cara merawat kuku secara alami sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah waktu dan sedikit pengetahuan tentang cara-cara merawat kuku dan beberapa tips manicure. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan menjadikan kuku terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.
Manicure adalah cara lain merawat kuku supaya tetap dalam kondisi yang kuat, sehat, dan cantik. Manicure juga merupakan metode terbaik jika Anda ingin memanjangkan kuku supaya tidak mudah patah dan kuku dapat tumbuh dengan baik.
Untuk memiliki kuku yang sehat dan kuat, mengandalkan manicure saja belum cukup, Anda masih perlu menjaga dan memelihara kuku setiap hari supaya terhindar dari berbagai masalah dan kerusakan, diantaranya yaitu :

Jaga kondisi kuku tetap kering dan bersih
Beragam masalah pada kuku biasanya disebabkan oleh kuman dan bakteri. Pastikan Anda tidak memberikan ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci.


Saat mencuci piring misalnya, cara terbaik melindungi kuku Anda dari detergent dan air supaya tidak mudah patah atau rapuh adalah dengan memanfaatkan sarung tangan.
Anda juga harus memastikan kulit di sekitar kuku tetap dalam kondisi terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara terbaik merawat kulit di sekitar kuku adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.
Anda bisa manfaatkan garam dapur untuk merawat kuku supaya kuat dan terhindar dari jamur kuku. Caranya; rendam kuku Anda secara rutin di air hangat yang telah dicampurkan dua sendok garam selama lima sampai sepuluh menit, senyawa asam dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur kuku.
Membiarkan kuku tetap kering dapat mencegah bakteri tumbuh di bawah kuku. Sering bersentuhan atau berkepanjangan dengan air berisiko mengalami kuku pecah-pecah. Misalnya seorang karyawan pencuci piring atau cuci kendaraan. Jadi, kenakanlah sarung tangan karet berlapis katun saat mencuci piring, membersihkan kendaraan atau menggunakan bahan kimia yang keras.
Jika Anda merasa kesulitan membersihkan bagian dalam kuku, Anda bisa menyiasatinya dengan cutton buds supaya kuku panjang Anda tidak rusak. Usapkan perlahan-lahan cutton buds ke bagian dalam kuku sampai semua kotoran yang tersempil di sana berhasil dikeluarkan. Anda juga dapat menggunakan alat pembersih yang biasa digunakan saat manicure. Namun, harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan mengorek kotoran hingga terlalu dalam.

Merawat kutikula dengan baik
Kutikula sering dianggap bisa membuat penapilan kuku terlihat jelek. Saat melakukan manicure sendiri di rumah, seringkali kita tertarik untuk menyingkirkannya karena kurang sedap dipandang. Namun, perlu untuk Anda ketahui, kutikula memiliki peran yang sangat besar dalam membantu pertumbuhan dan melindungi kuku, karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung bagi matrix kuku.


Kutikula adalah bagian yang melindungi lempeng kuku Anda dari bakteri, dan jika Anda tidak merawat kutikula, hal tersebut dapat membuat kuku Anda mudah terkena infeksi.
Dermatologis (ahli kulit) mengatakan bahwa tidak ada alasan yang baik untuk memotong kutikula (kulit bewarna putih atau batas antara kuku dan kulit). Memotongnya akan berisiko terhadap infeksi atau iritasi. Memotong kutikula juga dapat menyebabkan masalah kuku, seperti punggung kuku berbintik putih atau garis putih. Sementara jika kuku mengalami infeksi bakteri, kondisi ini akan menghambat pertumbuhan kuku.
Cara terbaik merawat kutikula adalah :
-Jangan menyingkirkan atau memotong kutikula karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, sehingga menyebabkan kuman atau penyakit mudah masuk
-Jika Anda ingin kuku terlihat lebih panjang dan lentik, sebaiknya dorong kutikula dengan menggunakan manicure stick secara lembut dan hati-hati.
-Kutikula sangat mudah kering, terkelupas, bersisik, dan retak-retak. Supaya tetap sehat dan terlihat cantik, berikan pelembab secara rutin.
-Hindari menggunakan cat kuku berbasis aseton dan kurangi penggunaan sabun ketika mencuci tangan.

Hindari kebiasaan mengigit kuku
Mengigit kuku sering dilakukan kebanyakan orang. Kebiasaan ini dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, bahkan luka kecil di samping kuku memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.


Tak hanya itu saja, area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit hingga menyebabkan infeksi.

Menjaga kebersihan kuku secara teratur
Bagi Anda yang memiliki kuku panjang, harus benar-benar dijaga dengan baik supaya tidak mudah patah atau rusak.


Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat perawatan kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Pastikan Anda memberikan waktu ekstra untuk membersihkannya untuk menghindari penumpukan kotoran di bagian bawah kuku. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan kuku adalah dengan menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil. Anda juga dapat menggunakan sabun anti-bakteri saat membersihkan kuku untuk hasil yang optimal. Kuku kaki juga penting untuk rutin dibersihkan setiap Anda mandi, termasuk menggunakan sabun. Agar sela-sela kuku bersih maksimal, gunakan spons atau handuk kecil.
Tea tree oil terbukti dapat menjadi bahan alami untuk merawat kuku cantik Anda. Minyak ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campuran tea tree oil dengan minyak kelapa juga memberikan efek yang baik pada kuku.

Mengaplikasikan pelembab untuk menjaga kondisi kuku tetap kuat
Pelembab yang dimaksud di sini bukanlah pelembab khusus kuku, melainkan pelembab untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Oleh sebab itu, berikan pelembab secara rutin. Anda juga wajib menerapkan minyak/cream khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan bersih.


Kulit pinggiran kuku yang keluar umumnya disebut hangnails. Tidak jarang beberapa orang mungkin risih sehingga menarik hangnails tersebut. Saat menarik atau mencabut hangnails, Anda mungkin berisiko merobek jaringan kulit, yang mana risiko infeksi, bengkak, dan bernanah bisa terjadi. Disarankan untuk memotong hangnail dengan gunting kuku.
Selain pelembab kuku, Anda juga dapat mengaplikasikan produk growth serum yang memiliki manfaat untuk menstimulasi proses pertumbuhan kuku. Sehingga kuku yang sebelumnya mudah patah akan menjadi lebih kuat dan cepat tumbuh. Aplikasikan growth serum pada permukaan kuku secara teratur supaya lebih cepat memulihkan kondisi kuku yang rapuh.

Memotong kuku secara teratur
Kuku yang panjang menjadikan kuman serta bibit penyakit mudah masuk dan bersarang di celah kuku. Dan, dibandingkan kuku kaki, kuku tangan kita pertumbuhannya empat kali lebih cepat daripada kuku kaki.


Jika Anda memelihara kuku, supaya panjang dan cantik Anda tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit bagian ujung. Dianjurkan memotong kuku secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudutnya supaya tidak mudah patah.
Walaupun wanita senang memanjangkan kuku, bukan berarti tidak memiliki batas normal panjang kuku. Justru jika Anda menginginkan kuku panjang yang indah, tetapkan batas normal untuk kuku Anda. Jangan biarkan kuku terus tumbuh melengkung berlebihan, karena hal tersebut tidak akan terlihat indah dan akan terkesan bahwa kuku Anda tidak pernah dirawat karena tumbuh tak beraturan. Kuku yang terlalu panjang dan melengkung biasanya akan mudah cepat patah dengan ujung yang tidak beraturan bentuknya.
Memotong kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.
Anda juga sangat dianjurkan untuk berhati-hati ketika memotong dan membersihkan kuku. Jangan memotong terlalu cepat supaya tidak menyebabkan luka dan berdarah dan jangan memasukkan pencungkil kuku langsung ke dalam daging.

Mengaplikasikan base coat
Produk coat (pelindung) kuku akan sangat bermanfaat untuk mencegah kuku dari noda dan perubahan warna.


Menerapkan base coat sangat direkomendasikan karena merupakan sebuah tindakan perlindungan terbaik bagi kuku yang tidak merepotkan dan tidak merusak penampilan kuku. Base coat akan dapat membuat kuku terlihat lebih putih, mengkilat, serta bersih. Base coat diterapkan sebelum Anda menerapkan cat kuku. Fungsinya adalah untuk melindungi supaya kuku tidak bersinggungan langsung dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku yang mungkin dapat menimbulkan masalah.

Hindari mengikis cat kuku
Ada kalanya, Anda merasa bosan dengan cat kuku atau ingin segera menggantinya dengan lukisan kuku yang baru, yang lebih cantik, dan lebih bagus. Namun, mengikis cat kuku dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya atau mengerik permukaan kuku secara kasar dapat menyebabkan kuku rusak dan jelek.


Memelihara kuku panjang sah-sah saja, namun cara merawat kuku panjang haruslah tepat. Mulai dari kebersihan kuku, kelembapan, dan penggunaan cat kuku yang tepat pula.
Cara terbaik untuk menghapus cat kuku adalah dengan memanfaatkan nail polish remover. Hindari penggunaan bahan-bahan yang tidak direkomendasikan walaupun produk tersebut diklaim dapat menghapus cat kuku dengan cepat.
Penggunaan aseton untuk membersihkan kuku dapat membuat kuku rusak. Aseton dapat ditemui dalam cairan penghapus kuteks. Sebuah studi menemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan menjadi bertambah rapuh.
Untuk Anda yang tidak bisa hidup tanpa cat kuku, sebaiknya luangkan waktu sehari dalam satu minggu untuk tidak menggunakannya. Biarkan kuku Anda beristirahat dan mendapatkan udara supaya lebih segar. Dan, pastikan tidak ada noda yang tersisa pada kuku. Untuk itu, rendam tangan Anda ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Air jeruk ini mengandung astringent yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku.

Hindari penggunaan gel dan akrilik
Tidak disangsikan apabila gel dan akrilik bisa membuat kuku terlihat super cantik dan sangat menarik. Namun, kedua bahan untuk mempercantik kuku tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada kuku. Karena itulah, hindari sepenuhnya penggunaan kedua bahan tersebut.


Acrylic powder mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Tidak hanya di permukaannya, melainkan juga hingga ke bagian bawah kuku. Selain itu, mekanisme pengeringan manicure gel berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit di sekitar kuku. Padahal, menjaga kondisi kulit di sekitar kuku tetap sehat sangatlah dianjurkan dan merupakan cara terbaik menjaga kuku itu sendiri.
Hindari pula penggunaan cat kuku dengan kandungan bahan kimia yang sangat beracun seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida. Pilihlah produk cat kuku yang tidak menggunakan bahan kimia tersebut, serta pastikan Anda membaca label dengan cermat sebelum membelinya. Anda juga dapat memilih cat kuku berbahan dasar air, yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.

Hindari penggunaan manicure berbasis air
Hindari manicure berbasis air sebelum menerapkan cat kuku. Karena jika terkena air, kuku akan mengembang. Menerapkan cat kuku ketika sedang mengembang sangat tidak dianjurkan. Karena setelah mengering, kuku akan kembali menyusut seperti sedia kala.


Menerapkan cat kuku saat kuku masih mengembang berpotensi menyebabkan cat kuku menjadi retak dan mudah terkikis. Sebaliknya, gunakanlah atau pilihlah manicure berbasis minyak untuk membersihkan kuku sebelum dicat atau diwarnai.

Hindari manikur yang kasar
Tidak jarang, seseorang yang ingin memiliki kuku cantik melakukan perawatan kuku di salon. Selain praktis, hasilnya pun terlihat lebih bagus daripada merawat sendiri di rumah. Namun, tidak sedikit yang mengeluh mengalami masalah pada kukunya.


Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon dapat membuat kuku menjadi rapuh karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi bakteri dan jamur kuku atau bagian sekitar kuku menjadi bengkak.
Menurut Richard Scher, MD, profesor dermatologi Universitas Cornell, Banyak orang pergi ke dokter kulit ketika kukunya tampak bintik-bintik merah dan sakit di sekitar kuku atau kutikula yang disebabkan oleh infeksi kulit yang disebut paronychia.
Para pasien biasanya berobat ke dokter kulit setelah melakukan perawatan kuku di salon kuku baru dan memiliki teknisi kuku yang sangat agresif. Para pasien mengeluh karena mengalami infeksi yang tampak kemerahan dan terasa nyeri. Sehingga antibiotik mungkin diperlukan.
Sebelum memulai menikur kuku, beri tahu pada praktisi manikur untuk menggosok kuku dan kutikula dengan sangat lembut. Jika dia menggosok kutikula terlalu keras, mintalah untuk segera berhenti, dan mulai kembali dengan lembut.


Kesehatan kuku juga sangat tergantung pada apa yang kita makan dan bagaimana cara kita merawatnya. Jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin serta mineral, yang dibutuhkan oleh kuku, akan membuat kuku mudah patah, mudah rusak, tidak mengkilap, kurang putih, serta rentan terkena penyakit.
Untuk memelihara kuku dari dalam, Anda wajib mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, vitamin E, zat besi, protein, magnesium, dan zink. Daftar makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral, antara lain; kacang-kacangan, buah bit atau beet-root, kedelai, lentil, biji-bijian, susu dan produk susu, daging atau ikan, semua jenis sayur-sayuran baik yang berdaun hijau maupun sayuran berwarna semisal; wortel, brokoli, bayam, asparagus dan kangkung juga sangat bagus. Begitu pula dengan buah-buahan seperti apel merah, stroberi, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dan buah lainnya.
Selain vitamin dan mineral, kuku yang sehat bisa Anda dapatkan jika Anda bisa memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Karena kekurangan cairan akan menyebabkan kuku menjadi kering, kusam, dan rapuh. Anda juga dapat melakukan perawatan kuku dengan mengonsumsi suplemen yang praktis. Namun, sebelum mengkonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan kepada dokter tentang supleman yang tepat untuk Anda, salah satunya biotin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen nutrisi biotin dimungkinkan dapat membantu memperkuat kuku yang lemah atau rapuh.
Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawatlah kuku dengan baik supaya selalu terlihat bersih dan cantik. Namun, untuk mencegah infeksi atau kerusakan pada kuku, Anda sangat disarankan untuk berhati-hati dalam merawatnya.
Konsultasikan dengan dokter kulit Anda jika Anda memiliki ciri kuku tidak normal berikut ini:
-Warna kuku yang berubah, perubahan ini bisa menyeluruh ke semua bagian kuku atau mungkin adanya garis gelap di bawah lapisan kuku.
-Perubahan bentuk kuku, seperti kuku yang melengkung ke luar.
-Kuku yang menipis atau menebal.
-Kuku yang mudah patah meskipun tidak ditekan keras-keras atau terantuk benda keras.
-Adanya pembengkakan atau rasa sakit di sekitar kuku.
Jika kuku Anda bermasalah, atau terdapat keluhan terkait gangguan pada kuku, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.



pasang iklan disini




loading...